cover
Contact Name
Moh. Ziyadul Haq Annajih
Contact Email
najihas@gmail.com
Phone
+6287850245888
Journal Mail Official
dakwajournal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Palengaan Km. 11 Pamekasan
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
DA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam
ISSN : 28083717     EISSN : 28083431     DOI : https://doi.org/10.36420/dawa
DAWA Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam has been published by Study Program of Islamic Guidance and Counseling, Dakwah Department of Islamic Institute of Miftahul Ulum Pamekasan. DAWA journal is published twice every year in February and September. The contents are research manuscript and concept/theoretical papers on Islamic guidance and counseling (psychotherapy, sufistic therapy, individual and group counseling, career counseling, school and Islamic school counseling, community counseling, family counseling, parenting counseling contemporary issues in Islamic guindance and counseling, indigineous counseling, and multiculture counseling) and dawah (dawah study, dawah in society, dawah for drug addicts, and Islamic society development).
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022): Februari 2022" : 8 Documents clear
Mengurangi Perilaku Nomophobia Ainur Rosidah; Astoni Nurdin; Saikhoni Saikhoni; Triyuni Hendrowati; Wildan Debbie Tianto
DA'WA: Jurnal Sosial dan Dakwah Vol 1 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.881 KB) | DOI: 10.36420/dawa.v1i2.45

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penurunan perilaku nomophobia menggunakan bimbingan kelompok pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain yang dipilih adalah pre-experimental designs. Bentuk pre-experimental designs yang dipilih yaitu model one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 150 peserta didik dengan sampel berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan studi pustaka.Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi perilaku nomophobia siswa. Adapun rata-rata skor perilaku nomophobia siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok didapatkan dari hasil pretest 84,8 dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok rata rata skor mengalami penurunan menjadi 59,0. Dari hasil uji wilcoxon mengunakan SPSS versi 20 didapatkan nilai z hitung -4.787 lebih kecil dari z tabel yaitu 1,96 dengan nilai asymp sig ,000 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka keputusan yang didapat adalah Ho ditolak dan Ha diterima.
Konseling Krisis Psikososial Transisi: Krisis Identitas pada Transgender Ishlakhatus Saidah; Anggie Nurfitria Sari; Moh. Ziyadul Haq Annajih
DA'WA: Jurnal Sosial dan Dakwah Vol 1 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.261 KB) | DOI: 10.36420/dawa.v1i2.83

Abstract

Pencarian pemenuhan hak para transgender telah banyak terjadi di Indonesia. Fenomena transgender tersebut berkembang beriringan dengan berkembangnya komunitas transgender. Hal ini dipengaruhi oleh media elektronik, cetak maupun pengaruh negara-negara lain yang melegalkan transgender. Terlepas dari pencarian eksistensi transgender, hal yang lebih krusial adalah bahwa transgender merupakan orang yang sedang mengalami krisis identitas. Mereka mengalami ketidaksesuaian kepribadian dengan jenis kelamin yang ada pada dirinya. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menangani fenomena ini adalah konseling krisis menggunakan model intervensi psikososial transisi. Pada pelaksanaannya, model intervensi psikososial transisi melibatkan potensi yang ada pada diri dan lingkungan seseorang dengan transgender untuk membantu krisis identitas pada dirinya.
Hubungan Tanggung Jawab Belajar dengan Kemandirian Siswa di MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan Moh. Maimon Atthohiri; Ishlakhatus Saidah
DA'WA: Jurnal Sosial dan Dakwah Vol 1 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1009.11 KB) | DOI: 10.36420/dawa.v1i2.84

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Tanggung Jawab Belajar Dengan Kemandirian Siswa. Tanggung jawab belajar sangat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Melalui tanggung jawab, seorang siswa akan mempunyai sikap dewasa dalam menjalani pembelajaran di sekolah dan dapat membantu siswa menjadi pribadi yang lebih baik. Selain tanggung jawab, kemandirian juga diperlukan bagi setiap siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini “apakah ada hubungan tanggung jawab belajar dengan kemandirian siswa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tanggung jawab belajar dengan kemandirian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data statistik non parametrik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan wawancara. Subjek yang diteliti sebanyak 8 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian non parametrik dikarenakan subjek yang diteliti hanya 8 siswa dan termasuk kedalam data ordinal. Dalam proses analisis data disini menggunakan bantuan aplikasi Software SPSS v.25. Hasil penelitian uji korelasi menggunakan rank spearman’ rho didapatkan nilai p hitung sebesar 0,952 (p hitung lebih besar dari p tabel) dan nilai signifikasi 0,000 (kurang dari 0,05). Sehingga dikatakan jika p hitung lebih besar dari p tabel dan nilai signifikan kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tanggung jawab belajar dengan kemandirian siswa yang sangat signifikan dan mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat.
Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Maghfirotul Khoti’ah; Ahmad Andry Budianto; Imaniyatul Fithriyah
DA'WA: Jurnal Sosial dan Dakwah Vol 1 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (967.079 KB) | DOI: 10.36420/dawa.v1i2.89

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan token economy terhadap kedisiplinan peserta didik, meyode dalam penelitian ini menggunakan kuantitaif eksperimen Dengan rumus one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini yakni peserta didik kela VIII SMP Mambaul ulum Bata-Bata, banyaknya sampel dalam penelitian ini yaitu 8 paserta didik kelas VIII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata yang memiliki kedisiplinan rendah. Hasil penelitian didapatkan jika layanan konseling kelompok dengan token economy berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didika dengan skor hasil analisis regresi 9.750 angka ini merupakan angka konstan yang mempunyai arti bahwa jika tidak ada konseling kelompok (X) maka nilai kedisiplinan (Y) adalah sebesar 9.750. Angka koefisien regresi nilainya sebesar 250. Angka ini mengandung arti bahwa setiap penambahan 1% konseling kelompok (X) maka kedisiplinan (Y) akan meningkat sebesar 250.
Sinergitas Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 2 Pegantenan Rofiqi; M Mansyur
DA'WA: Jurnal Sosial dan Dakwah Vol 1 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.99 KB) | DOI: 10.36420/dawa.v1i2.90

Abstract

Penelitian ini sebagai respon dari fenomena kerjasama yang bangun oleh pihak sekolah khususnya guru PAI dan guru BK di SMPN 2 Pegantenan dalam mengatasi persoalan kenakalan siswa di sekolah. Penelitian ini berupaya untuk mengungkap pola kerjasama di antara guru sehinga penelitian ini nantinya akan menemukan teori baru terkait dengan model kerja sama yang efektif dalam konteks lembaga pendidikan sekolah. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana upaya guru PAI dan BK dalam mengatasi kenakalan siswa, 2) bagaimana pola kerja sama yang dilakukan oleh guru PAI dan BK dalam mengatasi kenakalan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus sehingga tehnik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dengan guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa berkaitan erat dengan peran dan tugas guru masing-masing. Artinya adalah pelaksanaan tugas dan tanggungjawab guru merupakan upaya ril dalam memberikan bimbingan dan pengayoman bagi siswa. Guru PAI lebih fokus kepada persoalan keagamaan seperti akhlak siswa, kerapian, dan lain sebagainya. Sedangkan guru BK lebih menekankan kepada persoalan psikologis seperti mendiagnosis sebab dari kenakalan siswa, cara mengontrol emosi siswa, serta pemberian treatment terhadap skenakalan siswa. 2) Adapun kerja sama yang dilakukan oleh guru PAI dengan guru BK yaitu bersifat koordinatif, kompetitif, evaluatif, produktifitas, dan transparansi.
Strategi Dakwah Sunan Kalijaga dalam Buku Atlas Wali Songo Karya Agus Sunyoto Abd. Rohim; Muchlis
DA'WA: Jurnal Sosial dan Dakwah Vol 1 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (835.658 KB) | DOI: 10.36420/dawa.v1i2.93

Abstract

Dakwah merupakan kegiatan mengajak pada peningkatan keberagamaan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang memungkinkan, baik dari segi social, budaya, ekonomi maupun sumber daya manusianya itu sendiri. Demikian pula, dakwah harus dikemas dengan metode yang relevan dengan tuntutan zaman dan keadamaan masyarakat yang menjadi mitra dakwahnya. Hal tersebut sebagaimana dilakukan oleh Sunan Kali Jaga ketika berusaha melakukan islamisasi masyarakat Jawa yang saat itu maish sangat kolot dan terbelenggu kepercayaan dinamisme maupun animisme. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa Sunan Kali Jaga sangat mempuni dalam meramu materi dakwah melalui strategi yang sangat cerdik. Alhasil, materi dakwah yang beliau sampaikan dapat diterima dengan tangan terbuka oleh masyarakat tanpa meresa dipisahkan dengan budaya yang selama ini telah melekat dalam keseharian mereka.
Persepsi Masyarakat terhadap Dakwah dan Politik Kiai Samrudi; Abd. Hadi Faishol
DA'WA: Jurnal Sosial dan Dakwah Vol 1 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.884 KB) | DOI: 10.36420/dawa.v1i2.107

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang persepsi masyarakat terhadap dakwah dan politik seorang kiai kampung memiliki kharisma di salah satu daereah di Madura. Penelitian ini mengungkap bagaimana respon masyarakat dan solusi yang diambil oleh kiai tersebut dalam menyikapi berbagai tanggapan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodedologi kualitatif dengan mendiskripsikan berbagai hasil temuan dalam bentuk narasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa masyarakat terbagi menjadi dua kelompok dalam menyikapi dakwah dan politik yang dilakukan kiai tersebut secara bersamaan.
Hipnoterapi sebagai Relaksasi Otak Syaiful Anam; Bahrur Rosi
DA'WA: Jurnal Sosial dan Dakwah Vol 1 No 2 (2022): Februari 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.903 KB) | DOI: 10.36420/dawa.v1i2.108

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Proses Hipnoterapi Sebagai Relaksasi Otak di MTLS dalam upaya menghilangkan kejenuhan otak pada saat peserta didik berlangsung dalam proses belajar kitab kuning. Kemudian metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif Deskriftif, dalam jenis penelitan ini menggunakan fenominalogi, dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapannya diantaranya adalah; 1) Konsultasi, 2) Treatmen, 3) Pra- Induksi, 4) Dept Level Test, 5) Terminasi. Tekniknya yaitu dengan komunikasi verbal dan non verbal yang sangat persuasife, dan pada umumnya si anak memang sudah betul-betul bisa memahami terhadap komunikasi. Kalua anak efektifnya usia minimal sekitar 7-8 tahun.

Page 1 of 1 | Total Record : 8