cover
Contact Name
Agus Suradika
Contact Email
agus.suradika@umj.ac.id
Phone
+6221-442028
Journal Mail Official
instruktional@umj.ac.id
Editorial Address
Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat Phone: (021)442028 Fax: (021)7442330
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Instruktional
ISSN : -     EISSN : 26865645     DOI : 10.24853/instruksional
Core Subject : Education,
This journal is a scientific journal to develop knowledge in the field of education technology. Editors invite professionals from education and researcher to write about the progress of science in the field of management of education. The journal is published 2 (two) times in 1 year.
Articles 70 Documents
PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA Andriyani Andriyani; Happy Indira Dewi; Zulfitria Zulfitria
Instruksional Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Instruksional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.072 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.1.2.172-180

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the use of multimedia and interactive animation on early reading skills in early childhood. This research was conducted at TK Lab School FIP UMJ and Kindergarten Ketilang which involved 60 students in TK B group. The research method was using experimental research design statistics with 2x2 treatment with level design. The results of the multiple regression statistical analysis prove that multimedia and interactive animation have positive and significant effects. This can be proven from the results of the multiple regression statistical analysis it is known that Multimedia has a positive and significant effect on Early Reading Skills, meaning that multimedia and animation together (simultaneously) affect early reading skills.
PENGARUH SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS BAHASA INGGRIS Meutia Khanza; Zulfitria Zulfitria; Ansharullah Ansharullah
Instruksional Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Instruktional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.171 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.3.1.23-29

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah scaffolding dapat memberikan efek yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang. Sampel tersebut berasal dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing terdiri dari 36 siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan desain yang digunakan adalah quasi experimental study. Temuan dari penelitian ini berupa nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen adalah 56.47 serta nilai rata-rata pos-tes siswa kelas tersebut adalah 76.14. Berbeda dengan kelas kontrol, nilai rata-rata pre-test siswa di kelas kontrol adalah 63.25 dan nilai rata-rata untuk pos-tes adalah 66.72. Pengaruh yang signifikan dilihat dari nilai rata-rata pos-tes siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan daripada nilai rata-rata siswa di kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan berupa scaffolding. Hasil dari hipotesis statistik menemukan tingkat signifikansi 0.000 < 0.005. Dengan demikian H0 (Hipotesis Nul) ditolak dan H1 (Hipotesis Alternatif) diterima. Hal ini menandakan bahwa penggunaan teknik scaffolding efektif pada kemampuan siswa dalam menulis prosedur teks.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR Mayasari Mayasari
Instruksional Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Instruksional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.272 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.1.1.87-97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta interaksi antara strategi pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA, dengan materi gangguan pada organ peredaran darah manusia. Penelitian dilakukan di SDI Amalina Pondok Aren pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif quasi experimental. Sampel terdiri dari 58 siswa kelas V dengan menggunakan cluster random sampling. Kelas eksperimen mendapat perlakuan strategi pembelajaran  Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas kontrol Problem based Learning (PBL). Data yang diperoleh berupa data hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis, dengan instrumen berupa tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dengan design factorial by level 2 x 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diberikan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi dari siswa yang diberikan strategi pembelajaran PBL, dengan Fhitung = 37,775 > Ftabel = 4,20  (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis, dengan Fhitung = 114,744 > Ftabel = 4,20  (3) hasil belajar IPA siswa yang diberikan strategi pembelajaran CTL dan memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari siswa yang diberikan strategi pembelajaran PBL  dan memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dengan nilai p-value (sig: 0,000 < 0,05)  (4) hasil belajar  IPA siswa yang diberikan strategi pembelajaran CTL dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah lebih rendah dari siswa yang diberikan strategi pembelajaran PBL dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, dengan nilai p-value (sig: 0,016< 0,05)
RANCANGAN PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER MODEL DICK DAN CAREY BERBASIS MANAJEMEN LAYANAN INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL) Sulfikar - Sallu; Qammaddin Qammaddin
Instruksional Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Instruksional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.6 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.2.2.76-81

Abstract

Computer Network Learning is one of the teaching and learning processes in the compulsory Computer Networking course in a study program in the computer science family. Dick and Carey designs are the general components of a learning material from the procedures that will be used in learning to produce the desired learning outcomes. Furthermore, Information Technology Infrastructure Library (ITIL) is one of the frameworks that is part of Service Management in IT governance to make it easier to evaluate IT services and to find out things that must be developed in that service. The purpose of this study was to produce a design concept in the ITIL-based dick and carey model of computer network learning design. The method used is a literature review that utilizes all available reference sources. The result achieved is the ITIL-based Dick and Carey model computer network course concept which will create a quality computer network learning design.
PENERAPAN METODE BERPIKIR KREATIF “HAPPY” UNTUK MENDISAIN KARYA VISUAL ART ARSITEKTUR Happy Indira Dewi; Zulfitria Zulfitria; R. Andi Ahmad Gunadi
Instruksional Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Instruksional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2101.908 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.1.1.1-8

Abstract

This research is a preliminary study, from a study of Creative Learning Models for Gifted Visual Art Children. Architecture is included in the applied 3-dimensional visual art criteria. The research problem is how to apply creative thinking models by Happy that are used by architectural students in designing architectural works. The research method used is descriptive kualitative method. The aim ofthe research is to know the thinking process of architectural students in the work, which will be used as a reference to develop visual art architectural creative thinking methods at the level of children. The results of this study are the application of creative thinking models by Happy can produce works that meet creative criteria, namely flexibility, originality, elaboration, fluency and completeness.
KEAMANAN DATA PEMBELAJARAN ONLINE JARINGAN KOMPUTER DI PERGURUAN TINGGI Sulfikar - Sallu; Qammaddin Qammaddin
Instruksional Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Instruksional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.689 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.2.1.35-40

Abstract

Data security is a process in maintaining and securing information packages in exchanging data in the digital world. The purpose of this study is to produce a method for securing online data transactions. The method used is a literature review by comparing several data security methods that already exist in online learning. The results achieved are a method or method that can be used in online learning for computer network courses. The implication is that the Computer Network course given online will have an online data security system in the teaching and learning process.
PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU Yuda Pranpantja; Evi Satispi; Retnowati WD Tuti
Instruksional Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Instruktional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.492 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.3.1.87-96

Abstract

Rendahnya kompetensi guru di Indonesia dapat dilihat dari kelayakan guru mengajar. Bukti rendahnya profesionalitas guru juga dapat terlihat dari masih banyaknya guru yang tidak menguasai berbagai kompetensi. Misalnya saja masih banyak guru mengalami kendala dalam menerapkan berbagai strategi pembelajaran. Dalam pembelajaran, seorang guru dituntut untuk mampu mengembangkan berbagai kompetensi yang ada pada dirinya. Sehingga diharapkan dengan peningkatan kompetensi tersebut akan menciptakan suasana belajar yang lebih menarik. Jika dalam mengajar ternyata guru belum mampu menggunakan variasi metode pembelajaran, maka dikhawatirkan minat siswa terhadap pelajaran ekonomi akan berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Supervisi Kepala Madrasah dan Kualifikasi Akademik Guru dalam Kompetensi Guru di Jakarta. Metode yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dapat dilakukan dalam tiga tahap yaitu: melakukan pra supervisi akademik, pelaksanaan kunjungan kelas, dan pembahasan hasil kunjungan kelas. Pelaksanaan program efektif supervisi akademik adalah untuk mencapai kualitas yang dipersyaratkan perlu mendapat pengawasan yang sungguh-sungguh oleh kepala sekolah. Hambatan dalam pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatan komperensi guru yaitu: tidak tersedianya waktu yang cukup bagi supervisor untuk melakukan supervisi dan terkesan terburu-buru dalam melaksanakan supervisi akademik. Bila dilihat dari efektivitasnya, waktu pelaksanaan supervisi akademik dapat dilakukan tiap bulan, namun waktu tidak mencukupi maka kepala sekolah mensupervisi guru tiap triwulan atau dalam satu semester dapat dilakukan cuma dua supervisi.
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG TALENTA SERVICE MELALUI KEGIATAN BANK MINI DI PT. BANK MAYBANK INDONESIA, Tbk Benny Ismail Sigarlaki; Andi Ahmad Gunadi; Widia Winata
Instruksional Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Instruksional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.676 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.1.2.143-151

Abstract

Talenta service program is a education program and training for fresh graduate from any university to get some knowledge in the world of banking. This program using the development comprehenship principle with combine learning in the class learning in the complete and modern mini bank facility and learning in the field through on the job training (OJT) activities. The purpose of this study is to measure the succes of student talent services at PT. Bank Maybank Indonesia, Tbk. This research method uses descriptive qualitative research method that is trying to describe implementation of education and training program at PT. Bank Maybank, Tbk with a sample of 10 (ten) student service talent/interships. The result of this study show that by using mini bank simulations/practicum on education and training programs, talent service program have made it easier for students to understand lessons and can increase students enthusiasm and interest in following the learning process.
PENINGKATAN PERILAKU MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA Aidha Artha Novayanty
Instruksional Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Instruksional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.845 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.2.2.128-136

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan metode bercerita untuk dapat meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD Tunas Beringin dengan subjek penelitian berjumlah 10 anak. Indikator perilaku moral yang diteliti adalah sopan santun, kepedulian, kejujuran,mematuhi aturan dan tanggungjawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis &McTaggart. Temuan penelitian secara kuantitatif, menggambarkan persentase kenaikan sebesar 22% dengan hasil akhir rata-rata kelas pada siklus I sebesar 59% dari sebelumnya 37% pada pra penelitian, sedangkan pada siklus II, persentase kenaikan sebesar 26% dengan hasil akhir rata-rata kelas pada siklus II sebesar 85%. Total kenaikan rata-rata kelas dari pra penelitian hingga akhir siklus II adalah sebesar 48%. Hal ini memiliki makna bahwa telah terjadi peningkatan perilaku moral anak dari pra penelitian hingga akhir siklus II. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran anak usia dini hendaknya menerapkan metode dan media yang sesuai, memberikan motivasi dan contoh nyata yang tercermin dalam keseharian 
PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA Rini Herminastiti; Andi Musda Mapappoleonro; Ratih Jatiningsih
Instruksional Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Instruksional
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.555 KB) | DOI: 10.24853/instruksional.1.1.43-55

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku sosial anak usia dini melalui metode bercerita kelompok B2 semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan/planning, tindakan/action, observasi/observation, refleksi/reflection. Pelaksanaan penelitian berlangsung selama 2 bulan, yaitu dari bulan April-Mei 2018 dengan subjek penelitian sebanyak 12 anak, sedangkan data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perilaku sosial anak yang signifikan pada anak kelompok B2. Hal ini dibuktikan dengan hasil presentase rata-rata perilaku sosial anak yang meningkat pada setiap siklusnya yaitu pada pra tindakan sebesar 50%; siklus 1 sebesar 66%; siklus 2 sebesar 81% dan hasil wawancara menyimpulkan bahwa metode bercerita adalah menyenangkan bagi anak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatkan perilaku sosial anak usia dini.