cover
Contact Name
Yasinta Maria Fono
Contact Email
yasintamariafono@gmail.com
Phone
+6285338387959
Journal Mail Official
jurnal.jcp@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Citra Pendidikan
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 27751589     EISSN : 27751589     DOI : -
Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu pendidikan (pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan matematika, pendidikan musik dan pendidikan IPA). JCP menggunakan Turnitin untuk mengecek plagiasi naskah artikel. JCP diterbitkan 4 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan" : 20 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BONEKA TANGAN MELALUI BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN ASPEK MENGUNGKAPKAN BAHASA PADA ANAK TK B DI TKK ST YOSEPH SADHA KECAMATAN GOLEWA SELATAN KABUPATEN NGADA 2020/2021 Sarina Wati, Yosefina; Ngura, Elisabeth Tantiana; Meka, Marsianus
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.432

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : (I) menghasilkan media yang dikembangkan yaitu media permainan boneka tangan untuk anak usia dini kelas B di Tkk St Yoseph Sadha, (2) untuk mengetahui desain media permaianan boneka tangan untuk meningkatkan aspek mengungkapkan bahasa pada anak usia dini kelas B Tk St Yoseph Sadha. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research development), yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri tahap analyze, desigen, development, implementation dan evaluation. Analisi data yang digunakan yaitu deskriptif data kuantitatif dan deskriptif data kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan media permaianan boneka tangan melalaui bercerita menunjukan bahwa dengan menggunkan media permaianan boneka tangan anak kelas B Tkk St Yoseph Sadha mampu meningkatakan kemampuan mengungkapkan bahasanya dengan baik. Berdasarkan hasil penilaian atau uji coba dengan ahli materi bahwa media yang dikembangakan berada pada skor 92,5% dengan kategori “ sangat valid”, penilaian oleh ahli media berada pada skor 80% dengan kategori “valid”, penilaian yang didapatkan dari ahli desain pembelajaran berada pada prosentase 83,3% dengan kategori “valid”, penilaian dari ahli peseorangan berada pada skor 100% dengan kategori “sangat valid”, penilaian yang didapatkan dari ahli uji coba kelompok kecil berada pada skor 96,6% dengan kategori “sangat valid”. Berdasarkan hasil pemaparan diatas menunjukan bahwa media boneka tangan yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan bahasa anak di TKK St Yoseph Sadha Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada.
STRUKTUR DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK GO LABA DALAM RITUAL PEMBUATAN RUMAH ADAT DI GURUSINA Nono, Ferdinand; Dopo, Florentianus; Bate Dopo, Ferdinandus
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penyajian musik go laba dalam ritual pembuatan rumah adat (wa’e sa’o), dan mengkaji struktur pembentuk musik go laba. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini di peroleh berdasarkan hasil wawancara dan telaah dokumentasi untuk mengetahui bentuk musik go laba, dan struktur pembentuk musik go laba dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi: teknik wawancara dan juga observasi. . Hasil dan pembahasan dari penelitian ini mencakup ulasan tentang struktur musik go laba, dan bentuk penyajian musik go laba dalam ritual pembuatan rumah adat di Gurusina. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya struktur pembentuk musik go laba dan juga keterlibatan musik go laba dalam ritual wa’e sa’o di Gurusina.Kata kunci: Struktur dan bentuk penyajian musik go laba.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS ( ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TEMATIK DI KELAS IV SDK MATAIA KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA Liza, Maria Benedikta; Wau, Maria Patrisia; Kaka, Pelipus Wungo
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.521

Abstract

Liza, Maria Benedikta (2020), Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Minat Belajar Tematik Di Kelas IV SDK Mataia Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada . Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Citra Bakti Ngada.Skripsi ini telah disetujui dan telah diperiksa oleh pembimbing I: Maria Patrisia Wau, SE.,M.Pd dan pembimbing II: Pelipus Wungo Kaka, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalaui penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subiek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDK Mataia Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitisn siklus I belum mencapai ketuntasan dengan rata-rata 61,50% dengan ketuntasan klasikalnya 20% yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan mencapai rata-rata minat belajar 84,20% dengan ketuntasan klasikalnya 100% yang berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahawa terjadi peningkatan presentasi minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,70%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan minat belajar pada Siswa Kelas IV SDK Mataia Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada.
ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO JARIMATIKA PEMBAGIAN TERHADAP PEMAHAMAN OPERASI HITUNG PEMBAGIAN SISWA SEKOLAH DASAR Damayanti, Alfiani; A’yun, Dya Qurotul
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.1916

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang memiliki peranan penting bagi kemajuan peradaban manusia. Pentingnya belajar matematika tidak terlepas dari perannya dalam berbagai aspek kehidupan. Kemampuan berhitung pada anak sangat penting dikembangkan, karena berhitung dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari anak. Namun sayangnya, beberapa siswa masih ada yang memiliki kemampuan dan pemahaman berhitung matematika yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah metode jarimatika yang ditayangkan dalam bentuk video animasi yang menarik dapat meningkatkan pemahaman berhitung pembagian siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pada penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung lainnya yaitu: (1) Tes Kemampuan Awal; (2) Tes Pemahaman konsep operasi hitung pembagian menggunakan jarimatika; (3) Pedoman Wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini yakni 4 dari 6 subjek dapat mencapai indikator keberhasilan atau indikator pemahaman hal tersebut menunjukkan bahwa metode jarimatika yang ditayangkan dalam bentuk video animasi yang menarik dapat meningkatkan pemahaman berhitung pembagian siswa sekolah dasar.
UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN Aulia, Hanifah; Desmita
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.3187

Abstract

Abstrak Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana meningkatkan perkembangan emosional peserta didik dalam proses pembelajaran, karakteristik dari perkembangan emosional, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, strategi dalam meningkatkan perkembangan emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana data diperoleh dengan menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Studi kepustakaan adalah salah satu jenis penelitian yang dilakukan bersumber dari buku, jurnal, artikel ataupun internet/ web. Perkembangan Emosional Adalah Semua perasaan yang muncul dalam diri peserta didik baik itu perasaan bahagia ataupun sedih dan perasaan baik maupun buruk dimana peserta didik berusaha memahami emosinya dan berusaha menegndalikan situasi yang terjadi pada dirinya. Hasil dari artikel ini ada beberapa cara yang dilakukan untuk meningkatkan perkembangan emosional peserta didik dengan beberapa model belajar yaitu Model Personal Model memfokuskan pada diri anak sebagai bagian sentral dalam keseluruhan, Model Simulasi Model ini didasarkan pada prinsip cybernetics, yaitu menganalogikan manusia dengan mesin. Model Bermain Peran yang memungkinkan anak meminkan banyak peran sehingga ia bisa memecahkan masalah-masalah yang terjadi.
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LECTORA INSPIRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN Kornelia, Putri Kornelia; Yasa, Putu; Rachamawati, Dewi Oktofa
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.3242

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar menggunakan model project based learning (PjBL) berbantuan lectora inspire dan model direct instruction (DI). Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kubutambahan tahun ajaran 2023/2024 dengan total populasi 127 siswa. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random assignment yang terdiri dari 2 kelas yaitu XI I dan XI VI dengan jumlah siswa sebanyak 64 siswa. Data keterampilan berpikir kreatif diukur menggunakan tes soal esai dengan kualifikasi reliabilitas 0,615 tes kategori tinggi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis ANAKOVA dan uji lanjut LSD taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai keterampilan berpikir kreatif pada kelas model PjBL berbantuan lecora inspire dan model DI masing masing adalah 77,34 dan 63,67 dengan SD 7,09 dan 9,54. Hasil Uji ANAKOVA menunjukan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran PjBL-Lectora Inspire dengan siswa yang belajar menggunakan model DI . (F*= 67,159; p = 0,001). Hasil Uji LSD menunjukan siswa yang belajar menggunakan model PjBL berbantuan Lectora Inspire memiliki keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan model DI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PjBL berbantuan lectora inspire berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE SEDERHANA DARI BAHAN BEKAS PADA ANAK KELOMPOK A TK IT BAITUSSHAKLIHIN ULEE KARENG, BANDA ACEH Sarianti; Amalian, Yuli
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.3260

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam kompetensi bidang kemampuan motorik halus anak didik TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh relatif masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase sederhana dengan kapas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian anak kelompok A TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh tahun pelajaran 2023-2024 yang berjumlah 24 anak, terdiri dari 13 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan membandingkan ketuntasan belajar anak antara waktu sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan kolase sederhana dari kapas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh tahun pelajaran 2023-2024. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini disarankan : Bagi guru hendaknya semaksimal mungkin menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, salah satunya melalui kegiatan kolase sederhana dari kapas untuk meningkatkan kemampuan motorik halusnya. Bagi sekolah hendaknya dapat menyediakan sarana yang dapat mendukung pembelajaran di kelas, berupa media pembelajaran dan alat peraga yang menarik. Kata kunci: Kemampuan motorik halus, kegiatan kolase sederhana dari kapas
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI MEDIA POP UP BOOK DI KELOMPOK B DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH Villah, Latania; Yunisari, Dewi
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.3262

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh kurang jelasnya dalam bahasa maka media pop up book ini bisa bermanfaat untuk siswa agar bisa belajar Bahasa dengan media tersebut .Penelitian Tindakan Kelas (PTK)ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan penggunaan media pop up pada kelompok B TK Save The Kids Banda Aceh. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu dapat dijadikan pemicu dan motivasi belajar, sehingga hasil belajar dan kemampuan berbahasa anak meningkat. PenelitianTindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari 2s iklus.Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru hasil tes siswa. Berdasarkan data hasil penelitian darisiklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa Tingkat hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Jadi, kesimpulannya adalah Penerapan media Pembelajaran pop up dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok B TK save the kids Banda Aceh.
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI MTsN 1 PROBOLINGGO Maulida, Maulidatul Adzimah; Nadia, Nadiaturrohmah; Diana, Nur Diana Kholidah; Him, Himmatul Awwaliyah; Badriyati, Linda; Warda, Wardatul Mukarromah; Hasanah, Siti Nur Aviatun
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.3411

Abstract

Kinerja merupakan indikator keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan, sasaran, misi, dan visinya. Penelitian ini membahas tentang rencana pengawasan klinis yang dirancang oleh Kepala MTsN 1 Probolinggo bertujuan untuk membimbing dan meningkatkan kinerja para guru. Perencanaan tersebut melibatkan langkah-langkah terstruktur mulai dari pengawasan akademis hingga klinis dengan fokus pada pengenalan dan peningkatan kemampuan mengajar fakultas. Langkah perencanaan pengawasan klinis meliputi pengumpulan data, menentukan prioritas pengawasan, menyusun rencana tindakan, menjadwalkan pengawasan, dan mengadakan rapat pengawasan. Temuan dari studi lapangan menunjukkan bahwa supervisi klinis dirancang untuk meningkatkan pembelajaran yang efektif melalui berbagai intervensi, seperti memberikan umpan balik, mendukung pemecahan masalah, membuka kinerja guru, dan membimbing perilaku profesional. Pelaksanaan supervisi klinis meliputi tahap perencanaan, pertemuan pendahuluan dan observasi dengan fokus mengidentifikasi permasalahan dalam proses pembelajaran..
KETERAMPILAN MENDIREKSI POLA BIRAMA 3/4 DALAM LAGU TRIMAKASIHKU MELALUI METODE DRILL PADA SISWA-SISWI KELAS VII DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SMP NEGERI 6 KUPANG Hartini, Skolastika Nofriantri; Ama, Agustinus Beda; Ceunfin, Flora
Jurnal Citra Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v4i3.3464

Abstract

Abstrak Salah satu komponen yang penting dalam pertunjukan paduan suara adalah dirigen atau conductor. Salah satu model pembelajaran keterampilan siswa dalam mendireksi harus selalu melalui latihan-latihan dari pembelajaran materi yang sederhana secara terus menerus. Namun kenyataan yang terjadi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 6 Kupang Kecematan Kupang Tengah belum mengetahui bagaimana cara mendirigen yang baik dan benar dengan menggunakan teknik-teknik yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan dan kemampuan mendireksi pola birama 3/4 dalam lagu terima kasihku melalui metode drill pada siswa-siswi kelas VII dalam kegiatan ekstrakulikuler SMP Negeri 6 Kupang. Metode yang digunakan yaitu metode tidakan lapangan dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta metode pembelajaran yang digunakan adalah metode drill yaitu latihan secara berulang-ulang dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dalam proses keterampilan mendireksi pola birama 3/4 pada lagu trimakasihku, peneliti melaksanakan penelitian melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan diantaranya perekrutan siswa-siswi dan penentuan jadwal latihan, tahap inti diantaranya menjelaskan pola birama 3/4 pada lagu terima kasihku, tahap akhir diantaranya mementaskan hasil latihan. Dalam penelitian ini tentu ada kesulitan yang ditemukan pada siswa-siswi selama proses penelitian yaitu, posisi tangan saat mengawali dan mengakhiri lagu belum tepat, tidak mengikuti tempo yang diberikan oleh peneliti. Namun kendala tersebut dapat diatasi dengan melatih siswa-siswi secara berulang-ulang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses “Keterampilan Mendireksi Pola Birama 3/4 Dalam Lagu Terima Kasihku Melalui Metode Drill Pada Siswa-Siswi Kelas VII Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler SMP Negeri 6 Kupang”, tentu mengalami kesulitan. Walaupun demikian kesulitan tersebut dapat diatasi dengan menggunkan metode drill.

Page 1 of 2 | Total Record : 20