cover
Contact Name
Halwan Alfisa Saifullah
Contact Email
halwan@ft.uns.ac.id
Phone
+6282133085744
Journal Mail Official
halwan@ft.uns.ac.id
Editorial Address
Matriks Teknik Sipil Gedung IV lt. 1 Jurusan Teknik Sipil Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta Jawa Tengah - Indonesia 57126
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Matriks Teknik Sipil
ISSN : 23548630     EISSN : 27234223     DOI : -
Matrik Teknik Sipil adalah open access journal yang mempublikasikan penelitian di bidang struktur, hidrologi, transportasi, geoteknik dan management proyek. Matriks Teknik Sipil diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret. Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2022): Juni" : 15 Documents clear
ASSESSMENT OF VIRGIN COCONUT OIL (VCO) WITH GATE-TO-GATE LIFE CYCLE ASSESSMENT ANALYSIS APPROACH Giovanni Ruly Putra; Reifaldy Tsany Betta Aryanto; Syifaurrahmah Syifaurrahmah; Yesaya Emeraldy Priutama; Mega Mutiara Sari; I Wayan Koko Suryawan
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.58073

Abstract

VCO or Virgin Coconut Oil is a high-quality crude oil extract formed from coconut without chemical compound addition or high-temperature heating. The differences between VCO and other coconut oil are commercial coconut oil produced from copra or dried coconut meat. Life Cycle Assessment (LCA) is a method used to assess a product based on its lifespan, starting from extracting raw materials for the product to the industrial manufacturing process to product distribution. This LCA aims to implement zero waste on VCO Production by using wasted coconut water in some product that has economic value. We suggest a solution for coconut water waster with two alternatives, namely nata de coco production and coconut shell charcoal. Options to improve environmental quality were selected based on wastewater parameters and the resulting CO2 equivalent.
PERILAKU GESER BALOK BERTULANG HVFA-SCC (STUDI KASUS BALOK DENGAN RASIO BENTANG GESER TERHADAP TINGGI EFEKTIF 2.5) Alfian Muhammad Rosyid Ridho; Fendy Prayogo Wicaksono; Halwan Alfisa Saifullah; Agus Setiya Budi; Agus Suproyadi
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.55607

Abstract

Keruntuhan geser sangat dihindari dalam merancang konstruksi bangunan karena karena sifatnya getas dan terjadi secara tiba – tiba sehingga sulit untuk diprediksi.
STUDI KELAYAKAN FINANSIAL DAN ANALISIS LINGKUNGAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN PALEM PUTRI 2 KEBUMEN Thomas Karita Santo; Fajar Sri Handayani
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.58519

Abstract

Pembangunan suatu proyek perumahan harus memperhitungan beberapa faktor diantaranya kelayakan secara finansial dan analisis lingkungan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan finansial dan menganalisis lingkungan berupa timbulan dan pengolahan sampah pada proyek pembangunan Palem Putri2 Kebumen. Penelitian kelayakan finansial ditinjau dari arus cash flow baru kemudian dianalisis menggunakan metode Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period (PP). Analisis lingkunan berupa timbulan dan pengolahan sampah untuk mengetahui timbulan sampah yang dihasilkan guna merencanakan dan mengetahui nilai investasi yang diperlukan untuk pembangunan Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Uji analisa kelayakan finansial menggunakan metode Net Present Value senilai Rp. 559.887.494,00. Metode Benefit Cost Ratio didapatkan nilai 1,0748. Metode Internal Rate of Return didapatkan nilai 14,64%. Pengembalian modal investasi menggunakan metode Payback Period didapatkan waktu 4 tahun 8 bulan. Dari hasil analisa kelayakan finansial dapat disimpulkan bahwa pembangunan Perumahan Palem Putri 2 Kebumen dinyatakan layak untuk dilaksanakan. Uji analisa lingkungan didapatkan timbulan sampah yang dihasilkan sebesar 2,302 liter/orang/hari atau 0,3318 kg/orang/hari. Dari hasil timbulan sampah yang dihasilkan maka direncanakan TPS berupa pelataran berdinding (bak sampah) dengan volume 2 m3 yang terbuat dari batu bata dan semen dengan dimensi 1 × 2 × 1 meter. Nilai investasi pengolahan sampah perumahan senilai Rp. 8.485.200.000,00.Pembangunan suatu proyek perumahan harus memperhitungan beberapa faktor diantaranya kelayakan secara finansial dan analisis lingkungan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan finansial dan menganalisis lingkungan berupa timbulan dan pengolahan sampah pada proyek pembangunan Palem Putri2 Kebumen. Penelitian kelayakan finansial ditinjau dari arus cash flow baru kemudian dianalisis menggunakan metode Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period (PP). Analisis lingkunan berupa timbulan dan pengolahan sampah untuk mengetahui timbulan sampah yang dihasilkan guna merencanakan dan mengetahui nilai investasi yang diperlukan untuk pembangunan Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Uji analisa kelayakan finansial menggunakan metode Net Present Value senilai Rp. 559.887.494,00. Metode Benefit Cost Ratio didapatkan nilai 1,0748. Metode Internal Rate of Return didapatkan nilai 14,64%. Pengembalian modal investasi menggunakan metode Payback Period didapatkan waktu 4 tahun 8 bulan. Dari hasil analisa kelayakan finansial dapat disimpulkan bahwa pembangunan Perumahan Palem Putri 2 Kebumen dinyatakan layak untuk dilaksanakan. Uji analisa lingkungan didapatkan timbulan sampah yang dihasilkan sebesar 2,302 liter/orang/hari atau 0,3318 kg/orang/hari. Dari hasil timbulan sampah yang dihasilkan maka direncanakan TPS berupa pelataran berdinding (bak sampah) dengan volume 2 m3 yang terbuat dari batu bata dan semen dengan dimensi 1 × 2 × 1 meter. Nilai investasi pengolahan sampah perumahan senilai Rp. 8.485.200.000,00.
Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tetang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di Desa Tohudan, Karanganyar Siti Nurlita Fitri; Erik Wahyu Pradana; Muji Rifai; Iva Yenis Septiariva
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.55597

Abstract

Bencana gempa bumi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan pada beberapa kawasan di Jawa Tengah, tak terkecuali di Desa Tohudan, Karanganyar-Jawa Tengah. Banyak kerugian yang terjadi akibat dari bencana gempa bumi, untuk meminimalisir kerugian yang ditimbulkan dari bencan gempa bumi, maka hal yang harus dilakukan adalah melakuakan mitigasi bencana gempa bumi. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap bahaya gempa bumi itu sendiri. Jurnal ini memuat kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang gempa bumi. Kegiatan awal yang direncanakan adalah sosialisasi secara online, namun mengingat kasus positive Covid 19 yang belum reda, maka tim memutuskan untuk mengganti sistem dengan cara penempelan Poster dibeberapa lokasi di Desa Tohudan. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah persiapan media pembelajaran untuk peningkatan pengetahuan masyarakat, diskusi yang dilaksakana dengan perangkat desa, sosialisasi yang diganti dengan pembuatan desain poster, dan yang terakhir adalah penempelan poster. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan mitigasi gempa bumi, sehingga kerugian yang terjadi akibat bencana dapat diminimalisir.
PENANGGULANGAN BANJIR DI Jl. BRIGJEN S. SUDIARTO, KOTA SEMARANG Sta 0.00-8.00 Ikhwan Udin; F. Yudaningrum; A. Rossid
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.61219

Abstract

Banjir di Kota Semarang sering terjadi di karenakan curah hujan tinggi maka masyarakat pesisir harus waspada karena selain banjir yang di sebabkan intensitas hujan tinggi karena terjadi air pasang sehingga ada dua penyenyebab banjir yang terjadi di semarang, untuk banjir yang terjadi di Jl. Brigjen S. Sudiarto, Kota Semarang di sebabkan karena curah hujan tinggi  untuk saluran Primer yang terletak di Jl Brigjen S Sudiarto alirannya mengalir menuju Sungai Banjir Kanal Timur. Genangan cukup parah terjadi di wilayah Semarang Timur, di Jl. Brigjen S. Sudiarto. Dalam perhitungan debit banjir rencana (R24) menggunakan data seperti curah hujan, data pengukuran saluran, dan kondisi saluran tersebut. Berdasarkan dari data tersebut peneliti akan menghitung hujan rencana kala ulang Q 2,5,10,25,50, dan 100 tahun. Untuk menghitung data tersebut kami mengunakan Distribusi Normal, Distribusi Log Normal, Distribusi Log Pearson III, dan Distribusi Gumbel. Kemudian dari perhitungan tersebut dipilih analisa dari metode Distribusi Log III karena lebih mendekati. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan metode Nakayashu maka diperoleh nilai debit banjir puncak (QP) sebesar 2.74 km² dan Q 2tahun sebesar 2.84 m³/det, Q 5tahun sebesar 3.01 m³/det, Q 10tahun 9.79 m³/det, Q 25tahun sebesar 11.05 m³/det, Q 50tahun sebesar 19.69 m³/det, dan Q 100tahun aebesar 20.35 m³/det. Kemudian dari data debit banjir kala ulang Q50 tahun disimulasikan pada program aplikasi Hydrologi Engineering Center River Analysis System (Hec-Ras).
Kajian Value Engineering Pada Proyek Pembangunan Gedung (Studi Kasus: Proyek Transit Oriented Development Pondok Cina) Fajar Sri Handayani; Queen Bilkis Claudya; Muji Rifai
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.58881

Abstract

Value engineering merupakan metode pendekatan sistematis dalam menganalisis fungsi sistem sehingga mencapai fungsi esensial dengan biaya yang efisien tanpa mengesampingkan mutu, waktu, serta keselamatan yang diperlukan. Metode yang digunakan adalah studi kasus di Proyek Transit Oriented Development (TOD) Pondok Cina. Value engineering ditujukan untuk mengetahui item pekerjaan arsitektur yang dapat dianalisis lebih lanjut, alternatif material pada pekerjaan arsitektur, besar peghematan biaya yang didapatkan, dan perbandingan biaya yang sudah direncanakan dengan biaya saat sudah dianalisis dengan value engineering. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan data sekunder berupa daftar harga satuan dasar bahan, peralatan, upah tenaga kerja, data spesifikasi alat, data bahan material, hasil kuesioner, dan literatur yang mendukung penelitian. Tahapan yang dilakukan dalam metode ini terdiri dari tahap informasi, tahap analisis, tahap kreatif, tahap evaluasi, tahap pengembangan, dan tahap presentasi. Analisis value engineering menggunakan metode paired comparison. Dari hasil analisis value engineering didapatkan 2 item pekerjaan dari 3 item pekerjaan yang dapat dilakukan penghematan. Total penghematan adalah sebesar Rp. 2.689.036.541 atau 3% dari total biaya pekerjaan arsitektur sebesar Rp. 89.869.880.200.
Analisis Optimasi Biaya dan Waktu Proyek dengan Metode Time Cost Trade Off Menggunakan Aplikasi Primavera P6 (Studi Kasus Proyek Penataan Koridor Jl. Ir. Juanda, Surakarta) Setiono Setiono; Suryoto Suryoto; Dialektika Qienaantha Supriyor
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.56376

Abstract

Tingkat kerumitan dan kompleksitas dalam setiap pembangunan proyek konstruksi bertambah dengan konstan, sehingga melakukan optimasi waktu dan biaya dengan alokasi sumber daya tertentu menjadi suatu hal yang funndamental. Metode yang dapat berguna untuk mempercepat durasi penyelesaian proyek termasuk dengan menggunakanTime Cost Trade Off (TCTO). Pada Proyek Penataan Koridor Jl. Ir. Juanda, Surakarta, metode yang dipakai dalam mempercepat pengerjaan proyek direncanakan dengan menambahkan jam kerja dan penambahan tenaga kerja. Penggunaan software Primavera 6.0 dapat memudahkan proses perencanaan dan penjadwalan. Output yang dihasilkan dari program Primavera 6.0 berupa Gantt Chart, Network Diagram, Critical Path, Resources dan lain sebagainya yang dapat digunakan dalam pengendalian proyek. Dari hasil analisis yang dilakukan diperoleh durasi proyek melalui penambahan jam kerja yakni 189 hari dengan biaya pengurangan sebesar Rp 10.053.447,00 sehingga biaya proyek berkurang menjadi Rp 16.053.818.153,00 Sedangkan durasi proyek yang diperoleh dengan menambah jam kerja yaitu 197 hari dengan pengurangan biaya sebesar Rp17.770.240,00 sehingga biaya proyek bertambah menjadi Rp 16.046.101.360,00. Sehingga dapat dapat ditarik kesimpulan dengan melalui optimasi, baik menggunakan metode penambahan jam kerja maupun metode penambahan tenaga kerja dapat mengurangi durasi proyek serta mengurangi biaya proyek. 
KAJIAN KUAT TARIK TIDAK LANGSUNG DAN KUAT TEKAN BEBAS PADA CAMPURAN AC-WC DENGAN ASPAL MODIFIKASI (ASPAL PENETRASI 60/70 DENGAN SUBTITUSI 1,5 % STYROFOAM) Djoko Sarwono; Djumari Djumari; Rangga Dwi Pradibyo
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.62917

Abstract

Jalan adalah jalur jalur di atas permukaan bumi yang dengan sengaja dibuat oleh manusia untuk dapat digunakan untuk menyalurkan lalulintas orang, hewan, dan kendaraan dengan cepat dan mudah. Seiring berjalannya waktu pembangunan jalan raya semakin berkembang dan membutuhkan material penyusun jalan yang lebih banyak. Maka dari itu menyebabkan berkurangnya material alam. Styrofoam merupakan bahan yang bisa ditambahkan dalam campuran lapisan permukaan perkerasan lentur, karena styrfoafaoam merupakan salah satu bahan termoplastik.Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pengujian kuat tarik tidak langsung dan kuat tekan bebas di Laboratorium Jalan Raya Universitas Sebelas Maret, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret. Aspal modifikasi dicampurkan dengan 1,5% styrofoam. Kadar aspal yang digunakan 4,5%, 5%, 5,54%, 6%, 6,5% untuk aspal tanpa campuran styrofoam dan 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7% untuk aspal modifikasi. Alat uji yang digunakan merupakan alat uji Marshal yang dimodifikasi kepala penekannya dan alat uji UTM. Hasil penelitian dengan pengujian kuat tarik tidak langsung pada aspal modifikasi styrofoam mendapatkan hasil pada kadar aspal 5%, 5,5%, 6,0%, 6,5%, dan 7%  secara berturut-turut 524,05 Kpa, 600,35 Kpa, 689,44 Kpa, 589,52 Kpa, dan 515,44 Kpa. dimana hasil puncak didapatkan pada kadar aspal 6% yang berarti campuran aspal modifikasi styrofoam dapat bekerja maksimum menahan tarik dilapangan sebesar 689,44 Mpa. hasil kuata tekan bebas pada aspal modifikasi styrofoam menunjukan besar nilai pada kadar aspal 5%, 5,5%, 6,0%, 6,5%, dan 7%  secara berturut-turut 4.96 Mpa, 5,19 Mpa, 5,45 Mpa, 5,17 Mpa, dan 4,96 Mpa. Hasil puncak yang didapatkan pada kadar aspal 6% dengan demikian kinerja campuran dapat bekerja secara maksimum menhan dilapangan  sebesar 5,45 Mpa.Hasil penelitian dengan pengujian kuat tarik tidak langsung pada aspal penetrasi 60/70 mendapatkan hasil pada kadar aspal 4,5%, 5%, 5,5%, 6,0%, dan 6,5% secara berturut-turut 498,49 Kpa, 524,05 Kpa, 596,64 Kpa, 543,36 Kpa, dan 513,4 Kpa. dimana hasil puncak didapatkan pada kadar aspal 5,54% yang berarti campuran aspal penetrasi 60/70 dapat bekerja maksimum menahan tarik dilapangan sebesar 596,64 Mpa. hasil kuata tekan bebas pada aspal penetrasi 60/70 menunjukan besar nilai pada kadar aspal 4,5%, 5%, 5,5%, 6,0%, dan 6,5% secara berturut-turut 5,03 Mpa, 5,10 Mpa, 5,21 Mpa, 5,08 Mpa, dan 4,97 Mpa. Hasil puncak yang didapatkan pada kadar aspal 5,54% dengan demikian kinerja campuran dapat bekerja secara maksimum menhan dilapangan  sebesar 5,21 Mpa.
TINJAUAN DURABILITAS PENAMBAHAN KADAR 1,5% STYROFOAM PADA ASPAL PENETRASI 60/70 TERHADAP ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE (AC-WC) Arrum Kinanti; Djoko Sarwono; Ary Setyawan
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.59747

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia. Oleh karena itu, konstruksi perkerasan jalan yang dibangun harus baik dari segi kualitas. Ada banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas perkerasan jalan, contohnya adalah dengan memodifikasi campuran aspal menggunakan bahan tambah. Bahan tambah yang digunakan pada penelitian ini adalah styrofoam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keawetan (durable) dari campuran AC-WC dengan penambahan kadar 1,5% styrofoam dari berat aspal. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode perendaman dalam air pada suhu ±60°C dengan variasi waktu perendaman 30 menit, 24 jam, 48 jam, 72 jam dan 96 jam. Setelah perendaman, dilakukan pengujian Marshall dan analisis durabilitas. Parameter durabilitas yang digunakan adalah Indeks Kekuatan Sisa (IKS), Indeks Durabilitas Pertama (IDP) dan Indeks Durabilitas Kedua (IDK). Hasil penelitian yang dilakukan analisis durabilitas mendapatkan nilai IKS perendaman 24 jam sebesar 98,92%, nilai tersebut memenuhi syarat minimum yaitu 90% yang artinya campuran AC-WC dengan penambahan kadar 1,5% Styrofoam ini awet (durable) terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh pengaruh air dan suhu
STUDI IDENTIFIKASI DAN OPTIMALISASI BIAYA PROYEK RUMAH TINGGAL BERBASIS GREEN BUILDING DENGAN METODE VALUE ENGINEERING Sausan Ismu Hamduna; Fajar Sri Handayani; Ary Setyawan
Matriks Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): Juni
Publisher : Program Studi Teknik Sipil FT UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/mateksi.v10i2.57362

Abstract

Konsep green building merupakan salah satu solusi pengurangan kerusakan lingkungan, emisi karbon (penyebab utama pemanasan global), dan krisis energi. Pengimplementasian konsep ini masih sulit dari segi biaya, regulasi, sumber daya dan informasi material, serta metode kerja. Metode VE (Value Engineering) digunakan dengan mengetahui komponen pekerjaan yang bisa dioptimalkan sesuai nilai biaya dan nilai green building. Adapun tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan mengoptimalkan proyek berdasarkan biaya konstruksi, biaya operasi dan pemeliharaan, green material (efisiensi energi dan daya tahan material), K4 (dampak terhadap lingkungan), dan ketersediaan stok material ramah lingkungan. Metode yang digunakan berupa penilaian kualitatif (penilaian GREENSHIP HOMES, paired comparison, dan decision matrix analysis) serta kuantitatif (analisis life-cycle cost yang dikonversi menjadi nilai present-worth). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria yang paling diperhatikan responden dalam memilih material adalah ketersediaan stok material, sedangkan efisiensi energi tidak terlalu dipertimbangkan. Rekomendasi alternatif VE layak diimplementasikan pada item pekerjaan dinding bata (bata ringan), keramik lantai 2 (ubin glossy), kusen pintu tambahan dan jendela (kusen UPVC), serta rangka kanopi garasi samping dan rooftop (baja ringan) karena kinerjanya yang menguntungkan jika ditinjau dari nilai manfaat dari green building dan nilai penghematan dari life-cycle cost.

Page 1 of 2 | Total Record : 15