cover
Contact Name
Muhammad Fanshoby
Contact Email
fanshoby@uinjkt.ac.id
Phone
+6285883280950
Journal Mail Official
interaksi.jurnalkpiuinjkt@ac.id
Editorial Address
Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tangerang Selatan Banten 15412
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Interaksi Peradaban: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
ISSN : 28097645     EISSN : 28097653     DOI : https://doi.org/10.15408/interaksi
Jurnal Interaksi Peradaban: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam terbit dua kali dalam setahun yaitu pada Januari-Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Bidang kajian yang dapat dimuat dalam jurnal ini antara lain: 1. Public Speaking; 2. Broadcasting; 3. Media and Gender Studies; 4. Media Cetak, Radio, Televisi (TV) atau Film; 5. New Media; 6. Integration of Da’wah and Communication Sciences; dan 7. Integration of Intercultural Communication and Da’wah Tsaqafah.
Articles 31 Documents
Pelanggaran UU ITE pada Media Sosial dalam Etika Komunikasi Massa Selviana Teras Widy Rahayu; Ruisah Ruisah Ruisah
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.81 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i1.20885

Abstract

Sosialisasi UU ITE terus dijalankan dan belajar mengenal indikasi pelanggarannya. Etika komunikasi massa  seperti apa yang belum  diterapkan pada media sosial? Artikel ini bertujuan untuk menganalisis indikasi hambatan atau pelanggaran UU ITE dalam etika komunikasi massa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Tiga teks  dari sumber teks di media digital. Ditemukan tiga pelanggaran UU ITE pasal 28: 1)tampilan grafik dan penyalahgunaan makna grafik, 2) struktur Bahasa membingungkan, dan 3) salah persepsi karena latarbelakang budaya.
Radio Komersil Dakta 107 FM Bertahan melalui Strategi Dakwah Nur Baeti; Armawati Arbi
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.802 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i1.21122

Abstract

Interaction between pendakwah and listeners in on air program in stage 5  Media internal dan media external stage 6 negociated  to make modification and change  format radio to strive for life through strategic dakwah in off air program although identity of radio Dakta was not dakwah radio.This articlewill answer strategy 1)how  Dakta radio framed symbolic reality  on air? And how  Dakta radio modified or change its identity to state objective reality in Bekasi City in post-production? The  mass media social construction on social reality Burhan Bungin theory. The research  uses qualitative approach with constructivism paradigm. Asmuni Syukir, five principles can streght strategic dakwah It found 1.in frame simbolic reality on air program in stages 5: a)various pendakwah from different ideology/mahzab for uniting Muslim listeners,b) competency of pendakwah by using back to alQuran and Hadits,not Mahzab, c) motivating of listeners 25-50 years old, d) leading and teasing listeners in on air program and off air program in state objective reality  a) by using new media,radio streaming,and various events in off air program.and b) its identity have Islamic nuance, c) it has changes five times of format;
Radio Sebagai Media Dakwah (Studi Terhadap Program Keagamaan di Radio Suara Banjarnegara) Umul Faidah
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.282 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i2.23903

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pada penelitian ini membahas mengenai media dakwah yaitu radio pada program keagamaan yang ada di Radio Suara Banjarnegara. Dimana pada penelitian ini menghasilkan mengenai kebijakan dari tim redaksi radio Suara Banajrnegara, dan mengenai pengelolaan disetiap program keagamaan di Radio Suara Banjarnegara. Dengan hasil bahwa pengelolaan program keagamaan di Radio Suara Banjarnegara diproduksi melalui tahap pra produksi dan produksi. Serta diproduksi melalui du acara yaitu record dan onair atau siaran langsung
Makna Mantra pada Komunikasi Spiritual Pemimpin Agama dengan Tuhannya: Kremasi Tradisional Bali di Desa Werdhi Agung, Kecamatan Bolaang, Mongondow Selatan Santje Iroth; Darsita Suparno
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.366 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i1.21256

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan komunikasi Spiritual pembaca Mantra dengan Tuhannya. Ngaben Tradisional Bali adalah interaksi pemimpin agama Hindu kepada Tuhannya melalui mantra. Permasalahan penelitian ini terungkap bahwa  orang yang telah meninggal dunia harus tetap dibimbing oleh Atma (Roh) untuk mencapai Moksa (Surga); 2) Prosesi Ngaben yang dilakukan tidak boleh asal-asalan karena sudah ada tahapan yang harus dilalui; 3) Mantra-mantra yang dibacakan dalam setiap tahap Kremasi bukan sekedar kata-kata kosong yang tidak memiliki makna tetapi semua Mantra yang diucapkan masing-masing memiliki makna Spiritualnya sendiri. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data penelitian adalah dua Tokoh Agama yang memimpin Prosesi Kremasi dari Desa Werdhi Agung, Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow. Untuk mengumpulkan data dengan metode observasi dan wawancara mendalam. Ditemukan bahwa 1) pemimpin agama melakukan kreamasi  setiap tahap melalui Mantra,ia dapat mandat dari pemerintah. 2) semua makna dalam mantra yang diucapkan dalam prosesi kremasi, lebih menekankan pengampunan, diawali pesan keluarga, dan hidup kembali menjadi manusia lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan pesan keluarga disampaikan oleh pemimpin keluarga kepada ruh Mayat disebut komunikasi transedental.
STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE JNE TANGERANG DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN (Studi Kasus Kehilangan Barang Periode Desember 2019) Delima, Isniyunisyafna Diah; Hafsah, Nurul Aini
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.844 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i2.23890

Abstract

PT Jala Niaga Elok (JNE) Tangerang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekpedisi pengiriman barang, perusahaan yang sering berhubungan langsung dengan pelanggan tentunya perlu adanya perhatian khusus dibagian pelayanan melalui customer service untuk menampung keluhan dan permasalahan pada pelanggan. Untuk itu dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat dan sesuai agar dapat terjalinnya komunikasi yang efektif. Dalam menganalisis masalah peneliti menggunakan teori dan landasan konseptual tentang tahapan-tahapan strategi komunikasi untuk mengetahui lebih mendalam penerapan strategi komunikasi dalam menangani keluhan pelanggan di customer service JNE Tangerang. Teori yang digunakan yaitu model komunikasi Laswell yaitu  who (siapa), say what (mengatakan apa), in which channel (saluran komunikasi), to whom (kepada siapa), with what effect (dengan akibat apa?) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi customer service JNE Tangerang dalam menangani keluhan pelanggan yaitu menyusun perumusan strategi dari pemilihan komunikator, implementasi strategi yang dilakukan setiap divisi serta pemilihan penggunaan media dan saluran komunikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dijalankan oleh customer service JNE Tangerang dalam menangani keluhan pelanggan yaitu menyusun pesan atau informasi sesuai kebutuhan yang mengutamakan skill komunikasi dari pengetahuan, kemampuan dan sikap. Memilih media dan saluran komunikasi yang tepat dan sesuai untuk komunikasi lebih efektif dan efesien. Serta mengacu pada SOP (Standar Operating Procedure) yang telah dibuat oleh perusahaan.
Analisis Framing Rencana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Dalam Video “Dilema Ibu Kota Baru: Selamatkan Jakarta, Korbankan Kalimantan?” Pada Channel Youtube Bbc News Indonesia Lina Wati; Sella Yuningsih
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2189.593 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i2.21322

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Framing Rencana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Dalam Video “Dilema Ibu Kota Baru: Selamatkan Jakarta, Korbankan Kalimantan?” Pada Channel Youtube BBC News Indonesia. Penelitian ini untuk melihat bagaiaman BBC News Indonesia memframing pemberitaan melalui video dengan tema pemindahan ibu kota baru. Teori Konstruksi Realitas Sosial dan Analisis Framing dalam mengupas framing BBC News Indoensia. Objek penelitian adalah Video “Dilema Ibu Kota Baru: Selamatkan Jakarta, Korbankan Kalimantan?” Pada Channel Youtube BBC News Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode analisis framing oleh Zhongdang Pan dan M. Kosicki. Metode analisis Pan dan Kosicki terdiri dari struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi video yang dimuat oleh BBC News Indonesia dapat dilihat dari dua perspektif. Pertama, pemindahan ibu kota ke Kalimantan dilakukan karena Jakarta dianggap sudah tidak layak menjadi ibu kota Indonesia. Kedua, pemindahan ibu kota ke Kalimantan berdampak besar bagi warga adat dan hutan Kalimantan.
PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN DOSEN DAN MAHASISWA KPI TERHADAP DISINFORMASI DI MEDIA MASSA Fita Fathurokhmah
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.384 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i1.21118

Abstract

Hoax dan Fakes News termasuk disinformasi. Sebagian dosen memahami disinformasi dan sebagian kurang memahami disinformasi di Media Massa. Bagaimana menghadapi krisis ini? Apalagi sebagian mahasiswa KPI kurang tahu dan kurang bisa membedakan antara informasi bohong, Hoax, berita palsu atau Fake News dan disinformasi. Dosen dan mahasiswa sebagai pembaca virtual sebaiknya bisa membedakan Fake News dan Hoax dan mengetahui penyebaranjauh lebih cepat daripada berita yang akurat dan cover both sides. Pertanyaan penelitian; 1) Bagaimana dosen KPI dan mahasiswa KPI FIDIKOM UIN Jakarta memahami, menyikapi, dan menghadapi Disinformasi sebagai pembaca media massa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Paradigma konstruktivisme mendalami pemahaman, sikap, dan tindakan pembaca media massa ketika mereka menemui berita bohong, palsu, dan fakes news. Subjek penelitian adalah tiga dosen dan tiga mahasiswa KPI dengan metode FGD dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman satu dosen dan satu mahasiswa yang pernah mengikuti workshop tentang disinformasi lebih bisa memahami istilahnya, menyikapi dengan tenang, dan menghadapinya lebih profesional. Sedangkan satu dosen dan satu mahasiswa mencari tahu sendiri, mereka agak ragu dan bingung antara hoax, berita palsu, dan fake news.Sedangkan satu dosen dan satu mahasiswa kurang pengetahuan, tidak menyikapi atau kurang peduli terhadap tersebut dan mereka tidak mencari tahu, apalagi menyikapi, dan menghadapi disinformasi tersebut. Mereka hanya membaca komentar orang lain saja tanpa komentar karena mereka tidak tahu. Jadi mereka tidak tahu dan berupaya untuk tidak komentar. Namun mereka tahu dan mereka akan memberikan fakta baru. Kontribusi penelitian ini memperkaya dakwah bil hal bagi yang sudah memahami disinformasi, tidak membiarkan orang lain yang sedang ragu dan bingung. Dakwah bil qalam bagi yang tahu. Metode Dakwah bil hikmah menganjurkan diam bila kita tidak tahu permasalahannya dan tidak memiliki fakta.
Strategi Komunikasi OIC Youth Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Pemuda Muslim melalui Program Kepemimpinan Rahma Putri Rahayu; Pia Khoirotun Nisa
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.139 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i2.23891

Abstract

The Indonesian Islamic Cooperation Youth Organization is a youth organization that builds the quality of youth through leadership programs. As in IIYLS 2019, there are two agenda of activities, namely the OIC Model and YES. Methods in this research are qualitative. Data collection techniques consist of observation, interviews, and study documentation to be analyzed in the descriptive data analysis technique. Laurie J. Wilson and Joseph D. Odgen about the stages of communication strategy. There are four stages on Research, Action Plans, Communication and Evaluation. The results of this study indicate that the strategy research conducted by the Youth Organization of Indonesian Islamic Cooperation has been going well. This is evidenced by the formation of a leadership program team, coordination and cooperation with the government that is managed, the use of appropriate publication media, as well as the packaging of interesting activity programs.
Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pengungkapan Diri Mahasiswa Asasi Tamaraya; Dudun Ubaedullah
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.266 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i1.20878

Abstract

Di era teknologi informasi ini mahasiswa cenderung menggunakan media sosial, salah satunyaTwitter, untuk berkomunikasi kapan dan di mana saja. Melalui Twitter, mereka memberikaninformasi pribadi secara bebas yang jika dilakukan secara berlebihan dapat berdampak negatifbagi diri sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitam ini bertujuan untukmengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Twitter terhadap pengungkapan diri padamahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Berdasarkan teori Johari Window mengungkapkan bahwa tingkat keterbukaan dan kesadarantentang diri sendiri yang dibagi dalam empat kuadran. Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatifl dengan metode survey. Analisis regresi sederhana digunakan sebagai teknik analisisdata. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak85 mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jakarta. Berdasarkan hasilpenelitan menunjukan adanya pengaruh penggunaan Twitter terhadap pengungkapan diridengan koefisien regresi sebesar 0,937 dengan t=6,865. Besaran kontribusi penggunaan Twittersebesar 36,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Metode Dakwah Para Da’i pada Program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV Mutia Putri Nasution; Umi Musyarrofah
INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.125 KB) | DOI: 10.15408/interaksi.v1i2.23889

Abstract

Media dan metode dakwah berperan penting dalam pencapaian tujuan dakwah. Media menjadi wadah dalam berdakwah sedangkan metode merupakan cara dalam berdakwah. Pada program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews para da’i menerapkan metode dakwah yang berbeda-beda. Dari latar belakang tersebut menimbulkan beberapa pertanyaan yaitu : Bagaimana metode dakwah yang digunakan para da’i pada program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV? Pesan dakwah apa saja yang disampaikan pada program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang didapat dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan mencari data dari buku, internet dan lainnya yang dapat dijadikan informasi tambahan untuk peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada progam “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV para da’i menggunakan metode dakwah al-mau’idzah al-hasanah dan metode dakwah bil-Hikmah. Dalam menerapkan metode dakwah al-mauidzah al-hasanah para da’i menggunakan metode kisah, metode tabsyir wa tanzir dan metode nasehat. Pesan dakwah dalam program ini terdapat 3 hal yaitu syariah, akidah dan akhlak

Page 1 of 4 | Total Record : 31