cover
Contact Name
Ahmad Tohir
Contact Email
jimpa@stebisigm.ac.id
Phone
+6285267779964
Journal Mail Official
jimpa@stebisigm.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA)
ISSN : 27765172     EISSN : 27765202     DOI : https://doi.org/10.36908/jimpa.v1i1
JIMPA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah merupakan buletin online nasional sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil penelitian tentang permasalahan Perbankan Syariah. Jurnal ini mengemban misi menyebarluaskan berbagai hasil penelitian ilmiah mahasiswa. Jurnal ini hanya menerima dan menerbitkan artikel penelitian bagi mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023" : 18 Documents clear
Analisa Peran Aplikasi Alfagift Terhadap Peninngkatan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Palembang (Studi Kasus Toko Alfamart Cabang Mayor Ruslan) Putri Agustini; Choiriyah Choiriyah; Fadilla Fadilla
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.957 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.114

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Peran Produk Alfagift Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Palembang (Studi Kasus Toko Alfamart Cabang Mayor Ruslan). Saat covid-19 mulai mewabah, menyebabkan perekonomian dan penjualan menurun, terjadi pengurangan karyawan, pengurangan gaji, daya beli masyarakat turun, dan sebagainya. Kondisi tersebut membuat masyarakat harus memutar otak untuk bagaimana bisa bertahan hidup. Alfagift adalah member nya Alfamart. Alfagift sendiri merupakan sebuah aplikasi yang bisa diunduh di smartphone Android maupun iOS dengan tujuan utama untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggan untuk mendapatkan berbagai informasi terkait Alfamart. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah: (1) Apakah Pandemi Covid-19 mempengaruhi peningkatan penjualan menggunakan aplikasi Alfagift di toko Alfamart cabang Mayor Ruslan (2)Bagaimana analisa peran aplikasi Alfagift terhadap peningkatan penjualan di toko Alfamart cabang Mayor Ruslan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun hasil yang didapatkan pada saat Pandemi Covid-19 Mempengaruhi Peningkatan Penjualan Menggunakan Aplikasi Alfagift di Toko Alfamart Cabang Mayor Ruslan, terhadap penjualan online dua tahun terakhir ini semenjak Pandemi Covid-19. Analisa Peran Aplikasi Alfagift Tehadap Peningkatan Penjualan di Toko Alfamart Cabang Mayor Ruslan Alfagift sangat efektif berbelanja.
Analisis Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Rozza Bakery Palembang Nurmeiny Putri Ramadhany; Havis Aravik; Choirunnisak Choirunnisak
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.231 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.115

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Analisis Penerapan Etika bisnis Islam Terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Rozza Bakery. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah (1) Apa yang menjadi faktor pendukung penerapan prinsip etika bisnis Islam pada Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) di Rozza Bakery Palembang (2) Bagaimana respon konsumen dalam penerapan etika bisnis Islam pada Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) di Rozza Bakery Palembang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kulitatif deskriptif kulitatif bertujuan menjelaskan penerapan etika bisnis islam. Hasil dari penelitian ini akan dideskripsikan dengan perhitungan metode kualitatif dari hasil data lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, dokumentasi, observasi dan menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan penelitian yakni dari bulan Maret hingga Mei 2022. Adapun hasilnya yang didapat mengenai penerapan dan respon konsumen dalam Penerapan prinsip etika bisnis Islam Pada Rozza bakery Palembang yang menerapkan lima prinsip etika bisnis Islam yakni: (1) prinsip kesatuan (2) prinsip keadilan (3) prinsip kehendak bebas (4) prinsip tanggung jawab dan (5) prinsip kebenaran.
Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Praktik Pelayanan ATM Pada Bank BTN KC Syariah Kapten Ahmad Rivai Palembang Yeyen Novita Sari; Moh. Faizal; Meriyati Meriyati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.584 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.150

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan nasabah terhadap praktik pelayanan ATM Pada Bank BTN KC Syariah Kapten Ahmad Rivai Palembang. Penelitian ini mempunyai batasan masalah kepuasan nasabah terhadap parktik pelayanan ATM Pada Bank BTN KC Syraiah Kapten Ahmad Rivai Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif sumber data perimer dan sekunder yang dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi data di uji keabsahannya dan di analisis. Hasil penelitian ini adalah Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Praktik Pelayanan ATM Pada Bank BTN KC Syariah Kapten Ahmad Riva Palembang mengenai Kepuasan Nasabah Terhadap Praktik Pelayanan ATM yang diberikan karyawan sudah cukup baik terlihat pada pelayanan karyawan terhadap nasabah sangat ramah-tamah dan sopan. Selain itu juga upaya mengatasi kendala yaitu, untuk lebih mengunggulkan kualitas produk, kualitas pelayanan, faktor emosional, harga dan biaya kemudahan dengan cara memberikan pemahaman atas manfaat yang dimiliki pelayanan ATM pada Bank BTN KC Syariah Kapten Ahmad Rivai Palembang yang seharusnya semakin disebar luaskan untuk mengundang minat nasabah.
Analisis Perbedaan Pendapatan Petani Karet Desa Sungai Bungin KecamatanPangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir Selama Pandemi Covid-19 Fahrurozi Alrais; Moh. Faizal; Meriyati Meriyati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.892 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.151

Abstract

Peneliti membahas Pendapatan Petani Karet Desa Sungai Bungin Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat Bagaimana tingkat pendapatan petani karet sebelum terkena dampak pandemi covid-19, Bagaimana tingkat pendapatan petani karet sesudah terkena dampak pandemi covid-19 dan Apakah terdapat perbedaan pendapatan petani karet sebelum pandemi dan saat mengalami situasi pandemi covid-19. Penelitian ini menggukan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan field Research. Jenis penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lapangan (objek penelitian). Sampel yang di ambil sebagai Dengan jumlah responden 25 orang petani karet. Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk menganalisis dampak Pandemi Covid-19 pada Pendapatan Petani Karet Desa Sungai Bungin Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering ilir. Data primer di dapat melalui hasil wawancara dengan responden. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa para petani sangat merasakan dampak dari Pandemi Covid-19 dikarenakan naiknya harga kebutuhan usahatani seperti pupuk dan pestisida. dan perbedaan yang nyata pula terhadap pendapatan petani sebelum pandemi Covid-19 dan Selama adanya Pandemi Covid-19 dengan perbandingan 30-50% pendapatan masyarakat Desa Sungai Bungin Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering ilir menurun.
Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Minat Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pusat Baju Bekas Banjarmasin Nurul Huda; Akhmad Hulaify; Zakiyah Zakiyah; Parman Komarudin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.384 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.155

Abstract

Munculnya fenomena trend fashion dari budaya korea selatan yang masuk di Indonesia mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengikuti trend fashion yang ada. Dengan adanya perubahan tersebut membuat minat beli dari pakaian thrifting terus meningkat. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut bagaimana pengaruh perilaku konsumen dan minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian pada pakaian bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dan minat beli terhadap keputusan pembelian barang bekas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan tenik sampling insidental yang merupakan bagian dari nonprobability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebesar 80 orang dari populasi yang berjumlah 100 responden melalui rumus yang dicetuskan oleh Isaac dan Michael. Hasil penelitian ini menunjukkan dari uji hipotesis terdapat pengaruh perilaku konsumen (X1) dan minat beli konsumen (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) barang bekas, maka disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Perilaku yang ditunjukkan masyarakat dalam membeli pakaian thrifting tidak menunjukkan prinsip Islam karena berlebih-lebihan dalam membeli dan pembelian didasari oleh gengsi untuk dapat tampil trendy dilingkungan sosial.
Prosedur Pembukaan Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) Pada Bank Sumsel Babel Kantor Cabang Pembantu Lemabang Palembang Onesya Sarwana; Yeyen Priyanti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.878 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.156

Abstract

Penelitian ini akan membahas prosedur pembukaan tabungan simpanan pelajar (SIMPEL) pada bank sumsel babel KCP Lembang Palembang. Dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam mekanisme yang digunakan untuk melakukan pembukaan tabungan pelajar ini pada bank sumsel babel KCP Lemabang Palembang. Metode penelitiannya adalah kualitatif dan data yang dambil melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan prosedur dan syarat yang digunakan dalam pembukaan tabungan simpanan pelajar ini sangat mudah dan efisien. Tentunya dengan mekanisme yang mudah serta manfaat yang banyak diharapkan dapat membantu pelajar untuk membuka tabungan SIMPEL ini, dengan biaya administrasi gratis, setoran awal yang terjangkau, dan pelajar juga bisa mendapat fasilitas ATM.
Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Palembang Demang Sinta Bella; Moh. Faizal; Fadilla Fadilla
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.155 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.157

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia (BSI). Adapun penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh promosi dan kauliats pelayanan terhadap minat menabung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif lapangan dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji asumsi klasi, analisis liner berganda, uji hipotesis serta metode wawancara, dokumentasi, dan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner, dibantu dengan program computer SPSS (Statistical Package For Social Science) Versi 26. Adapun hasil dari pnelitian ini akan dideskripsikan Berdasarkan hasil penelitian ini penerapan promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung di bank syariah Indonesia (BSI) berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, dan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner dan spss. Yang meliputi nasabah dan karyawan bank telah diterapkan dengan baik.
Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Qithfirul Indriyani; Lilis Setyowati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.504 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.158

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah current ratio, debt to equity ratio, net profit margin, dantotal asset turnover berpengaruh terhadap perubahan laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2021 yang dipilih menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan 130 sampel perusahaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel currentratio dan debt to equity ratio berpengaruh terhadap perubahan laba barang konsumsi. Sedangkan variabel net profit margin dan total asset turnover tidak berpengaruh terhadap perubahan laba.
Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pagar Alam Siska Anggriani; M. Agus Maryanto
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.017 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fitur layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pagar Alam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan pendekatan slovin, dari hasil perhitungan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 67 orang yang menggunakan fitur layanan mobile banking. Hasil Uji F menunjukkan bahwa variabel kecepatan, keamanan, akurasi dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pagar Alam dengan nilai signifikan 0,000. Dilihat dari uji t, variabel yang mempengaruhi kepuasan nasabah secara seignifikan yaitu variabel kecepatan dengan nilai sig 0,026, variabel keamanan dengan nilai sig 0,000, variabel akurasi dengan nilai sig 0,002, variable kepercayaan dengan nilai sig 0,000. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa secara individual ke empat variabel tersebut dinyatakan berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan nasabah Bank BNI Syariah KCP Pagar Alam.
Perbandingan Pengelolaan Wakaf Di Indonesia Dan Brunei Darussalam Aulia Febriana; Achmad Irwan Hamzani; Moh. Taufik
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) - Maret 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.716 KB) | DOI: 10.36908/jimpa.v3i1.160

Abstract

Pelaksanaan wakaf bagi umat Islam merupakan hal yang wajar dilakukan khususnya di Indonesia dan Brunei Darussalam. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang pelaksanaan wakaf. Regulasi wakaf Indonesia diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Sedangkan di Brunei Darussalam diatur dalam Mahkamah-Mahkamah Kadi Penggal 77. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan regulasi wakaf di Indonesia dan Brunei Darussalam, dan mengkaji persamaan dan perbedaan pelaksanaan wakaf di kedua negara tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan, menggunakan pendekatan normatif, teknik pengumpulan data secara online, dan data dianalisis dengan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaturan wakaf di Indonesia diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan. Pengaturan yang komprehensif di Undang-undang Wakaf. Wakaf dikembangkan oleh BWI, sebuah badang yang khusus mengembangkan wakaf. Pengaturan wakaf di Brunei Darussalam diatur dalam Undang-Undang Negara Brunei Darussalam yaitu Mahkamah-Mahkamah Kadi Penggal 77. Wakaf dikembangkan oleh MUIB selaku pemegang amanah tunggal. BWI di Indonesia memiliki tugas untuk membina nadzir, mengelola harta benda wakaf, memberhentikan nadzir. Sedangkan di Brunei Darussalam, MUIB bertugas untuk mengelola harta benda wakaf. MUIB juga bertugas untuk mengeluarkan sertifikat halal serta mengatur pihak yang berkawin.

Page 1 of 2 | Total Record : 18