cover
Contact Name
Fikri Habibi
Contact Email
fikrihabibi81@gmail.com
Phone
+6281310260643
Journal Mail Official
jurnaljika@unsera.ac.id
Editorial Address
jurnaljika@unsera.ac.id
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIka)
ISSN : 27761843     EISSN : 28078047     DOI : https://doi.org/10.30656/jika.v1i1
Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa) ditujukan sebagai sarana publikasi riset hasil kolaborasi mahasiswa dan dosen atau mahasiswa sendiri. Kkehadiran JIKa diharapkan mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi bersama antara mahasiswa dan dosen Ruang lingkup (scope) JIKa mencakup seluruh bidang keilmuan baik sosial humaniora maupun eksakta.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): September" : 7 Documents clear
Konstruksi Citra PT Kereta Api Indonesia (Persero) Melalui Perubahan Logo Perusahaan Alfath Riadhul Fauzi; Ari Pandu Witantra; Atih Ardiansyah
Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa) Vol. 2 No. 2 (2022): September
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jika.v2i2.5905

Abstract

Problems: PT Kereta Api Indonesia (Persero) needs to construct their corporate image in accordance with changes in the company's vision and mission, new transformation, changes in corporate culture, and the strategic theme Technology Enhanced. Against this background, KAI has rebranded the Logo which needs to represent the Company's new values which creates a new image for PT KAI (Persero). Purpose: The purpose of this study is to find out how PT KAI (Persero) can shape the corporate image according to the new changes through the Rebranding Logo. Methodology: This research uses the Constructivism paradigm with a descriptive qualitative approach and a case study research method. Data collection methods used were interviews, participant observation, and documentation studies. The research informants were selected using the snowball sampling technique and the research was conducted at the Head Office of PT Kereta Api Indonesia (Persero) Jl. Pioneers of Independence 1, Bandung City, West Java. Results/Findings: The results of this study indicate that by changing its logo, KAI wants to image the company as no longer just a railroad service. They want to portray KAI as the best transportation ecosystem provider in Indonesia. They also want to transform into a new company through rebranding. They also incorporate the new cultural values "AKHLAK" into their new Logo and represent the Technology Enhanced theme to develop the Company's services and operations using the use of technology and digitalization. Paper Type: Case Study
Implementasi Teoritik Dan Praktik Asas Tujuan Hukum Pada Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum Dalam Proyek Strategis Nasional Irna Rudiana; Amiludin; Dwi Nur Fauziah Ahmad
Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa) Vol. 2 No. 2 (2022): September
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jika.v2i2.5734

Abstract

Masalah: Sebagai negara hukum, Indonesia menjunjung tinggi perlindungan dan penegakan hukum itu sendiri. Kehadiran negara dalam memberikan perlindungan hukum amat diperlukan dalam konteks agrarian terkhusus penyediaan lahan dalam menunjang pembangunan Proyek Strategis Nasional. Tidak jarang bahwa kendati telah terdapat mekanisme dan ketentuan dalam pelaksanaan pengadaan tanah tetap terjadi konflik agrarian. Hal ini menyebabkan penerapan secara teoritik dan praktik asas tujuan hukum berupa kepastian, kemanfaatan, dan keadilan menjadi dipertanyakan. Penelitian ini mengkaji secara yuridis-normatif mengenai implementasi teoritik dan praktik asas tujuan hukum penyediaan lahan dalam menunjang pembangunan di Tanah Air. Tujuan: Dari uraian tersebut, penulis ingin mengkaji lebih lanjut implementasi teoritik dan praktik asas tujuan hukum pada penyelenggaraan pengadaan tanah untuk kepentingan umum dalam proyek strategis nasional. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normative dengan menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan (statuary approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach) Temuan/Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan kendati dalam tatanan teoritik berdasarkan asas dan prinsip yang terkandung dalam regulasi mencerminkan pemeunhan seluruh asas tujuan hukum, namun dalam tatanan praktik asas kemanfaatan dan keadilan masih menjadi bias sehingga diperlukan pengukuran terkait dengan opportunity cost atas kemanfaatan masyarakat luas dibanding pihak yang melepaskan hak atas tanah. Jenis penelitian: Hukum Agraria Kata kunci: Asas Tujuan Hukum, Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum, Proyek Strategis Nasional
Inovasi Model Pembelajaran Ekstrakurikuler Pramuka Berbasis Penanaman Nilai-Nilai Agama Irawan; Suhaeni
Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa) Vol. 2 No. 2 (2022): September
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jika.v2i2.5753

Abstract

Masalah: kegiatan pramuka tidak terlalu diminati para siswa dan menganggap kegiatan pramuka adalah kegiatan yang monoton dan yang dipelajari hanya itu–itu saja (tali–temali, morse, menyanyi, tepuk tangan dan berkemah). Belum lagi ada pihak lain beranggapan pramuka masih melaksanakan kegiatan–kegiatan kuno, yakni pramuka masih saja menggunakan alat–alat sederhana dan permainan kuno. Dan pramuka juga dianggap jauh dari nilai-nilai agama serta pelaksanaannya masih secara tradisional. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) Temuan/Hasil Penelitian: Hasil uji coba, menghasilkan skor rata-rata evaluasi model pembelajaran lama sebesar 43% sedangkan model pembelajaran baru dengan perolehan angka sebesr 72%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba model pembelajaran pramuka berbasis penanaman nilai-nilai agama yang baru atau produk lebih baik dari pembelajaran model lama. Adapun dari hasil uji efektifitas di dapat thitung = -16,57 dan ttabel = 1,86 dengan uji fihak kanan, dimana nilai thitung jatuh pada daerah penerimaan Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan efektivitas model pembelajaran lama dan baru, dimana model pembelajaran baru lebih efektif dari model pembelajaran lama. Begitupun hasil uji pemakaian melalui eksperimen dengan menggunakan metode kelas kontrol dan kelas eksperimen dihasilkan thitung lebih besar dari ttabel (15,05 > 2,262) sehingga dapat disimpulkan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran pramuka yang baru. Sedangkan hasil uji sumbangan efektif dan sumbangan relatif dengan menggunakan uji korelasi didapat rhitung = 0,651. Sehingga koefisien determinasinya r2 = 0,6512 = 0,4238 berarti peningkatan hasil belajar siswa 42,38% dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran pramuka yang baru (sumbangan efektif) dan sisanya 57,62% ditentukan oleh faktor lain (sumbangan relatif). Jenis Penelitian: Kualitatif
Pengendalian Kualitas Produk Kain Grey Dengan Metode New Seven Tools Pada PT Djohartex Sari Dewi Ayu Lafeniya; Suseno Suseno
Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa) Vol. 2 No. 2 (2022): September
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jika.v2i2.6003

Abstract

Masalah: Perusahaan PT. Djohartex bergerak di bidang produksi kain grey, pada bulan September 2022 jumlah produksi yang dihasilkan 1.792.208-yard dengan kecacatan sebanyak 484.180-yard atau 27,015%. Permasalahan pada perusahaan yaitu terdapat kecacatan pada kain grey yang tidak sesuai dengan standar perusahaan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakto-faktor penyebab kecacatan dan mengetahui jenis cacat yang paling tinggi. Metodologi: Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Seven New Quality Tools digunakan sebagai metode untuk memperbaiki kekurangan Seven Basic Quality Tools. New Seven Tools merupakan peralatan untuk memetakan permasalahan secara terperinci untuk membantu pengambilan keputusan. New Seven Tools of Quality yang mencakup Activity Network Diagram, Affinity Diagram, Interrelationship Diagram, Tree Diagram, Matrix Diagram, Matrix Data Analysis dan Process Decision Program Chart (PDPC). Jenis defect paling banyak adalah jenis rapat/renggang sebanyak 88502, diikuti dengan jenis defect pakan kendor dengan total defect 42624, baar dengan total defect 43657, temple mark dengan total defect 28689, read mark dengan total defect 350895, pakan tak sampai dengan total defect 12048, dan nggaler tempel dengan total defect 281530. Temuan/Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya faktor penyebab terjadinya cacat yaitu Manusia, kurangnya pemahaman pekerja terhadap SOP (Standard Operation Procedure) dengan baik, operator kurang konsentrasi. Mesin, kurang perawatan pada mesin dan pengecekan produktivitas pada mesin setiap bulannya. Metode, Cara pengambilan pakan dalam produksi masih salah. Material, penggunaan benang pakan yang mudah rapuh. Lingkungan, suara bising yang membuat karyawan kurang nyaman dalam bekerja. Jenis Penelitian: Pengendalian Kualitas Produk Kata Kunci: New Seven Tools, Kualitas, Kain Grey, Produk Cacat
Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk MS Glow Nina Sherly; Amarul Amarul; Yuda Supriatna
Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa) Vol. 2 No. 2 (2022): September
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jika.v2i2.6035

Abstract

Masalah: terdapat penurunan minat beli pada produk Ms Glow dibandingan dengan produk pesaing yang semakin meningkat peminatnya. Tujuan: untuk mengetahui: 1) pengaruh kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli, 2) pengaruh citra merek berpengaruh terhadap minat beli, 3) pengaruh celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli, 4) pengaruh kualitas produk, citra merek, dan celebrity endorser secara simultan berpengaruh terhadap minat beli. Metodologi: Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif, Populasi dalam penelitian adalah para pengguna produk Ms Glow yang berada di wilayah serang dan cilegon. Teknik pengambilan mengunakan purposive sampling. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner pada 100 orang responden. Temuan/Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap minat beli, 2) pengaruh citra merek berpengaruh terhadap minat beli, 3) pengaruh celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli, 4) pengaruh kualitas produk, citra merek, dan celebrity endorser secara simultan berpengaruh terhadap minat beli. Jenis penelitian: Riset pasar
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Lean Six SIgma Pada PT. Djohartex Dharu Arhamar Ridho; Suseno Suseno
Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa) Vol. 2 No. 2 (2022): September
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jika.v2i2.6009

Abstract

Abstrak Masalah: PT. Djohartex adalah perusahaan pengolahan benang menjadi kain gray atau tekstil. Pada bulan September 2022 didapatkan jumlah produksi sebanyak 1.792.208 yard dengan jumlah cacat produk sebanyak 309.747 yard atau 17,28%. dalam implementasinya, jumlah cacat melebihi batas toleransi produk cacat yang ditentukan. Bagian produksi dan quality control berusaha menekan pada cacat tertentu, jumlah jenis cacat lain meningkat. Hal ini menyebabkan kualitas menjadi permasalahan berlarut-larut yang tidak segera terselesaikan. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimasi cacat produk. Metodologi: Salah satu metode yang digunakan untuk meminimasi produk cacat adalah metode Lean Six Sigma. Lean Six Sigma lebih difokuskan kepada perbaikan proses dengan menggunakan data yang diperoleh kemudian diolah sesuai dengan langkah-langkah DMAIC, kemudian akan didapatkan masalah pada system kerja perusahaan, sehingga dapat diidentifikasi permasalahan serta penyebab masalah, dan segera diambil tindakan perbaikan. Temuan/Hasil Penelitian: Pada bulan September 2022 didapat jenis cacat paling banyak adalah rapat/renggang sebanyak 88.502 dengan presentasi sebesar 31,44% dan yang paling sedikit adalah netting sebanyak 0 dengan presentasi sebesar 0% dari keseluruhan jenis defect. Faktor penyebab terjadinya cacat ada 5 faktor penyebab Manusia, Mesin, Metode, Material, Lingkungan. Perbaikan dapat diusulkan menggunakan metode 5W+1H dan metode Poka Yoke. perbaikan harus dilakukan, dengan melakukan penjadwalan ulang dalam pengecekan mesin dan proses produksi, memberikan pengarahan standarisasri mesin, memberikan edukasi kepada operator produksi untuk lebih mengutamakan kualitas kain yaitu menguraung faktor penyebab defect, dan melakukan perbaikan pada ruang kerja agar dapat mengurangi dampak kebisingan, kotor, kurangnya pencahayaan dan panas ruangan. Jenis penelitian: pengendalian kualitas produk. Kata kunci DMAIC, Lean Six Sigma, dan Pengendalian Kualitas
The Peran Generasi Millennial Terhadap Kreativitas Seni Dan Tradisi Membatik Di Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung Mahfudz Mahfudz; Kholid Suhaemi
Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa) Vol. 2 No. 2 (2022): September
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jika.v2i2.6290

Abstract

Masalah: Penelitian saat ini, banyak berfokus pada limbah batik, pemasaran batik, pewarna batik dan pembelajaran membatik. Sidikit sekali yang membahas terkait peran pengrajin batik yang sebenarnya merupakan tokoh utama terciptanya batik di Indonesia. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari generasi milenial terhadap kreativitas, seni dan tradisi membatik yang berada di sanggar batik cikadu Tanjung Lesung. Metodologi: Penelitian ini menggunakan kualitatif. Data diambil melalui wawancara kepada 28 pengrajin batik yang terdiri dari 16 orang generasi milenial, 9 orang generasi z dan 3 orang generasi x yang berada di sanggar batik cikadu Tanjung Lesung. Seluruh data yang diambildihasilkan telah dilakukan triangulasi data untuk mengujikeabsahannya melalui wawancara dan observasi kepada pengelola, masyarakat sekitar dan reseler batik. Temuan/Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa generasi milenial di Sanggar Batik Cikadu memegang kendali terhadap kercapainya target produksi batik. Selain itu, generasi ini juga tersebar diberbagai bidang seperi; pecanting pewarna, pengecap dan pembuat motif. Hal tersebut dikarenakan generasi ini sangat fleksibel, kreatif dan melek teknologi. Kata kunci: Batik, pengrajin atik, generasi milenial

Page 1 of 1 | Total Record : 7