cover
Contact Name
Dian Eko Adi Prasetio
Contact Email
bnm.fst@uia.ac.id
Phone
+628569038930
Journal Mail Official
bnm.fst@uia.ac.id
Editorial Address
Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam As-Syafiiyah Gedung Alawiyah Lantai 4 Jl. Raya Jatiwaringin No.12 Pondok gede Bekasi 17411
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Baut Dan Manufaktur
ISSN : 26865351     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Keilmuan Bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri dengan Fokus Keilmuan : Teknik Industri : Logistics & Supply Chain Management, Operations Research, Quality, Reliability, and Maintenance Management, Data Mining & Artificial Intelligence, Production Planning & Inventory Control, Ergonomics & Human Factors, Information Systems & Technology, Service Management, Sustainability, Human Resources, Economic. Teknik Mesin : Acoustical engineering concerns the manipulation and control of vibration, especially vibration isolation and the reduction of unwanted sounds, Automotive engineering, the design, manufacture and operation of motorcycles, automobiles, buses and trucks. Energy Engineering is a broad field of engineering dealing with energy efficiency, energy services, facility management, plant engineering, environmental compliance and alternative energy technologies. Energy engineering is one of the more recent engineering disciplines to emerge. Energy engineering combines knowledge from the fields of physics, math, and chemistry with economic and environmental engineering practices. Manufacturing engineering concerns dealing with different manufacturing practices and the research and development of systems, processes, machines, tools, and equipment. Materials Science and Engineering, relate with biomaterials, computational materials, environment and green materials, science and technology of polymers, sensors and bioelectronics materials, constructional and engineering materials, nanomaterials and nanotechnology, composite and ceramic materials, energy materials and harvesting, optical, electronic and magnetic materials, structure materials. Power plant engineering, field of engineering that designs, construct and maintains different types of power plants. Serves as the prime mover to produce electricity. Thermal engineering concerns heating or cooling of processes, equipment, or enclosed environments: Air Conditioning; Refrigeration; Heating, Ventilating, Air-Conditioning (HVAC) and Refrigerating. Vehicle engineering, the design, manufacture and operation of the systems and equipment that propel and control vehicles.
Articles 39 Documents
REVIEW CHEMICAL ONLINE CLEANING CENTRIFUGAL COMPRESSOR OF GAS TURBINE IN ONE OF CENTRAL PROCESSING PLATFORM (CPP) Rey, Paul David
Baut Dan Manufaktur Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Baut Dan Manufaktur
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.022 KB)

Abstract

Makalah ini menyajikan beberapa hasil penelitian yang dilakukan untuk meninjau pembersihan kimia dalam kondisi beroperasi/online yang dilakukan dengan sukses pada Kompressor Sentrifugal dengan penggerak Turbin Gas dan memberikan saran atau rekomendasi sesuai dengan literatur teknis. Berdasarkan penyelidikan, kinerja Kompresor Sentrifugal menurun dari 65% menjadi 58% dan karenanya pembersihan Kompresor Sentrifugal dalam kondisi beroperasi/online dengan menggunakan zat kimia telah dilakukan dengan menggunakan bahan kimia (Roachem Fyrewash-1) yang diinjeksikan melalui nosel jet ke dalam pipa hisap Kompresor yang terletak di dekat nosel isap Kompresor Sentrifugal dengan volume injeksi adalah 25 ~ 30 liter / hari dan waktu injeksi adalah 12 jam hingga 1 (satu) minggu untuk mencapai kembali normal kinerja kompresor 65%. Untuk mengurangi konsumsi bahan kimia ke pembersihan Kompresor Sentrifugal secara online menggunakan bahan kimia tersebut, beberapa item dapat dilakukan seperti Pindahkan titik injeksi jarak sejauh mungkin dari nosel masuk Kompresor, konfigurasi Injeksi adalah contraflow agar tetap seragam, memasang mixer statis pada pipa saluran masuk kompressor, Mencoba dengan meningkatkan volume injeksi kimia (maks. 3%) dan mengevaluasi dengan mengurangi waktu injeksi.
PERBAIKAN “OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS” (OEE) PADA LINE ASSEMBLY 3 DI PT. MESIN ISUZU INDONESIA prasetio, dian eko adi
Baut Dan Manufaktur Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Baut Dan Manufaktur
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.127 KB)

Abstract

Mesin Isuzu Indonesia adalah salah satu anak perusahaan PT. Isuzu Astra Motor Indonesia. Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu proses produksi yang tidak optimal, disebabkan oleh tidak stabilnya volume produksi, breakdown mesin, dan kualitas. penelitian menggunakan Overall Equipment Effectiveness (OEE) dimana OEE merupakan metode yang mengukur aspek ketersediaan peralatan produksi (availability), kinerja (performance), dan kualitas (quality). OEE dijadikan indikator, untuk mencari penyebab tidak optimanya proses produksi dilakukan dengan perhitungan six big losses. Berdasarkan hasil penelitian pada line assembly 3 rata-rata nilai OEE pada bulan April 2018 - Maret 2019 sebesar 67,78 %, nilai ini menandakan bahwa produktivitas line assembly 3 masih relatif rendah. Dari analisa six big losses diketahui nilai equipment failure 24,92 %, set-up adjusment 6,05 %, idling & minor stoppage 52,77 %, reduce speed 13,79 %, rework 2,48 %, dan yield/scrap 0 %. Focus Group Discussion (FGD) dilakukan untuk menentukan prioritas perbaikan dan langkah perbaikan. Berdasarkan data FGD dan diagram fishbone diketahui akar penyebab mengapa nilai dan komponen Overall Equipment Effetiveness (OEE) terjadi pada aspek mesin. Implementasi perbaikan pada aspek mesin berupa pembuatan pokayoke, setelah menerapkan implementasi perbaikan, dilakukan perhitungan kembali nilai OEE dengan hasil nilai rata-rata OEE sebesar 77,88%, dengan kenaikan nilai OEE sebesar 10,10 %.
PERBAIKAN RANCANG BANGUN LABORATORIUM PENGUJIAN POMPA SENTRIFUGAL EKSISTING azis, amiral
Baut Dan Manufaktur Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Baut Dan Manufaktur
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.594 KB)

Abstract

Tulisan ini membahas sebagian hasil perbaikan rancangan bangun dan konstruksi alat pengujian pompa sentrifugal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk modifikasi peralatan alat pengujian alat uji performansi yang akurat dalam menentukan performansi dari pompa, mendapatkan instalasi yang lebih baik sebagai modifikasi dari model instalasi yang sudah ada, serta mengetahui karakteristik pada rangkaian seri dan paralel dengan spesifikasi pompa yang berbeda. Penelitian diawali dengan perancangan dan pembuatan alat uji sentrifugal, seri dan paralel yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap persiapan berupa studi literatur dan membuat daftar bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam perancangan alat uji pompa. Tahap selanjutnya dilakukan perancangan dan pembuatan alat, kemudian dilakukan perhitungan terhadap rancangan alat uji pada pompa tunggal, seri, dan paralel. Tahap terakhir dilakukan pembuatan SOP alat uji pompa secara tunggal, seri dan paralel. Perbaikan (Upgrading) pada sistem instalasi pompa di lakukan pada titik bertemunya semua aliran discharge pompa 1 (P1), pompa 2 (P2) dan pompa 3 (P3) yang di harapkan bisa menjadi lebih efisien, yaitu untuk menghindari terjadinya hammer flow, serta dilakukan pembuatan kontrol panel pada sistem kontrol untuk mempermudah saat pengoperasian. Daya hidrolis (daya pompa) yang tertinggi adalah apabila pompa dioprerasikan seri uyaitu sebesar 0,024 kW sedangkan daya hidrolis terendah adalah apabila pompa 3 (P3) beroperasi secara individu yaitu sebesar 0.006 kW. Apabila pompa 1 (P1) dan pompa 2 (P2) dioperasikan secara seri maka daya porosnya adalah 0,107 kW dan efisiesi pompanya 22,42 %. Daya poros dan efisiensi pompa untuk pompa 1 (P1) dan pompa 3 (P3) dioperasikan secara parallel masing-masing 0,107 kW dan 19,62 %.
APLIKASI SAP 2000 UNTUK RANCANG BANGUN KONSTRUKSI BAJA RINGAN BENTANG PANJANG hermawan, dudung
Baut Dan Manufaktur Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Baut Dan Manufaktur
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (912.215 KB)

Abstract

Dengan berkembangnya inovasi, dimana banyak bangunan yang didesain dengan skala yang cukup besar baik dari bentangan hingga tinggi bangunan. Bangunan yang memiliki ciri bentangan panjang, pastinya memerlukan konstruksi atap dengan bentangan panjang pula. Sebagai salah satu alternatif, material baja dapat digunakan. Namun baja sendiri memiliki massa besar yang berpengaruh pada beban yang akan disalurkan ke bawah. Sehingga untuk mengurangi massa pada bangunan, sebaiknya dilakukan pemilihan material yang lebih ringan, maka Baja Ringan lah solusinya. Perancangan ini bertujuan menentukan jenis profil Channel atau Double Channel yang dapat digunakan pada setiap elemen rangka kuda-kuda berdasarkan nilai gaya dalam yang dihasilkan juga mengetahui stabilitas elemen rangka atas kelemahan yang terjadi sekaligus menentukan bentuk struktur rangka atap yang dapat diaplikasikan yang bermanfaat sebagai rekomendasi dalam mendisain struktur rangka atap baja ringan untuk bentang yang panjang. Untuk ketepatan, menghindari kegagalan dan mempermudah dalam Perancangan, perancangan dianalisis dengan program SAP2000 dan studi-studi pustaka yang mendukung. Perancangan ini menggunakan tipe truss double fink dengan rentang teoritis 16 m pada sudut 25° dengan Komponen yang digunakan adalah profil Channel C75.100. Hasil yang diperoleh dari analisa program SAP2000 adalah diketahuinya batas nilai gaya batang pada setiap elemen sehingga setiap elemen batang dapat ditentukan profil yang tepat untuk diaplikasikan didalamnya.
ANALISA TEST RIG DENGAN SISTEM PENGGERAK HIBRIDA PADA MESIN 4 LANGKAH 125 CC anwar, syahrul
Baut Dan Manufaktur Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Baut Dan Manufaktur
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (890.282 KB)

Abstract

Alat transportasi sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting pada saat ini baik digunakan sebagai sarana umum ataupun perorangan guna untuk menopang dari padatnya mobilitas yang sangat tinggi maka diperlukan kendaraan yang layak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sarana atau alat transportasi yang baik harus memenuhi beberapa aspek diantaranya : kestabilan,kenyamanan, keamanan, serta efisien.Pada penelitian kali ini penulis akan melakukan penelitian pada sebuah konsep kendaraan yang dirancang dengan mengunakan dua buah pengerak atua kendaraan hIbrid, kendaraan ini dirancang sebagai sarana tranportasi dengan kapasitas dua orang atau lebih konsep ini juga memiliki bentuk yang cukup futuristik Penentuan center of gravity yang tepat diperlukan untuk mendapatkan kendaraan yang stabil. perancangan dilakukan dengan melakukan perumusan pada titik pusat tegangan. Perancangan ini masih mengunakan methode perhitungan manual Selain itu juga perlu dilakukan analisa kekuatan pada struktur rangka yang dirancang dengan menggunakan solid works analysis supaya struktur rangka yang dirancang cukup aman. Keluaran dari penelitian ini adalah sebuah struktur rangka kendaraan hibrid roda tiga dengan dua roda penggerak di belakang.
ANALASIS BODI PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA MENGGUNAKAN SIMULASI BERBASIS MATLAB R2019 facrudin, tugiman
Baut Dan Manufaktur Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Baut Dan Manufaktur
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767 KB)

Abstract

Penelitian bodi pada kendaraan bermotor roda dua merupakan perpaduan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang masing-masing mengalami perkembangan yang pesat. Untuk menentukan koefisien aerodinamika dan posisi titik tengah setiap kendaraan mempunyai 6 koefisien aerodinamik yaitu 3 buah koefisien gaya aerodinamik dan 3 koefisien momen aerodinamik. Maka ketiga momen aerodinamik yang bekerja pada kendaraan dapat di tentukan hambatan dan kecepatannya. Koefisien aerodinamik kendaraan dapat dicari secara eksperimen dan dengan simulasi dinamika Fluida. Dalam penelitian ini menggunakan Simulasi berbasis matlab R2019 untuk mendapat koefisien hambatan (C-D) dan koefisien (F-R) suatu kendaraan bermotor roda dua dengan memodelkan matematika untuk dapat menghitung besaran yang dicari yaitu C-D dan C-F. Maka dalam bodi kendaraan roda dua di titik beratkan pada keamanan, kenyaman, dan keselamatan. analisis perhitungan bodi pada kendaraan roda dua yang diperoleh hasil panjang bodi 1320 mm, lebar bodi 730 mm, tinggi 1060 mm.
ANALISA RISIKO KESELAMATAN KERJA PADA EXPLORASI MINYAK wibowo, aryono adi
Baut Dan Manufaktur Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Baut Dan Manufaktur
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.01 KB)

Abstract

Masalah keselamatan kerja di Chevron Pacific Indonesia merupakan suatu masalah signifikan yang harus ditangani dengan serius oleh segenap karyawan, baik karyawan permanen maupun kontraktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi item risiko keselamatan kerja yang ada dan penanggulangan untuk item risiko berkriteria tinggi dan menengah serta untuk memperhitungkan alokasi anggaran untuk penanganan agar mendapatkan hasil yang optimal. Penelitian ini menggunakan beberapa tahapan sesuai dengan AS/NZS 4360:2004, mulai dari mengkomunikasikan dan mengkonsultasikan, membangun konteks, mengidentifikasi risiko, menganalisa risiko, mengevaluasi risiko, dan menentukan tindakan penanganan risiko. Setelah mendapatkan pilihan penanganan risiko, selanjutnya adalah menentukan alokasi biaya penanganan yang optimum. Penelitian ini mengolah data historis menggunakan simulasi Monte Carlo untuk mendapatkan nilai dampak risiko dan biaya penanganan risiko sehingga alokasi penanganan yang optimal dapat dilakukan untuk item risiko utama yang telah ditemukan seperti cedera akibat pekerjaan fisik yang kasar, ketidak-lengkapan alat pelindung diri, kontak dengan zat kimiawi berbahaya, kebakaran akibat instalasi peralatan, serta pencemaran lingkungan kerja.
VECTOR AUTOREGRESSIVE INTEGRATED (VARI) MENGGUNAKAN SOFTWARE R VECTOR AUTOREGRESSIVE INTEGRATED (VARI) USING SOFTWARE R Saputra, Andri; mirtawati, mirtawati
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 1 (2020): JURNAL BAUT DAN MANUFAKTUR VOLUME 2 NO. 1 TAHUN 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.782 KB)

Abstract

Model Vector Autoregressive Integrated (VARI) merupakan perluasan dari model Autoregressive Integrated (ARI). Model VARI suatu model deret waktu multivariat yang dipengaruhi oleh variabel itu sendiri dan variabel lain pada periode sebelumnya dimana data tidak stasioner. Proses dalam menerapakn model VARI meliputi differencing, identifikasi, stasioneritas, estimasi parameter, uji diagnostik, dan peramalan. Pada penelitian ini, dengan asumsi galat berdistribusi normal, estimasi parameter model VARI dapat menggunakan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE) dengan memaksimumkan fungsi ln likelihood. Data yang digunakan adalah nilai Impor dan eskpor Indonesia.
USULAN PERBAIKAN WAKTU SETUP PRESS ROLL UNTUK MENINGKATKAN OUTPUT MESIN PRINTING DI PT. ABC Emra, Devianita
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 1 (2020): JURNAL BAUT DAN MANUFAKTUR VOLUME 2 NO. 1 TAHUN 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.149 KB)

Abstract

Meningkatnya demand pasar terhadap produk flexible packaging membuat PT. ABC sebagai produsen mengalami kesulitan untuk memenuhi permintaan pasar yang tidak sebanding dengan kapasitas produksi saat ini. Untuk itu, perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kapasitas produksi agar dapat mensupply produk ke customer tepat waktu. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi adalah melakukan modifikasi mesin printing yaitu pada bagian press roll, karena ini adalah bagian yang memungkinkan untuk dilakukan modifikasi. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan dengan menggunakan metoda waktu baku untuk mengetahui keberhasilan dari modifikasi yang dilakukan. Selisih jumlah output sebelum dan sesudah modifikasi menjadi parameter keberhasilan modifikasi yang dilakukan, karena tujuan dilakukan modifikasi sejak awal adalah meningkatkan jumlah output. Sebelum modifikasi, waktu yang diperlukan untuk mengganti press roll adalah 6.68 menit dan setelah dilakukan modifikasi pada press roll maka waktu yang dibutuhkan adalah 1.60 menit, sehingga output produksi meningkat sebesar 6096m setiap pergantian job.
PERBAIKAN RANCANG BANGUN LABORATORIUM KOMPRESOR PADA HEAT PUMP WATER HEATER SUTRISNO, SUTRISNO; Maryadi, Maryadi; Anwar, Sahrul
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 1 (2020): JURNAL BAUT DAN MANUFAKTUR VOLUME 2 NO. 1 TAHUN 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.827 KB)

Abstract

Heat pump water heater adalah suatu rangkaian alat yang berfungsi menaikan dan menurunkan temperatur air. pada umumnya heat pump water menggunakan kompresor sebagai media utama untuk mensirkulasikan dan menaikan tekanan refrigerant supaya alat tersebut bisa beroperasi. Pada heat pump water heater yang kita perbaiki, kita memilih menggunakan kompresor hermatik,tentu ini sudah melalui berbagai pertimbangan dari segi biaya dan kebutuhan. Kompresor hermatik sendiri adalah salah satu jenis kompresor yang umum digunakan pada system pendingin. Kompresor ini umumnya digunakan pada mesin pendingin, baik kulkas, air conditioner, dryer dan masih banyak yang lainnya. Pada kompresor hermatik kompresor dan motor penggerak berada dalam satu housing, sehingga pada kompresor ini motor penggerak tidak terlihat dari luar.

Page 1 of 4 | Total Record : 39