cover
Contact Name
M. Ikhwanul Hakim
Contact Email
paiiaihnwlotim2021@gmail.com
Phone
+6281805503485
Journal Mail Official
nahdlah@iaihnw-lotim.ac.id
Editorial Address
Jln. Utama Mataram-Lb. Lombok Anjani Kec. Suralaga Kab. Lombok Timur
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28076958     EISSN : 28075412     DOI : 10.51806
Core Subject : Religion, Education,
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus on: Models, Strategies, Methods, and Learning Techniques for Islamic Religious Education Development of Islamic Religious Learning Media Evaluation of Islamic Religious Education Learning Implementation and Development of Islamic Education Curriculum Management of Islamic Education Institutions and Teaching
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2023): Januari-April" : 6 Documents clear
STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN Erna Sulistiani
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Januari-April
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v2i3.44

Abstract

Generasi muda penerus bangsa ini harus dibekali dengan pengetahuan membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang beragama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII, untuk mengetahui apa saja faktor yang pendukung dan penghambat strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII dan untuk mengetahui faktor apa saja penyebab siswa mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pertama, Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an antara lain: pengamatan, pendekatan, memberikan motivasi, mengajar serta membiasakan dan menyarankan kepada orang tua siswa untuk belajar mengaji dirumah. Kedua, faktor pendukung strategi guru Al-Qur’an Hadits antara lain: adanya sarana musholla sebagai oprasional kegiatan membaca Al-Qur’an, adanya kesadaran siswa, adanya kemauan siswa, dan faktor penghambat strategi guru Al-Qur’an Hadits antara lain: rendahnya minat dan motivasi siswa, dan faktor keluarga. Ketiga, faktor penyebab kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII antara lain: faktor peserta didik (kurangnya kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik, kurangnya motivasi peserta didik), faktor madrasah dan faktor guru
UPAYA GURU DALAM MEWUJUDKAN PROFESIONALISME DI MADRASAH TSANIWIYAH NW SEMAYA Marzuki
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Januari-April
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v2i3.60

Abstract

Peranan yang sangat penting dan startegis terutama dalam membentuk watak anak bangsa serta mengembangkan potensi peserta didik adalah Guru, sehingga upaya dalam mewujudkan profesionalisme Guru merupakan hal yang diharuskan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Adapun hasil penelitian (1) guru propesional, guru sebagai pengajar, guru sebagai model teladan, guru sebagai evaluator, (2) metode yang digunakan guru dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan Agama islam yaitu metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Bahawa dalam menujang profesionalisme guru yaitu memberdayakan kompetensi yang dimiliki oleh guru, kelompok kerja guru, yang mana tujuan dari diadakanya kelompok kerja guru meningkatkan kompetensi peserta kelompok dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran Agama yaitu menggunakan metode yang bermacam-macam guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
METODE BELAJAR KELASIK DALAM MEMBENTUK AHLAK DAN KECERDASAN SANTRI Muhammad Mirwan Apriadi
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Januari-April
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v2i3.61

Abstract

This research focuses on the following problem formulations: first, how do students and teachers find alternative ways that are easy but efficient for students and teachers to get maximum learning outcomes but not forgetting the morals as the hallmark of Islamic boarding schools, using classical learning methods, Research This study uses the Library Research approach, using the Library Research technique. In the data collection process, the authors use the Library Studies method. In this technique the author tries to include the advantages of learning by using the classical learning method. The data analysis technique used in this study consists of three phases: data reduction, data display and conclusion drawing. In this study the authors found that the use of the classical method is very beneficial if used in today's modern era, because if the use of this method is carried out properly and accurately, what students and students want will be achieved, after reading several magazines and articles we found many things that hinder learning, especially in the field of Ahlak,
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN GURU DI ERA SOCIETY 5,0 Moh abdul fattah
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Januari-April
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v2i3.62

Abstract

Era society 5,0 merupakan kelanjutan dari era revolusi industri 4,0 yang lebih menonjolkan sisi humanisme dalam menyelesaikan masalah-masalah social termasuk pendidikan dengan mengintegrasikan antara virtual dan realita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pemerintah tentang pengembangan guru di era society 5,0 dengan menggunakan sumber data atau refrensi yang berupa buku,jurnal,prosiding dan lain-lain yang secara umum disebut librari research.terdapat beberapa kondisi dan penyebab dari rendahnya kualitas profesi guru antara lain : 1) belum tercapainya standarisasi kualifikasi akademik guru minimal D4/S1 sebagaimana tercantum dalam permendiknas nomor 16 tahun 2007, 2) pengembangan kompetensi guru yang sering kali terhambat karena faktor internal dan eksternal, 3) rekrutmen guru yang tidak efektif,4) kesejahteraan guru berupa penghasilan yang masih kecil dan tidak sebanding dengan tugas guru sebagai pembentuk watak dan peradaban manusia. Walaupun kebijakan-kebijakan startegis dari pemerintah yang berkitan dengan keempat hal tersebut sudah ada, namun implementasinya masih kurang apalagi jika dihubungkan dengan kebutuhan era society 5,0 yang menuntut profesionalisme guru yang handal dalam menyiapkan generasi unggul masa kini dan masa yang akan datang.
STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK Mohamad Irfan Munir
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Januari-April
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v2i3.63

Abstract

Kegiatan membaca sangat penting dan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia sehingga harus ditanamkan sejak dini. Sehingga untuk meningkatkan minat baca anak, pemerintah dan para guru berupaya untuk membuat perpustakaan sebagai tempat pendalaman ilmu dan minat baca bagi anak dengan berbagai program-program peningkatan minat baca anak. Penelitian ini membahas tentang program-program unggulan para guru dalam meningkatkan minat baca bagi anak, dan juga untuk mengetahui factor penghambat dan pendukung peningkatan minat baca pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui model analisisis dari Connaway dan Powell (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidak berhasilan program dalam meningkatkan minat baca anak dikarenakan kurangnya pendukung yang maksimal. Baik dalam segi motivasi belajar, mempromosikan ruang baca anak, fasilitas, layanan maupun mempromosikan program-program yang ada di dalamnya
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DI ABAD 21 M Andre Jaya Saputra sunariadi
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Januari-April
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v2i3.68

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas dalam sebuah proses belajar mengajar.rel;igiusitas siswa adalah hal yang sangat penting untuk menjadikan siswa menjadi insan yang taat dalam beragama sehingga tidak me;langar aturan aturan dalamkehidupan.pemelitian ini meggunakan metode studi pustaka atau yang dikenal dengan library research.dengan meneliti kembali teori teori yang sudah ada kemudian diteliti kembalai guna menemukan kefektifan teori teori tersebut.dari teori teori yang telah ada dapat daiambil kesimpulan yang menjadi solusi dari permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini.dari hasil penelitian yang telah dilakukan disini djelasakan bahwa guru dalam Pendidikan agama sangat berperan penting dalam meningkatkan sikap religiusistas siswa,dengan cara terus menanamkan nilai nilai keagamaan melalu strategi strategi yang dapat dialakukan oleh guru Pendidikan agama.strategi yang dapat dilakukan oleh seorang guru Pendidikan dalam m peningkatan religiiusitas siswa diabad 21 yaitu: (1)melakukan oendekatan terhadap siswa agar guru dapat memahami karakter dari siswa,(2)memberikan nasihat dan motivasi kepada siswa(3)menjalin hubungan baik dengan orang tua siswa(4)memberikan motivasi(5)memberikan hukuman ketika siswa tidak menjalakn perintah(6)memberikan pelajaran agama terhadapa siswa melalui cara yang menyenangkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6