cover
Contact Name
Said Fachry Assagaf
Contact Email
said.fachry.assagaf@unm.ac.id
Phone
+6281355595187
Journal Mail Official
said.fachry.assagaf@unm.ac.id
Editorial Address
Unit Publikasi Jurusan Matematika, Gd FG Lantai 2, FMIPA UNM
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Issues in Mathematics Education (IMED)
ISSN : -     EISSN : 26858592     DOI : https://dx.doi.org/10.35580/imed
Core Subject : Education,
Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to mathematics education are welcome.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): September" : 10 Documents clear
Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Yusrinah Thamrin; R. Rusli; B. Bernard
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.882 KB) | DOI: 10.35580/imed9495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model kooperatif tipe Example Non Example dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII  dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, keterlaksanaan, dan respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Example Non Example lebih besar dari 75 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model kooperatif tipe Example Non Example, (4) rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 88,97%, (5) rata-rata persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 94,83%, (6) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Example Non Example sebesar 3,82 (terlaksana dengan sangat baik). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Example Non Example efektif digunakan pada siswa kelas VII disalah satu sekolah di .Kata kunci: Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Model Kooperatif Tipe Example Non ExampleAbstract. This research aims to determine the effectiveness of implementing Example Non Example type of cooperative model in students’ mathematics learning of grade VII SMP by clicking refer to the three criteria of effectiveness of learning, i.e students’ learning achievement, students’ activities and responses. The data analysis technique that is used is the technique of descriptive and inferential statistical analysis. The results analysis of this research are: 1) the average percentage of students who is taught by Example Non Example type of cooperative model greater than 75 (KKM), (2) the average value of normalized gain greater than 0,3 (medium category), (3) there is a significant difference in mathematics learning achievement before and after the use of the Example Non Example type of cooperative model, (4) the average percentage of students’ activities is 88,97%, (5) the average percentage of students who gave positive responses to the implementation of learning is 94,83%, (6) The average of learning accomplishment using Example Non Example type of cooperative model is 3.82 (very well done). From these results it can be concluded that learning with Example Non Example type of cooperative model is effective to be used in students’ mathematics learning of grade VII in one of school in .Keyword: Effectiveness, Students’ Mathematics Learning Achievement, Example Non Example Type of Cooperative Model.
Deskripsi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Dimensi Tiga pada Kelas VIII N. Nurrahmah; D. Djadir; Ilham Minggi
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.504 KB) | DOI: 10.35580/imed9491

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal dimensi tiga. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, maka dipilih subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VIII  yang dikategorikan menjadi subjek KF, subjek KK, subjek KO dan subjek KP. Untuk pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek KF mengalami kesulitan fakta berkaitan dengan ketidakmapuan menginterpretasi hasil akhir yang diperoleh; (2) subjek KK mengalami kesulitan konsep berkaitan dengan ketidakmampuan mengidentifikasi contoh dan bukan contoh dari konsep dan ketidakmampuan menegaskan konsep-konsep. Ketidakmampuan mengidentifikasi terlihat dari ketidakmampuan subjek menjawab benar soal yang diberikan. Ketidakmampuan menegaskan terlihat dari keraguan subjek dalam memberikan alasan memilih dan tidak memilih gambar. Subjek KK juga mengalami kesulitan dalam membedakan bangun ruang prisma dan bangun ruang limas; (3) Subjek KO mengalami mengalami kesulitan operasi. Hal ini terlihat dari kesalahan subjek dalam melakukan operasi. Subjek KO salah dalam melakukan operasi berkaitan dengan urutan operasi dan cara menyelesaikan persamaan menggunakan pembagian; dan (4) Subjek KP megalalami kesulitan prinsip. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan subjek menentukan rumus yang sesuai dengan permasalahan yang diberikan. Subjek KP mampu menghapal rumus tapi tidak dapat menyesuaikan rumus dengan permasalahan.Kata Kunci: Kesulitan, dimensi tiga.Abstract. This research is a qualitative research, it amis to describe the students’ difficulties in solving three-dimensional problems on the flat-side material. By using purposive sampling technique, then the subjects in this research were 3 students on grade VIII, that is subject KF, subject KK, subject KO and subject KP. For data collection, the instruments used are diagnostic test and interviews. The results showed that (1) Subject KF having facts difficulty relating to the inability to interpret the final results obtained; identify examples and non-example of the concept and an inability to assert concepts, inability to further identify the subject seen from an inability to answer correctly questions provided. The inability of the subject confirms looks of doubt in giving the reasons selecting and deselecting the image. Subject KK also have difficulty in distinguishing geometrical geometrical prism and pyramid; (3) Subject KO having operating difficulty. This is evident from the subject mistake in conducting the operation. Subject KO wrong in doing operations related to the sequence of operations and how to solve equations using division; and (4) Subject KP having principle difficulty. This is evident from the inability of the subject determines the appropriate formula with the given problem. Subject KP capable of memorizing formulas but can not adjust the formula to the problem.Keywords: difficulty, three-dimensional
Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar Awi Dassa; Nurwati Djam'an; Andi Irda Iriana
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.764 KB) | DOI: 10.35580/imed9496

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya ditinjau dari gaya berpikir sekuensial abstrak, sekuensial konkret, acak abstrak dan acak konkret. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 (empat) orang siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar yang dipilih secara purposive berdasarkan perbedaan gaya berpikir. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya berpikirnya dan untuk menentukan subjek, tes tertulis dan wawancara untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang terkumpul dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah polya yakni; (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian dan (4) memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa denga tipe gaya berpikir sekuensial konkret dan acak abstrak memiliki kemampuan yang sama pada keempat langkah pemecahan masalah yakni dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan melihat kembali proses dan hasil. Sedangkan siswa dengan tipe gaya berpikir sekuensial abstrak dan acak konkret memiliki langkah pemecahan masalah yang berbeda pada masing-masing keempat tahap yang dilakukan. Kata kunci: Gaya Berpikir, Pemecahan Masalah Matematika dan Langkah PolyaAbstract. This study is a descriptive study with qualitative approach which aimed to describe the mathematical problem solving abilities by Polya step terms of abstract sequential thinking style, concrete sequential, abstract random and concrete random. The subjects in this study are 4 (four) of students grade VIII SMPN 24 Makassar selected purposively based on the different of thinking style. Data collection tool is questionnaire to classify students based on the thinking style and to determine the subject, written tests and interviews to determine the ability of students' mathematical problem solving. Data were analyzed to describe the mathematical problem solving ability of students based on Polya steps namely; (1) understanding the problem, (2) devising a plan, (3) carrying out the plan and (4) looking back. The results showed that students' of premises concrete sequential and abstract random thinking styles has the same ability on the fourth problem solving step in understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan and looking back on the process and results. While students with the type of abstract sequential thinking style and concrete random has a different problem solving steps on each of the four stages.Keyword: Thinking Styles, Mathematics Problem Solving and Polya Steps
Komparasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) Ahmad Talib; Hisyam Ihsan; Muh. Fairul
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.842 KB) | DOI: 10.35580/imed9487

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen Semu (Quasi Experiment) yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep matematika antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran  Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik untuk diterapkan di kelas VIII di salah satu Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Barru (2) Pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dalam pembelajaran matematika pada dikelas VIII di salah satu Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Barru.Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR),Reciprocal Teaching (RT), pemahaman konsep.   Abstract. The research applied quasi-experimental design involving two groups that received treatment. The objective of the research was to find out the comparison of mathematics concept understanding between students who were taught by using Auditory Intellectually Repetition (AIR) and Reciprocal Teaching (RT) Learning Method. The sample of the research consisted of two classes who were decided by cluster random sampling technique. The data were collected through the ability of students’ mathematics concept understanding instrument test and observation. The result of the research showed that 1) The learning process by using Auditory Intellectually Repetition (AIR) learning method was better to be applied in the VIII class of junior high school (SMPN) in Barru district 2) The students’ understanding of mathematics concepts that was taught by using Auditory Intellectually Repetition (AIR) was better than their understanding of mathematics concept that was taught by Reciprocal Teaching (RT) in learning Mathematics in the VIII class of junior high school (SMPN) in Barru district.Keyword: Auditory Intellectually Repetition (AIR), Reciprocal Teaching (RT), Concept Understanding.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMA Nurhakimah Mujahid; R. Ruslan; Ahmad Thalib
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.73 KB) | DOI: 10.35580/imed9492

Abstract

Kemampuan berpikir matematis, khususnya berpikir matematis tingkat tinggi (high order mathematical thinking) sangat diperlukan oleh siswa agar siswa sanggup menghadapi perubahan keadaan atau tantangan-tantangan yang ada dalam kehidupan yang selalu berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa di Sma Negeri 5 Wajo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas XII IPA 1 Sma Negeri 5 Wajo yang ditinjau dari kemampuan awal yang berjumlah 3 orang. Subjek yang diambil menggunakan tes kemampuan awal, kemudian subjek diberikan tes kemampuan berpikir kritis matematik dan diwawancarai. Data tes kemampuan berpikir kritis matematik dan wawancara setiap subjek penelitian dideskripsika. Beradasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa, Analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa ditinjau dari kemampuan awal dengan menggunakan Graded Response Model (GRM) diketahui bahwa kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah menunjukkan kemampuan berpikir krtis matematik sama yaitu pada tahap rata-rata antara 1,00 sampai -1,00 Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematik, Graded Response Model (GRM)Abstract. Mathematical thinking ability, particularly the high level of mathematical thinking (high-order mathematical thinking) badly needed by students in order to make students able to confront changes in circumstances or challenges they have in life is always developing. This study aims to describe the mathematical analysis of the critical thinking ability of students in SMA Negeri 5 Wajo.This research was qualitative with the descriptive approach. The subject in this study using a XII IPA 1 grade in SMA Negeri 5 Wajo reviewed from an initial capability that add up to 3 people. The subject is taken using the test ability early, then the subject is given a test of mathematical and critical thinking abilities were interviewed. Test data of mathematical and critical thinking abilities interview each of the subject is described.On the analysis of the data it can be concluded that the ability of critical thinking, analysis of the mathematical ability of students beginning by using Graded Response Model (GRM) noted that the ability of the initial of the high, medium and low indicating the same mathematics critical thinking ability in stages an average between 1,00 to -1,00Keyword: Mathematics Critical Thinking Ability, Graded Response Model (GRM)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Self-Confidence Siswa Kelas XI IPA A. Asdar; Ahmad Talib; Muh. Sofyan
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.53 KB) | DOI: 10.35580/imed9488

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) deksripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan pembelajaran Konvensional; (2) deskripsi rasa percaya diri atau Self-Confidence siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan pembelajaran Konvensional; (3) pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika dan self-confidence siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kalosi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kalosi. Peneliti memilih dua kelas dengan teknik random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah rata-rata nilai hasil belajar matematika dan self-confidence siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan dengan pembelajaran Konvensional. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dan self-confidence siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika dan self-confidence siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar, Self-Confidence.Abstract. The research is eksperiment hat has purpose to know: (1) Mathematics Learning Achievement description of student who is thought by using cooperative learning type group investigation dan convensional learning; (2) Mathematics Learning Self-Confidence description of student who is thought by using cooperative learning type group investigation dan convensional learning; (3) influence of cooperative learning type group investigation towards Mathematics Learning Self-Confidence and Achievement Of Students at Class XI IPA Senior High School Muhammadiyah Kalosi. Researcher choose two classes by using random sampling. The data are obtained from observation, quetionnaire, dan test result. The data is analyzed by using descriptive statistical analysis dan infrential statistical analysis. The result is analyzed by using descriptive mean of achievement value and Self-Confidence score of student by using cooperative learning type Group Investigation dan convensional learning. The result in infrential statistical analysis show that student mathematics learning self-confidence and achievement who is taught by using cooperative learning type group investigation is better than student mathematics learning achievement and self-confidence who is taught by using convensional learning.Keywords: Cooperative Learning, Group Investigation, learning Achievement, Self-Confidence.
Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pokok Pembahasan Distribusi Binomial Indah Ainun Fatwa; Usman Mulbar; B. Bernard
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.665 KB) | DOI: 10.35580/imed9493

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII MIA. Dengan mengambil subjek penelitian sebanyak 6 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan sebagai instrumen pendukung, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah, pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa dengan tingkat kemampuan tinggi dapat menentukan informasi yang terdapat pada soal dengan lengkap dan tepat, merencanakan pemecahan masalah dengan sangat baik, melaksanakan rencana pemecahan dan dapat menjelaskan langkah pemecahan masalah yang digunakan dengan hasil yang benar, serta memeriksa kembali langkah pemecahan masalah yang digunakan secara menyeluruh beserta jawabannya. (2) siswa dengan tingkat kemampuan sedang dapat menentukan informasi terdapat pada soal dengan lengkap akan tetapi kurang tepat, memiliki rencana pemecahan masalah dengan baik, menjelaskan langkah pemecahan yang digunakan dengan hasil kurang benar, dan tidak memeriksa kembali langkah pemecahan masalah yang digunakan secara menyeluruh beserta jawabannya. (3) siswa dengan tingkat kemampuan rendah dapat menentukan informasi terdapat pada soal dengan lengkap dan kurang tepat, memiliki rencana pemecahan masalah yang dapat membantunya dalam menyelesaikan masalah dengan tepat, menyelesaikan masalah dengan hasil yang kurang benar, dan tidak memeriksa kembali langkah pemecahan masalah yang digunakan secara menyeluruh beserta jawabannya.Kata Kunci: kemampuan, pemecahan masalah, distribusi binomialAbstract. This research is a descriptive research with qualitative approach aimed to describe problem solving abilities of mathematics students class XII MIA. By taking 6 students as subject. Instruments in this study are the researchers themselves as the main instrument and as a supporting instrument, namely the problem-solving skills test, interview guidelines. The results showed: (1) students with high ability level can determine the informations contained in the problem complete and precise, plan the problem-solving very well, implement the plan of problem-solving and can explain the problem-solving steps used with the correct results, and check back problem-solving steps used thoroughly and the answers. (2) students with medium ability to determine the information contained in the problem with complete but not appropriate, have a good problem-solving plan, explain the problem-solving steps used with less correct results, and don't re-examine the problem-solving steps used thoroughly and the answer. (3) students with low ability level can determine the information contained in the problem with complete and less precise, have a problem-solving plan that can help him in resolving the problem correctly, solve the problem with incorrect results, and don't re-examine the troubleshooting steps used thoroughly with the answers.Keywords: abilities, problem-solving, binomial distribution
Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationshi D. Djadir; Awi Dasa; S. Sulhijrah
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.489 KB) | DOI: 10.35580/imed9489

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui deskripsi jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten change and relationship ditinjau dari kemampuan awal yang diadapasi dari analisis kesalahan Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melibatkan subjek sebanyak 6 siswa kelas IX yang dipilih berdasarkan nilai matematika dan rekomendasi guru. Instrumen penelitian menggunakan 4 butir soal matematika berbasis PISA yang dikhususkan pada konten change and relationship dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang berkemampuan matematika tinggi melakukan jenis kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan jawaban akhir; (2) Siswa yang berkemampuan matematika sedang melakukan jenis kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan jawaban akhir; dan (3) Siswa yang berkemampuan matematika rendah melakukan jenis kesalahan yakni kesalahan pemahaman, transformasi, keterampilan proses, dan jawaban akhir.Kata Kunci: Kesalahan Newman, Soal Matematika PISA, Konten Change and Relationship.Abstract. This research was conducted to find out the description of the kind of mistakes made by students in solving mathematics problems based on PISA on Change and Relationship content in terms of the initial capability that was adapted from Newman's error analysis. This research is qualitative research with descriptive approach involves the subject as much as 6 students of class IX selected based on the value of mathematics and the recommendation of the teacher. The research instrument using 4 grains of math problems based on PISA devoted to the content change and relationship and the interview. The results of the research showed that: (1) Students with high mathematics skills are perform the type of transformation error, process skill, and encoding; (2) Students with medium mathematics skills are performing the type of transformation error, process skill, and encoding; and (3) Students with low mathematics skills are performing the type of comprehension, transformation, process skill, and encoding error.Keywords: Newman's Error, Mathematics Problem PISA, Content Change and Relationship.
Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Hamzah Upu; Baso Intang Sappaile; Hartina Akhmad
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.388 KB) | DOI: 10.35580/imed9494

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) pengaruh interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) Bagi motivasi belajar tinggi, apakah ada perbedaan hasil belajar matematika yang diajar dengan CRH dan NHT , (3) Bagi motivasi belajar rendah, apakah ada perbedaan hasil belajar matematika yang diajar dengan CRH dan NHT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMPN 1 Pallangga dan SMPN 3 Sungguminasa tahun ajaran 2017-2018. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas dalam  setiap sekolah. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan cluster double random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar, (2) Bagi motivasi belajar tinggi, ada perbedaan hasil belajar matematika yang diajar CRH dan NHT (81,66 > 72,22), (3) Bagi motivasi belajar rendah, ada perbedaan hasil belajar matematika yang diajar CRH dan NHT (78,88 > 74,44).Kata kunci: Course Review Horay, Numbered Head Together, Motivasi, Hasil BelajarAbstract. The purposes of the research were to describe and analysis of : (1) influence of learning interaction with learning motivation to mathematics learning achievement, (2) For high learning motivation, is there any differents mathematics learning achievement with uses CRH and NHT, (3) For low learning motivation, is there any differents mathematics learning achievement with uses CRH and NHT. The design of the research, was Quasi Experimental. The population in this research are all of VIII in the even semester of SMPN 1 Pallangga and SMPN 3 Sungguminasa academic year 2017-2018. The sampling of this research are one class in every schools. The samples of this research is cluster double random sampling. The method of collect the data used questionnaire, observation and test. The technique of data analysis used is the technique descriptive and inferential statistical analysis. The results analysis of this research are: (1) no influence of learning interaction with learning motivation to mathematics learning achievement, (2) For high learning motivation, there are differents mathematics learning achievement with uses CRH and NHT (81,66 > 72,22), (3) For low learning motivation, there are differents mathematics learning achievement with uses CRH and NHT (78,88 > 74,44).Keyword: Course Review Horay, Numbered Head Together, Motivation, Learning Achievement.
Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan ICARE dalam Pembelajaran Matematika Muhammad Darwis; A. Asdar; K. Kurniati
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.207 KB) | DOI: 10.35580/imed9490

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan model Discovery Learning dengan pendekatan ICARE dalam pembelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri di Sungguminasa. Efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini diukur berdasarkan capaian hasil belajar, aktivitas siswa selama pembelajaran, dan respons siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random  sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) Skor hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan mencapai skor kriteria ketuntasan minimal 70 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,16. (2) Tingkat ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. (3) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik.. (4) Aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik. (5) Respons siswa berada pada kategori cenderung positif..Kata Kunci: Efektivitas, Discovery Learning, ICARE.Abstract. The purposes of the research were to investigate the effectiveness of the application of discovery learning model with ICARE approach in mathematics learning of grade VII SMP Negeri di Sungguminasa. The effectiveness of learning can be measured based on the results of students’ learning achievement, students’ activity, and students’ responses after the implementation of learning. The design of the research, was Pre-Experiment. The population in this research are all of grade VII students of SMP Negeri 1 Sungguminasa. The samples of this research are one class. The sampling of this research is cluster random sampling. The method of collect the data used questionnaire, observation and test. The technique of data analysis used is the technique descriptive and inferential statistical analysis. The results analysis of this research are: 1) The scores of students’ learning achievement there was a significant increase and passing the Minimum Completeness Criteria on score 70 with the mean score of students’ learning achievement is 74,16. (2) Students’ classical completeness is 87,5%. (3) The implementation of learning are in the category carried out very well.  (4) The students’ activities are on very good category (5) The students’ responses are tend to be positive category.Keywords: Effectiveness, Discovery Learning, ICARE .

Page 1 of 1 | Total Record : 10