cover
Contact Name
Yulia Nurendah
Contact Email
lia_niceone@yahoo.com
Phone
+622518337733
Journal Mail Official
redaksi.jabkes@gmail.com
Editorial Address
Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan Jalan Ranggagading No. 1 Kampung Gudang, Bogor Tengah Bogor 16123
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan
ISSN : 28076036     EISSN : 28076036     DOI : https://doi.org/10.37641/jabkes
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan disingkat JABKES merupakan Jurnal yang mempublikasikan karya ilmiah dalam bidang bisnis terapan dalam arti luas. Dikelola oleh Progam Vokasi dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan. Terbit tiga kali dalam setahun yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember.
Articles 113 Documents
Pengaruh 5C Dan 7P Dalam Pemberian Kredit Sasmita, Theresia; Puspitasari, Ratih; Rosita, Siti Ita
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 1 (2021): JABKES Edisi Agustus 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.789 KB) | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.562

Abstract

Analisis 5C dan 7P serta analisis kelayakan merupakan analisis yang dipakai oleh lembaga keuangan/bank dalam mengantisipasi terhadap kredit macet termasuk bagi Bank BNI, Tbk dan Bank BRI, Tbk.Analisis 5C dan 7P memiliki persamaan, yaitu apa-apa yang terkandung dalam 5C dirinci lebih lanjut dalam prinsip 7P di samping lebih terinci juga jangkauan analisisnya lebih luas dari 5C. Prinsip analisis kredit dengan 5C itu sendiri terdiri dari :Character, capaciity, capital, collateral, dan condition. Sedangkan prinsip analisis menggunakan 7P ialah: Personality, Party, Purpose, Prospect, Payment, Protability, dan Protection.
Tinjauan Atas Segmentasi, Penetapan Pasasr Sasaran Dan Pemosisian KPR Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) KCP Dramaga Bogor Meilawati, Yusi; Suardy, Weman; Yusdira, Ade
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 1 (2021): JABKES Edisi Agustus 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.322 KB) | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.563

Abstract

Penelitian ini dilakukan Bank BTN Kcp Dramaga. Bank BTN merupakan salah satu Bank memiliki kinerja meningkat dari periode ke periode terbukti dengan konsisten Bank BTN meningkatkan pelayanan melalui prority Banking dengan produk yaitu bancassurance melakukan kerja sama dengan beberapa pihak. Selain itu, Bank BTN konsisten pada bisnis inti (Core Bussiness) dalam pembiayaan perumahan sesuai dengan visit Bank BTN sendiri yang menjadi Bank termuka dalam pembiayaan. Bank BTN lebih dikenak dengan produk KPR atau pembiayaan rumah tinggal. KPR didefinisikan sebagai kredit yang diberikan oleh Bank kepada debitur yang digunakan untuk membeli atau membayar sebuah bangunan rumah tinggal dan tanahnya guna dimiliki atau dihuni. adanya produk ynag ditawarkan semacam KPR BTN subsidi atau bisa memilih KPR BTN non subsidi. Tujuan dari hasil penelitian ini untuk mengetahui 1). Bagaimana mengidentifikasi faktor-faktor penerapan Segmentasi, penetapan pasarsasaran dan pemosisian produk KPR, 2). Upaya produk KPR pada PT Bank Tabungan Negara Kcp Dramaga bogor dalam Segmentasi, penetapan pasarsasaran dan pemosisian dan 3). Hambatan dalam penerapan Segmentasi, penetapan pasarsasaran dan pemosisian produk KPR pada PT Bank Tabungan Negara Kcp Dramaga. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Segmentasi, penetapan pasasaran dan pemosisian produk KPR cukup meningkat dapat mampu merealisasikan dan Bank BTN juga meningkatkan segmen pasar untuk mempertahankan target pasar yang baik terhadap konsumennya dapat mencapai tujuan dengan penjualan yang maksimal serta meningkatkan target pada konsumen yang berkualitas.
Aplikasi Bauran Promosi Pada Hotel Royal Padjadjaran Bogor Febriani, Chairunisa; Nurendah, Yulia; Morita, Morita
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 1 (2021): JABKES Edisi Agustus 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.955 KB) | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.564

Abstract

Promosi merupakan salah satu strategi yang sangat penting di dalam memasarkan Produk atau Jasa, karena tujuan utama dari promosi yaitu agar produk atau jasa yang ditawarkan oleh Perusahaan dapat diketahui dan dikenal oleh khalayak luas. promosi mencakup beberapa elemen yang terdiri dari Advertising (Periklanan), Public Relation (Hubungan Masyarakat), Sales Promotion (Promosi Penjualan), Personal Selling (Penjualan Personal), dan Direct Marketing (Pemasaran Langsung). Ke lima kombinasi dari elemen ini disebut sebagai Bauran Promosi. Banyak Perusahaan melakukan kegiatan promosi tidak hanya dari satu elemen saja, hal ini dimaksudkan agar promosi yang dilakukan bisa semaksimal mungkin sehingga tujuan Perusahaan tercapai. salah satunya Hotel Royal Padjadjaran Bogor yang menerapkan Bauran Promosi. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini untuk mengetahui Bauran Promosi apa saja yang diterapkan oleh Hotel Royal Padjadjaran Bogor, untuk mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi dalam penerapan bauran promosi yang dilakukan oleh Hotel Royal Pajajaran Bogor, dan juga untuk mengetahui cara mengatasi hambatan dalam penerapan bauran promosi yang dilakukan oleh Hotel Royal Pajajaran Bogor. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Bauran Promosi yang dilakukan oleh Hotel Royal Padjadjaran Bogor sudah diterapkan dengan baik, terutama dalam menerapkan promosi melalui media sosial. Kata kunci, Bauran Promosi, Hotel Royal Padjadjaran Bogor
Peranan Customer Servis Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Sekolah Islam Ibnu Hajar Ayu, Fini Rizkita Purnama; Srihandoko, Wimpi
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 1 (2021): JABKES Edisi Agustus 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.331 KB) | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.565

Abstract

Customer Service merupakan kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasaan melalui pelayanan yang diberikan oleh seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah dan memuaskan. Customer Service merupakan salah satu fasilitas yang di berikan pihak sekolah untuk melayani murid dan wali murid, agar para orang tua merasa terfasilitasi dengan baik oleh pihak sekolah. Tujuan dari pembuatan tugas akhir ini, untuk mengetahui bagaimana peran Customer Service dalam meningkatkan mutu pelayanan pada Sekolah Islam Ibnu Hajar. dan mengetahui kendala Customer Service dalam meningkatkan mutu pelayanan pada Sekolah Islam Ibnu Hajar. Serta mengetahui strategi pelayanan Customer Service dalam meningkatkan mutu pelayanan pada Sekolah Islam Ibnu Hajar. Hasil pembahasan menunjukan bahwa, cara meningkatkan mutu pelayanan adalah dengan mendengarkan dengan sabar semua keluhan dan pertanyaan dari wali murid. Serta bisa mengendalikan emosi jika sebelumnya sudah melayani yang mengeluh, lalu datang yang lain. Tetap tersenyum tidak melampiaskan kepada yang lain dan menerapkan beberapa cara yaitu, dengan bersikap ramah dan komunikatif melayani dengan sepenuh hati, sehingga wali murid merasa puas dengan pelayanan yang di berikan. Sedangkan kendala-kendala yang di hadapi oleh Customer Service yaitu, Melupakan keluhan yang berlebuhan, minimnya menghargai Customer Service dan tidak sabar ketika menunggu untuk di layani. Kata Kunci : Customer Service.
Sistem Penagihan Rekening Air Pelanggan Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor Humairoh, Adela Putri; Listari, Sinta; Syarif, Rini
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 1 (2021): JABKES Edisi Agustus 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.385 KB) | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.566

Abstract

Sistem Penagihan Rekening Air Pelanggan merupakan kegiatan penagihan atas tunggakan rekening air yang menerapkan sistem aplikasi SMS Gateway sebagai upaya penagihan, dimana aplikasi tersebut dapat memudahkan bagian penagihan dalam memberikan informasi tunggakan tagihan bagi pelanggan yang telah menunggak selama dua bulan dan tidak berlaku untuk pelanggan yang menunggak selama satu bulan atas pemakaian jasa rekening air. Apabila belum terjadi pelunasan pada tunggakan pelanggan, maka dilakukannya pemutusan saluran air oleh PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor. Tujuan penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui sistem penagihan rekening air pelanggan pada PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor. Untuk mencapai sasaran penelitian yang jelas dan terarah maka penulis merumuskan permasalahan mengenai Sistem yang diterapkan dalam Penagihan Rekening Air Pelanggan, Tahap-tahap Penagihan , Faktor-faktor yang menjadi penyebab atas tunggakan tagihan rekening air serta Kendala yang muncul dalam sistem penagihan dan solusinya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut Sistem Penagihan Rekening Air Pelanggan pada PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor antara lain memberikan informasi tagihan air atas tunggakan pelanggan. Dalam pembahasan tersebut menunjukkan perusahaan sudah memiliki Sistem Penagihan yang baik, sehingga semua aktivitas perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kata Kunci : Penagihan, Tunggakan, SMS Gateway
Implementasi Personal Selling Pada Wardah Kosmetik Dina, Hani Maulida Rangga; Fadillah, Adil; Purnama, Denta
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 1 (2021): JABKES Edisi Agustus 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.785

Abstract

Personal Selling atau Penjualan Personal adalah hubungan interpersonal dimana berbagai upaya dikerahkan untuk mendidik pelanggan dan mendorong pemilihan merek atau produk tertentu. Pemjualan Personal juga dapat diartikan sebagai komunikasi langsung atau tatap muka antara penjual dengan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga kemudian mereka akan mecoba dan membelinya. Hal ini tentunya tenaga penjual merupakan ujung tombak bagi perusahaan, karena di tangan penjuallah terletak kunci keberhasilan atau tidaknya dari komunikasi pemasaran penjualan langsung tersebut, maka dari itu penulis tertarik untuk meninjau personal Selling pada Wardah Kosmetik yang dilakukan oleh Beauty Advisor selaku tenaga penjual.
Penerapan Physical Evidence Pada Sahira Butik Hotel Paledang Manurung, Miftahul Zannah; Sulistiono, Sulistiono; Kusumayanti, Diah
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 1 (2021): JABKES Edisi Agustus 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.786

Abstract

Dalam dunia bisnis, apabila suatu perusahaan tidak dapat menyusun strategi bisnis dan strategi pemasaran yang tepat maka akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan kompetitor lain. Untuk mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan oleh hotel dalam aktivitasnya dibidang jasa yaitu salah satunya sarana atau bukti fisik lingkungan (physical evidence). Physical evidence (sarana atau bukti fisik lingkungan) sangat penting untuk posisi dan memperkuat image. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah 1) Untuk mengetahui apa saja bentuk physical evidence yang dimiliki pada Sahira Butik Hotel Paledang, 2) Untuk mengetahui strategi apa saja yang diterapkan dalam membangun physical evidence pada Sahira Butik Hotel Paledang, 3) Untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan dalam pengembangan physical evidence pada Sahira Butik Hotel Paledang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Physical Evidence yang diterapkan pada Sahira Butik Hotel Paledang terdiri dari tiga faktor antara lain hiburan (entertainment), respon dan emosional (atmosphere), desain gedung dan interior (style and layout), 2) Strategi yang diterapkan Sahira Butik Hotel Paledang dalam mengembangkan physical evidence yang ada melakukan perawatan terhadap physical evidence yang ada, memanfaatkan fasilitas yang ada, dan memberikan pelayanan yang terbaik, 3) Hambatan yang dialami Sahira Butik Hotel Paledang dalam mengembangkan physical evidence yaitu upaya pemeliharaan fasilitas yang membutuhkan dana yang cukup besar, perilaku SDM, dan penggunaan jaringan WiFi yang melebihi batas pemakaian dan faktor cuaca. Keyword : bauran pemasaran jasa, physical evidence, unsur-unsur physical evidence
Strategi Promosi Melalui Media Sosial Pada Padjadjaran Suites And Convention Hotel Bogor Radini, Siti Puti; Mulyana, Mumuh; Noor, Tubagus Dicky Faldy Syahid
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 1 (2021): JABKES Edisi Agustus 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.787

Abstract

Media sosial merupakan bagian dari internet yang memiliki fungsi salah satunya sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa oleh suatu pengusaha atau perusahaan. Media sosial digunakan sebagai alat promosi karena memiliki respon secara langsung dengan penggunanya. Selain itu promosinya juga lebih murah, serta pelaksanaannya yang lebih mudah dan cepat, serta dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi apa yang dilakukan oleh Padjadjaran Suites dengan penggunaan Media Sosial sebagai media untuk promosinya. Serta keunggulan dan manfaat apa saja yang di dapat dari penerapan promosi tersebut. Mengetahui hambatan apa yang dihadapi dan bagaimana perusahaan mengatasi hambatan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Padjadjaran Suites telah mengelola Media Sosial Instagram, Facebook dan Website nya dengan baik, ketiga Media Sosial tersebut selalu update dalam memberikan informasi ataupun memposting konten promo yang menarik. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat keberhasilan promosi yang dapat terlihat terutama pada Media Instagram, banyak orang yang menunjukan ketertarikan pada kolom komentar setiap promo yang diposting atau ditawarkan pada akun Instagram Padjadjaran Suites. Kata Kunci : Promosi, Media Sosial
Prosedur Pembukaan Rekening Tabungan Pensiun Simponi Pada Pt Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Kantor Kas Suryakencana Desyanti, Reni; Pardede, Robert Pius; Andrianto, Toni
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.788

Abstract

PT Bank Negara Indonesia (Persero).Tbk merupakan salah satu bank milik pemerintah yang menghadirkan produk Tabungan Pensiun Simponi. Dimana produk tersebut dikhususkan bagi para pensiunan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan kesempatan bagi para pensiunan PT Bank Negara Indonesia (Persero).Tbk Kantor Kas Suryakencana. Segmentasi dalam Tabungan Pensiun tersebut adalah para pensiunan pegawai negeri sipil, TNI, Polri, pensiunan pegawai BUMN/BUMD/Swasta yang mendapatkan manfaat pensiun bulanan. Tujuan dalam pembahasan tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui persyaratan, prosedur, dan kendala-kendala pada saat pembukaan rekening tabungan pensiun pada PT Bank Negara Indonesia (Persero).Tbk Kantor Kas Suryakencana. Dalam hasil pembahasan tersebut dapat diketahui bahwa persyaratan dan prosedur pembukaan rekening tabungan pensiun pada PT Bank Negara Indonesia (Persero).Tbk Kantor Kas Suryakencana sudah sangat baik dan mudah dipahami, hanya saja masih ada kendala-kendala saat pembukaan rekening tabungan pensiun misalnya sistem komputer yang error dan jaringan yang tidak stabil. Hal ini tentunya harus diperhatikan dan ditingkatkan lagi kemajuan teknologinya. Misalnya, melakukan perbaharuan minimal satu bulan sekali dan meningkatkan kestabilan pada sistem dan jaringan.
Pelaksanaan Pemberian Kredit Angsuran Sistem Gadai Pada Pt. Pegadaian (Persero) Upc Mall Merdeka Bogor Triana, Elis; Silaen, Uluan; Hernusa, Hardini Lestiani
Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan Vol 1 No 2 (2021): JABKES Edisi Desember 2021
Publisher : Program Vokasi dan LPPM IBI Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jabkes.v1i1.789

Abstract

Krasida adalah pemberian Kredit dengan angsuran bulanan untuk keperluan konsumtif dan produktif dengan jaminan emas yang menjadi solusi tepat mendapatkan fasilitas kredit dengan cara cepat, mudah dan murah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan dalam pemberian kredit angsuran sistem gadai (krasida) pada PT Pegadaian UPC Mall Merdeka dengan mengetahui apa saja syarat – syarat yang harus dipersiapkan oleh calon nasabah agar bisa melakukan pengajuan kredit ini, mengetahui bagaimana mekanisme pemberian kredit angsuran sistem gadai (krasida) pegadaian, mengetahui kendala apa saja yang di hadapi pegadaian dalam pelaksanaan pemberian kredit angsuran sistem gadai (krasida) dan bagaimana solusi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan atas pemberian kredit angsuran sistem gadai (krasida) pada PT Pegadaian UPC Mall Merdeka sangat cepat, mudah, dan murah bagi nasabah dan calon nasabahnya. Keywords : krasida , pelaksanaan pemberian kredit.

Page 1 of 12 | Total Record : 113