cover
Contact Name
Syarifuddin
Contact Email
bimaberilmu@gmail.com
Phone
+6285290880751
Journal Mail Official
jurnal.diksi01@gmail.com
Editorial Address
Jalan Lintas Sumbawa, desa Leu, RT. 009, RW. 004, Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
ISSN : 28093585     EISSN : 28093593     DOI : https://doi.org/10.53299/diksi.v2i1
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan di satuan pendidikan, proses pembelajaran, dan kajian lainnya keterkaitannya dengan pendidikan. Kemudian kajian dibidang sosial kemasyarakatan diantaranya, kehidupan masayarakat lokal suatu daerah, perkembangan jaman terhadap perubahan tingkah laku masayarakat, dan kajian-kajian lainnya terkait kehidupan sosial masyarakat. Jurnal Diksi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bima Berilmu dan terbit 2 kali dalam setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial" : 5 Documents clear
Konsep Pemikiran Muhammad Iqbal tentang Pendidikan Karakter Ditinjau dari Perspektif Psikologi Islam Purnamansyah Purnamansyah
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2023): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v4i2.323

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang Konsep Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Karakter Ditinjau dari Perspektif Psikologi Islam. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui Konsep Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Karakter Ditinjau dari Perspektif Psikologi Islam. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan studi pustaka (Library Research). Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter merupakan pendidikan yang berorientasi pada tingkah laku dan akhlak terpuji serta tata krama yang berisikan kebiasaan sopan santun disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia. Disamping itu, pendidikan karakter dapat dilakukan dengan membentuk nilai-nilai kemasyarakatan, kesusilaan dalam keagamaan yang disatupadukan, sehingga terwujud sikap, mental, akhlak dan kepribadian yang sesuai dengan ajaran agama Islam.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT Ibnu Hajar Balikpapan Menggunakan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPAS Muhammad Bima; Linda Fauziyah Ariyani; Siska Meinita Putri Sanjaya
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2023): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v4i2.340

Abstract

Sebagai mata pelajaran yang mengandung cakupan materi yang sangat luas, mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) memiliki beban materi yang lebih banyak dibandingkan dengan mata pelajaran yang liannya. Oleh karena itu, perlu adanya metode khusus yang lebih menarik agar tujuan pembelajaran IPAS dapat tercapai dengan optimal. Penelitian tindakan ini untuk menganalisis penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan 15 siswa sebagai subjek penelitian. Data hasil belajar siswa didapatkan melalui  angket, observasi, dan wawancara. Analisis data pada siklus pertama menunjukkan adanya peningkatan nilai dengan persentase 13,33% dalam pemahaman konsep dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai awal siswa memiliki rata-rata 76,8 meningkat menjadi 77,9. Dalam hal ini beberapa siswa masih belum mencapai nilai ketuntasan belajar yaitu 78. Sedangkan nilai pada siklus kedua menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam hasil belajar siswa dengan persentase 100% diatas nilai ketuntasan dengan rata-rata nilai sebesar 84,8. Peningkatan nilai juga diiringi dengan peningkatan dalam hal keaktifan, pemahaman, dan respons pembelajaran siswa pada pembelajaran inkuiri.  Kegiatan pembelajaran yang menerapkan metode inkuiri pada mata pelajaran IPAS dapat memberikan dampak yang signifikan untuk meningkatkan hasil prestasi dan minat belajar siswa di kelas IV SDIT Ibnu Hajar Balikpapan. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan metode inkuiri dapat menjadi bukti bahwa pendekatan inkuiri bisa digunakan dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar untuk mempromosikan pemahaman yang lebih mendalam dan keterlibatan siswa yang lebih aktif dalam pembelajaran IPAS.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pemanfaatan Aplikasi Geogebra di SMPN 1 Monta Febriana Utami; Adi Apriadi Adiansha; Muhammad Yusuf
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2023): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v4i2.314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pemanfaatan aplikasi Geogebra di SMPN 1 Monta. Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang berdampak pada rendahnya prestasi belajar matematika di SMPN 1 Monta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas VIII yang dipilih secara acak. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan menggunakan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran matematika, sementara kelompok kontrol hanya menggunakan media konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang signifikan setelah diberikan perlakuan menggunakan aplikasi Geogebra. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan aplikasi Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 1 Monta. Oleh karena itu, diharapkan penggunaan aplikasi Geogebra dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Konsep Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sains Ditinjau dari Perspektif Psikologi Islam Modern Purnamansyah Purnamansyah; Isnaini Isnaini; Arina Widya Kamalia; Khairatun Hisan
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2023): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v4i2.356

Abstract

Pada zaman kontemporer ilmu pengetahuan mengalami kemajuan sangat cepat dengan penemuan berbagai teknologi canggih. Ilmu pengetahuan dan teknologi berimplikasi dalam perubahan peradaban manusia. Ilmu sebagai hasil aktivitas manusia yang mengkaji berbagai hal, baik diri manusia maupun realitas di luar dirinya, sedangkan teknologi merupakan instrument bagi manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Perkembangan ilmu pengetahuan, Inovasi dan teknologi dalam sains menimbulkan dampak positif serta negatif. Tentunya dapat mengancam eksistensi manusia, hal itu merupakan problem fundamental diantara problem yang lain seperti di bidang sosial, ideologi, politik, ekonomi, serta pendidikan. Teknologi mutakhir yang semakin berkembang perlu didasarkan pada filsafat ilmu sebagai arah bagi pengembangannya, supaya para ilmuwan menyadari keterbatasan dirinya dan tidak terperangkap ke dalam sikap arogansi intelektual. Sains-teknologi tersebut kemudian diwariskan kepada generasi dan peradaban modern serta turut memberikan mamfaat yang amat besar bagi proses kebangkitan kembali (renaissance) bangsa-bangsa indonesia. Ilmu pengetahuan, teknologi dan Sains yang telah diletakkan dasarnya peradaban Islam mampu dikembangkan secara sederhana oleh kaum Muslim.
Hubungan Antara Faktor Genetik dan Lingkungan Perkembangan Autisme dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Rafael Lisinus Ginting; Anisah Khairiyyah Sagala; Maharani Arfah Nst; Maulana Stifani Simamora; Rizky Aprilia Pulungan; Rostika Uli Silalahi; Sagita Natalina Br Ginting; Sarah Asti Adinda Pane; Yasmine Noor Fatimah
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2023): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v4i2.361

Abstract

Autisme dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah dua gangguan perkembangan saraf yang sering terjadi pada anak-anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kedua gangguan tersebut dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik berperan dalam perkembangan autisme dan ADHD melalui berbagai mekanisme, termasuk mutasi gen, perubahan epigenetik, dan interaksi gen-lingkungan. Mutasi gen dapat menyebabkan perubahan pada protein yang terlibat dalam perkembangan otak. Perubahan epigenetik dapat mempengaruhi bagaimana gen diekspresikan. Interaksi gen-lingkungan dapat terjadi ketika faktor genetik membuat seseorang lebih rentan terhadap pengaruh lingkungan tertentu. Faktor lingkungan yang dapat memengaruhi perkembangan autisme dan ADHD meliputi: Infeksi prenatal, seperti rubella, cytomegalovirus, dan toksoplasma, paparan zat beracun selama kehamilan, seperti pestisida dan logam berat, paparan stres selama kehamilan, paparan zat beracun selama masa kanak-kanak, seperti timbal dan asap rokok, Cedera kepala, Trauma psikologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan kajian literatur sebagai instrumen.  Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami lebih lanjut hubungan antara faktor genetik dan lingkungan dalam perkembangan autisme dan ADHD. Penelitian ini dapat membantu untuk mengembangkan strategi pencegahan dan intervensi yang lebih efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5