cover
Contact Name
Akmal Riza
Contact Email
akmalriza@ar-raniry.ac.id
Phone
+6285260050048
Journal Mail Official
jimebis@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
​Editorial Office : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2nd Floor Jln. Syech Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JIMEBIS
ISSN : 2746489X     EISSN : 27745864     DOI : -
JIMEBIS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam is a Scientific Journal of Islamic Economics and Business dedicated for students’ article co-authored with lecturers. The articles published in this journal is based on scientific research done during the study and discuss Islamic economics and business issues including Islamic banking and finance, fintech, and Islamic philanthropy. JIMEBIS will be published periodically for 6 (six) months on May and September each year.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020)" : 6 Documents clear
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KONSUMEN TOKO RATU TEXTILE BANDA ACEH) Mutiara Kinanti; Hafidhah H; Aida Rina
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.794 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i2.127

Abstract

Penelitian ini dilakukan di toko Ratu Textile pada konsumen yang pernah melakukan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Konsumen Toko Ratu Textile Banda Aceh”. Variabel yang diambil pada penelitian ini adalah periklanan, promosi penjualan dan penjualan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 125 responden yaitu seluruh pelanggan toko Ratu Textile di Banda Aceh. Data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 56,228 > 2,68. Periklanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung < Ttabel 1,902 < 1,979. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung > Ttabel 3,098 > 1,979. Penjualan pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung > Ttabel 6,307 > 1,979.
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH BNI SYARIAH BANDA ACEH Husna Dwi Fahira; Hafas Furqani; Evriyenni E
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.898 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i2.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas nasabah. Objek penelitian ini dilakukan pada nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh, sedangkan yang menjadi responden penelitian adalah nasabah BNIS dengan jumlah 50 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer yaitu kuesioner dan sumber data sekunder yaitu artikel-artikel terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, metode analisis data menggunakan model regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Relationship Management dengan menggunakan indikator continuity marketing, one to one marketing, dan partnering programme berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank BNI Syariah KC Banda Aceh.
PENGARUH INFLASI, BOPO DAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA Imam Haramain; Teuku Syifa Fadrizha Nanda; Ismuadi I
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.295 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i2.130

Abstract

Profitabilitas merupakan indikator yang paling tepat untuk mengukur kinerja suatu bank. Profitabilitas yang baik dibutuhkan Bank Syariah guna keberlangsungan bisnisnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh inflasi, BOPO dan pembiayaan mudharabah terhadap Return On Aset (ROA) pada Bank Syariah di Indonesia periode 2015-2019. Data di peroleh dari publikasi data inflasi oleh Bank Indonesia melalui website BI dan laporan Statistik Perbankan Syariah melalui website OJK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan variabel yang digunakan Inflasi, BOPO, Pembiayaan Mudharabah dan Profitabilitas (ROA). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program spss versi 25. Hasil penelitian secara parsial dengan uji-t menunjukkan bahwa variabel inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sedangkan BOPO dan Pembiayaan Mudharabah berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan dengan uji-f menunjukkan bahwa variabel inflasi, BOPO dan Pembiayaan Mudharabah berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA).
PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO RIYADH STORE DI BANDA ACEH Thursina Thursina; Zaki Fuad; Hafidhah Hafidhah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.391 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i2.132

Abstract

Etika bisnis Islam dapat digunakan sebagai salah satu dimensi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh etika bisnis Islam yang diterapkan oleh toko Riyadh Store terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang diambil pada penelitian ini adalah keadilan, kejujuran dan kepercayaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 100 responden yaitu seluruh pelanggan toko Riyadh Store di Banda Aceh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan langsung daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadilan, kejujuran dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara parsial hanya variabel kejujuran dan kepercayaan yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel keadilan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DALAM UPAYA PENCEGAHAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PT. BPRS HIKMAH WAKILAH BANDA ACEH Sarah Nadia; Nevi Hasnita; Isnaliana I
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.023 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i2.133

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor terjadinya pembiayaan bermasalah serta penerapan manajemen risiko dalam upaya pencegahan terjadinya pembiayaan bermasalah pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor terjadinya pembiayaan bermasalah terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Adapun penerapan manajemen risiko yang digunakan yaitu identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko dan pengendalian risiko. Keempat proses manajemen risiko di atas mencakup analisis 5C, kelengkapan dokumen, serta monitoring rutin dengan melakukan kunjungan harian. Dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh menggunakan pendekatan persuasive dengan melakukan musyawarah yang kemudian diterapkan penjadwalan kembali (reschedulling), persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring), hingga eksekusi jaminan. Penerapan manajemen risiko yang digunakan sudah berjalan dengan efektif dalam meminimalisasi risiko pembiayaan bermasalah. Hal ini di buktikan dengan penurunan tingkat Non Performing Financing (NPF).
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ASURANSI JIWA MENGGUNAKAN METODE SWOT (STUDI PADA PT.TAKAFUL KELUARGA CABANG BANDA ACEH) Tasya Nazila; Muhammad Arifin; Dara Amanatillah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.818 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i2.134

Abstract

Produk asuransi jiwa merupakan produk yang mendominasi pada perusahaan asuransi PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh berdasarkan peningkatan nasabah pada setiap tahunnya, akan tetapi pada empat tahun terakhir terjadinya penurunan pertambahan jumlah nasabah dari tahun sebelumnya, sehingga diperlukan strategi pemasaran seperti analisis SWOT untuk meningkatkan kembali nasabah pada produk asuransi jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT dalam strategi pemasaran pembiayaan produk asuransi jiwa pada PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk asuransi jiwa pada PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Berdasarkan hasil analisis SWOT diketahui bahwa nilai skor IFAS adalah 2,39 dan nilai skor EFAS adalah 2,95. Artinya PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh dapat memanfaatkan peluang dan ancaman yang ada untuk meningkatkan pertumbuhan dan kemajuan secara maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6