cover
Contact Name
Yesi Franita
Contact Email
yesi.franita@untidar.ac.id
Phone
+6289689511677
Journal Mail Official
mathlocus@untidar.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Suparman 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Magelang 56116
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Published by Universitas Tidar
ISSN : 27231208     EISSN : 27231194     DOI : https://doi.org/10.31002/mathlocus
Core Subject : Education,
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam bidang: 1. Pendidikan Matematika 2. Matematika (analisis, geometri, aljabar, statistik, matematika terapan)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika" : 5 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Diskrit Menggunakan Media Edmodo dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Farah Dzil Barr
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.451 KB) | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i1.918

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata kuliah matematika diskrit menggunakan media Edmodo dengan model pembelajaran flipped classroom pada mahasiswa Teknik Informatika Universitas Selamat Sri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas 3C Teknik Informatika UNISS yang berjumlah 10 orang. Desain penelitian ini menggunakan  prosedur: 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Objek penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata skor keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 72%. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 76%. Pada siklus III mengalami kenaikan cukup tinggi menjadi 86%. Peningkatan hasil belajar mahasiswa yang didasarkan pada rerata skor tes hasil belajar mengalami peningkatan setiap siklus berturut-turut yaitu pada siklus I sebesar 69,7, siklus II sebesar 72,4 dan pada siklus III sebesar 80,2.
Penerapan Strategi Think-Talk-Write (TTW) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Augistri Putri Pradani
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.128 KB) | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i1.919

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, khususnya siswa tingkat menengah pertama dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi TTW. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode tes dan observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu setidaknya 30% siswa telah mencapai level 3 untuk setiap aspek kemampuan komunikasi matematis yang diungkapkan oleh Olivares (1996), dengan pelevelan berpedoman pada rubrik skoring kemampuan komunikasi matematis yang diungkapkan oleh Asikin (2003). Pembelajaran dengan strategi TTW yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk memikirkan strategi yang akan digunakan untuk memecahkan masalah pada LKS dan menuliskannya dalam catatan kecil, kemudian berdiskusi membahas catatan kecil, menuliskan hasil diskusi, dan mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Berdasarkan pembelajaran tersebut, kemampuan komunikasi matematis siswa pada aspek kemampuan gramatikal  meningkat sebesar 29,17%, sedangkan untuk kemampuan sosiolinguistik meningkat sebesar 37,5%. Selanjutnya, aspek kemampuan strategis meningkat sebesar 33,33%, sedangkan pada kemampuan diskusi meningkat sebesar 25%.
Kedisiplinan Diri Siswa dan Problem Based Learning Pasttita Ayu Laksmiwati; Megita Dwi Pamungkas; Ponco Handono
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i1.934

Abstract

Kedisiplinan diri siswa menjadi salah satu indikator penting bagi siswa yang ingin sukses dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana perubahan yang ada pada kedisiplinan diri siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan menjelaskan bagaimana penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan PBL yang dapat meningkatkan kedisiplinan diri siswa. Siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 24 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Selomerto, Wonosobo dan dipilih secara acak (purposive random sampling) dari 3 kelas di level yang sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kedisiplinan diri siswa, lembar observasi pembelajaran, dan pedoman wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester pertama tahun 2014. Keberhasilan pada pembelajaran ini ditentukan dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkan sebagai indikator keberhasilan. Topik pembelajaran yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah Teorema Pythagoras. Data yang diperoleh dari proses pengambilan data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan PBL yang berakhir dalam dua siklus memiliki dampak positif bagi peningkatan kedisiplinan diri siswa ketika belajar matematika. 
Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong Utari Oktaviani; Siti Kumawati; Mila Nurul Apriliyani; Heny Nugroho; Eka Susanti
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i1.892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tonjong karena nilai rata-rata ujian nasional mata pelajaran matematika di sekolah tersebut setiap tahunnya paling rendah dibanding mata pelajaran yang lain. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rendahnya hasil belajar ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal yang mencakup peserta didik tidak tertarik dengan matematika, kemampuan dasar berhitung siswa lemah, rendahnya pemahaman konsep peserta didik, peserta didik tidak mengerti lambang-lambang dalam matematika, kurangnya kedisiplinan peserta didik, dan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Faktor eksternal mencakup ruang kelas yang panas sehingga membuat tidak nyaman, ruang kelas teori yang bising karena dekat dengan ruang praktik sehingga fokus peserta didik tidak optimal, dan faktor dari guru, yaitu kurang menarik peserta didik dalam menyampaikan materi sehingga peserta didik merasa bosan dan tidak berani bertanya.
Pendekatan Geometri pada Bangunan Makam Kyai Semar Ditaul Safitri; Maryam Abdulloh; Lestari Setyaningrum; Meli Handayani
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i1.905

Abstract

Analisis bangunan bersejarah makam Kyai Semar di Magelang memiliki tujuan untuk mengetahui sejarah makam Kyai Semar serta menganalisis pendekatan geometri pada volume bangun makam Kyai Semar. Pada penelitian ini, metode yang digunakan berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi secara langsung di makam Kyai Semar. Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu makam Eyang Ismoyo Jati atau makam Kyai Semar adalah makam kedua setelah makam Kyai Sepanjang. Kyai Semar adalah pamomong Tanah Jawa. Makam tersebut direnovasi pada hari Kamis sekitar bulan Juni tahun 2006. Makam yang terletak di puncak Gunung Tidar, Magersari, Magelang tersebut berbentuk Tumpeng Jejeg Sejati yang di dasar tumpeng dikelilingi (disabuki) dengan tulisan jawa Ha Na Ca Ra Ka dan di puncaknya ditusuk dengan janur kuning. Makam tersebut dikelilingi dengan pagar tembok berbentuk balok yang setiap sisinya terdapat naga. Keseluruhan makam Kyai Semar mulai dari atas sampai bawah yang jika ditinjau dari pendekatan geometri makam ini merupakan gabungan dua bangun ruang, yaitu bangun kerucut dan bangun balok. Bangun balok pada makam Kyai Semar memiliki ukuran panjang dan lebar masing-masing sebesar 9 meter serta memiliki tinggi sekitar 1,5 meter, sedangkan pada bangun kerucut memiliki ukuran diameter dan tinggi masing-masing sebesar 9 meter serta apotema 10,06 meter. Dengan demikian, volume dari bangun makam Kyai Semar adalah 313 meter kubik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5