cover
Contact Name
Piki Setri Pernantah, S.Pd., M.Pd
Contact Email
piki.setri@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6282384078345
Journal Mail Official
jp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau Kampus Bina Widya, Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Panam Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Riau
ISSN : 20864779     EISSN : 27158209     DOI : -
Core Subject : Education,
JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah publikasi bagi akademisi, praktisi dan peneliti dari berbagai PT Negeri, LPTK dan IAI/STAI Negeri dan PT Swasta seluruh Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2017)" : 9 Documents clear
PENGGUNAAN METODE LABORATORIUM MINI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 003 KOTO PERAMBAHAN Nur Ekasiswi
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.769 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.46-51

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penggunaan Metode Laboratorium Mini untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 003 Koto Perambahan tahun 2016. Penelitian inibertujuan untuk membangkitkan aktivitas dan prestasi siswa, untuk membangkitkan kerja kelompokdan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 003 Koto Perambahan.Pelaksanaannya dilakukan di SDN 003 Koto Perambahan dengan dua siklus. Penelitian ini diobservasioleh satu orang observer dari guru teman sejawat, dengan berdasar pada instrumen-instrumen observasi.Sistem penilaian didasarkan pada tiga kategori yaitu cukup, baik, amat baik. Penelitian dilaksanakandengan prosedur sebagai berikut: 1).Perencanaan, yaitu menetapkan materi pelajaran, menyusun RencanaPelajaran, menyiapkan gambar-gambar/alat peraga yang sesuai, menyusun instrument observasi danevaluasi. 2). Tindakan, yaitu pelaksanaan pembelajaran pendidikan matematika, yang diobservasi olehpara observer untuk bahan refleksi. 3). Refleksi, yaitu pembahasan hasil observasi, untuk menentukanlangkah-langkah penelitian selanjutnya. 4). Tindak lanjut, yaitu tindakan dalam siklus berikutnya sesuaidengan hasil refleksi. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 48 % atau ada 12 siswa dari 25 siswasudah tuntas belajar. Ketuntasan belajar pada Siklus II mencapai 96% atau ada 24 siswa dari 25 siswasudah tuntas belajar. Hasil Penelitian berdasarkan observasi dalam dua siklus, dapat penulis simpulkansebagai berikut: (1) metode laboratorium mini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa,sehingga mereka lebih tertarik belajar pendidikan matematika. (2) Berdasarkan hasil evaluasi ternyatamodel pembelajaran metode laboratorium mini dapat meningkatkan kemampuan siswa atau prestasisiswa dalam pembelajaran pendidikan matematika.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS BAGI SISWA SMP SEDERAJAT Zulirfan Zulirfan; Zanaton H Iksan; Tamby Subahan Mohd. Meerah
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.836 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.18-24

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes yang dapatdigunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa kelas dua SMP. Instrumen tes keterampilanproses sains yang dikembangkan berbentuk tes pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Tahapanpengembangannya meliputi studi pendahuluan untuk menetapkan sub-konstruk keterampilan prosessains, penyusunan item soal, penilaian validitas isi dan konstruk oleh pakar dan uji coba terbatas, sertauji reliabelitas. Sebanyak 52 siswa kelas dua SMP di Pekanbaru telah berpartisipasi sebagai respondenpenelitian. Terdapat 6 sub-konstruk KPS dasar yang dipilih dalam pengembangan ini yaitu: keterampilanmengamati, mengklasifikasi, mengukur dan menggunakan nomor, menginferens, meramal, danmengkomunikasikan, dan 6 sub-konstruk KPS terpadu yaitu: merumuskan masalah, merumuskanhipotesis, mengontrol variabel, mendefinisikan variabel, merancang eksperimen, dan menafsirkan data.Tiga puluh item soal telah dinyatakan valid untuk mengukur keterampilan proses sains siswa SMPmenurut pakar maupun berdasarkan analisis korelasi point biserial terhadap item-item soal dan konstruk.Uji reliabelitas yang dianalisis menggunakan analisis KR-20 mendapatkan indeks 0,69 yang menyatakanbahwa instrumen KPS yang dikembangkan bersifat reliabel.
PENGGUNAAN METODE TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENULIS MAHASISWA S1 PGSD FKIP UT POKJAR BANGKINANG - PEKANBARU Raja Usman
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.464 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.52-60

Abstract

 Keterampilan menulis sangat perlu bagi mahasiswa sebagai satu mata kuliah agarmendapatkan keterampilan dalam menyusun/menulis karya ilmiah maupun penelitian tindakan kelas.Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua bagian. Tiap bagian dilaksanakan dua kali kegiatan. Penelitian inimenggambarkan tentang penerapan metode tutorial, keaktifan mahasiswa dalam tutorial dan hasilbelajar mahasiswa setelah mengikuti tutorial. Metode penelitian adalah metode tutorial. Subjek penelitianadalah mahasiswa Program S1 PGSD Kelompok Belajar Bangkinang Barat masa 2014.2. metodeyang digunakan adalah metode tutorial. Setelah dilaksanakan proses pembelajaran dan evaluasi terhadaptutor pada kegiatan pertama siklus 1 jumlah aspek evaluasi sebanyak 14 item sejumlah 41,94 rata-rata3,22; pada siklus 2 berjumlah 45,26 rata-rata 3,43. Sedangkan aspek evaluasi kegiatan mahasiswapada siklus 1 berjumlah 39,22 rata-rata 3,01 dan siklus 2 berjumlah 43,12 rata-rata 3,31. Untukpenilaian awal mahasiswa rata-rata 66, hasil belajar siklus 1 sebesar 70,29 dan siklus 2 sebesar 84,02.Dari hasil tutorial tersebut bahwa metode tutorial dapat meningkatkan hasil belajar menulis mahasiswaS1 PGSD Pokjar Bangkinang Barat. Begitu juga tutor dapat menggunakan metode tutorial baik darisiklus 1 dan 2 meningkat.
HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEMAMPUAN PPL PADA CALON GURU FISIKA Mitri Irianti; Zuhdi Zuhdi
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.004 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.25-31

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan kompetensi pedagogik dankemampuanPraktek Pengalaman lapangan (PPL) pada calon guru fisika. Populasi penelitian adalah mahasiswaProgram Studi Pendidikan Fisika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau yang telah mengikuti matakuliah pedagogik dan PPL. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang telah mengikuti PPL padasemester ganjil tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 52orang. Pengumpulan data dengan teknikdokumentasi dan dianalisis dengan korelasi sederhana product moment. Hasil penelitian menunjukanhubungan antara kompetensi pedagogik dengan kemampuan PPL sangat rendah dalamkemampuanmerancangpembelajaran, mengimplementasikanpembelajaran, menilai prosesdanhasilpembelajaran. Dengandemikianperludilakukanpeninjauankurikulumuntuk kelompokmatakuliahketerampilan proses pembelajaran dan perbaikan instrumen penilaian PPL.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS V SDN 011 BUKIT KRATAI RUMBIYO JAYA KAMPAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS (RME) Endang Purwanti
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.668 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.61-68

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru SDN 011 Bukit raya adalah rendahnyamotivasisiswa dalam belajar matematika. Hasil belajar matematika selama ini belum memenuhi KKM yangditetapkan sekolah yaitu 65. Untuk itu guru berupaya meningkatkan hasil belajar matematika siswamelalui pendekatan RME di SDN 011 Bukit Kratai, Rumbio Jaya Kampar. Penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua rencana pelaksana pembelajarandan satu ulangan test hasil belajar. Untuk memperoleh data, digunakan lembar observasi yang diisi olehobserver dan tes hasil belajar diberikan pada akhir siklus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasilbelajar siswa memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan alur pembelajarandiranya siswa mampu mengeluarkan pendapat, mau bertanya dan aktif dalam proses pembelajaran.Setelah proses pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan RME pada siklus I siswa yang tuntasterdiri dari 29 orang dari 38 siswa dan siklus II siswa yang tuntas terdiri dari 31 orang dari 38 siswa.Jika dibandingkan, siklus II lebih meningkat daripada siklus I. Secara umum dapat disimpulkan bahwapendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan memecahkanmasalah yang berkaitan dengan uang dalam kehidupan sehari-hari.
PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN MATAKULIAH TERMODINAMIKA BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING Zulhelmi Zulhelmi; Azizahwati Azizahwati; Fakhruddin Fakhruddin
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.796 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.32-36

Abstract

Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuivaliditas, efektivitasdanpraktikalitasdariRPPTermodinamika yang dikembangkanJenispenelitianiniadalahResearch And Development yangterdiridaritigatahapyaituanalisis kebutuhan, merancang prototipe, dan implementasi. Tempat penelitianlaboratorium Pendidikan Fisika PMIPA FKIP UR. Subjekujicobasebanyak38 0rang mahasiswa ProgramStudi Pendidikan Fisika Angkatan 2013.Rancanganujicobamenggunakanone short case studydesign.Analisis data yang digunakanadalahstatistikdeskriptifuntukmenentukan validitas, efektivitas danpraktikalitasRPP Termodinamika. Berdasarkanhasilanalisis data, didapatkanvaliditasRPP Termodinamikaratarata3,79padakategorivalid., Respon mahasiswa terhadap pembelajaran melalui model colllaborativeLearning 81,08 % pada kategori sangat tinggi. artinya RPP efektif digunakan dalam perkuliahantermodinamika dan 91,89 % mahasiswa menyatakan bimbingan yang diberikan dosen jelas. Dari hasilanalisis data dapatdisimpulkanRPP termodinamika yang dikembangkan, valid,efektif dan praktis.
READING JOURNALS DALAM MEMBACA NOVEL OLEH MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS RIAU Syofia Delfi
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.618 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.1-9

Abstract

Bagaimana refleksi penerapan Reading Journals dalam membaca novel merupakanpertanyaan yang bisa dijawab dengan melakukan kajian ilmiah dengan menggunakan instrument yangtepat.Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana refleksi Reading Journals olehMahasiswa Prodi Bahasa Inggris FKIP Universitas Riau dalam membaca novel.Penelitian ini adalahpenelitian studi kasus dan data yang didapatkan dengan melakukan observasi pada presentasi laporannovel yang dibaca. Refleksi dari langkah Reading Journals dalam membaca novel oleh MahasiswaProdi Bahasa Inggris FKIP Universitas Riau ditemukan pada aktivitas yang dilakukan oleh partisipanwaktu sebelum dan setelah membaca. Aktivitas sebelum membaca adalah aktivitas yang memperlihatkanskemata tentang teks yang akan dibaca dan kesungguhan untuk membaca. Sedangkan aktivitas setelahmembaca adalah menyampaikan isi dan persepsi novel serta minat peer grup untuk membaca novelyang disampaikan. Untuk itu, penelitian selanjutnya disarankan melibatkan partisipan yang mempunyainilai rendah pada penerapan Reading Journals dalam pembelajaran dengan Short Stories.
PENGGUNAAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 15 PEKANBARU Netti Ermi
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.303 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.37-45

Abstract

Rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam mempelajari mata pelajaran sosiologi, penulisberkeinginan melakukan penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berpedomandengan Kunandar. Pelaksanaan dimulai dengan mempersiapkan perencanaan, pelaksanaan, tindakandan observasi, refleksi serta evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 15Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dengan mempergunakan observasi guru dan siswa, evaluasi.Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan hasil pengamatan di kelas dan hasil belajar. Pokokbahasan yang diteliti adalah masyarakat multikultural dan diharapkan siswa mampu menjelaskanpengertian multikultural, ciri-ciri multikultural, dan sifat-sifat masyarakat multikultural. Untuk itu digunakanmetode media lembar kerja siswa (LKS) dan diharapkan pula siswa aktif dan dapat meningkatkanhasil belajarnya. Pelaksanaan dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pada pelaksanaantersebut dilakukan tes awal atau tesprasiklus siswa mendapat nilai 69,27 jumlah nilai 3048, hasilbelajar siklus pertama menjadi 79,00 dengan juml;ah nilai 3496, dan hasil belajar pada siklus kedua87,00 dengan jumlah nilai 6544. Untuk melihat ketuntasan pada setiap siklus, prasiklus hasil belajarsiswa yang tuntas mencapai nilai 14,29 % dan tidak tuntas sebesar 85,71; siklus pertama yang tuntas76,19 tidak tuntas 23,81 dan siklus kedua yang tuntas meningkat menjadi 100%.
PENERAPAN TEKNIK “BRAINSTORMING” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNRI Eliwarti, Eliwarti
Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.715 KB) | DOI: 10.31258/jp.8.1.10-17

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswamenulis esai. Teknik ‘Listing’ dalam aktifitas Brainstorming diaplikasikan kepada mahasiswa yangmengambil MK Writing III. Pre-test dilakukan sebelum tindakan dan setelah tindakan dilaksanakanpost-test. Prosedur aplikasi teknik ‘Listing’ dalam aktifitas Brainstorming adalah: 1. Tuliskan topikdibagian atas kertas. 2. Buatlah daftar setiap ide yang muncul dalam pikiranmu tentang topik. 3. Gunakankata, frase atau kalimat dan jangan khawatir tentang ejaan dan tata bahasa. 4. Tuliskan kembali daftardan kelompokkan ide-ide yang sama bersama-sama. Coret item-item yang tidak sesuai atau yangberulang-ulang. Setelah tindakan (2 siklus), terdapat peningkatan skor rerata dari pre-test (53.77) ke(63.49). Hasil observasi juga menunjukkan bahwa aktifitas mahasiswa dalam mengikuti prosedurpembelajaran dengan teknik Listing adalah 68.6%. Ini memenuhi standard kompetensi yang diterapkan(³ 61). Disamping standard kompetensi yang diterapkan, t-test juga dilakukan untuk melihat keefektifanteknik Listing. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai t-hitung (3.92) lebih besar dari nilai ‘t’ tabel padataraf signifikan 0.05 (2.021) and 0.01 (2.704). Ini menunjukkan bahwa teknik Listing dalam aktifitasBrainstorming adalah efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis esai.

Page 1 of 1 | Total Record : 9