cover
Contact Name
Elan Jaelani
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Published by CV Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28083407     DOI : -
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan adalah jurnal dengan ISSN (2808-3407)Â yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumber daya manusia, kesehatan, Hukum, teknologi tepat guna, Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan dan UMKM.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan" : 8 Documents clear
Pelatihan Implementasi Pembelajaran Tematik (Learning by Doing) Berbasis Diversity dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Era Digital Fery Muhamad Firdaus; Anwar - Senen
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.516 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.38

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan dari kelompok sasaran. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada guru SD dalam mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran tematik berbasis diversity dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar di era digital. Pelatihan dan pendampingan ini diikuti oleh 40 guru SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Metode yang digunakan dalam PPM ini yaitu pelatihan, diskusi dan curah pendapat, serta pendampingan dalam merancang RPP berdiferensiasi dan melaksanakan pembelajaran tematik berbasis diversity dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar di era digital. Adapun tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan tindak lanjut. Berdasarkan postes dan penilaian terhadap produk yang dihasilkan peserta, maka pemahaman dan keterampilan peserta untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran tematik berbasis diversity dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar di era digital dapat dinyatakan sudah terampil dan baik.
Inovasi Produk pada UMKM Tara Bakery Padang ozi azary; Dinul Aziza Fitri; Diva Somya Refinda; Meylan Puspa Sari; Wera Reprita Sari; Ramdani Bayu Putra
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.39 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i2.46

Abstract

Menghadapi persaingan yang semakin kompetitif menuntut pelaku usaha untuk mencari solusi baru dalam mengembangkan usahanya, khususnya dalam hal pengembangan produk strategi inovasi perlu dikembangkan dan dilakukan tanpa inovasi pelaku usaha akan mati sebaliknya pelaku usaha yang melakukan inovasi secara terus menerus akan dapat mendominasi pasar, dengan keatifitas, model dan penampilan produk yang baru. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui inovasi produk pada UMKM Tara Bakery Padang. Metode yang dilakukan dengan mewawancarai pemilik usaha dalam menerapkan inovasi produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Umkm Tara Bakery Padang telah menerapkan enam jenis inovasi produk yang terdiri dari : inovasi produk berbasis modulasi, inovasi produk berbasis ukuran, inovasi produk berbasis kemasan, inovasi produk berbasis desain, inovasi produk berbasis pengembangan bahan komplementer, inovasi produk  berbasis pengurangan upaya. Berdasarkan kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa Umkm Tara Bakery Padang akan memberikan pemahaman pentingnya inovasi produk untuk meningkatkan kualitas dan penjualan usaha yang sedang dilakukan. Kata kunci: inovasi produk, produk, umkm Tara Bakery Padang
Pendampingan Produk Unggulan Dimasa Pandemi Covid 19 pada Badan Usaha Amal Nasyiatul Aisyiyah (BUANA) Mabarakkana Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan Sebagai Upaya Meningkatkan Omset Penjualan Agusdiwana Suarni; Sahrullah Sahrullah; Sri Wahyuni
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.926 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i3.115

Abstract

Program pengabdian Masyarakat (PKM), memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh para pengurus BUANA Mabarakkana untuk meningkatkan omset Penjualan dan Usaha ini terbilang baru dan masih banyak hal yang perlu dibenahi diantaranya Produk Unggulan, Produksi, Manajemen Usaha dan Pemasaran. Target khusus yang ingin dicapai yaitu BUANA Mabarakka’NA Peningkatan pemberdayaan Mitra dalam hal produksi, manajemen dan pemasaran meningkat setelah kegiatan PKM sehingga omset yang diharapakan sesuai dengan target dari pencapaian pengurus Buana Mabarak.Metode pelaksanaan kegiatan PKM, yaitu 3 tahapan (1) Pelatihan, (2) Pendampingan sampai kepada (3) evaluasi keberhasilan kegiatan yang dimana pelaksanaan kegiatannya akan di lakukan secara via daring (online ) dan offline. Pelaksanaan kegiatan pelatihan diantaranya adalah  (1) Kegiatan Produksi dengan pembuatan logo, brosur, packaging yang menarik, (2) Manajemen, pendampingan tata kelola keuangan sederhana, pelatihan manajemen usaha  dan ilmu berwirausaha, (3) Pemasaran dengan pelatihan membuat brosur, brand, akun sosmed (Whatsapp, Facebook, Instragram), cara menghubungi pelanggang tanpa biaya iklan. Kegiatan PKM ini memberikan pemahaman yang mendalam kepada Staff Buana Mabarakka’NA dan omset penjualan meningkat.
STRATEGI PEMASARAN INOVATIF USAHA KOSMETIK DITENGAH PANDEMI COVID-19 dini aulya putri; icha silviana sari; intan nur cahyati; suci annisa; sukma maskami; ramdani bayu putra
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.449 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i2.64

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 yang menyebabkan pandemi global yang berdampak pada seluruh perekonomian dunia. Banyak perusahaan yang terkena dampak pandemi ini, tak ada perusahaan kosmetik. Pembatasan sosial besar, ketentuan Work-From- Home telah sangat mengurangi kebutuhan penggunaan kosmetik oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk membahas upaya strategi inovatif apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan kosmetika dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19, serta membahas dari strategi pemasaran inovatif tersebut terhadap keberlangsungan bisnis kosmetika. Artikel ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari berbagai literatur seperti artikel, buku, dan fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan pasal tersebut, diketahui bahwa perusahaan perlu melengkapi aspek fisik, digital, dan sosial dalam usaha. Hal ini disebabkan perubahan konsumen menjadi konsumen serba digital di masa pandemi ini.
PERAN TEKNOLOGI DARING DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI PADA WARGA RT.010 TEGAL PARANG Faroman Syarief; Kurniawan Prambudi Utomo; Sinta Rukiastiandari; Widiarina Widiarina; Yunita Yunita
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.561 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i2.31

Abstract

Saat ini dunia pendidikan  menggunakan media sosial menjadi salah satu strategi yang dianggap efektif dan efisien didalam masa pandemic Covid 19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun, karena pendidikan harus terus berjalan, sehingga pembelajaran mandiri menjadi kuncinya untuk menjadi pembelajar sejati, Selain itu, media social seperti teknologi daring juga terbukti menjadi media yang tepat untuk  interaktif, fleksibel, dan menyajikan fitur-fitur mendukung proses belajar mengajar. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Zoom, Google Meet elearning dal lainnya mampu memberikan solusi pembelajaran secara daring. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memotivasi para guru, dosen, dan peserta didik dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar secara digital melalui teknologi digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan diskusi menggunakan power point dengan alat bantu LCD proyektor. Luaran yang diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian ini adalah para guru, dan peserta didik dapat lebih mengenal dan mengoptimalkan fungsi fitur-fitur yang telah disediakan oleh teknologi daring untuk kegiatan belajar dan mengajar dimasa pandemic covid 19.
PELATIHAN MANAJEMEN USAHA DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM UD. ANYAR SARI Mertyani Sari Dewi; Ni Nyoman Juli Nuryani; I Putu Agus Adnyana
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.368 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i2.90

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengadakan Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Upaya Pengembangan UMKM. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh UMKM UD. Anyar Sari yaitu pada aspek MSDM yaitu pada pelayanan terhadap konsumen, selain itu juga pada aspek pemasarannya khususnya dibagian internet marketing dan aspek keuangan yaitu pencatatan keuangan. Metode yang digunakan yaitu wawancara dan observasi, setelah mengetahui permasalahan pada UMKM UD. Anyar Sari yaitu dilakukan pembinaan khusus pada aspek MSDM, Pemasaran dan Keuangan. Dari hasil penelitian produk dodol UMKM UD. Anyar Sari sudah menggunakan label dan sudah dapat mencatat keuangan dengan baik.
STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN (PADA CAFE RAJO CORNER DI PADANG) Emmelia Eka Putri; Febri Yuliandri; Intan Yulia Rahayu; Julfiani Duha; Putri Salmia; Ramdani Bayu
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.823 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i2.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi pemasaran yang dilakukan dalam upaya meningkatkan omzet penjualan pada Cafe Rajo Corner, kendala yang dihadapi Cafe Rajo Corner dalam menerapkan strategi pemasarannya dan upaya yang dilakukan Cafe Rajo Corner untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cafe Rajo Corner mengalami masalah yakni terjadi penurunan omzet penjualan Pada saat masa pandemi Covid-19 . Untuk mengatasi hal demikian, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar omzet penjualan dapat kembali meningkat di masa yang akan datang. Setelah dilakukan penelitian dan pengamatan, strategi pemasaran yang dilakukan oleh Cafe Rajo Corner adalah menerapkan strategi marketing mix (bauran pemasaran).
OPTIMALISASI KONSEP UNIK UMKM SEVENTH PISTON PADANG DALAM BERTAHAN DAN BERKEMBANG AGAR TETAP MENJADI PILIHAN HANG OUT KAWULA MUDA DI MASA PANDEMI Galaxy Berliyana, Febrida, Fita, Natasya, Sinta
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 1, No 2 (2021): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.159 KB) | DOI: 10.59818/jpm.v1i2.70

Abstract

Kedai kopi merupakan salah satu bisnis yang berkembang pesat di kalangan masyarakat. Selain sebagai tempat menikmati kopi, kedai kopi juga kerap menjadi tempat berkumpul bersama rekan dan kerabat terutama bagi konsumen usia muda. Namun demikian, kondisi pandemi mengubah kondisi berbagai kedai kopi yang terbilang ramai menjadi sepi dan mengalami penurunan sebelumnya omset yang drastis. Pemberlakukan acara sosial besar (PSBB) membuat sebagian besar kegiatan di pasar berkurang karena ekonomi masyarakat turun, maka dibutuhkanlah yang namanya strategi kreatif untuk menarik pelanggan. Kegiatan PBL ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang cara menjadi wirausahawan yang sukses dan kedai kopi Seventh Piston dapat menemukan solusi terbaik dalam taktik menarik pelanggan lebih banyak dimasa pandemi. Objek dalam PBL ini adalah UMKM kedai kopi Seventh Piston yang berlokasi di Padang. PBL ini menerapkan metode eksplorasi yang menyerupai riset aksi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik mengumpulkan data melalui interview serta mempelajari sumber-sumber yang relevan dari artikel jurnal peneliti terdahulu (state of the art) dan berita-berita. Hasil PBL menunjukkan bahwa keberanian, fokus, pantang menyerah dan terus ingin belajar merupakan langkah sukses yang membawa Seventh Piston menjadi seperti sekarang. Hasil PBL ini juga meningkatkan penjualan dan membantu kedai kopi Seventh Piston untuk dapat meningkatkan penjualan selama pandemi Covid-19. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8