cover
Contact Name
Rusni Fitri
Contact Email
rusnifitri@umma.ac.id
Phone
+628114443595
Journal Mail Official
jurnalpeternakan@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros, 90511, Sulawesi Selatan, Indonesia Telp./Fax (0411) 893 8018
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Peternakan Lokal
ISSN : -     EISSN : 26857588     DOI : https://doi.org/10.46918/peternakan.v3i2
Jurnal Peternakan Lokal merupakan jurnal imliah terbitan Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan Universitas Muslim Maros. Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian ilmiah dan studi pustaka sebanyak dua kali setahun yaitu pada bulan Maret dan September. Ruang lingkup jurnal ini meliputi : Produksi Ternak Sosial Ekonomi Peternakan Nutrisi Ternak Teknologi Hasil Ternak.
Articles 53 Documents
Analisis Bauran Pemasaran pada Produk Chicken Nugget Merek So Good di Kecamatan Tamalanrea Makassar Rusni Fitri Y. Rusman
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.182 KB)

Abstract

Selain produk daging segar, pemenuhan protein hewani juga dapat diperolah dari produk olahan berbahan baku daging ayam seperti chicken nugget. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana posisi produk chicken nugget merek So Good di pasar persaingan dengan produk sejenis dengan melihat bauran pemasarannya yaitu produk, harga, promosi dan tempat. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, Maret-April 2018 di supermarket dan mini market yang menjual produk chicken nugget dengan mewawancarai 48 responden menggunakan kuisioner. Untuk penetapan posisi So Good pada produk, harga dan tempat masing-masing mendapatkan bobot tertinggi di level 4 atau setuju/suka sedangkan untuk promosi pada level 3 atau cukup setuju/suka saja. Hal ini menunjukkan selain promosi ketiga bauran pemasaran So Good telah mendapatkan pengakuan dibenak para konsumen chicken nugget.
Kecernaan In-Vitro Biomas Kacang Tanah (Aracis hypogeae) sebagai Pakan Ternak Ruminansia Mirnawati Mirnawati
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.855 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan serat (ADF, NDF, selulosa, hemiselulosa, dan lignin) biomas kacang tanah serta mengetahui umur panen yang tepat untuk dijadikan sebagai pakan ternak ruminansia. Kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi mengenai umur panen tanaman kacang tanah yang ideal dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan serat dari ternak ruminansia serta pada industri pakan ternak ruminansia menjadi sumber data dalam menyusun formulasi pakan komplit, kacang tanah sebagai sumber pakan alternatif dan kacang tanah sebagai subtitusi pakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juli 2018 dan terbagi atas 2 (dua) tahap, yaitu : Tahap I (penanaman kacang tanah) dilaksanakan di PT Tata Hidup Cemerlang (THC), Desa Lengkese, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan dan tahap II (Analisis) dilaksanakan di Laboratorium Kimia Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Makassar. Berdasarkan hasil analisa menunjukkan rataan NDF pada 1 bulan (54,79%) mengalami penurunan pada 2 bulan (52,32%), tetapi mengalami peningkatan yang tidak signifikan pada perlakuan 3 bulan (52,56%) meskipun turun kembali pada 4 bulan (50,76%). Hasil analisis memperlihatkan rataan kandungan ADF pada perlakuan mengalami peningkatan dari perlakuan 1 bulan (43,14%) ke-2 bulan (50,14%), dan mengalami penurunan pada 3 bulan (47,84%), sampai 4 bulan (44,59%). Kenyataan ini memperlihatkan bahwa secara umum, umur panen berpengaruh terhadap kandungan fraksi serat suatu hijauan khususnya kandungan ADF. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kandungan serat biomas kacang tanah sebagai sumber pakan ternak ruminansia yang baik yaitu pada antara umur panen 2 bulan dan 3 bulan.
Pengaruh In Ovo Feeding L-Arginine terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Berat Badan, dan Konversi Pakan Ayam Kampung M. Azhar; U. Sara; Mirnawati Mirnawati
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.652 KB)

Abstract

Ayam kampung memiliki resistesi terhadap penyakit dan kemampuan adaptasi yang tinggi, tapi memiliki pertumbuhan lambat dan efisiensi konversi pakan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan efisiensi konversi pakan ayam kampung dengan perlakuan in ovo feeding L-arginine. Sebanyak 135 butir telur ayam kampung fertil dimasukkan kedalam mesin tetas semi-otomatis dan dibagi menjadi lima kelompok perlakuan tiga ulangan. Perlakuan pertama yaitu tanpa injeksi (kontrol negatif); perlakuan ke-2 diinjeksi dengan saline 0,9% (kontrol positif); perlakuan ke-3, ke-4, dan ke-5 masing-masing diinjeksi dengan L-Arginine 0,5%, 1,0%, dan 1,5%. In Ovo Feeding dilakukan pada hari ke-10 inkubasi dengan injeksi kedalam albumen. Setelah menetas, DOC dipindahkan kedalam pen dengan alas litter, sesuai dengan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pakan perlakuan in ovo feeding L-arginine dengan kontrol tidak berbeda. In ovo feeding L-arginine menghasilkan pertambahan berat badan yang lebih tinggi dan konversi pakan yang lebih rendah dibandingkan kontrol positif. Injeksi L-arginine 0,5% merupakan konsentrasi optimum untuk meningkatkan pertambahan berat badan dan menurunkan konversi pakan ayam kampung. In ovo feeding L-arginine meningkatkan laju pertumbuhan dan efisiensi konversi pakan ayam kampung, dengan konsentrasi optimum 0,5%.
Pengaruh Pemberian Heparin pada Level yang Berbeda pada Semen Beku Sapi Limousin Hasil Sexing dengan Menggunakan Albumen Telur Ayam Andi Hamdana
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.744 KB)

Abstract

Teknologi inseminasi Buatan merupakan salah satu cara meningkatkan daya produksi ternak melalui perbaikan mutu genetik yaitu dengan inseminasi Buatan. Keberhasilan IB sangat tergantung pada kualitas semen yang digunakan. Untuk mendapatkan ternak sapi dengan jenis kelamin yang di inginkan adalah dengan pemisahan spermatozoa X dan Y,. Pemisahan sperma dapat dilakukan berdasarkan pertimbangan adanya perbedaan sperma pembawa kromozom X dan Y berdasarkan kualitas dan kuantitas DNA yang terdapat dalam kromozom seks. Dengan penambahan Heparin pada media pemisah dapat merangsang motilitas dan pergerakan dari spermatozoa sapi setelah pemisahan kromozom X dan Y, dimana Heparin dapat bekerja secara sinergis mempercepat kapasitasi dan reaksi akrozom. Tujuan dari Penelitian ini adalah unuk mengetahui tingkat motilitas Spermatozoa pada semen beku yang media pengencernya ditambahkan heparin dengan level yang berbeda. Kegunaannya adalah untuk memberikan informasi mengenai fungsi dari heparin dalam bahan pengencer semen beku terhadap motilitas spermatozoa sapi Limousin.
Pengaruh Penambahan Ekstrak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn) terhadap Keasaman pada Yogurt (pH) Muh. Hasir Adam
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.339 KB)

Abstract

The study aims to determine the extent of the influence of the addition of roselle flower extract in the process of making yogurt and the addition of an optimal level to obtain a quality yogurt products. The research was conducted in August-September 2011 in the Laboratory of Livestock Product Technology and Basic Animal Nutrition Faculty of Animal Husbandry Hasanuddin University, Makassar. The material used was fresh milk, rosella flower extract, plain starter yogurt (Lactobacillus bulgaricus and Streptococcus thermophilus), 1% NaOH, 96% ethanol, packing materials, aluminum foil, paper labels, aquades, and alcohol 75%. The equipment used is oven, mixer, filters, stoves, pots, basins, thermometer, jars, burette, plastic wrap, analytical balance, the titration, the volume pipettes, pipette drops, pipette man, measuring cup, glass cup, erlenmeyer, pH meters . Experimental design used in this study was Complete Randomized Design (CRD) with a pattern of 2 x 4 factorial with five replications. Factor A Long incubation (A1 = 12 hours at 30oC) and (A2 = 16 hours at 30oC). Factor B Giving Rosella Flower Extract (B1 = 0% Extracts rosella flowers, B2 = 0.5% roselle flower extract, B3 = 1% rosella flower extract, and B4 = 1.5% roselle flower extract). The observed parameters namely pH. The results showed higher levels of rosella flower extract the higher acidity of the yogurt with an average pH of 3.5. Storage of up to 16 hours showed no decrease in quality of yogurt.
Manajemen Pemberian Pakan Sapi Bali Ervina Wahyuni; Muh. Amin
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.795 KB)

Abstract

Hal pokok yang perlu diperhatikan untuk menjamin keberlangsungan dan kontinuitas usaha peternakan yaitu breeding (bibit/bakalan), feeding (pakan), dan management (manajemen), yang saling terkait satu sama lain dan saling melengkapi. Studi ini bertujuan untuk memahami metode penggemukan sapi di Enhal farm khususnya manajemen pemberian pakan pada peternakan sapi potong yang dijalankan di Enhal Farm. Studi ini dimulai dari tanggal 15 mei sampai dengan 15 juni 2020 di usaha peternakan penggemukan sapi bali Enhal farm Dusun Tombolo, Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. Studi berfokus pada manajemen pemberian pakan sapi bali yang meliputi jenis pakan yang diberikan, pencampuran pakan, cara memperoleh pakan, jumlah pemberian pakan, frekuensi pemberian pakan, cara pemberian pakan dan pemberian air minum. Pakan hijauan yang diberikan di Enhal Farm berupa rumput Gajah dan jerami padi, sedangkan konsentrat berupa campuran dari beberapa bahan pakan seperti jerami fermentasi (seperti tongkol jagung, dedak, molases, bungkil kelapa, mineral mix, garam). Pemberian pakan hijauan berupa rumput gajah dan jerami padi juga didasarkan berat badan sapi kemampuan sapi dalam mengonsumsi ransum diukur dalam bentuk bahan kering. Semakin tinggi bobot badan sapi akan semakin menurun persentase kemampuannya mengonsumsi bahan kering ransum. Air minum diberikan secara ad libitum.
Strategi Penjualan Bakso di Maiwa Breeding Centre Ahmad Kamal; Sitti Sohrah
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.68 KB)

Abstract

Penjualan merupakan hal yang penting dalam memasarkan produk terutama produk olahan peternakan seperti bakso yang peminatnya cukup banyak. MBC melalui produk olahan baksonya dengan membawa merek bakso Six One 77 merupakan salah satu produk bakso yang baru di Sulawesi Selatan dan telah mengalami pertumbuhan penjualan cukup signifikan. Oleh karena itu strategi penjualan produk ini sangat penting untuk dipaparkan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi penjualan di Maiwa Breeding Center (MBC) dilakukan dengan penjualan langsung di showroom, melalui agen serta bekerja sama dengan himpunan mahasiswa. Strategi penjualan melalui produk juga dilakukan dengan melakukan penjualan tiga macam produk bakso dengan varian harga yang berbeda. Strategi ini dilakukan untuk menarik minat konsumen akan rasa bakso yang berbeda-beda pada tiap jenis. Selain itu, harga yang bervariasi juga memudahkan konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan daya beli mereka.
Sistem Manajemen Kandang pada Peternakan Sapi Bali di Cv Enhal Farm Zaenal HM; Muh. Khairil
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.733 KB)

Abstract

Manajemen perkandangan merupakan salah satu bentuk pengelolaan perkandangan yang meliputi fungsi kandang, jenis-jenis kandang dan tipe-tipe kandang. Kandang yang baik yaitu jauh dari pemukiman penduduk, ventilasi dan suhu udara kandang yang baik, efisien dalam pengelolaan, kuat dan tahan lama, tidak berdampak pada lingkungan sekitar serta memudahkan petugas dalam proses produksi seperti pemberian pakan, pembersihan kandang dan penanganan kesehatan. Studi ini bertujuan untuk melihat bagaimana manajemen kandang yang terdapat pada usaha peternakan di CV Enhal Farm, Maros. Studi ini berlangsung selama Februari-Maret 2020. Hasil dari pengamatan menunjukkan bahwa kondisi kandang di CV Enhal Farm cukup bagus dengan memperhatikan tata letak, atap, bentuk dan model, kerangka kandang serta tempat pakan. Sarana penunjang lainnya juga cukup membantu sehingga memberikan dukungan sumber daya terhadap keberlangsungan usaha peternakan Sapi Bali di CV Enhal Farm.
Manajemen Pemeliharaan Sapi Bali Di UPT-Pt HPT Pucak, Dinas Peternakan daan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan Nurhakiki Nurhakiki; Nur Halizah
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.415 KB)

Abstract

Kesehatan ternak merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam usaha peternakan sapi potong. Kerugian yang besar seringkali disebabkan timbulnya penyakit yang menyerang. Karena itu perlu dilakukan pencegahan dan pengendalian penyakit. Pemberian pakan berupa pakan hijauan diberikan pada sapi sebanyak 10-12% dan pakan konsentrat 1-2% dari bobot badan ternak. Pencegahan dan pengendalian penyakit dengan menjaga kandang selalu bersih dengan melakukan desinfeksi pada kandang dan peralatan kandang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu : Observasi, yaitu mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung di UPT Pembimbitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak. Wawancara, yaitu melakukan dialog atau pengajuan pertanyaan terhadap pekerja atau pun pembimbing lapangan. Kepustakaan, mengumpulkan data menggunakan referensi dari internet atau pun buku. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa lokasi pemeliharaan sapi bali UPT-PT-HPT Pucak sudah baik, dilihat dari keadaan geografisnya. Lokasi kandang dekat dengan sumber pakan, dengan sumber air dan mudah dijangkau transportasi. Sistem pemeliharaan sapi bali di UPT-PT-HPT Pucak yaitu, pemeliharaannya secara intensif. Pemberian pakan berupa konsentrat, hijauan dan leguminosa.
Strategi Pemasaran Online Bakso Six One 77 Abd. Mutalib; Rusni Fitri Y. Rusman
JURNAL PETERNAKAN LOKAL Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Peternakan Lokal
Publisher : Program Studi Peternakan Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.571 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi pemasaran online yang dijalankan oleh Maiwa Breeding Centre (MBC) sebagai salah satu unit bisnis di Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin dalam memasarkan produk baksonya. Bakso Six One 77 merupakan salah satu produk unggulan MBC dimana cakupan penjualannya telah menyebar ke seluruh wilayah di Sulawesi Selatan. Strategi pemasaran online merupakan salah satu cara dalam memperluas jangkauan pemasaran produk ini. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi pemasaran online yang digunakan tim pemasaran MBC yaitu menggunakan media social. Media social yang menjadi tempat tim pemasaran melakukan penjualan online yaitu Facebook, Instagram dan Whatsapp. Ketiga platform media social ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan penjualan Bakso SixOne77 di MBC.