cover
Contact Name
Yulia Nurendah
Contact Email
lia_niceone@yahoo.com
Phone
+622518337733
Journal Mail Official
redaksi.jabkes@gmail.com
Editorial Address
Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan Jalan Ranggagading No. 1 Kampung Gudang, Bogor Tengah Bogor 16123
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan
ISSN : 28076036     EISSN : 28076036     DOI : https://doi.org/10.37641/jabkes
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan disingkat JABKES merupakan Jurnal yang mempublikasikan karya ilmiah dalam bidang bisnis terapan dalam arti luas. Dikelola oleh Progam Vokasi dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan. Terbit tiga kali dalam setahun yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021" : 23 Documents clear
Prosedur Pembukaan Rekening Tabungan Pensiun Simponi Pada Pt Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Kantor Kas Suryakencana Desyanti, Reni; Pardede, Robert Pius; Andrianto, Toni
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.788

Abstract

PT Bank Negara Indonesia (Persero).Tbk merupakan salah satu bank milik pemerintah yang menghadirkan produk Tabungan Pensiun Simponi. Dimana produk tersebut dikhususkan bagi para pensiunan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan kesempatan bagi para pensiunan PT Bank Negara Indonesia (Persero).Tbk Kantor Kas Suryakencana. Segmentasi dalam Tabungan Pensiun tersebut adalah para pensiunan pegawai negeri sipil, TNI, Polri, pensiunan pegawai BUMN/BUMD/Swasta yang mendapatkan manfaat pensiun bulanan. Tujuan dalam pembahasan tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui persyaratan, prosedur, dan kendala-kendala pada saat pembukaan rekening tabungan pensiun pada PT Bank Negara Indonesia (Persero).Tbk Kantor Kas Suryakencana. Dalam hasil pembahasan tersebut dapat diketahui bahwa persyaratan dan prosedur pembukaan rekening tabungan pensiun pada PT Bank Negara Indonesia (Persero).Tbk Kantor Kas Suryakencana sudah sangat baik dan mudah dipahami, hanya saja masih ada kendala-kendala saat pembukaan rekening tabungan pensiun misalnya sistem komputer yang error dan jaringan yang tidak stabil. Hal ini tentunya harus diperhatikan dan ditingkatkan lagi kemajuan teknologinya. Misalnya, melakukan perbaharuan minimal satu bulan sekali dan meningkatkan kestabilan pada sistem dan jaringan.
Pelaksanaan Pemberian Kredit Angsuran Sistem Gadai Pada Pt. Pegadaian (Persero) Upc Mall Merdeka Bogor Triana, Elis; Silaen, Uluan; Hernusa, Hardini Lestiani
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.789

Abstract

Krasida adalah pemberian Kredit dengan angsuran bulanan untuk keperluan konsumtif dan produktif dengan jaminan emas yang menjadi solusi tepat mendapatkan fasilitas kredit dengan cara cepat, mudah dan murah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan dalam pemberian kredit angsuran sistem gadai (krasida) pada PT Pegadaian UPC Mall Merdeka dengan mengetahui apa saja syarat – syarat yang harus dipersiapkan oleh calon nasabah agar bisa melakukan pengajuan kredit ini, mengetahui bagaimana mekanisme pemberian kredit angsuran sistem gadai (krasida) pegadaian, mengetahui kendala apa saja yang di hadapi pegadaian dalam pelaksanaan pemberian kredit angsuran sistem gadai (krasida) dan bagaimana solusi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan atas pemberian kredit angsuran sistem gadai (krasida) pada PT Pegadaian UPC Mall Merdeka sangat cepat, mudah, dan murah bagi nasabah dan calon nasabahnya. Keywords : krasida , pelaksanaan pemberian kredit.
Prosedur Penagihan Dan Penerimaan Piutang Pasien Dengan Jaminan Dan Tanpa Jaminan Asuransi Pada Rumah Sakit Vania Bogor Alivia, Putri; Triandi, Triandi
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.879

Abstract

Piutang merupakan aset lancar yang penting dalam aktivitas perusahaan. Akun piutang digunakan untuk mencatat, melaporkan jumlah tagihan perusahaan kepada pihak lain. Proses Pengakuan pendapatan dan pencatatan piutang harus diperhatikan oleh karena mengandung risiko tidak tertagihnya piutang atau klaim kepada pihak ketiga Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui prosedur penagihan dan penerimaan piutang pasien tanpa jaminan asuransi di Rumah Sakit Vania, dan prosedur penagihan dan penerimaan klaim asuransi pasien dengan jaminan asuransi pada Rumah Sakit Vania Bogor, serta untuk mengetahui pengendalian intern atas prosedur penagihan dan penerimaan piutang pada Rumah Sakit Vania Bogor. Dari hasil penyusunan tugas akhir, diketahui bahwa Rumah Sakit Vania bekerjasama dengan perusahaan asuransi sebagai jaminan kesehatan pasien. Rumah Sakit Vania mempunyai prosedur baku penagihan dan penerimaan piutang. Rumah Sakit Vania memiliki risiko atau ancaman dalam pengakuan pendapatan, proses penagihan piutang dan penerimaan kas terkait klaim asuransi yang terhambat, untuk itu dibangun prosedur siklus pendapatan dan penerimaan kas yang memenuhi unsur-unsur pengendalian intern, antara lain proses pencatatan terkomputerisasi, pemisahan tugas dan fungsi, otorisasi, validasi, verifikasi/pengecekan dan prosedur konfirmasi yang memadai. Kata kunci : Prosedur Pendapatan, Risiko Piutang, Pengendalian Piutang.
Sistem Pembayaran Dana Sewa Lokasi Toko Alfamart Pada Pt. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Branch Parung Rusdiyanti, Tria; Supriadi, Yoyon
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.880

Abstract

Sistem pembayaran menjadi pokok tujuan penting dalam melakukan perjanjian sewa menyewa. Karena tujuan dari diadakannya perjanjian ini untuk memperoleh keuntungan. Perlu di buat suatu sistem yang mengatur sistem pembayaran tersebut agar sesuai dengan tujuan dan tidak menimbulkan kerugian dari salah satu pihak. Hasil pembahasan tentang sistem yang digunakan dalam melakukan pembayaran dana sewa untuk lokasi baru dan lokasi perpanjangan. Serta langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan pembayaran dana sewa baiku untuk lokasi baru maupun lokasi perpanjangan toko Alfamart. Kata kunci : Pembayaran , Sewa
Tinjauan Layanan Penawaran Produk Indihome Paket Program Telkom Regional 2 Pada PT. Infomedia Nusantara Sulistiana, Dina; Hidayat, Lukman
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.881

Abstract

Pelayanan merupakan suatu kegiatan atau ururtan kegiatan yang terjadi lansung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan langsung menyediakan kepuasan kepada pelanggan. Pelayanan yang baik menjadi salah salah satu syarat kesuksesan dalam perusahaan jasa. Tujuan dari pembahasan ini yaitu untuk mengetahui bagaimana prosedur dalam pelayanan penawaran produk indihome yang berada di PT.Infomedia Nusantara dan juga mengetahui hambatan yang terkadang dialami dalam proses pelayanan produk indihome. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa prosedur dalam pelayanan produk indihome pada PT.Infomedia Nusantara yaitu dengan adanya pengecekan data, mengecek jaringan ,menghubungi pelanggan mempersentasikan produk dan meregistrasikan produk indihome yang sudah di setujui pelanggan. Lalu protokol dalam pengerjaanya serta hambatan yang di hadapi dalam promosi produk indihome kepada pelanggan. Kata Kunci : Pelayanan, Prosedur penawaran produk
Pengelolaan Petty Cash Pada PT Multindo Technology Utama Anggraeni, Sinta; Sari, Ervina Indri; Nurjanah, Yayuk
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.882

Abstract

Tujuan dana kas kecil adalah menghindari pembayaran yang tidak ekonomis atas pengeluaran yang jumlahnya relative kecil sehigga petty cash dapat terkoordinir dan mempermudah informasi tentang data petty cash yang terjadi di perusahaan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pencatatan dan prosedur yang digunakan oleh PT Multindo Technology Utama. Metode penelitian meliputi teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi secara langsung dan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait fungsi Administrasi. Adapun analisis data yang digunakan oleh penyusun adalah anlisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Multindo Technology Utama menerapkan metode dana berubah, dalam pengelolaan petty cash tersebut pada dasarnya sudah tepat. Namun, ada beberapa kesalahan menurut penulis dalam pengelolaan petty cash yang tidak sesuai dengan beberapa pendapat yang disampaikan oleh beberapa ahli Akuntansi.
Pelaporan Spt Masa Ppn Berbasis Online Pada PT Nijimaru Kemasindo Sentosa Yunita, Nunu Nurma; Fahmie, Arief
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.883

Abstract

Pajak adalah pungutan yang dilaksanakan pemerintah kepada seseorang atau badan berdasarkan Undang-undang. Hasil pungutan pajak dimaksudkan untuk membiayai pengeluaran negara dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum. Pajak Pertambahan Nilai (PPN) merupakan salah satu jenis pajak tidak langsung yang termasuk sebagai pajak konsumsi di dalam negeri, baik konsumsi barang maupun konsumsi jasa. Direktorat Jenderal Pajak sudah mempermudah pelaporan SPT Masa PPN secara online dengan menerapkan sistem e-SPT, e-Billing dan e-Filing. Tetapi masih banyak yang belum paham akan prosedur pelaporan secara online tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pelaporan SPT Masa PPN secara online pada PT Nijimaru Kemasindo Sentosa menggunakan e-Billing dan e-Filing serta penerbitan faktur pajak melalui aplikasi e-Faktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-Faktur dalam penyampaian pelaporan SPT Masa PPN pada PT Nijimaru Kemasindo Sentosa sudah sesuai dengan PER-16/PJ/2014 tentang Tata Cara Pembuatan dan Pelaporan Faktur Pajak Berbentuk Elektronik (e-Faktur). Serta pelaporan SPT Masa berbasis online menggunakan e-Billing dan e-Filing sudah sesuai dengan prosedur dari DJP. Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan harus mengikuti perkembangan peraturan perpajakan agar tidak terjadi kesalahan. Kata kunci : SPT Masa PPN, e-Faktur, e-Billing, e-Filing
Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Untuk Persediaan Barang Dagang Ariqoh Salma Arandhea; Ratih Puspitasari
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i2.1180

Abstract

Accounting information systems for every company of course have a purpose. Basically the accounting information system is to facilitate the process of existing activities within the company through the provision of appropriate and timely information, as well as creating internal controls to secure the company's assets. The purpose of this study was to determine the application of accounting information systems for merchandise inventory at PT. Padma Sari Pangan by carrying out the activities of receiving goods, purchasing goods, and selling goods that are resold without changing the shape of the goods with inventory activities at retail as an intermediary for distribution channels. Internal control is also needed in the application of accounting information systems at PT. Padma Sari Pangan so that there is no loss or theft of stock items. The results showed that PT. Padma Sari Pangan has an adequate inventory accounting information system so that it plays a role in receiving, buying, and selling goods for distribution activities and internal control of merchandise inventory. Therefore it can be concluded that the application of accounting information systems at PT. Padma Sari Pangan has been accurate in carrying out merchandise distribution activities. keywords : Inventory Accounting Information System, Internal Control
Prosedur Penyusunan Pada Transaksi Belanja Daerah Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Bogor Pristalia Arisha Putri; Iswandi Sukartaatmadja
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i2.1332

Abstract

Belanja daerah adalah semua kewajiban pemerintah daerah yang diakui sebagai pengurang nilai kekayaan bersih dalam periode tahun anggaran berkenaan.Rencana belanja daerah disusun setiap tahun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Belanja daerah dalam APBD tersebut digunakan untuk keperluan penyelenggaraan tugas pemerintah daerah. Belanja Daerah dalam Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 37 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah menyebutkan bahwa belanja daerah dipergunakan dalam rangka mendanai pelaksaan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan provinsi atau kabupaten/kota yang terdiri dari urusan wajib, urusan pilihan dan urusan penanganannya dalam bagian atau bidang tertentu yang dapat dilaksanakan bersama antara pemerintah dan pemerintah daerah atau antar pemerintah daerah yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang- undangan. Pendapatan Daerah yang diperoleh baik dari Pendapatan Asli Daerah maupun dari dana perimbangan tentunya digunakan oleh pemerintah daerah untuk membiayai Belanja Daerah. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti prosedur penyusunan belanja daerah pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bogor dengan proses penyusunan belanja daerah dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah yang ada dalam Permendagri Nomor 13 Tahun 2006. Serta ingin mengetahui bagaimana pengalokasian dananya. Hasil Pembahasan menunjukan bahwa prosedur dalam proses transaksi belanja daerah sesuai dengan Permendagri Nomor 13 Tahun 2020 yaitu tentang Proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Dan dana alokasi Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan ruang Kota bogor disalurkan kepada masyarakat contohnya di kecamatan bogor tengah karena memiliki anggaran yang lebih besar dari kecamatan lainnya.
Tinjauan Atas Kualitas Pelayanan Produk KCA Pada PT Pegadaian Cabang Bogor Salma Salsabila; Adil Fadillah; Morita Morita
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i2.1333

Abstract

This discussion is entitled Overview of the service quality of KCA products at PT Pegadaian (Persero) Bogor Branch. The purpose of this discussion is to determine the service quality of KCA products on customer satisfaction, either jointly or partially at PT Pegadaian (Persero) Bogor Branch. Based on the results of this discussion, the quality of service consisting of reliability, certainty, reality, empathy, and responsiveness has a significant influence on consumer satisfaction. The results of the discussion show that service quality which consists of reliability, assurance, empathy, tangible, and responsiveness together has a positive influence.

Page 1 of 3 | Total Record : 23