cover
Contact Name
Piki Setri Pernantah, S.Pd., M.Pd
Contact Email
piki.setri@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6282384078345
Journal Mail Official
jp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau Kampus Bina Widya, Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Panam Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Riau
ISSN : 20864779     EISSN : 27158209     DOI : -
Core Subject : Education,
JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah publikasi bagi akademisi, praktisi dan peneliti dari berbagai PT Negeri, LPTK dan IAI/STAI Negeri dan PT Swasta seluruh Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2016)" : 8 Documents clear
PROFIL KARAKTER PESERTA SM3T UNIVERSITAS RIAU MELALUI TUGAS PROYEK Yustina '; Sri Kartikowati; Danilsyah '
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.827 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.2.116-124

Abstract

Penelitian deskriptif ini dilaksanakan pada bulan April sampai November 2015, bertujuanuntuk melihat profil karakter peserta SM3T melalui tugas projek.Penelitian ini menggunakan teknik totalsampling yang melibatkan 32 guru SM3T-UR, dan didistribusikan 4 sampai 5 orang per-distrik pada 7distrik. Parameter penelitian adalah karakter mencakup 8 item yaitu: ketaatan menjalankan agama, jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri). Data dikumpulkan menggunakan lembaranangket penilaian teman sejawat dan lembar observasi.Data dianalisa dengan menentukan skor, persentasedan ditabulasi, selanjutnya dianalisa secara deskriptif.Hasil penelitian didapati karakter peserta dikategorikansangat baik di 4 distrik, yaitu distrik Poga, Nokapaka, Makki dan Dome, masing-masing dengan skorrerata > 3,60. Adapun peserta di Distrik Tiom, Indawa dan di distrik Guapaka dengan rerata skormasing-masing (3,57), (3,39) dan (3.37) dikategorikan baik. Item karakter tertinggi yaitu: ketaatan, kreatifdan percaya diri. Skor rerata item karakter terendah adalah peduli dengan skor 3,29.Kecenderungankarakter yang stabil adalah ketaatan, santun dan kreatif. Karakter yang cendrung menurun pada periode2 adalah peduli , sedang 4 karakter lainnya kecenderungan meningkat. Simpulan, melalui Tugas Proyekdapat membina dan meningkatkan karakter peserta SM3T UR kearah positif.
AFIKS VERBA TRANSITIF DALAM BAHASA MELAYU RIAU KAMPAR: KAJIAN MORFOLOGI DAN SINTAKSIS Martius '
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.367 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.2.97-107

Abstract

Tulisan ini merupakan kajian linguistik dengan judul “Afiks Verba Transitif dalam BahasaMelayu Riau Kampar(BMRK): Kajian Morfologi dan Sintaksis”. Tulisan ini pada dasarnya bertujuanuntuk melihat afiks yang membentuk verba transitif dalam bahasa Melayu Riau Kampar. Teori yangdigunakan dalam penelitian ini adalah teori campuran (eklektik), yang bersumber dari pakar linguistikbahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Data penelitian ini bersumber dari data lapangan yang dikumpulkandengan menggunakan metode simak dan metode cakap. Selain metode simak dan metode cakap,data juga dikumpulkan dengan menggunakan metode introspeksi. Setelah data dikumpulkan, kemudiandianalisis dengan menggunakan metode distribusional atau metode agih, dengan teknik BUL sebagaiteknik dasar dan teknik lesap, balik, sisip, dan teknik ubah wujud sebagai teknik lanjutan. Dari hasilanalisis yang dilakukan, diperoleh simpulan, bahwa afiks pembentuk verba transitif dalam BMRKdikelompokkan atas dua bagian, yaitu (a) afiks pembentuk verba monotransitif, yang terdiri atas prefiksma(N)- dan suprafiks ma(N)-ang, ma(N)-eng, ma(N)-in, ma(N)-ong, ma(N)-un, ma(N)-on, danma(N)-i dan (b) afiks pembentuk verba bitransitif, yang terdiri atas suprafiks ma(N)-ang, ma(N)-eng,ma(N)-in, ma(N)-ong, dan ma(N)-on. Kebitransitifan ini terjadi apabila di belakang verba langsungdiikuti oleh O peruntung (benefaktif)
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA FISIKA FKIP UNIVERSITAS RIAU Rosmawati '
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.395 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.2.125-130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) gambaran kepercayaan diri mahasiswasebelum diberikan bimbingan kelompok, 2) gambaran kepercayaan diri mahasiswa setelah diberikanbimbingan kelompok, 3) perbedaan tingkat kepercayaan diri mahasiswa antara sebelum dan sesudahdiberikan bimbingan kelompok dan 4) seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok dalammeningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Pelaksanaan bimbingan kelompok dilakukan dalam empattahap, yaitu : tahap 1) pembentukan, 2) peralihan, 3) kegiatan, 4) pengakhiran. Hasil penelitianmenunjukkan adanya peningkatan tingkat kepercayaan diri mahasiswa jika dibandingkan antara sebelumdengan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok. Sebelum bimbingan kelompok kategorikepercayaan diri mahasiswa sebagian besar berada pada kategori sedang 90% dan rendah 10%namun setelah diberikan bimbingan kelompok sebagian besar berada pada kategori sedang 72,2%dan tinggi 27,8%. Terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri mahasiswa antara sebelum dengansesudah dilaksanakan bimbingan kelompok.Sumbangan pengaruh bimbingan kelompok untukmeningkatkan kepercayaan diri mahasiwa sebanyak 25%.
PENINGKATAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA D3 STIFAR YAYASAN UNIVERSITAS RIAU MELALUI PERMAINAN DRAMA Jismulatif '
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.146 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.2.108-115

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkan kemampuan mahasiswa D3STIFAR yayasan Universitas Riau berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Sebagai sampel penelitian iniadalah 25 orang mahasiswa D3 STIFAR yang mengambil matakuliah bahasa Inggris. Sebelumpelaksanaan tindakan menggunakan aktifitas drama dalam proses pembelajaran, dilakukan pre-testspeaking terhadap mahasiswa. Hasil dari pre-test memperlihatkan bahwa kompetensi mahasiswaberbicara bahasa Inggris kurang memuaskan skor rata-rata pre-test mahasiswa, 51,47. Setelahdilaksanakan tindakan melalui aktifitas bermain drama dalam proses pembelajaran bahasa Inggris,dilaksanakan post-test. Hasil post-test mahasiswa setelah pembelajaran melalui aktifitas Drama terlihatbahwa kompetensi mahasiswa meningkat dengan skor rata-rata, 67,75. Dari hasil post-test tersebutmenandakan bahwa aktifitas permainan Drama dalam proses pembelajaran bahasa Inggris sangatbermanfaat bagi mahasiswa. Aktifitas Drama dapat meningkatkan motivasi, percaya diri, keberanian,dan kesenangan mahasiswa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.
PEMBELAJARAN PBS TIPE SEARCH, SOLVE, CREATE DAN SHARE (SSCS) DENGAN MOLYMOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJARMATAKULIAH KIMIA ORGANIK II Jimmi Copriady; Rajawali Usman Rery
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.025 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.2.71-78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, motivasidan hubungannyadalampembelajaran Problem Based Solving(PBS) tipe Search, Solve, Create Dan Share (SSCS) denganMolymodterhadap mahasiswa program studipendidikan kimia pada pembelajaran Kimia Organik II diprogram studi pendidikan Kimia FKIP Unversitas Riau tahun ajaran 2014/2015. Penelitian inimenggunakan metode Kuasi Eksperiment. Sampel kajian merupakan populasi total dari mahasiswayang mengikuti mata kuliah Kimia organik II sebanyak 44 orang. Dapatan kajian dianalisis menggunakanstatistik Non parametrik (Mann-WhitneyU) untuk melihat perbedaan motivasi dan hasil belajar sertamenggunakan Korelasi Rank Kendalluntuk melihat hubungan antara kelompok eksperimen dengankelompok kontrol. Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasidan hasil belajar mahasiswakelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.Hasil analisis Rank Kendalldisimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar mahasiswayang menggunakan pembelajaran PBS tipe Search, Solve, Create Dan Share(SSCS) dengan Molymod.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPS MELALUI METODE LATIHAN BERSTRUKTUR DI SMA NEGERI 1 MERBAU NURHAYATI '
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.139 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.2.131-139

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas XIIIPS2 SMAN 1 Merbau - Kepulauan Meranti. Sampel penelitian ini terdiri, 34 orang siswa kelas XIIIPS.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode latihan berstruktur.Hasilpenelitian ini menunjukan nilai rata-rata hasil belajar siswa 53,1 % meningkat menjadi 65,7% pada siklusI, berarti terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 12,6 %. Dan pada siklus II meningkat menjadi65,7% menjadi 85,6 % berarti terjadi peningkatan rata-rata hasil sebesar belajar 20,1%.Hasil penelitianini memperlihatkan bahwa hasil yang telah dicapai siswa melebihi kriteria yang ditentukan. Dengan demikianmetode latihan berstrukturdapat meningkatkan prestasi siswa dalam pelajaran matematika.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM SAINS DI KOTA PEKANBARU Yennita '; RuhizanMohd Yasin; ZanatonHj Ikhsan; Kamisah Osman
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.044 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.2.79-85

Abstract

Sebahagian besar guru menganggap bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyeksukar untuk dilaksanakan karena adanya faktor sosiol ekonomi siswa, yang mana dalam pelaksanaanproyek sains tentu akan memerlukan peralatan dan bahan yang akandiperlukan siswa, sedangkan satukaedah inkuiri yang disarankan oleh Kurikulum Pendidikan Indonesia 2013 adalah pembelajaran berbasisproyek (project based learning). Kajian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi berkaitan denganpelaksanaan pembelajaran berbasis proyek di kota Pekanbaru. Kajian berbentuk survey dilakukanpada 32 orang guru dari 16 sekolah menengahdi Pekanbaru. Hasil yang didapatkan adalah sebanyak56.25 % guru setuju bahwa pembelajaran sains berbasis proyek dapat dilaksanakan apabila tersediabahan dan peralatan dari labor. Sebanyak 50 % guru menyatakan sukar mendapatkan alat dan bahanuntuk keperluan pembelajaran dari lingkungan sekitar, 56,25 % menyatakan sulit mempersiapkanmedia untuk proyek. Di sisilain,50 % guru berpendapatbahwa pembelajaran berbasisproyek membuatsiswa kreatif dan inovatif dan 75 % guru sependapat bahwa belajar sains menggunakan pembelajaranberdasarkan proyek memudahkan siswa mencapai materi pembelajaran. Berdasarkan informasi diatas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya guru-guru meyakini bahwa pembelajaran berabasis proyekbaik untuk dilaksanakan, namun perlu ada peralatan dan bahan yang cukup, ide-ide proyek yang akandilaksanakan, biaya proyek yang murah, serta adanya modul pengajaran berbasis proyekbagi guru danmodul pembelajaran bagi siswa.
PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN FISIKAVISUALISASI GERAK MELINGKAR BERATURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) Muhammad Syafi’i; Muhammad Nasir
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.645 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.2.86-96

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun dan menghasilkan MultimediaInteraktif pembelajaran fisika yang baik topik Gerak Melingkar Beraturan untuk Sekolah Mengah Atas(SMA). Multimedia ini dirancang dengan menerapkan kaedah penelitian Pengembangan (Researchand Development, R&D) menggunakan teknik perancangan ADDIE ID Model, Pembangunan denganmenggunakan Macromedia Flash dengan materi fisika Gerak Melingkar Beraturan meliputi aspekperancangan, aspek pedagogik, aspek isi, dan aspek pemrograman. Validasi meliputi expert jugmentdan validitas empirik serta realibitas dengan expert pengguna yaitu guru-guru fisika SMA yang seniordan ujicoba terbatas terhadap siswa Sekolah Mengah Atas. Hasil analisis deskriftip menunjukkan bahwamedia interaktif adalah valid dengan skor expert jugment 3,8 skala likert atau r = 0,76. Sementara hasilAnalisis empirik menunjukkan media interaktif adalah valid dengan r =0,89 dan reliabel dengan alfacronbach (á = 0,87) Dari hasil analisis penelitian, diperoleh animasi gerak melingkar beraturan sebagaimedia pembelajaran fisika siswa SMA yang valid dan reliabel.

Page 1 of 1 | Total Record : 8