cover
Contact Name
Edi Sutoyo
Contact Email
redaksi@janitra.org
Phone
+6281381694837
Journal Mail Official
redaksi@janitra.org
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
ISSN : -     EISSN : 27759490     DOI : https://doi.org/10.25008/janitra
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi (e-ISSN: 2775-9490) is a peer-reviewed national journal that aims to bring together research work in the area of information and communication technology, information system, multimedia system, and computational intelligence, including theories, methods, tools, technologies, applications, and so on. The Journal stresses on academic excellence, research rigidity, knowledge distribution, and reciprocated scholarly efforts in order to endorse theoretical, experimental, and practical research. The Journal is published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The journal publishes only articles related to the use of informatics and information systems that broadly covers the following topics, but are not limited to: Artificial intelligence Autonomous reasoning Bio-inspired algorithms Bio-informatics Cloud computing Data science Data mining Data visualization Decision support systems Deep learning Evolutionary computation Fuzzy logic Human-Computer Interaction Hybrid intelligent systems, Adaptation and Learning Systems IoT and smart environments Knowledge mining Machine learning Neural networks Pattern recognition Soft computing Prediction systems Signal and image processing System modeling and optimization Time series prediction Web intelligence
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi" : 5 Documents clear
Implementasi Framework Laravel dalam Sistem Reservasi pada Restoran Cindelaras Kota Medan Geubrina Rizka Utami Sinaga; Samsudin Samsudin
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1680.795 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i2.131

Abstract

Restoran merupakan salah satu jenis usaha pangan dilengkapi dengan penyajian dan penjualan makanan dan minuman. Reservasi merupakan aktifitas memesan tempat atau barang, reservasi dan restoran sering dikaitkan karena pemesanan tempat dan menu mempermudah pelanggan restoran sehingga pilihan reservasi menjadi pilihan yang tepat untuk pelanggan yang ingin memesan terlebih dahulu dan akan datang setelahnya. Restoran Ayam Penyet Cindelaras merupakan salah satu restoran yang populer bagi masyarakat jika ingin melakukan reservasi, masyarakat atau pelanggan yang melakukan reservasi pada restoran cindelaras masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mendatangi restoran. Hal ini masih belum efektif dan efisien mengingat tidak semua pelanggan yang melakukan reservasi dapat meluangkan waktu untuk sekedar datang melakukan reservasi. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah sistem informasi pemesanan yang mampu mewujudkan reservasi yang efektif dan efisien, penerapan sistem ini menggunakan pengembangan Waterfall dan menggunakan tools UML dibangun dengan bahasa pemograman PHP serta MySQL sebagai database server dan Laravel sebagai frameworknya. Sistem Informasi Layanan Pemesanan ini menyajikan cara reservasi tempat dan menu yang ada pada restoran dan cara pembayaran melalui money transfer / m-banking.
Implementasi K-Means Untuk Pengelompokan Status Gizi Balita (Studi Kasus Banjar Titih) Ni Komang Sri Julyantari; I Komang Budiarta; Ni Made Dewi Kansa Putri
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.686 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i2.134

Abstract

Gizi pada balita dipengaruhi oleh faktor sosioekonomi dan latar belakang sosial budaya yang berhubungan dengan pola makan dan nutrisi. Nutrisi yang tidak adekuat dalam lima tahun pertama kehidupan berakibat pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan otak yang bersifat irreversible. Ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi adalah status gizi. Status gizi balita mencerminkan tingkat perkembangan dan kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara serta berhubungan dengan status kesehatan anak di masa depan. Pencatatan status gizi pada Banjar Titih telah dilakukan setiap bulan oleh petugas dengan mencatat status gizi secara langsung dengan metode antropometri yakni mencatat berat badan dan umur balita pada KMS (Kartu Menuju Sehat). Selain itu ada faktor lain yang mempengaruhi status gizi balita yaitu konsumsi makanan dari balita serta pengaruh faktor ekologi dari tempat tinggal orang tua yang belum tercatat oleh petugas. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan tersebut maka diusulkan sebuah analisa dalam pengelompokan status gizi yang ada pada Banjar Titih menggunakan metode K-Means. K-Means merupakan salah satu metode clustering/pengelompokan non hirarki. Teknik pengelompokkan datanya sederhana dan cepat. Sehingga dengan menggunakan metode K-Means dapat memberikan informasi kelompok cluster status gizi balita pada Banjar Titih.
Rancang Bangun Sistem Informasi Mixing dan Formula Cat (Studi Kasus: CV. Aneka Warna) Soetam Wicaksono; Yosua Chandra
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1162.586 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i2.135

Abstract

Aneka Warna merupakan usaha toko cat ritel yang berkantor pusat di Jl. Raya Panglima Sudirman No.7, Kota Probolinggo, CV Aneka Warna melayani penjualan cat mobil untuk proses pengecatan ulang atau sebagian. Dalam proses penjualan cat terdapat tahap pencampuran dari berbagai cat warna dasar dengan komposisi tertentu menjadi warna cat yang sesuai dengan permintaan pelanggan. CV. Aneka Warna mempunyai 3 kantor cabang yaitu di Genteng, Lumajang, dan Banyuwangi. Banyaknya jumlah cabang menyebabkan proses integrasi data menjadi lambat dan susah untuk kondisi sekarang yang menggunakan Microsoft Excel dan layanan Google Drive serta pemilik tidak dapat melihat laporan penjualan, pembelian, dan persediaan secara terbaru dikarenakan laporan baru diperbarui pada jam tutup kantor. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi untuk mengotomatiskan dan mengintegrasikan proses bisnis. Metode pengembangan sistem informasi menggunakan three major phases. Sistem informasi yang dibangun berbasis website untuk manajemen master data, transaksi pembelian, penjualan, persediaan, formula cat, mixing, serta pelaporan. Hasil penelitian berupa implementasi perbaikan proses bisnis secara tersistem pada bagian pembelian, persediaan, penjualan dan pencatatan formula pada CV. Aneka Warna. Dengan mengembangkan sistem informasi proses bisnis operasional CV. Aneka Warna dapat berjalan lebih efektif dan efisien serta data antar cabang menjadi terintegrasi.
Analisis Kualitas Layanan Website Universitas Udayana Menggunakan Metode WebQual 4.0 Modifikasi Haris Sutrisno; Dwi Putra Githa; Anak Agung Ngurah Hary Susila
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.135 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i2.137

Abstract

Universitas Udayana adalah universitas yang memanfaatkan website dalam penyampaian informasi. Berdasarkan penelitian sebelumnya dengan studi kasus website Universitas Udayana yang sudah dilakukan belum membahas mengenai kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan website sehingga diperlukan sebuah analisis dengan Metode WebQual 4.0 Modifikasi dan penambahan variabel user interface quality. Metode WebQual 4.0 Modifikasi berfokus pada variabel usability quality, information quality, interaction quality dan interface quality. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanana website terhadap kepuasan pengguna serta memberikan rekomendasi perbaikan website terhadap Universitas Udayana. Secara keseluruhan variabel usability quality, information quality, interaction quality, interface quality memiliki pengaruh  positif  terhadap  kepuasan pengguna,   ditunjukkan   dari   hasil uji t usability quality 0.044 information quality 0.048 interaction quality 0.047 dan interface quality 0.044 lebih kecil dari nilai signifikasni = 0,05 dan rekomendasi diberikan kepada pengelola dengan indikator-indikator presentase kualitas layanan rendah guna untuk meningkatkan kepuasan pengguna.
Pengukuran Sistem Informasi Menggunakan Metode Function Point Analysis (Studi Kasus: Software FrontAccounting) Natasha Christita Setiyono; Bisma Nanda Satria; Soetam Rizky Wicaksono
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/janitra.v1i2.139

Abstract

Abstrak: FrontAccounting merupakan software sistem akuntansi berbasis web-multi lokasi, multi-pengguna, multi-bahasa, multi-mata uang, dan manajemen stok yang bersifat open-source yang dikembangkan oleh tim internasional, senior software developer Joe Hunt dari Swedia dan Janusz Dobrowolski yang berada di Polandia, sementara yang lainnya berasal dari AS, Kanada, Mesir, Dubai, India, Australia, dan tempat lainnya. Open-source software yang memilki fitur yang mirip serta platform yang sama dengan FrontAccounting adalah SQL-Ledger, berlisensi gratis dibawah GNU General Public. Dari hasil analisis kelengkapan fitur yang mendukung fungsional proses bisnis penjualan dan distribusi di Mini Market 7 Putra, diperoleh hasil bahwa software akuntansi yang paling cocok untuk digunakan adalah FrontAccounting Selain itu pada perusahaan startup pertanian di India, Farm Basket, FrontAccounting sukses diadopsi sebagai sistem informasi digital yang membantu manajemen bisnis yang efektif. Mulai dari penjualan dan pemantauan kegiatan pembelian, manajemen keuangan hingga pengelolaan hubungan pelanggan dari berbagai unit operasional yang terintegrasi ke dalam satu sistem. Dalam penelitian ini, akan dilakukan pengukuran terhadap software FrontAccounting dengan menggunakan metode Function Point Analysis (FPA). Hasil perhitungan yang akan didapatkan dari penerapan metode FPA dapat digunakan untuk mengembangkan software tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 5