cover
Contact Name
Stralen Pratasik
Contact Email
stralente@unima.ac.id
Phone
+628114354343
Journal Mail Official
edutik@unima.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus Unima, Tonsaru, Tondano Sel., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 2798141X     EISSN : 2798141X     DOI : -
Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan bidang Teknik Informatika dengan ruang lingkup Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Jaringan dan Keamanan Komputer, Sistem Pendukung Keputusan, Pendidikan TIK, E-Learning, E-Government dan Aplikasi Mobile.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023" : 15 Documents clear
Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Gudang Berbasis Web di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado Aldy Batunan; Daniel Riano Kaparang; Alfrina Mewengkang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.6895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi gudang berbasis web di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado dengan menggunakan metode Rapid Application Development dan framework CodeIgniter. Metode Rapid Application Development digunakan untuk mempercepat proses pengembangan sistem dengan menggabungkan perencanaan, analisis, desain, dan pengujian dalam satu siklus iterasi. Framework CodeIgniter dipilih untuk memudahkan proses pengembangan dengan menyediakan fitur-fitur yang lengkap dan dapat diandalkan. Sistem informasi gudang yang dirancang akan memudahkan pengelolaan inventaris barang di gudang, pengelolaan stok barang, dan pengaturan permintaan barang dari departemen Fakultas Teknik. Dalam tahap pengujian, dilakukan pengujian fungsionalitas dan pengujian kinerja sistem untuk menjamin keamanan dan kehandalan sistem. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi gudang berbasis web yang dikembangkan dengan metode Rapid Application Development dan menggunakan framework CodeIgniter 3, dapat membantu pengelolaan gudang dan persediaan barang di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado menjadi lebih efisien dan efektif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi institusi lain dalam pengembangan sistem informasi gudang yang serupa.
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Likupang Maureen Pamela Ester Kalalo; Verry Ronny Palilingan; Djafar Wonggo
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.6898

Abstract

Pendidikan memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat karena beberapa alasan, antara lain karena kemampuannya mengangkat martabat dan kualitas hidup bangsa. Ukuran kemajuan pendidikan dalam kemajuan belajar mengajar di sekolah adalah pencapaian hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran. Siswa mungkin dapat mencapai tujuan mereka dengan memilih model pembelajaran PBL. Proses kegiatan dapat dibuat lebih efisien dengan pendekatan yang tepat. Dengan secara efektif mengambil bagian dalam pengalaman pertumbuhan yang lebih realistik dan mampu menghasilkan sesuatu, diharapkan model pembelajaran ini mampu melatih dan mengonstruksi kemampuan siswa. Peningkatan hasil belajar siswa merupakan tujuan dari model PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati apakah siswa kelas XI TKJ Likupang dapat memperoleh nilai yang lebih baik pada kelas Administrasi Sistem jaringan dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ Likupang. Siswa Administrasi Sistem Jaringan kelas XI di TKJ Likupang dapat melihat peningkatan hasil belajar jika model berbasis masalah ini digunakan.
Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer di SMK Kristen 3 Tomohon Ricardo Sandy Aalung; Alfrina Mewengkang; Arje Cerullo Djamen
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.6900

Abstract

Perkembangan teknologi jaringan komputer saat ini sudah semakin pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan layanan yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan komputer adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang jaringan komputer di SMK Kristen 3 Tomohon. Model penelitian menggunakan Network Development Life Cycle (NDLC) dengan enam tahapan yaitu analysis, desain, simulation prototype, implementation, monitoring dan management. Namun yang dilaksanakan hanya tahap pertama sampai dengan ketiga. Setelah dikembangkan melewati beberapa tahapan, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan analisis dan perancangan desain jaringan ini, SMK Kristen 3 Tomohon telah memiliki 2 model perancangan untuk digunakan secara langsung serta perancangan ini di sertai estimasi biaya pengadaan alat, bahan dan pengerjaan jaringan komputer tersebut.
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Fajar Moyongkota Tria Wahyuni Suangi; Djafar Wonggo; Charnila Desria Heydemans
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.6906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis desktop sesuai kebutuhan untuk digunakan pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Fajar Moyongkota. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah MDLC versi Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahapan yaitu concept, design, material collection, assembly, testing, dan distribution. Pengujian multimedia pembelajaran interaktif ini dilakukan menggunakan standar ISO 25010 yang meliputi pengujian aspek materi, aspek media terdiri dari functional suitability, compatibility dan usability. Hasil pengujian didapatkan bahwa seluruh aspek telah memenuhi standar kualitas materi dan kualitas media dengan persentase sangat layak. Dari hasil yang didapat peneliti mengambil kesimpulan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Fajar Moyongkota yang dibuat menggunakan adobe flash CS6 dengan Action Script 2.0 berbasis dekstop telah layak dan sesuai untuk digunakan guna menunjang proses pembelajaran.
Hubungan Antara Pemanfaatan Internet, Motivasi dan Prestasi Belajar, Siswa SMK Kristen Kawangkoan Armando Sumera; Hiskia Kamang Manggopa; Jimmy Waworuntu
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.6907

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan internet, motivasi dan prestasi belajar siswa SMK Kristen Kawangkoan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan metode korelasional. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25, dengan ukuran sampel sebanyak 49 orang siswa. Terdapat tiga instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data, yaitu instrumen penelitian pemanfaatan internet dan instrumen penelitian motivasi belajar yang berupa angket serta instrumen penelitian prestasi belajar yang berbentuk hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan positif antara pemanfaatan internet, motivasi dan prestasi belajar. Hasil uji F ditemukan bahwa > (46,17064 > 3,20) maka Ho ditolak sehingga kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara pemanfaatan internet, motivasi dan pretasi belajar.
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Uang Kuliah Tunggal Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di Universitas Negeri Manado Jesa Wirananta Brahmana; Alfrina Mewengkang; Daniel Riano Kaparang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.6943

Abstract

Sains dan teknologi saat ini berkembang pesat, sebanding dengan masalah manusia yang semakin kompleks. kemampuan manusia untuk berpikir dan mengingat terbatas. sehingga itu diperlukan suatu alat atau sistem yang dapat membantu proses kerja yang dilakukan oleh manusia, seperti komputer alat untuk membantu proses kerja yang dilakukan oleh manusia. Beberapa proses kerja yang sebelumnya dilakukan secara manual oleh manusia dapat dilakukan secara otomatis oleh komputer. Komputer telah digunakan di beberapa bidang kehidupan, salah satunya adalah di bidang pemberdayaan sumber daya manusia. Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor penentu keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya, termasuk lembaga pemerintah dan aparaturnya. memudahkan akses penyajian data. Penelitian ini dilakukan untuk membuat metode perhitungan yang mudah dalam pengambilan keputusan yang dapat membantu menentukan uang kuliah tunggal mahasiswa baru menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP adalah salah satu metode yang digunakan untuk penyelesaian sistem pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan kriteria, sub kriteria dan bobot nilai. Penelitian ini bertujuan untuk membangun perhitungan untuk mendukung keputusan dalam menentukan uang kuliah tunggal mahasiswa baru di Universitas Negeri Manado. Sementara manfaat yang diharapkan adalah untuk memudahkan Universitas dalam menentukan UKT mahasiswa baru. Tempat penelitian ini berlokasi di Universitas Negeri Manado. Waktu penelitian ini dimulai pada bulan November 2021 sampai dengan Februari 2022.
Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Grafis Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru Ailen Kowaas; Audy Aldrin Kenap; Olivia Eunike Selvie Liando
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.6944

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya, pada siklus-1 rata-rata presentase yang didapatkan berjumlah 68,44%. Presentase tersebut meningkat pada siklus-II yaitu sebesar 79,65%. Pada hasil ketuntasan belajar peserta didik dibagi menjadi dua yaitu, pada siklus-1 berjumlah 41,38% dan pada siklus-II meningkat menjadi 82,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran projct based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru.
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Amurang Kenny Geraldo Tatahue; Mario Tulenan Parinsi; Alfrina Mewengkang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.6946

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dasar desain grafis dan mengetahui tingkat kelayakan dari multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan prosedur ADDIE. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan berhasil dikembangkannya media pembelajaran interaktif. Tingkat kelayakan dari multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan menunjukan hasil sangat layak dari ahli media dengan presentase 91% dan ahli materi memberi hasil 88% dengan kategori sangat layak. Sehingga media pembelajaran ini sudah dapat digunakan untuk proses belajar mengajar.
Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Modoinding Leyri Sevrandy Nayoan; Verry Ronny Palilingan; Alfrina Mewengkang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.6998

Abstract

Penelitian ini tentang mengetahui Efektifitas pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa TKJ di SMK Negeri 1 Modoinding. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Adapun langkah-langkah yaitu, Rencana, Tindakan, Observasi, Refleksi dengan model Rancangan penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini melakukan teknik pengumpulan data dengan Observasi dan dokumentasi dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Niany Jenifer Sasoeng; Djafar Wonggo; Olivia Eunike Selvie Liando
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i2.7000

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bitung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 8 kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bitung yang terdiri dari 32 orang siswa. Data yang di ambil dalam penelitian in mencakup data tentang hasil belajar siswa dari ranah pengetahuan (kognitif) dan hasil belajar siswa dari ranah psikomotorik (keterampilan). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbsis masalah dapat meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bitung. Dapat dibuktikan dengan adannya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar pengetahuan siswa sebesar 72%, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar pengetahuan siswa meningkat menjadi 94%. Kemudian untuk siklus I persentase ketuntasan hasil belajar keterampilan siswa yaitu sebesar 75%, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar keterampilan siswa meningkat menjadi 100%. Bedasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bitung.

Page 1 of 2 | Total Record : 15