cover
Contact Name
Elan Jaelani
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Published by CV Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28083407     DOI : -
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan adalah jurnal dengan ISSN (2808-3407)Â yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumber daya manusia, kesehatan, Hukum, teknologi tepat guna, Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan dan UMKM.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan" : 9 Documents clear
PENYULUHAN PEMASARAN SABUN CAIR HASIL INDUSTRI MASYARAKAT DESA MALIGAS TONGAH TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN Sotarduga Sihombing
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.114 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i1.26

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah dalam rangka memberikan wawasan dan pemahaman terkait strategi pemasaran sebuah produk. Kegiatan ini melibatkan staholder perguruan tinggi dan sejumlah pegiat usaha UMKM produk sabun cair hasil industri. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat sejumlah strategi penasaran yang relevan dan cocok dan yang paling penting Melakukan strategi pemasaran harus dilakukan dengan rencana yang matang agar bisnis/kegiatan usaha berjalan lebih efektif. Jangan lupa juga melakukan pembukuan agar keuangan Anda lebih terkontrol. Jika pembukuan keuangan pada kegiatan usaha berantakan, tentunya ini akan mengakibatkan pelaporan keuangan yang tidak benar dan akan berdampak yang tidak baik untuk kesehatan bisnis atau usaha bagi Anda sendiri selaku pemilik usaha atau pemangku kepentingan lainnya.
Media Belajar Inovatif bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM dengan Konsep Service Learning Purwanti Dyah Pramanik; Mochamad Achmadi; Deivy Z Nasution
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.675 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.43

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan konsep service learning bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar melalui penggunaan media belajar inovatif bagi siswa  SDN 05 Pesanggarahan Jakarta Selatan. Narasumber dalam kegiatan PKM adalah tiga orang dosen, dan tujuh mahasiswa Diploma 4 Program Studi Pengelolaan Perhotelan Sekolah Pariwisata Trisakti (tim).  Kegiatan dilaksanakan pada bulan November – Desember  2018 di SDN 05. Kegiatan dilakukan dengan memberikan Pelatihan menggunakan media belajar yang menarik dan menyenangkan dengan memilih topik mengenal hewan, nomor, bentuk, dan warna dalam bahasa Inggris. Hasil Kegiatan PKM menunjukkan bahwa kegiatan PKM ini dapat meningkatkan semangat belajar,   bekerja sama, dan bersaing untuk menjadi yang terbaik pada siswa-siswa peserta.  Selain itu kegiatan PKM ini memberikan isnpirasi kepada pendidik SDN 05 untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan.
PELATIHAN MANAJEMEN USAHA DALAM MENINGKATKAN USAHA UMKM KULINER Mira Rahmi
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.213 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i1.29

Abstract

Jumlah Usaha Mikro Kecil serta Menengah (UMKM) ialah bagian yang besar dari pelaksana ekonomi secara totalitas. Tetapi pertumbuhan UMKM yang berkaitan dengan kemajuan teknologi  masih belum sesuai harapan. Proporsi UMKM yang memakai penjualan online masih rendah. Perihal itu diakibatkan oleh masih banyak UMKM yang belum memahami secara teknis tatacara penjualan online. Tujuan dari kegiatan  ini  adalah untuk mengembangkan  keahlian UMKM dalam manajemen secara universal,pemasaran digital  dan pencatatan keuangan. Pengembangan dan peningkatan yang dilakukan berupa pengembangan ketrampilan pembuatan perencanaan pemasaran, pemasaran digital dan pemahaman pencatatan keuangan  sehingga dapat berguna dalam mengembangkan usaha yang akan dijalankan di kemudian hari. Partisipan pelatihan sebanyak 34 usaha mikro, sebagian besar merupakan usaha kuliner yang diberi pelatihan manajemen yang mereka butuhkan. Hasil yang diperoleh dari aktivitas ini merupakan terjadinya mitra binaan kuliner yang lebih maju dalam pengelolaan serta penjualan produk secara online.
Membangun Kreativitas dan Literasi Keuangan di Masa Pandemi Covid-19 Trimulato Trimulato; Nasrullah Bin Sapa; Samsul Samsul; Supriadi Supriadi; Muhlis Muhlis; Asyraf Mustamin; St Hafsah Umar; Rizki Rahim
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.128 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.40

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan bagian dari Tridharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan. Semenjak kemunculan wabah pandemi covid-19 mengakibatkan banyak kegiatan sedikit berkurang, dan sangat terbatas. Dalam kondisi seperti ini produktifitas tetap harus dilaksanakan, banyak membutuhkan kegiatan untuk kegiatan tetap berjalan di masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan literasi keuangan syariah masyarakat. Kemudian untuk meningkatkan kreatifitas di masa pandemic, serta kegiatan sosial untuk masyarakat. Kegiatan ini melalui beberapa tahapan, peninjauan lokasi kegiatan, pengajuan izin kegiatan, penyusunan kegiatan, sampai dengan pelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan ini diharapkan dapatkan meningkatkan literasi keuangan syariah di tengah masyarakat di desa binaan kampung Amanah kota Makassar. Hadirnya barang dari hasil krativitas, serta kegiatan charity berbagai kegiatan untuk masyarakat.
MENANAMKAN PENDIDIKAN DAN NILAI-NILAI ISLAM DI ERA PANDEMI COVID-19 Dewi Mulyani; Dewi Mulyani
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1288.814 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i1.33

Abstract

Pelaksanaan KKN-DR dilakukan karena saat ini masih dalam masa pandemi covid-19 sehingga dilaksanakan di daerah masing-masing. Bentuk pengabdian aktivitasnya ialah sesuai dengan kemampuan dan keahlian mahasiswa pada masing-masing program studi peneliti. Karena banyak kegiatan yang dihentikan sementara termasuk belajar-mengajar, maka peneliti mengangkat judul menanamkan pendidikan dan nilai-nilai islam di era pandei covid-19. Tujuan dari pengabdian ialah ingin meneliti pentingnya pemberdayaan masyarakat dengan menghidupkan kembali rutinitas dalam bidang keagamaan. Metode yang digunakan ialah pembelajaran keagamaan dengan berbasis aplikatif belajar sambil bermain. Hasil dari penelitan ialah penanaman pendidikan dan nilai-nilai keislaman tertama kepada anak-anak menjadi sangat signifikan. Anak-anak menjadi mengetahui ilmu tajwid, semakin lancar membaca iqra’ dan Al-Quran. Anak-anak juga menjadi kaya akan pengetahuan dasar agama mengenai iman, islam dan ihsan serta dapat melafalkan doa-doa dalam kegiatan sehari-hari. Tak hanya itu, di Pondok Pesantren juga kegiatannya menjadi lebih hidup meskipun dalam situasi pandemi covid-19.
PROGRAM INOVATIF MAHASISWA GUNA MENGEMBANGKAN WISATA DAN BUDAYA PADA SITUS CANDI ARCA WARAK Novita Putri Diantanti; Alma Afridelila; Sugeng Agus Kurniawan; Ahmad Maulana Alam Alif; Miftakul Khusna
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.742 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.37

Abstract

Desa  Modangan  memiliki  potensi  untuk  dikembangkan menjadi  desa  wisata  dan budaya. Terdapat  peninggalan  budayaan  dari  kerajaan  majapahit  yang  bernama Arca Warak.  Arca Warak bukanlah situs arca tunggal, melainkan reruntuhan bangunan kuno dari masa klasik Hindu Budha. Situs ini terdiri dari beberapa arca dan batu-batu candi. Dalam Arca Warak baru tiga yang dapat diidentifikasi yaitu arca gajah, dan dua arca berfigur raksasa. Di lokasi Arca Warak juga terdapat kolam dengan sumber mata air yang cukup besar. Kemudian oleh masyarakat setempat dibuatkan pancuran sebagai upaya pemanfaatan sumber air tersebut. Air dari kolam yang sudah dialirkan melalui pancuran digunakan masyarakat untuk mandi dan mencuci pakaian. Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata kali ini mahasiswa berperan membantu pengembangan fasilitas di Arca Warak dengan  memberikan tempat sampah dan bangku, penanaman tanaman hias, serta membersihkan area   lokasi.   Kurang berkembangnya   potensi   wisata   menjadi  salah    satu   permasalahan   yang terjadi pada Desa Modangan. Tujuan diadakan program ini adalah untuk mendorong potensi wisata dan budaya yang ada di Desa Modangan, serta untuk menyebarkan situs Arca Warak sehingga dikenal oleh masarakat luas.
PENYULUHAN PENGENALAN ANTI FRAUD BAGI SISWA/I SMA DAN SMK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TINDAKAN KECURANGAN Ilham Ramadhan Ersyafdi; Habsyah Fitri Aryani; Nurul Fauziyyah
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.557 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i1.32

Abstract

This paper is a paper written based on the results of the implementation of Community Service for 190 students and several teachers at SMA Muhammadiyah 23 Jakarta and SMK Bina Harapan Ciseeng. The aim of this socialization is to provide an understanding of the various acts of fraud, dangers, and losses due to fraud. Moreover, students are able to instill anti-fraud character and attitude since school. In the implementation of this Community Service, there is a pre-test to find out students’ level of knowledge about fraud and the materials were delivered by andragogy method, which is a combination of lecture, discussion, and question and answer methods. Thus, the activity ended with a documentation session and providing souvenirs for the best questioners and answerers. The results obtained are that the term “fraud” and the level of understanding about fraud are still not familiar enough among these students so that through this activity it is hoped that they will be able to think and act ethically and help reduce, prevent, and eradicate fraud in the future.
Sosialisasi Etika Berbisnis Bagi Pelaku UMKM Dan Masyarakat Di Kecamatan Cilodong, Kota Depok Pusporini Pusporini; Desmintari Desmintari; Lina Aryani
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2268.019 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.39

Abstract

AbstrakProgram Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk sosialisasi pentingnya etika dalam berbisnis, karena kesadaran pelaku bisnis masih sangat kurang dalam beretika. Kecamatan  Cilodong terletak di wilayah pemerintahan Kota Depok, sebagian penduduk di Kecamatan Cilodong ini bekerja sebagai buruh, wiraswasta, pegawai dan bertani. Terdapat beberapa home industri serta dalam bidang agro bisnis. Tim Abdimas kami akan memberikan sosialisasi tentang etika berbisnis agar bisnisnya bisa bertahan lama. Perkembangan produk-produk buatan UMKM dan kelompok ibu-ibu di Kecamatan Cilodong ini belum maksimal. Diharapkan dengan adanya sosialisasi tentang etika berbisnis ini  dapat meningkatkan nilai jual dari produk-produk  buatan kelompok UMKM maupun kelompok Ibu-ibu rumah tangga di Kecamatan Cilodong Kota Depok. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatkan pengetahun tentang etika berbisnis. Kata kunci: Sosialisasi; Bisnis; UMKM
MENINGKATKAN OMSET UMKM PADA KONDISI NEW NORMAL MELALUI WORKSHOP SISTEM PEMASARAN DIGITAL (PADA DESA MARGAMULYA KEC. CILELES LEBAK BANTEN) Alfatih s
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.646 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i1.36

Abstract

Program abdimas yang kami laksanakan ini bersifat komprehensif untuk memberikan dorongan kepada masyarakat dan inisiatif Koperasi dan UMKM melalui pemberdayaan. Di dalam program ini terdapat pelatihan digital platform dan toko on line berupa kegiatan workshop.Tujuan dari dibentuknya program ini supaya bisa menciptakan 'Job creation', supaya pelaku usaha mikro bisa ditampung, dan diberi pelatihan-pelatihan. Nantinya pelaku UMKM yang sudah memenuhi kriteria naik kelas bisa terus berkembang. Di sisi lain, sesungguhnya new normal ini kita harapkan bisa menjadi momentum untuk peluang baik bagi para pelaku usaha lokal untuk bangkit dan maju.

Page 1 of 1 | Total Record : 9