cover
Contact Name
Martono
Contact Email
martono@fkip.untan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpbsi@untan.ac.id
Editorial Address
FKIP Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 26561956     EISSN : 26213788     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/ekha.vi.id
Core Subject : Education,
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia contains the results of scientific works in the form of research results and studies of scientist, scholar, and teacher from language and literature filed. this journal is published twice a year in October and April in indonesian or english language.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020" : 6 Documents clear
INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Ummah, Lulu Farhatul
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.173 KB) | DOI: 10.26418/ekha.v3i2.41259

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter merupakan sebuah gerakan pemerintah yang dilakukan untuk memperkuat karakter siswa. Dalam dunia pendidikan, saat ini kementerian pendidikan sedang gencar-gencarnya melakukan penguatan pendidikan karakter sebagai respon dari maraknya kasus yang menunjukkan kualitas penurunan moral dan karakter anak bangsa. Penguatan Pendidikan karakter perlu dilakukan, terutama pada mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, belakangan ini juga kementerian pendidikan sedang dihadapi oleh situasi yang disebabkan oleh adanya wabah Coronavirus 2019 yang mengakibatkan pemerintah harus mengeluarkan kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Adanya permasalahan tersebut membuat gerakan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia harus diintegrasikan dengan pembelajaran jarak jauh. Pengintegrasian tersebut dilakukan dengan mengabungkan empat keterampilan berbahasa yaitu Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Membaca dan Keterampilan Menulis dengan lima nilai karakter utama pendidikan karakter yaitu Nilai Religius, Nilai Nasionalis, Nilai Gotong-royong, Nilai Mandiri, dan Nilai Integritas ke dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis media e-learning.
IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK Barokah, Muh Ali
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (938.883 KB) | DOI: 10.26418/ekha.v3i2.41165

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implemetasi penilaian autentik dan kendala saat pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 9 Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif, yang bertujuan mendeskripsikan implementasi penilaian autentik dan kendala yang dihadapi saat pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 9 Surakarta. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dari hasil wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Analisis dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Dalam proses analisis ini terdapat empat tahap, yaitu: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data, dan; (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru Bahasa Indonesia telah melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Kendala yang dihadapi berupa kendala peserta didik, guru, dan keterbatasan waktu.Kata Kunci: Penilaian Autentik, Implementasi Penilaian Autentik, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
CAMPUR KODE BAHASA MADURA TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN NARASI SUGESTIF SISWA KELAS V SD Fakhrudin, Mochammad Afrizal; Suhartiningsih, Suhartiningsih; Hutama, Fajar Surya; Satrijono, Hari; Nurdianasari, Nindy
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (961.635 KB) | DOI: 10.26418/ekha.v3i2.41617

Abstract

AbstrakCampur kode merupakan peristiwa bercampurnya 2 atau lebih ragam bahasa pada suatu tindakan berbahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud campur kode bahasa Madura terhadap bahasa Indonesia pada karangan narasi sugestif siswa kelas V SD 4 serta faktor penyebabnya. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Jember. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan memverifikasi data. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa bentuk campur kode yang terjadi meliputi campur kode berwujud kata dasar, kata berimbuhan, dan kata ulang. Campur kode yang sering terjadi ialah campur kode kata dasar. Faktor yang menjadi latar belakang munculnya campur kode bahasa Madura terhadap bahasa Indonesia pada karangan narasi sugestif yang dibuat oleh siswa adalah faktor lingkungan dan teman dekat.Campur kode merupakan peristiwa bercampurnya 2 atau lebih ragam bahasa pada suatu tindakan berbahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud campur kode bahasa Madura terhadap bahasa Indonesia pada karangan narasi sugestif siswa kelas V SD 4 serta faktor penyebabnya. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Jember. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan memverifikasi data. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa bentuk campur kode yang terjadi meliputi campur kode berwujud kata dasar, kata berimbuhan, dan kata ulang. Campur kode yang sering terjadi ialah campur kode kata dasar. Faktor yang menjadi latar belakang munculnya campur kode bahasa Madura terhadap bahasa Indonesia pada karangan narasi sugestif yang dibuat oleh siswa adalah faktor lingkungan dan teman dekat.
NILAI NILAI KEPRIBADIAN TOKOH MINKE DALAM ROMAN BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER Ichsan, Muhammad Hidayatul
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.046 KB) | DOI: 10.26418/ekha.v3i2.40958

Abstract

ABSTRACTMinke Figure in the Roman Earth Human Earth The work of Pramoedya Ananta Toer can be drawn in the following extracts: This study aims to find out the main characters in Roman language, the character used is Minke. Another goal is to find out the story of Minke's struggle with the Colonial people and also the romance between Minke and Annelies. The results that can be analyzed by Minke have characters such as: Smart, caring, full of struggle, humane, merciful, polite, brave, obedient to parents, sincere. Minke is a priyayi-blooded native figure who always upholds priority values above all. When his native people were being oppressed by Europeans Minke was a figure who fought for these values, he was supported by Nyai Ontosoroh in freeing his people from the cruelty of European nations. He was a revolutionary figure who changed the way people think when indigenous degrees were brought down in front of Europeans. This research uses descriptive method by using qualitative research of the main character in the Roman language of Human Earth by Pramoedya Ananta Toer with scientific theories about personality choosing in the analysis of the main character's character. The technique of receiving data carried out in this study is the method of listening and recording traffic techniques and quoting from various sources in journals and on the internet.Keywords: Minke, Struggle, Character.
Campur Kode dalam Bahasa Melayu Dialek Sambas di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Djarot, Muchammad
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.338 KB) | DOI: 10.26418/ekha.v3i2.42252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang campur kode dalam Bahasa Melayu Dialek Sambas (BMDS) di kalangan pelajar Kubu Raya Kalimantan Barat yang digunakan siswa di lingkungan SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Kalimantan Barat. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan (field reseach) menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan sosiolinguistik. Data dalam penelitian ini berupa tuturan siswa secara lisan dalam proses pembelajaran di kelas, serta tuturan siswa di luar kelas. Subjek dalam penelitian ini bersifat purpose sampling, data dikumpulkan dengan menggunakan observasi secara langsung dan wawancara mendalam, selanjutnya dianalisis menggunakan metode padan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terjadinya campur kode dalam BMDS disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya settings, participants, ends, act sequences, keys, instrumentalities, norms, dan genre. Hasil analisis menunjukkan terjadinya campur kode berbentuk kata, frasa, klausa, kata ulang, bentuk campur kode ke dalam (intern), dan bentuk campur kode keluar (ekstern). 
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI Romadani, Tiyas Fitra; Prasetyo, Danang
Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (819.386 KB) | DOI: 10.26418/ekha.v3i2.42311

Abstract

AbstractThis study aims to describe the role of information and communication technology in Indonesian language learning in tertiary institutions. The research method is in the form of literature review or literature study. This research examines critically and deeply the theoretical sources associated with the problems in research. Based on the research results, the following conclusions can be drawn. (1) Information and communication technology is related to communication and information, computers, and a set of other technology-based tools that are experiencing rapid development and affecting education in Indonesia, especially in Indonesian language learning in tertiary institutions. Information and communication technology can be used as a means for compiling data and so on relating to education, especially in learning; (2) Learning has a meaning as a process to gain an experience in accordance with the purpose of a lesson, in learning Indonesian, an attractive medium is needed so that students are more interested in learning. Information and communication technology can be used as a means to increase student interest in learning Indonesian; (3) information and communication technology can be utilized in the four competencies that exist in Indonesian, namely writing, speaking, listening, and reading. Through the use of information and communication technology, it can improve the quality of lessons, student quality, student interest, and at the same time improve the quality of lecturers in technology.  Keywords: Information and Communication Technology, Indonesian Language Learning, Higher Education

Page 1 of 1 | Total Record : 6