cover
Contact Name
Elan Jaelani
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Published by CV Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28083407     DOI : -
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan adalah jurnal dengan ISSN (2808-3407)Â yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumber daya manusia, kesehatan, Hukum, teknologi tepat guna, Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan dan UMKM.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 119 Documents
PENDAMPINGAN PENGGUNAAN IASP2020 UNTUK MENINGKATKAN KELAYAKAN AKREDITASI SEKOLAH DI SMA YPPK ASISI SENTANI TAHUN 2021 Willius Kogoya; H Uruwaya
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 1 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.212 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v2i1.182

Abstract

Kelayakan sebuah satuan pendidikan ditunjukan salah satunya oleh status Akreditasi sekolah tersebut. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 60 ayat (1) menyatakan bahwa Akreditasi berfungsi menentukan kelayakan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang pendidikan. Kelayakan tersebut mencakup komponen pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana sekolah, kurikulum yang diberlakukan, dan persyaratan lainnya sebagaimana terdaftar dalam Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP). Persyaratan tersebut bukan hal yang sulit, namun karena minimnya pengetahuan dan keterampilan akademik pada satuan pendidikan, menuntut adanya pendampingan pengisian IASP yang bertujuan menolong satuan pendidikan dalam memahami kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat terAkreditasi. Dengan metode ceramah, tanya jawab, dan simulasi, penulis melaksanakan pengabdian dengan tema “Pendampingan Penggunaan IASP2020 untuk Meningkatkan Kelayakan Akreditasi Sekolah Di SMA YPPK Asisi Sentani Tahun 2021”, yang diikuti tiga puluh orang peserta ditambah tiga orang narasumber utusan dari Badan Akreditasi Nasional.
Pelatihan Implementasi Pembelajaran Tematik (Learning by Doing) Berbasis Diversity dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Era Digital Fery Muhamad Firdaus; Anwar - Senen
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.516 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.38

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan dari kelompok sasaran. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada guru SD dalam mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran tematik berbasis diversity dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar di era digital. Pelatihan dan pendampingan ini diikuti oleh 40 guru SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Metode yang digunakan dalam PPM ini yaitu pelatihan, diskusi dan curah pendapat, serta pendampingan dalam merancang RPP berdiferensiasi dan melaksanakan pembelajaran tematik berbasis diversity dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar di era digital. Adapun tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan tindak lanjut. Berdasarkan postes dan penilaian terhadap produk yang dihasilkan peserta, maka pemahaman dan keterampilan peserta untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran tematik berbasis diversity dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar di era digital dapat dinyatakan sudah terampil dan baik.
PENYULUHAN PEMASARAN SABUN CAIR HASIL INDUSTRI MASYARAKAT DESA MALIGAS TONGAH TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN Sotarduga Sihombing
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.114 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i1.26

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah dalam rangka memberikan wawasan dan pemahaman terkait strategi pemasaran sebuah produk. Kegiatan ini melibatkan staholder perguruan tinggi dan sejumlah pegiat usaha UMKM produk sabun cair hasil industri. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat sejumlah strategi penasaran yang relevan dan cocok dan yang paling penting Melakukan strategi pemasaran harus dilakukan dengan rencana yang matang agar bisnis/kegiatan usaha berjalan lebih efektif. Jangan lupa juga melakukan pembukuan agar keuangan Anda lebih terkontrol. Jika pembukuan keuangan pada kegiatan usaha berantakan, tentunya ini akan mengakibatkan pelaporan keuangan yang tidak benar dan akan berdampak yang tidak baik untuk kesehatan bisnis atau usaha bagi Anda sendiri selaku pemilik usaha atau pemangku kepentingan lainnya.
Inovasi Produk pada UMKM Tara Bakery Padang ozi azary; Dinul Aziza Fitri; Diva Somya Refinda; Meylan Puspa Sari; Wera Reprita Sari; Ramdani Bayu Putra
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.39 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i2.46

Abstract

Menghadapi persaingan yang semakin kompetitif menuntut pelaku usaha untuk mencari solusi baru dalam mengembangkan usahanya, khususnya dalam hal pengembangan produk strategi inovasi perlu dikembangkan dan dilakukan tanpa inovasi pelaku usaha akan mati sebaliknya pelaku usaha yang melakukan inovasi secara terus menerus akan dapat mendominasi pasar, dengan keatifitas, model dan penampilan produk yang baru. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui inovasi produk pada UMKM Tara Bakery Padang. Metode yang dilakukan dengan mewawancarai pemilik usaha dalam menerapkan inovasi produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Umkm Tara Bakery Padang telah menerapkan enam jenis inovasi produk yang terdiri dari : inovasi produk berbasis modulasi, inovasi produk berbasis ukuran, inovasi produk berbasis kemasan, inovasi produk berbasis desain, inovasi produk berbasis pengembangan bahan komplementer, inovasi produk  berbasis pengurangan upaya. Berdasarkan kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa Umkm Tara Bakery Padang akan memberikan pemahaman pentingnya inovasi produk untuk meningkatkan kualitas dan penjualan usaha yang sedang dilakukan. Kata kunci: inovasi produk, produk, umkm Tara Bakery Padang
Media Belajar Inovatif bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM dengan Konsep Service Learning Purwanti Dyah Pramanik; Mochamad Achmadi; Deivy Z Nasution
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.675 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.43

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan konsep service learning bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar melalui penggunaan media belajar inovatif bagi siswa  SDN 05 Pesanggarahan Jakarta Selatan. Narasumber dalam kegiatan PKM adalah tiga orang dosen, dan tujuh mahasiswa Diploma 4 Program Studi Pengelolaan Perhotelan Sekolah Pariwisata Trisakti (tim).  Kegiatan dilaksanakan pada bulan November – Desember  2018 di SDN 05. Kegiatan dilakukan dengan memberikan Pelatihan menggunakan media belajar yang menarik dan menyenangkan dengan memilih topik mengenal hewan, nomor, bentuk, dan warna dalam bahasa Inggris. Hasil Kegiatan PKM menunjukkan bahwa kegiatan PKM ini dapat meningkatkan semangat belajar,   bekerja sama, dan bersaing untuk menjadi yang terbaik pada siswa-siswa peserta.  Selain itu kegiatan PKM ini memberikan isnpirasi kepada pendidik SDN 05 untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan.
Maintenance Of Local Languages Through Assistance Of Local Content Teachers In Elementary School Yunie Amalia Rakhmyta
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 1 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.474 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v2i1.177

Abstract

 One of the opportunities to strengthen the resilience of local languages is through local content subjects. The unavailability of reference standards in developing local content curricula in primary schools confuses teachers in projecting the targets to be achieved. The unavailability of the competency standard formulation has caused the field of study of local content to differ from one elementary school to another. Currently, the field of study of local content is taught by teachers who do not have special qualifications. Some teachers are appointed with religious education, sports education, art education. With this background, teachers often do not have references to representative local languages have not mastered the rules of local languages well. Under these conditions, training and mentoring efforts are needed. This service activity is carried out with a strategy starting with need assessment, FGD, curriculum formulation, teacher assistance, and monitoring and evaluation. This service aims to awaken teacher and student awareness about the importance of maintaining local languages and references in learning local content in the form of draft teaching materials. 
Pendampingan Produk Unggulan Dimasa Pandemi Covid 19 pada Badan Usaha Amal Nasyiatul Aisyiyah (BUANA) Mabarakkana Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan Sebagai Upaya Meningkatkan Omset Penjualan Agusdiwana Suarni; Sahrullah Sahrullah; Sri Wahyuni
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.926 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.115

Abstract

Program pengabdian Masyarakat (PKM), memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh para pengurus BUANA Mabarakkana untuk meningkatkan omset Penjualan dan Usaha ini terbilang baru dan masih banyak hal yang perlu dibenahi diantaranya Produk Unggulan, Produksi, Manajemen Usaha dan Pemasaran. Target khusus yang ingin dicapai yaitu BUANA Mabarakka’NA Peningkatan pemberdayaan Mitra dalam hal produksi, manajemen dan pemasaran meningkat setelah kegiatan PKM sehingga omset yang diharapakan sesuai dengan target dari pencapaian pengurus Buana Mabarak.Metode pelaksanaan kegiatan PKM, yaitu 3 tahapan (1) Pelatihan, (2) Pendampingan sampai kepada (3) evaluasi keberhasilan kegiatan yang dimana pelaksanaan kegiatannya akan di lakukan secara via daring (online ) dan offline. Pelaksanaan kegiatan pelatihan diantaranya adalah  (1) Kegiatan Produksi dengan pembuatan logo, brosur, packaging yang menarik, (2) Manajemen, pendampingan tata kelola keuangan sederhana, pelatihan manajemen usaha  dan ilmu berwirausaha, (3) Pemasaran dengan pelatihan membuat brosur, brand, akun sosmed (Whatsapp, Facebook, Instragram), cara menghubungi pelanggang tanpa biaya iklan. Kegiatan PKM ini memberikan pemahaman yang mendalam kepada Staff Buana Mabarakka’NA dan omset penjualan meningkat.
PELATIHAN MANAJEMEN USAHA DALAM MENINGKATKAN USAHA UMKM KULINER Mira Rahmi
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.213 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i1.29

Abstract

Jumlah Usaha Mikro Kecil serta Menengah (UMKM) ialah bagian yang besar dari pelaksana ekonomi secara totalitas. Tetapi pertumbuhan UMKM yang berkaitan dengan kemajuan teknologi  masih belum sesuai harapan. Proporsi UMKM yang memakai penjualan online masih rendah. Perihal itu diakibatkan oleh masih banyak UMKM yang belum memahami secara teknis tatacara penjualan online. Tujuan dari kegiatan  ini  adalah untuk mengembangkan  keahlian UMKM dalam manajemen secara universal,pemasaran digital  dan pencatatan keuangan. Pengembangan dan peningkatan yang dilakukan berupa pengembangan ketrampilan pembuatan perencanaan pemasaran, pemasaran digital dan pemahaman pencatatan keuangan  sehingga dapat berguna dalam mengembangkan usaha yang akan dijalankan di kemudian hari. Partisipan pelatihan sebanyak 34 usaha mikro, sebagian besar merupakan usaha kuliner yang diberi pelatihan manajemen yang mereka butuhkan. Hasil yang diperoleh dari aktivitas ini merupakan terjadinya mitra binaan kuliner yang lebih maju dalam pengelolaan serta penjualan produk secara online.
STRATEGI PEMASARAN INOVATIF USAHA KOSMETIK DITENGAH PANDEMI COVID-19 dini aulya putri; icha silviana sari; intan nur cahyati; suci annisa; sukma maskami; ramdani bayu putra
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.449 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i2.64

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 yang menyebabkan pandemi global yang berdampak pada seluruh perekonomian dunia. Banyak perusahaan yang terkena dampak pandemi ini, tak ada perusahaan kosmetik. Pembatasan sosial besar, ketentuan Work-From- Home telah sangat mengurangi kebutuhan penggunaan kosmetik oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk membahas upaya strategi inovatif apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan kosmetika dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19, serta membahas dari strategi pemasaran inovatif tersebut terhadap keberlangsungan bisnis kosmetika. Artikel ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari berbagai literatur seperti artikel, buku, dan fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan pasal tersebut, diketahui bahwa perusahaan perlu melengkapi aspek fisik, digital, dan sosial dalam usaha. Hal ini disebabkan perubahan konsumen menjadi konsumen serba digital di masa pandemi ini.
Membangun Kreativitas dan Literasi Keuangan di Masa Pandemi Covid-19 Trimulato Trimulato; Nasrullah Bin Sapa; Samsul Samsul; Supriadi Supriadi; Muhlis Muhlis; Asyraf Mustamin; St Hafsah Umar; Rizki Rahim
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 1 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.128 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.40

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan bagian dari Tridharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan. Semenjak kemunculan wabah pandemi covid-19 mengakibatkan banyak kegiatan sedikit berkurang, dan sangat terbatas. Dalam kondisi seperti ini produktifitas tetap harus dilaksanakan, banyak membutuhkan kegiatan untuk kegiatan tetap berjalan di masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan literasi keuangan syariah masyarakat. Kemudian untuk meningkatkan kreatifitas di masa pandemic, serta kegiatan sosial untuk masyarakat. Kegiatan ini melalui beberapa tahapan, peninjauan lokasi kegiatan, pengajuan izin kegiatan, penyusunan kegiatan, sampai dengan pelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan ini diharapkan dapatkan meningkatkan literasi keuangan syariah di tengah masyarakat di desa binaan kampung Amanah kota Makassar. Hadirnya barang dari hasil krativitas, serta kegiatan charity berbagai kegiatan untuk masyarakat.

Page 1 of 12 | Total Record : 119