cover
Contact Name
Euis Erlin
Contact Email
erlineuis@yahoo.com
Phone
+6281320658573
Journal Mail Official
bioed.unigal@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Galuh Jln. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis Jawa Barat
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23390468     EISSN : 26865424     DOI : http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i2
Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun (Maret dan September).
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi" : 8 Documents clear
PENGARUH EKSTRAK DAUN NILAM (Pogostemon cablin Benth.), DAUN KAYU PUTIH (Melaleuca leucadendra Linn.) DAN DAUN SERAI WANGI (Cymbopogon citratus (D.C. ex Nees.)) TERHADAP REPELLENCY KUTU KEBUL (Bemisia tabaci Genn.) Siskha Noor Komala; Jeti Rachmawati; Bagus Kukuh Udiarto
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.332 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v8i2.4378

Abstract

Bemisia tabaci merupakan serangga vektor penyakit virus kuning tanaman cabai. Pengendalian dengan menggunakan insektisida sintetik berlebihan memiliki dampak yang negatif, sehingga dicari upaya alternatif dengan menggunakan insektisida nabati bersifat repellent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun nilam, serai wangi dan kayu putih pada konsentrasi 40% terhadap repellency B. tabaci dan mengetahui ekstrak yang paling repellent terhadap B. tabaci. Penelitian dilakukan di Laboratorium Entomologi Balitsa, Lembang pada bulan April sampai Juni 2015, menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan empat perlakuan yaitu ekstrak nilam, kayu putih, serai wangi dan kontrol terdiri dari enam ulangan pada dua waktu pengamatan. Pengujian dilakukan menggunakan olfaktometer dua lengan. Pengamatan dilakukan pada jumlah B. tabaci dikedua lengan olfaktometer.  Data diolah menggunakan teknik ANAVA dan uji Duncan taraf nyata 5%, serta dihitung daya repellency untuk menentukan kelas repellency. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak nilam, kayu putih dan serai wangi memiliki pengaruh terhadap repellency B. tabaci, dan ekstrak paling efektif bersifat repellent adalah ekstrak daun serai wangi dengan persentase repellency 48,33% dan 45,00%, serta daya repellency sebesar 100% terletak di kelas lima pada kedua waktu pengamatan.Kata Kunci : repellency, ekstrak nilam, ekstrak kayu putih, ekstrak serai wangi, Bemisia tabaci
IMPLEMENTASI MODEL PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI Ade Fitriyani; Toto Toto; Euis Erlin
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.463 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v8i2.4375

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Sampel penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP berjumlah 26 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan disain The-One Group Pretest-Posttest . Teknik pengambilan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa soal keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meliputi analisis, evaluasi, dan mencipta dalam bentuk uraian [u1] Data hasil penelitian dianalisis secara statistik yang meliputi uji N-Gain, uji normalitas, dan uji hipotesis (uji Z). Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z diperoleh hasil    yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima, Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan penerapan model PjBL-STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi bioteknologi. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi bioteknologi.Kata kunci : PjBL, STEM, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TIPE HIPOTETIK DEDUKTIF MENGGUNAKAN MEDIA RIIL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP GERAK NASTI TUMBUHAN (Penelitian di Kelas VIII MTsN Kawali) Hany Millati Mustaqiem; Dadi Dadi; Warsono Warsono
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.34 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v8i2.4407

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peserta didik dalam kemampuan memecahkan masalah karena guru kurang terbiasa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat  tinggi untuk peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh Model Learning Cycle Tipe Hipotetik Deduktif terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada Konsep Gerak Nasti Tumbuhan. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 11 Mei sampai dengan 17 Mei 2015 dengan metode Pre-Experimental dengan menggunakan One Group Pretest Postest Design. Populasi penelitian adalah siswa Kelas VIII dan sampel Kelas VIII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan teknik analisis data menggunakan Uji Z. Parameter yang diukur adalah kemampuan berpikir analitis sehingga digunakan instrumen berupa tes essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Zhitung > Zdaftar yaitu 2,75 > 1,64 artinya  penerapan Model Learning Cycle Tipe Hipotetik Deduktif Menggunakan Media Riil berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada Konsep Gerak Nasti Tumbuhan. Kata kunci:    Model Learning CycleTipe Hipotetik Deduktif, Media Riil, Kemampuan Berpikir Analitis. 
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI (Penelitian di Kelas XI-IPA SMA Terpadu Ar-Risalah) melia pujianti; Adun Rusyana
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.514 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v8i2.4408

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah: (1) kecakapan berpikir kritis belum ditangani sungguh-sungguh oleh para guru di sekolah, (2) masih rendahnya rasa ingin tahu siswa, sehingga siswa cenderung merasa cepat puas dengan apa yang mereka ketahui, dan (3) siswa masih jarang bertanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah  pengaruh  model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh penggunaan  model  problem based  learning  terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan  model  problem  based  learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah  pre-experimental.  Objek penelitian adalah siswa SMA Terpadu Ar-Risalah Kelas XI-IPA  sebanyak  30 orang. Instrumen  penelitian berupa tes pilihan ganda yang disesuaikan dengan indikator berpikir kritis. Data diolah dengan menggunakan uji z (uji hipotesis) dan n-gain (untuk mengetahui tingkat pengaruh). Berdasarkan hasil pengolahan data disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berpengaruh positif dan  signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan kategori sedang (n-gain = 0,67). Kata kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis.
STUDI DOKUMENTER HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PjBL PADA SISWA KELAS VII MTsN 11 CIAMIS Teni Setia Mulyani; Euis Erlin; Lia Yulisma
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.095 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v8i2.4406

Abstract

Tujuan studi dokumenter ini untuk mengetahui keefektifan model PjBL serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan model PjBL terhadap hasil belajar psikomotor siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTsN 11 Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian secara kualitatif melalui pendekatan triangulasi. Instrumen yang digunakan dokumen hasil belajar psikomotor, kuesioner wawancara, serta beberapa dokumen lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar diantaranya RPP, bahan ajar yang digunakan, serta media pembelajaran. Subjek penelitian adalah dokumen hasil belajar psikomotor siswa kelas VII A. Sampel diambil secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Teknik analisis data melalui reduksi, menyajikan data, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar psikomotor berada dalam kategori sangat baik. Ketercapaian hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari diri siswa maupun dari lingkungan belajar. Faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan penggunaan model PjBL diantaranya: (1) kelompok diskusi, (2) rasa tidak mudah putus asa, dan (3) serta motivasi siswa untuk belajar. Tambahkan kesimpulan dan  implikasi hasil penelitian Kata kunci: PjBL, Keefektifan, dan Hasil Belajar Psikomotor
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SMP BERBASIS PESANTREN Euis Pipieh Rubiana; Dadi Dadi
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.452 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v8i2.4376

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar IPA siswa SMP berbasis pesantren. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 12 - 17 Mei 2014 di SMP Islam Terpadu Miftahul Huda II Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan sampel yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian diambil dengan menyebar angket dengan 18 item pernyataan disertai wawancara secara mendalam kepada siswa sampel terpilih. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan pendekatan kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar IPA terdiri dari faktor intrinsik yang terdiri kebutuhan, harapan, cita-cita siswa dan faktor ekstrinsik yang terdiri dari penghargaan dan kondisi lingkungan. Sedangkan faktor-faktor yang tidak mempengaruhi motivasi belajar IPA antara lain minat dan kemampuan (intrinsik), dorongan keluarga dan kondisi sekolah (ekstrinsik). Kata kunci: motivasi belajar, faktor intrinsik, faktor ekstrinsik, pesantren
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUB MATERI POLA INTERAKSI MANUSIA MEMPENGARUHI EKOSISTEM Ani Roheni; Yoyon Sutresna; Nur Ilmiyati
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.965 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v8i2.4417

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan metode quasi eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model  pembelajaran discovery learning terhadap pengembangan perilaku ilmiah dan keterampilan proses sains. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 245 siswa di SMP Negeri 3 Ciamis. Sampel yang digunakan yaitu 1 (satu) kelas dengan jumlah siswa 35 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sample. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat mengembangkan perilaku ilmiah dan keterampilan proses sains siswa pada Sub Materi Pola Interaksi Manusia Mempengaruhi Ekosistem. Cantumkan tujuan pada kalimat awal,  lengkapi dengan cara analisis data, kesimpulan dan implikasi Kata kunci:  discovery learning, Keterampilan proses sains, Model pembelajaran, Sikap ilmiah.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KOMPONEN KIMIAWI PENYUSUN SEL MELALUI METODE PERCOBAAN Noneng Purmini
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.989 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v8i2.4377

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas metode percobaan untuk meningkatkan kemampuan memahami komponen kimiawi penyusun sel dan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui metode percobaan untuk meningkatkan kemampuan memahami komponen kimiawi penyusun sel siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yaitu tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kritis dan interaktif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode percobaan dapat meningkatkan kemampuan memahami komponen kimiawi penyusun sel siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2019/2020. Dari data yang terkumpul, peneliti melihat adanya peningkatan dalam persentase siswa kelas XI IPA 1 yang mendapat nilai di atas KKM (ketuntasan belajar) sebesar 100% dan peningkatan penguasaan materi sebesar 23.4%. selain itu, metode percobaan terbukti dapat meningkatkan perilaku siswa kelas XI IPA 1 sehingga mereka lebih jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, mau bergotong-royong, mampu bekerjasama, toleran, santun, responsif, dan proaktif dalam setiap kegiatan. Kata Kunci: Komponen kimiawi, Penyusunan sel, percobaan

Page 1 of 1 | Total Record : 8