cover
Contact Name
Muhammad Istiqlal
Contact Email
m.istiqlal@gmail.com
Phone
+6285729356143
Journal Mail Official
m.istiqlal@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Sholeh Km. 04, RT.002 RW.001,Dsn.Bandungan,Ds. Gedangan,Kec. Tuntang, Semarang 50773
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27459985     DOI : https://doi.org/10.35672/afeksi.v2i2.28
Core Subject : Education, Social,
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that emphasized on improving the quality of education. Afeksi is published by Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran in corporate with Mahfud Ridwan Institute.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023)" : 10 Documents clear
KONSEP PENDIDIKAN NILAI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DAN NICOLAUS DRIYARKARA Wildan Nur Hidayat; Mukh. Nursikin
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.48

Abstract

Pendidikan nilai sejatinya tidak dapat terlaksana dengan baik, jika tidak sejalan dengan kerjasama oleh tenaga pendidikan dan orang tua yang secara massife ikut berjuang dalam menanamkan nilai-nilai luhur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi konsep pendidikan nilai menurut Ki Hadjar Dewantara dan Nicoulas Driyarkara. Metode penelitian dalam jurnal ini menggunakan metode literature review. Metode literatur ini didapatkan dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, internet dan pustaka. Metode literatur dilakukan peneliti dengan maksud utama yaitu mencari dasar atau fondasi utnuk memperoleh dan membangun landasan teori, kerangka berpikir, dan menentukan hipotesa. Ki Hadjar Dewantara mengatakan bahwa bulatnya jiwa manusia terdapat pada budi pekerti atau watak seseorang. Lebih lanjut Ki Hadjar Dewantara menjelaskan pendidikan karakter dapat diperoleh melalui trisentra karena di dalam kehidupan anak-anak ada tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya yaitu alam keluarga, alam perguruan, dan alam pergerakan pemuda. Adapun menurut Driyarkara pendidikan karakter mendeskripsikan bilamana kegiatan mengajar dan mendidik karakter terdapat perbandingan. Peserta didik dilihat sebagai manusia merdeka dalam perjalanan kemanusiannya. Driyaryaka memberikan pandangan bahwa pendidik harus memposisikan dirinya sebagai anak kecil usia 4-5 tahun yang dianggap sebagai manusia yang selalu ingin melakukan sesuatu tetapi tidak memahami apa yang dilakukannya. 
PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK DI RA NURUL JADID BLIMBING BESUKI Himmatul Ulya; Mamluatun Ni'mah
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.53

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kelompok A didesa Blimbing Bandar dapat menghafalkan surat-surat pendek di RA Nurul Jadid dengan menggunakan metode talaqi. Tujuan penggunaan metode talaqqi adalah untuk meningkatkan hasil ketrampilan menghafal siswa yang masih berjuang untuk mencapai tujuan menghafal dan membaca ayat-ayat mereka yang masih belum akurat. Menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan prosedur wawancara, dokementasi, dan refleksi untuk memperoleh data. Hasil penelitian RA Nurul Jadid Blimbing Mandar yang didukung oleh 18 siswa kelompok A, 10 perempuan, dan 8 laki-laki mengungkapkan bahwa pelaksanaan penerapan metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek dapat terlaksana dengan baik.
PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA PELAJARAN PPKN Indah Yuniarti; Minto Santoso; M. Iqbal Baihaqi
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.56

Abstract

The aims of this research is influence of motivation and interest to learn on student achievement at class XI Civics at SMAN 1 Kademangan for the academic year 2021/2022. This research uses descriptive quantitative research. This population amounted to 150 students, the sample of this research is 60 samples. Ssampling technique of this research is the selected sample technique. The data collection technique of this research used a questionnaire and documentation. The data analysis techniques of this research are validity, reliability, normality, multicollinearity, T test and F test. The results of this study can be seen from the results of the partial T test that there is a positive influence between interest in student achievement in class XI SMAN 1 Kademangan, namely the calculated T value. interest in learning (X1) a number of (5,768)T table (2.002) In addition, partially there is a positive influence between motivation on student achievement in class XI IPS SMAN 1 Kademangan the results of the value of T count learning motivation (X2) a number of (2,247)T table (2.002). Based on the F test, interest in learning along learning motivation have a simultaneous effect on student achievement in class XI IPS at SMAN1 Kademangan. T table (4,16).
ANALISIS DATA KUALITATIF DALAM EVALUASI KURIKULUM PROGRAM STUDI SARJANA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KALIMANTAN TIMUR Muhamad Fajri; Zurqoni Zurqoni; Sugeng Sugeng
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.58

Abstract

Islamic Religious Education is an undergraduate education study program, intended as a teacher training program. Teacher quality can also be influenced by the curriculum followed by the Religion teacher during his undergraduate studies. Evaluation of the curriculum of the Islamic Religious Education Study Program is an interesting matter to discuss about qualitative data collection techniques. The purpose of this research is to analyze and find out the qualitative data analysis techniques used in the Islamic Religious Education Study Program and the analytical procedures at each tertiary institution in East Kalimantan. The results of this study indicate that the Islamic Religious Education study program at tertiary institutions in Samarinda City and Kutai Kartanegara Regency both use descriptive methods in obtaining qualitative data when evaluating their curriculum, especially on learning items. Then the analysis technique used for the descriptive data is qualitative data analysis of the Milles, Hubarmen and Saldana interactive model, while the City of Balikpapan uses content analysis, because it uses data in the form of documents as single data.
ANALISIS DAMPAK GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BICARA ANAK PAUD USIA 3 TAHUN Maryance F Tamelab
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan bicara anak usia 3 tahun di PAUD Hosana Usiloa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data terbagi menjadi data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui observasi terhadap anak yang menjadi subjek penelitian, sedangkan data sekunder berupa dokumen dalam bentuk jurnal dan sumber bacaan lainnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak usia 3 tahun di PAUD Hosana Usiloa menggunakan gadget lebih dari 8 jam sehari. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat mempengaruhi perkembangan bicara anak dan dapat menimbulkan dampak negatif seperti ketergantungan pada gadget dan kurangnya interaksi sosial. Untuk meminimalkan dampak negatif tersebut, perlu dilakukan strategi pengelolaan gadget yang baik. Strategi tersebut meliputi pengaturan waktu penggunaan gadget, memilih aplikasi dan konten yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak, serta mengajak anak untuk berinteraksi sosial dan melakukan aktivitas lain yang positif. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada orang tua dan pengajar untuk lebih memperhatikan penggunaan gadget pada anak usia dini dan melakukan pengelolaan yang baik untuk meminimalkan dampak negatif pada perkembangan bicara anak. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menggali dampak penggunaan gadget pada aspek perkembangan lainnya pada anak usia dini.
PENGARUH POLA BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA Petrus Logo Radja; Kaleb Lelo; Ezra Tari
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.65

Abstract

Pengaruh Pola Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola belajar dan gaya belajar terhadap motivasi berprestasi mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini pada Institut Agama Kristen Negeri Kupang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Kuantitatif. Dengan sampel penelitain sebanyak 107 mahasiswa dari total 146 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pola belajar, kuesioner gaya belajar dan kuesioner motivasi berprestasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola belajar dan gaya belajar memiliki pengaruh terhadap  motivasi berprestasi sebesar 39 % dan sisanya  61 % dipengaruhi oleh variabel lain.
IMPLEMENTASI METODE AL-MIFTAH PADA MATERI PAI DALAM KITAB FATHUL QORIB DI PONDOK PESANTREN AR-ROFI’IYYAH SEMAMPIR Ifa Istiana; Abd. Aziz; Ibnul Arobi
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.62

Abstract

Pesantren merupakan basis pengetahuan  dan pengembangan ilmu Islam. Sumber tertulis utama yang dipelajari adalah kitab kuning,yaitu kitab yang berisi tulisan arab tanpa huruf vokal. Pemahamannya dapat dilakukan dengan banyak cara, tetapi di antaranya Metode yang dianggap cukup efektif adalah metode Al-Miftah.Meski begitu, tidak semua santri bisa mengerti tentang  kitab kuning, Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat perkembangan yang pesat santri pondok pesantren Ar-Rofi’iyyah semampir dalam kitab kuning khususnya pelajaran fiqih yang merupakan salah satu materi PAI, peserta didik sudah bisa membaca kitab dengan fasih mendeteksi perkalimat, baik dalam segi, I’rab, fungsi I’rab dan lengkap dengan dalil Nadzomnya. Padahal di beberapa pondok pesantren yang peneliti temui, mayoritasnya baru bisa membaca kitab kuning setelah masuk kelas aliyah dan itupun hanya sebagian kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa penerapan Metode Al-Miftah di Pondok Pesantren Ar-Rofi’iyyah Semampir baik dalam hal perencanaan, langkah-langkah, Evaluasi dan Faktor pendukung dan penghambat.
KEGIATAN MUHADHOROH DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MUSABAQOH SYARHIL QUR'AN (MSQ) PONDOK PUTRI RAUDLATUL HASANIYAH Firdatul Hasanah; Abd. Aziz; Muhammad Hifdil Islam
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.60

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial memiliki peran penting dalam berinteraksi terhadap sesama. Kemampuan dalam menyampaikan sesuatu seperti halnya berdakwah atau pidato didepan khalayak umum sangatlah penting bagi seorang santri. Pondok putri Raudlatul Hasaniyah1 melaksanakan kegiatan muhadhoroh dengan tujuan mengembangkan kreativitas santri, utamanya kreativitas yang berupa Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ). Sehingga santri dapat dengan mudah dalam menyampaikan pidato atau dakwah dengan ayat suci al-qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana santri dalam mengembangkan kreativitasnya utamanya dalam menyampaikan dakwah atau pidato didepan khalayak umum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yangpenelitiannya menghasilkan informasi deskriptif tentang individu yang diamati dan perilaku dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan.Kata kunci: muhadhoroh, kreativitas, Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ)
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK PANTI ASUHAN Tri Oktavia Oematan; Deviana Sibulo
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.68

Abstract

Pendidikan Agama Kristen (PAK) bagi anak panti asuhan merupakan hal yang penting. Hal ini dikarenakan kondisi anak yang tidak lagi hidup bersama orangtua karena kedua atau salah satu orangtua meninggal dunia, ditelantarkan orangtua karena masalah ekonomi, orangtua tidak mau bertanggungjawab dan kesibukan orangtua, memberi dampak buruk bagi karakter anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAK bagi pembentukan karakter anak-anak panti asuhan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjelaskan penerapan PAK dalam pembentukan karakter anak panti Asuhan Ume Manekan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran PAK dalam membentuk karakter anak panti asuhan sudah diterapkan dengan baik. anak-anak menjadi tertib, saling mengasihi, suka membaca Alkitab, suka berdoa, rajin ke gereja, saling menolong dan hubungan antara anak-anak dan orang tua asuh menjadi kuat. Pembelajaran PAK sebagaimana orang tua asuh menerapkan PAK terlebih dahulu sebelum mengajarkan kepada anak-anak.
PENGARUH SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR MAHASISWA Santika Lya Diah Pramesti; Nanda Meilia Andini; Ovie Yuni Fitriani
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i1.67

Abstract

Salah satu tujuan matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan pemecahan masalah menduduki urutan pertama dalam pembelajaran matematika menurut NCTM. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika di Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan peneliti mengkaji adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh self efficacy dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah aljabar mahasiswa. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif melalui pendekatan Ex-post facto. Hasil temuan penelitian  dan nilai , sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah aljabar. Hasil temuan penelitian ini bisa dijadikan bahan masukan pada pelaksanaan pembelajaran struktur aljabar untuk mengembangkan self efficacy dan self regulated learning mahasiswa dalam pemecahan masalah aljabar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10