cover
Contact Name
Asnawi
Contact Email
mjmst@unimal.ac.id
Phone
+6282162006677
Journal Mail Official
mjmst@unimal.ac.id
Editorial Address
Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology (MJMST) Mechanical Engineering Laboratory, 2nd Floor, Kampus Bukit Indah, Universitas Malikussaleh, Aceh, Indonesia Jl. Kompleks Bukit Indah, Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Indonesia, 24352 Email: mjmst@unimal.ac.id | Homepage : https://ojs.unimal.ac.id/mjmst/index
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology
ISSN : 23376945     EISSN : 28282922     DOI : 10.29103
MJMST (Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology) is a national research journal and invites contributions of original research articles as well as review articles in several areas of mechanical and material science. Published by Department Mechanical engineering, Faculty of engineering, Malikussaleh University, MJMST has been register as journal publication with ISSN number for printed version 2337-6945. The journal aims to publish refereed, high-quality research papers with significant novelty and short communications in all branches of mechanical science. Manuscripts which describe the novel theory and its application to practice are welcome, as are those which illustrate the transfer of techniques from other disciplines. Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology is applying double-blind peer-review process for the publication. Both the reviewer and author are anonymous. Each article is at least reviewed by two reviewers, which has high competency in the field of Mechanical Engineering MJMST calls for papers that cover the following fields: Materials & Mechanics Materials & Processing Fluids Engineering Thermal Engineering Engine Systems Power & Energy Systems Dynamics, Measurement & Control Robotics & Mechatronics Micro-Nano Science & Technology Computational Mechanics Machine Design & Tribology Design & Systems Manufacturing & Machine Tool Manufacturing Systems Information, Intelligence & Precision Equipment Bioengineering and Biomechanics Sports Engineering and Human Dynamics Environmental Engineering Industrial & Safety Transportation & Logistics Space Engineering Technology & Society Law & Technology
Articles 84 Documents
Analisa Kekuatan Tarik Serat Pelepah Aren Yusuf, Edy
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.5787

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kadar air terhadap kekuatan tarik interfacial serat Pelepah Aren yang diberi perlakuan alkali dengan 5%NaOH. Penelitian dilakukan dengan menggunakan satu jenis serat alam yaitu serat Pelepah Aren. Pengujian kekuatan mekanik dari komposit yang dilakukan dengan menggunakan pengujian tarik (tensile test) yang dilakukan dengan mesin uji tarik pearson panke Equipment Ltd, bentuk dan ukuran sesuai dengan ukuran standar ASTM D 3379-75. Menganalisa dan membandingkan komposit serat Pelepah Aren dengan NaOH, yaitu 5% kadar NaOH. Menurut analisa nilai yang terbaik dari kekuatan tarik pada serat Pelepah Aren yaitu dengan perlakuan alkali 5% NaOH. Kekuatan tarik serat Pelepah Aren lebih tinggi daipada kekuatan tarik serat Lontar. Kata kunci : NaOH, serat Pelepah Aren, kekuatan tarik, alkali, Standar ASTM. 
Pengaruh Variasi Panjang Nozzle dan Tinggi Level Air Terhadap Efisiensi Jet Pump Suryadi, S
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.6022

Abstract

Sumur  ataupun  tempat  penampungan  air  tanah  dalam  skala  rumah  tangga  secara  umum membutuhkan  alat  yang  efektif  untuk  mengangkat  debit  air  yang  banyak,  masalah  yang sering  muncul  adalah  cara  mengangkat  air  dari  sumur bagi  daerah  yang  sumurnya  dalam untuk itu  diperlukan pompa yang bertujuan untuk mengalirkan fluida dari sumur ataupun ke tempat  penampungan  air  tanah  menuju  ke  rumah  masing-masing.  Kinerja  pompa  dibatasi oleh tinggi tekan (head) untuk daya tertentu, dan efisiensi pompa juga dipengaruhi oleh tinggi level  air.  Dari  permasalahan  ini  dikembangkan  pompa  jet  atau  sering  dikenal  “jet  pump”. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui karakteristik jet  pump dengan  melakukan  variasi terhadap  tinggi  level  air, panjang nozzle dan  menggunakan  air  sebagai  fluida  kerja.  Tinggi level air yang divariasikan 0m, 0.5m, 1m dan 1.5m sedangkan panjang nozzle 33 mm, 39 mm dan  45mm . debit aliran sekunder meningkat seiring  dengan peningkatan debit aliran primer pada variasi panjang nozzle. Panjang nozzle berpengaruh terhadap efisiensi jet pump. Semakin besar  debit pada aliran primer maka efisiensi jet  pump akan meningkat.    Jet pump yang  diletakkan di kedalaman 1,5 m  memiliki efisiensi  tertinggi  dibandingkan  dengan peletakan jet    pump dengan  kedalaman      0,5      m dan 1      m. Efisiensi  tertinggi pada kedalaman 1,5 m yaitu sebesar 148,41 % dengan debit 2400 liter/jam.
Unburnt Analysis Terhadap Proses Pembakaran Ketel Uap Jenis Water Tube Boiler Kapasitas 15 TPH Berbahan Bakar Serat dan Cangkang Kelapa Sawit Setiawan, Adi; Yusuf, Muhammad
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.5822

Abstract

Ketel uap merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pembangkit daya. Proses pembakaran pada ketel uap berlangsung secara kontinyu di dalam ruang bakar dengan mengalirkan bahan bakar dan udara dengan bantuan blower. Pada Boiler di pabrik kelapa sawit, bahan bakar yang umumnya digunakan adalah serat dan cangkang kelapa sawit. Energi panas yang dihasilkan pada pembakaran bahan bakar digunakan untuk memanaskan fluida. Energi panas dari fluida tersebut selanjutnya digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk turbin uap, pemanas ruangan, mesin uap, dan lain sebagainya. Proses pembakaran pada water tube boiler di pabrik kelapa sawit menghasilkan abu sisa pembakaran yang dikeluarkan melalui beberapa bagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar bahan bakar yang tidak terbakar (unburnt fuel) pada ketel uap jenis water tube boiler berkapasitas 15 T/H. Penelitian ini dilakukan dengan menguji kadar air dan kadar abu dari abu sisa pembakaran pada boiler. Pengambilan sampel abu sisa pembakaran boiler dilakukan pada tiga titik yaitu: (i) ruang bakar boiler, (ii) hopper lower drum dan (iii) dust collector. Pengambilan sampel dilakukan saat boiler beroperasi pada tekanan kerja maksimum yakni pada tekanan 20 bar. Pengujian kadar air dilakukan dengan menggunakan alat Moisture Analyzer. Sampel sebesar 5 gr akan dipanaskan sampai temperatur tertentu sehingga kelembaban menjadi hilang ketika proses pemanasan berlangsung. Proses pengujian kadar abu menggunakan furnace jenis Chamber Furnace tipe Carbolite Gero dengan temperatur pengujian 800Ëš C dengan waktu tinggal selama 10 menit. Setelah dilakukan analisa, diperoleh persentase bahan bakar yang tidak terbakar (Unburnt Fuel) selama proses pembakaran yang terdapat di ruang bakar boiler adalah 8,09%, pada Hopper Lower Drum 3,6%, dan pada Dust Collector 3,76%.
Pengaruh Lingkungan Korosif dan Beban Mekanis Terhadap Perilaku Korosi pada Material Stainless Steel AISI-304 Islami, N; Ihsan, M; Hafli, T; Putra, R; Muhammad, M
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.6025

Abstract

Kajian ini mempresentasikan hubungan antara bebanan mekanis material Stainless Steel (SS) AISI 304 dengan kelakuan polarisasi. Lingkungan air laut buatan berupa 3.5% NaCl diasumsikan sebagai lingkungan korosif. Beban mekanis yang diaplikasikan adalah tegangan elastis pada spesimen C-Ring yang telah dipersiapkan. Hubungan antara nilai tegangan yang terjadi dan perilaku polarisasi direpresentasikan dalam kurva polarisasi dan laju korosi yang terjadi pada saat pengukuran. Korosi sumuran yang terjadi akibat adanya tegangan yang diberikan terhadap spesimen turut diperhatikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju korosi dipengaruhi oleh tingkat tegangan yang diterima oleh material SS AISI-304. Semakin tinggi tegangan yang diterima, maka semakin laju polarisasi yang terjadi pada kawasan yang di ekspos. Sehingga berimpak pada tingginya jumlah korosi sumuran pada area kajian. Didapati beban mekanis memberikan pengaruh yang konsisten terhadap kemunculan korosi tegang retak (SCC) dengan nilai laju korosi maksimum 4.662 mm/yr pada beban 868.380 N dibandingkan 3.975 mm/yr ketika spesimen tidak mendapat bebanan mekanis. Namun melalui kecenderungan grafik yaitu -0.0005 mm/yrN menunjukkan beban mekanis tidak secara signifikan dalam mempengaruhi laju korosi secara mutlak.
ANALISA KEKUATAN SAMBUNGAN MATERIAL AISI-1045 DENGAN SS-304 MENGGUNAKAN LAS SMAW Aljufri, Aljufri; Dabet, Abubakar; Rahman, Abdul; Zulfahmi, Zulfahmi
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.5937

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan daerah  lasan   yang proses pengelasannya menggunakan dua jenis material yang berbeda,   juga menggunakan  kuat arus dan variasi kampuh yang berbeda. Tujuan penelitiaan ini untuk menganalisa dan mengetahui perbandingan kuat arus pada hasil pengelasan SMAW terhadap material baja AISI 1045 dengan  SS-304, menggunakan variasi kuat arus pengelasan 80 A, 90 A 100 A menggunakan elektroda E 309-16. serta mengetahui sifat mekanik  spesimen las menggunakan ASTM - E8. Dari pengujian yang dilakukan didapatkan hasil dimana pada spesimen hasil pengujian tarik terutama  daerah patahan atau putusnya spesimen tidak terjadi pada daerah lasan tapi putus nya pada daerah logam induk sekitar 20 mm dari daerah HAZ. begitu juga dengan spesimen lainya, ini juga menunjukan perihal tentang penggunaan jenis kampuh serta kuat arus yang divariasikan sehingga nilai regangannya atau perpanjangannya sangat berpengaruh terhadap kedua jenis logam yang digunakan pada penelitian ini. sehingga sambungan las yang dihasilkan cukup baik dan memiliki kekuatan yang tangguh, ini dibuktikan dengan hasil pengujian yang dihasilkan pada spesimen yang putus bukan pada daerah sambungan las melainkan pada logam induk
Desain Poros Mesin Penghancur Sampah Organik Dengan Daya 1 HP Rahman, Abdul; Islami, Nurul; Asnawi, A; Safrizal, S
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.5947

Abstract

Pada umumnya mesin pencacah digerakkan oleh motor penggerak yang mana memiliki sistem kerja motor memutar pulley bergerak, kemudian ditransmisikan ke sistem menggunakan transmisi belt untuk memutar poros utama dimana yang terdapat pisau (cruiser) pencacah dan bantalan sebagai penyeimbang poros. Untuk menjaga supaya produksi tetap berjalan dengan baik poros harus mendapat perawatan, sehingga tidak terjadi kemacetan pada waktu produksi. Kajian ini menjelaskan perhitungan pada batang poros yang digunakan pada sistem kerja mesin pencacah limbah rumah tangga untuk kompos. Dalam perancangan poros perlu memperhatikan beberapa faktor, misalnya: kelelahan, tumbukan dan pengaruh konsentrasi tegangan bila menggunakan poros bertingkat. Bahan poros terbuat dari baja S45C (baja karbon sedang) dengan spesifikasi tegangan tarik pabrikan sebesar 569 MPa atau 58 kg/mm2. Diameter poros 19 mm yang dianalisa adalah posisi tumpuan dengan panjang total poros 400 mm. putaran yang ditransmisi dari motor dan diterima poros sebesar 560 RPM, puntiran yang diterima sebesar 2,51 N.mm. Beban kerja yang diterima poros relatif beban sedang karena putaran yang tidak memiliki hentakan dari limbah organik (sayur-sayuran limbah pasar). Kekuatan poros juga akan ditentukan oleh kerja pisau penghancur yang dipasang pada pipa selubung yang melekat pada poros utama. Hasil analisa poros dengan mempertibangkan factor keamanan, faktor koreksi dan putaran poros, maka poros dapat bekerja dengan baik dan aman.
Pembuatan Sistem Wiper Otomatis pada Kendaraan Menggunakan Aplikasi Arduino Uno Dabet, Abubakar; Jumadi, J; A.P, Muhammad Iqbal
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.6020

Abstract

Sistem wiper konvensional saat ini masih sepenuhnya dikendalikan secara manual oleh pengemudi untuk mengatur kecepatan wiper berdasarkan intensitas air di kaca kendaraan. Salah satu inovasi yang dapat membantu pengemudi untuk lebih nyaman berkendara yaitu dengan menambahkan mode otomatis pada sistem wiper. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat  sistem wiper untuk kendaraan ringan yang lebih praktis dan menguji kelayakan nya.Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang memiliki dua aspek yaitu ergonomi dan teknis, dengan hasil dari uji kelayakan mencapai 92% untuk aspek ergonomi dan 92% untuk aspek teknis. Berdasarkan hasil uji kelayakan dua aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem wiper otomatis ini termasuk kategori sangat layak berdasarkan kategori dari 92% sistem wiper ini dirancang untuk mempermudah pengemudi, dan pengujian kinerja sudah mencapai semua pengkondisian wiper.
Pengaruh Geometrik Jalan Raya Terhadap Pengurangan Rasio Kecelakaan Lalu Lintas Mudi Hafli, Teuku; widari, Lis Ayu; Anjani, Mira; Fahmi, Mirza
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.6488

Abstract

Ruas jalan Bts. Nagan Raya / Abdya – Blangpidie adalah ruas jalan penghubung kota Nagan Raya dengan Aceh Barat Daya. Pada ruas jalan tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelengkapan fasilitas jalan dan pengaruh geometrik jalan terhadap kecelakaan lalu lintas. Pengumpulan data primer yang meliputi data kecepatan sesaat, volume lalu lintas, kondisi dan perlengkapan geometrik jalan yang diperoleh dari survei di lapangan. Sedangkan data sekunder yang meliputi data kecelakaan dari Laka Lantas Kabupaten Aceh Barat Daya dan data populasi penduduk yang diperoleh dari internet melalui situs ABDYA dalam Angka. Dari hasil analisis diketahui yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan adalah jarak pandang henti (Jh) jika dianalisis dari dua arah (Jembatan-Kota dan Kota-Jembatan) masing-masing 38,830 m <75 m dan 39,358 m <75 m dan jarak pandang menyiap (Jd)  jika dianalisis dari dua arah (Jembatan-Kota dan Kota-Jembatan) masing-masing 205,469 m < 350 m dan 208,578 m < 350 m jika dibandingkan dengan acuan Perencanaan Geoetrik Jalan Antar Kota (TPGJAK) 1997  sedangkan untuk hubungan antara derajat kejenuhan sangat tinggi karena hasil perhitungan derajat kejenuhan pada lokasi penelitian yaitu kurang dari 1 disimpulkan jalan tersebut lalu lintasnya lancar sehingga para pengendara kemungkinan besar mengendarai dengan kecepatan tinggi dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Selain itu ada beberapa indikasi yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan yaitu tidak adanya median jalan sehingga memungkinkan terjadinya kecelakaan dari arah berlawanan dan tidak tersedianya penerangan pada malam hari sehingga mempersempit jarak pandang pengendara saat berkemudi.
Klasifikasi Informasi Kesehatan Pada Data Media Sosial Menggunakan Support Vector Machine dan K-Fold Cross Validation Nainggolan, Pauzi Ibrahim; Prasvita, Desta Sandya; Bukit, Dhani Syahputra
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.6317

Abstract

Media sosial saat ini memberikan informasi yang mampu mempengaruhi masyarakat. Sehingga, kini media sosial memiliki peranan signifikan sebagai sumber rujukan yang baru oleh maysarakat. Informasi kesehatan merupakan informasi yang sering dicari oleh pengguna media sosial. Penderita penyakit mencari informasi melalui media sosial terlebih dahulu sebelum bertemu dengan tenaga kesehatan. Tetapi kebanyakan informasi tidak dapat dipastikan sebagai informasi yang sesuai. Kesalahan terkait informasi kesehatan bisa membahayakan penderita. Ini bermakna, informasi yang terdapat pada media sosial perlu mendapatkan pengesahan pakar atau tenaga kesehatan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial oleh tenaga kesehatan sebagai media konsultasi dan memberikan informasi yang tidak bertentangan dengan etika profesionalisme. Penelitian ini menggunakan teknik kalasifikasi Support Vector Machine (SVM). Validasi klasifikasi data yang diperoleh dilaksanakan menggunakan K-Fold Cross Validation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SVM dalam klasifikasi kesesuaian informasi kesehatan dengan akurasi 70% pada data yang digunakan..
Analisa Alat Pengering Tipe Bak Untuk Pengeringan Biji Kakao Berbahan Bakar Kayu Gamal Dengan Variasi Laju Bahan Bakar Alchalil, A.; Irwansyah, I.; Satria, M.
Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology Vol 5, No 2 (2021): Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology
Publisher : Malikussaleh University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/mjmst.v5i2.6349

Abstract

Pengeringan metode penjemuran biji kakao mempunyai banyak kelemahan seperti tergantung pada cuaca sehingga pengeringan memerlukan waktu yang cukup lama, dan biji kakao kurang dijamin kebersihannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan alat pengering tipe bak, dari pemanfaatan panas dari energi biomassa dari kayu Gamal. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh variasi pengumpaman bahan bakar pada pengering mekanis tipe bak selama pengeringan biji kakao. Hasil pengujian pengumpaman kayu bakar 0.75 kg/jam pada tungku untuk mengeringkan biji kakao menghasilkan suhu diruang pengering 53.26 °C dan menurunkan kadar air dari 51.18 %bb sampai 7 %bb biji lamanya pengeringan selama 15 jam. Sementara itu, input pengumpaman kayu bakar 0.5 kg/jam pada tungku udara panas tersalurkan  diruang  pengering 50.99 °C, dan kadar air diturunkan dari 50.34 %bb hingga 7,5 %bb dengan lamanya pengeringan selama 16 jam. Secara keseluruhan laju pengeringan dari tiap pengujian menunjukkan 2.67 %bb/jam dan 2.94 %bb/jam. Konsumsi energi spesifik pada perlakukan laju bahan bakar 0.5 kg/jam dan 0.75 kg/jam masing adalah sebesar 33197.65 kj/kgair yang diuapkan dan 48647.13 kj/kgair yang diuapkan. Hal ini menunjukkan bahwa, pengaruh kinerja terhadap pemberian variasi bahan bakar selama pengeringan biji kakao bahwa,  kinerja yang diperoleh alat pengering tipe bak terbaik pada laju bahan bakar 0.75 kg/jam dari pada laju bahan 0.5 kg/jam. Dampak pengumpaman bahan bakar yang terkendali menunjukkan penggunaan energi lebih efektif dan waktu pengeringan yang cepat.