cover
Contact Name
Muhammad Subhan
Contact Email
stkipbima.jurnal@gmail.com
Phone
+6282340867086
Journal Mail Official
admin@jurnal.stkipbima.ac.id
Editorial Address
Jl. Piere Tendean - Mande Kota Bima Kode POS 84119 Tlpn. (0374) 43195/42801
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Pedagogos : Jurnal Pendidikan
ISSN : 26850532     EISSN : 26556804     DOI : https://doi.org/10.33627/gg.v4i1
Pedagogos : Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi yang diterbit oleh kampus STKIP Bima, menerima dan menerbitkan hasil penelitian dari berbagai bidang keilmuan pada scope kependidikan. Pedagogos : Jurnal Pendidikan terdaftar pada LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) terbit secara ofline/ cetak dengan ISSN : 2685-0532 dan terbit secara online dengan ISSN : 2655-6804, melakukan penerbitan artikel online 2 kali setahun yaitu pada bulan Januari dan Juni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan" : 10 Documents clear
Perkembangan Pembelajaran IPA di MI Nurul Huda Sukaraja Berbasis Lingkungan Alfiah Nursangadah Kritia Saputri; Andi Prastowo
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.081 KB) | DOI: 10.33627/gg.v4i1.623

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pembelajaran IPA di Mi Nurul Huda Sukaraja di kelas rendah sekolah dasar. Data danpenelitian ini di dapatkandari observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dalam dataran realitanya IPA di kelas III Mi Nueul huda Sukaraja masih banyak dikuasi oleh cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajran, siswa mendengarkan atau mencatat dan mengerjakan tugas.permasalahannya adalah gurukurang mengkondisikan siswa agar belajar bekerja sama dalam kelompok karena untuk memecahkan suatu masalah di perlukan diskusi untuk beberapa siswa , siswa kurang dilibatkan pada proses pembelajaran. Untuk itu proses pembelajaran yang dilakukan harusnya lebih mengarah pada keaktifan peserta didik agar mereka memahami apa yang sedang di pelajari. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas s iswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalaui metode eksperimen berbasis lingkungan.
Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendididkan Kewarganegaraan di SD/MI Tia Dita Putri Latifa Yuwono; Andi Prastowo
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.167 KB) | DOI: 10.33627/gg.v4i1.636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara serta telaah dokumen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dilakukan pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. pada perencanaan pembelajaran, pendidikan karakter terlihat pada nilai karakter yang muncul pada RPP sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran, pendidik menerapkan kegiatan rutin, keteladanan, pengkondisian dan kegiatan spontan.
Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran SBdP Kelas III Pada Materi Menggambar Di Sekolah Dasar Eni Siskowati; Andi Prastowo
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.255 KB) | DOI: 10.33627/gg.v4i1.637

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembentukan kreativitas melalui Pembelajaran SBdP Kelas III SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terbentuknya kreativitas siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan telaah dokumen. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan 10 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data yang di gunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembentukan kreativitas siswa dalam menggambar berjalan dengan baik. Dalam proses pembentukan kreativitas agar siswa memiliki imajinasi yang sesuai dengan minat dan bakat nya sehingga muncul ide-ide kreatif siswa harus mengarah pada satu hal yang mereka sukai. Faktor pendukung yang paling berpengaruh dalam pembentukan kreativitas pada materi menggambar adalah faktor lingkungan dan faktor minat dan motivasi. Kemudian, untuk faktor penghambat dalam pembentukan kreativitas adalah evaluasi ketika siswa sedang berkarya. Hal ini dinilai tidak efektif dan membuat sebagian siswa kurang percaya diri dengan karyanya.
Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Rela Imanulhaq; Andi Prastowo
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.979 KB) | DOI: 10.33627/gg.v4i1.639

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana penggunaan edugame wordwall sebagai inovasi dalam pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan sumber data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dinarasikan untuk memperoleh gambaran umum tentang penggunaan media pembelajaran edugame wordwall pada pembelajaran matematika kelas II di MI Bina Sejahtera Galaherang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan sikap yang terjadi pada siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan media edugame wordwall. Perubahan tersebut dapat dilihat dari aspek keaktifan siswa serta kriteria penilaian observasi diukur melalui beberapa indikator, antara lain yaitu: (a) Keaktifan siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring (online) dibuktikan dengan pengisian daftar hadir, (b) Keaktifan siswa saat mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, dan (c) Bertanya terhadap materi yang belum dipahami. Kata kunci: edugame wordwall, inovasi pembelajaran matematika madrasah ibtidaiyah
Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMAN Negeri 2 Kota Bima Erni Suryani; Nehru Nehru
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.343 KB) | DOI: 10.33627/gg.v4i1.642

Abstract

Selama Pandemi Covid-19, Indonesia mengalami kesulitan dan pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah. Pandemi Covid-19 berdampak tidak hanya pada bidang politik, social, ekonomi, tetapi juga yang lebih penting pada pelaksanaan sistem pendidikan, dan kita harus mulai beradaptasi dengan zaman baru ini sekarang. Pandemi Covid-19 telah membuat seluruh dunia beralih dari sistem pembelajaran tatap muka kesistem pembelajaran online. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan melalui wawancara terhadap semua guru SMAN 2 Kota Bima. Hasil penelitian menemukan bahwa media online yang digunakan pada siswa tempat penelitian diantaranya Zoom metting, Whatsapp group dan Youtube. Penggunaan media online ini dinilai cukup efektif dalam pembelajaran pada siswa SMA Negeri 2 Kota Bima. Kelemahan pembelajaran daring, guru lebih banyak memberikan penugasan kepada siswa. Penjelasan yang diberikan oleh guru sangat kurang. Sehingga siswa merasa berat dan sulit memahami materi dalam mengikuti proses pembelajaran karena didominasi oleh pengerjaan tugas
ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD/MI Novita Istiqomah; Andi Prastowo
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.122 KB) | DOI: 10.33627/gg.v4i1.648

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu di SDN 17 Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode desktiptis kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada, 2) faktor pendukung pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran tematik dapat menghadirkan suatu pembelajaran yang aktif dan inovatif, 3) faktor pengahambat pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu adalah cara penyampaian guru agar peserta didik dapat mengintegrasikan satu pembelajaran dengan pembelajaran lainnya.
Pengaruh Pengunaan Kartu Ziel Orientierte Projekt Planum (ZOPP) Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa SMP N 8 Kota Bima Amran Amir
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.616 KB) | DOI: 10.33627/gg.v4i1.649

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektifitas pembelajaran pada mulanya. Media pembelajaran hanta berfungsi sebagai alat bantu guru untuk mengajar yang digunakan adalah alat bantu visual. Ke sekitar pertengahan adab ke 21 usaha pemanfaatan visual dilengkapi dengan digunakannya alat audio sehingga lahir lah alat bantu audio visual. Sejalan dengan perkenmbangan ilmu pengetahuan dan tehnologi (IPTEK) khususnya dalam bidang pendidikan, saat ini pengunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakain luas dan interaktif, seperti adanya komputer dan internet. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengunaan Kartu Ziel Orientierte Projekt Planum terhadap prestasi belajar IPA materi respirasi manusia siswa SMP N 8 kota Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa melalui pengunaan Kartu ZOPP terhadap prestasi belajar siswa SMP N 8 kota Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 8 Kota Bima berjumlah 5 kelas. Sampel diambil sebesar 40% atau 80 orang siswa yang diambil secara klutser sampling. Berdasarkan Hasil analisis data bahwa pembelajaran dengan mengunakan kartu Kartu Ziel Orientierte Projekt Planum dapat menigkatkan prestasi belajar siswa. Ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menunjukan nilai t hitung > t tabel = 2,92 > 2,01 untuk taraf signifikan 5% kenyataan ini menunjukan bahwa t hitung yang di peroleh sangat signifikan
URGENSI BUDAYA BIMA MAJA LABO DAHU DALAM MENDORONG REVOLUSI MENTAL Najamudin Najamudin; Andang Andang
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.649 KB) | DOI: 10.33627/gg.v4i1.666

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui urgensi budaya bima “maja labo dahu” dalam mendorong revolusi mental di sekolah. Adapun metode penelitian ini adalah kajian pustaka atau studi kepustakaan yaitu berisi teori-teori yang relevan dengan masalah-masalah penelitian. Kajian pustaka merupakan kegiatan yang diwajibkan dalam penelitian, khususnya penelitian akademik yang tujuan utamanya adalah mengembangkan aspek teoritis maupun aspek manfaat praktis, sehingga dengan menggunakan metode penelitian ini penulis dapat dengan mudah menyelesaikan masalah yang hendak diteliti. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa internalisasi budaya maja labo dahu harus dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya secara bersama-sama sebagai suatu komunitas pendidik dan diterapkan ke dalam kurikulum melalui beberapa hal berikut ini. Pertama, Program Pengembangan Diri. Dalam program ini, internalisasi budaya maja labo dahu dapat dilakukan melalui pengintegrasian ke dalam kegiatan sehari-hari sekolah, yaitu melalui (a) kegiatan rutin sekolah. (b) kegiatan spontan. (c) keteladanan. (d) pengkondisian. Kedua, Pengintegrasian dalam mata pelajaran. Pengembangan nilai-nilai budaya maja labo dahu dapat diintegrasikan dalam setiap pokok bahasan dari setiap mata pelajaran. Nilai-nilai tersebut dicantumkan dalam silabus dan RPP. Ketiga, Budaya Sekolah. Budaya sekolah cakupannya sangat luas, umumnya mencakup ritual, harapan, hubungan, demografi, kegiatan kurikuler, kegiatan ekstrakurikuler, proses mengambil keputusan, kebijakan maupun interaksi sosial antar komponen di sekolah.
Teaching Vocabulary Through Song At The Second Semester Of The Seventh Grade Students savia indri kurniasari
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.955 KB) | DOI: 10.33627/gg.v4i1.675

Abstract

Vocabulary is one of the important elements, because vocabulary is the base element for producing language in order to communicate. The purpose of this research is to teach vocabulary through song in the second semester of the seventh grade at SMPN 1 Kauman during the academic year 2020/2021. In this research, the researcher used qualitative descriptive research method.The objective of this research are to describe the process of teaching vocabulary by using song and students problems in the process of learning vocabulary by using song. The result of this research shown that most of problems that faced by students are memorizing word, but when media to teach vocabulary using song they were more interested to learn vocabulary
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Model Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA B Erdiansyah
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/gg.v4i1.698

Abstract

Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Quasi eksperimen, dikatakan begitu karena dalam desain ini peneliti tidak dapat mengontrol semua variabel luar yaitu faktor luar yang tidak diteliti dan menjadi pengganggu sehingga mempengaruhi jalannya eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti dapat mengambil kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks. Dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 2,53 dan t table = 1,67. Hal ini berarti hipotesis diterima maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks kelas XI SMAN 2 Kota Bima.

Page 1 of 1 | Total Record : 10