cover
Contact Name
Elan Jaelani
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Published by CV Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28083407     DOI : -
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan adalah jurnal dengan ISSN (2808-3407)Â yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumber daya manusia, kesehatan, Hukum, teknologi tepat guna, Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan dan UMKM.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan" : 13 Documents clear
MEMBANGUN JIWA ENTERPRENEUR PADA GENERASI MILENIAL DI SMAK SWADHIPA NATAR LAMPUNG SELATAN Astrid Aprica Isabella
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.304

Abstract

Peranan generasi milenial saat ini sangat besar untuk membangun bangsa. Cara berpikir generasi milenial yang luas dapat membuat perubahan dan dapat menjadi pelopor bukan hanya mengikuti trend yang sudah ada, akan tetapi dapat menciptakan hal-hal yang baru di masyarakat. Untuk bisa menghasilkan wirausaha-wirausaha muda bukan sesuatu hal yang mudah, karena seseorang yang mempunyai jiwa entrepreneur adalah mereka yang percaya diri, berorientasi ke masa depan, kreativitas dan inovasi. Pengusaha/entreprenuer tidak hanya memikirkan kesuksesan dirinya, tapi pengusaha juga harus memiliki kepedulian untuk mengajak orang lain menjadi maju. Menjadikan orang-orang yang lain menjadi sukses akan berdampak pada bertambahnya jumlah pengusaha yang ada di indonesia ini, sehingga akan mempercepat prosesberjalannya pembangunan di indonesia ini. Generasi milenial perlu diberikan  pemahaman dan pendampingan secara kontinu dalam rangka menumbuhkan jiwa entrepreneur. Enterpreneur sangat dibutuhkan demi kemajuan dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia.
Edukasi COVID-19 pada Warga Madras Hulu Petisah Tengah Medan Ahmad Purnawarman Faisal
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.251

Abstract

Coronavirus 2019 (Covid-19) is an infectious disease caused by the acute respiratory syndrome coronavirus 2 (Sars-CoV-2). The outbreak of this disease has shaken the world community so much, that almost 200 countries in the world have been infected by this virus, including Indonesia. Various efforts to prevent the spread of the Covid-19 virus have also been carried out by governments in countries around the world to break the chain of the spread of the Covid-19 virus, which is referred to as lockdown and social distancing. The method used in this community service activity is the participatory community empowerment method with the Particatory Rural Appraisal (PRA) model, which is a method that emphasizes community involvement in all activities carried out. This Community Service is carried out with COVID-19 counseling and COVID-19 Pharmacology Therapy. Results of Community Service Respondents have been exposed to COVID-19 and how to prevent it with health protocols according to the WHO circular and the COVID-19 Task Force. The category of respondents' knowledge about COVID-19 has increased from 11.5% to 94.3%.
SOSIALISASI DAMPAK EMISI (ASAP) DARI SUMBER TIDAK BERGERAK KEPADA PENGELOLA INDUSTRI DI KAPANEWON SLEMAN Naris Dyah Prasetyawati
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.263

Abstract

Permasalahan pencemaran lingkungan terbesar yang dihadapi manusia dan makhluk hidup lainnya saat ini adalah pencemaran udara. Asap pabrik merupakan salah satu penyebab utama terjadinya pencemaran udara. Gas buang yang dihasilkan oleh proses produksi di suatu pabrik memiliki kandungan yang berbahaya bagi lingkungan, terutama makhluk hidup. Provinsi DI Yogyakarta memiliki 55 industri yang terpantau menggunakan cerobong asap dan terdaftar di Direktorat pengendalian pencemaran udara. Organisasi Kesehatan dunia merilis data sebanyak 90% populasi didunia bernafas dengan udara yang tidak sehat. Menurut WHO kekosongan informasi tentang kualitas udara telah menghalangi tindakan pencegahan yang seharusnya dilakukan pemerintah ataupun pihak-pihak terkait dalam mengatasi masalah lingkungan. Ketidaktauan masyarakat juga menjadi salah satu factor yang menyebabkan kurangnya perhatian terhadap upaya pengendalian pencemaran udara yang terjadi di lingkungannya. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mensosialisasikan dampak emisi (asap) yang dihasilkan oleh sumber tidak bergerak kepada pengelola industry yang ada di Kapanewon Sleman. Hasil kegiatan menunjukkan selama ini pada pengelola industry kecil dan mikro belum tersosialisasi dampak emisi (asap) terhadap Kesehatan dan lingkungan. Pengelola industry yang hadir antusisa untuk melakukan pemantauan lingkungan fisik dan melakukan upaya pengendalian pencemaran udara dari hasil proses produksi yang dilakukan.
PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGELOLAAN KEUANGAN REZA LAUNDRY DI RUKO EMERALD JAYA SEMARANG Surjawati ,; Amerti Irvin Widowati; Nirsetyo Wahdi
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.280

Abstract

Reza laundry merupakan salah satu usaha mencuci dan menyetrika pakaian, bed cover, sprei, boneka yang berlokasi di ruko Emerald Jaya blok C No 9 Semarang. Usaha ini mulai dijalankan pada tahun 2015, dan sudah pindah blok tiga kali, dalam satu komplek ruko yang sama. Usaha ini pertama kali dijalankan dengan nama Barokah laundry, namun pelaku usaha yang Bernama Reza pambudi akhirnya memakai namanya sendiri untuk menggantikan nama Barokah.           Saat usaha mulai dijalankan, Reza tidak langsung mendapatlkan konsumen yang menggunakan jasanya. Setelah usaha berjalan sekitar 8 bulan, barulah Reza mendapatkan konsumen pertama. Seiring berjalannya waktu, usaha laundry ini dapat berkembang. Saat pandemic mulai melanda Indonesia sekitar bulan Maret 2020, usaha laundry inipun terkena dampaknya. Pendapatan turun sekitar 70 persen, dan akhir-akhir ini membaik Kembali meskipun tetap naik turun.            Masalah yang berkaitan dengan keuangan dalam usaha ini adalah tidak meratanya arus kas masuk setiap bulannya, dikarenakan banyak pelanggan yang menunda mengambil laundry an walaupun sudah selesai dikerjakan. Penundaan ini tentu berkaitan dengan arus kas yang masuk, yang juga tertunda. Diperlukan pemahaman dan kemampuan bagi pemilik usaha untuk dapat membuat arus kas masuk ini stabil untuk setiap bulannya agar usaha ini dapat berjalan dengan lancar.
PEMBUATAN WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA PROMOSI DAN PENINGKATAN DAYA TARIK WISATAWAN PADA DESA WISATA DONOWATI Cinthya Silvy Angelina
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.260

Abstract

ABSTRAK            Semakin berkembang teknologi saat ini, semakin memaksa pula pengelola wisata mengikuti perubahan untuk meningkatkan daya tarik wisatanya. Kurangnya sumber daya manusia yang melek akan teknologi juga menjadi salah satu penghambat dalam mempromosikan dan meningkatkan daya tarik tempat wisata ke dunia yang lebih luas. Wisata Kampung Seni lan Budoyo yang berada di Donowati, Sukomanunggal, Kota Surabaya, berupaya meningkatkan daya tarik untuk meningkatkan wisatawan dan eksistensi Desa wisata agar lebih dikenal oleh masyarakat.            Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu merangkum hasil observasi dan wawancara dengan pengelola wisata dan warga sekitar Desa Donowati yang kemudian diolah sebagai data primer. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan, upaya yang dapat meningkatkan daya tarik serta keesksistensian Desa adalah dengan pembuatan Website dan Media Sosial Instagram serta mempromosikannya agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas.Kata Kunci: Peningkatan Daya Tarik Wisata, Peningkatan Branding Wisata, Peningkatan Promosi Wisata, Pariwisata ABSTRACTThe more advanced technology nowadays, the more it forces tourism managers to follow changes to increase tourist attraction. The lack of human resources who are technologically literate is also one of the obstacles in promoting and increasing the attractiveness of tourist attractions to the wider world. The Seni Lan Budoyo Village located in Donowati, Sukomanunggal, Surabaya City, seeks to increase its attractiveness to increase tourists and the existence of tourist villages to be better known by the public.The method used in this service activity is a descriptive qualitative method, which summarizes the results of observations and interviews with tourism managers and residents around Donowati Village which are then processed as primary data. Based on the results of community service carried out, efforts that can increase the attractiveness and existence of the Village are by creating a Website and Instagram Social Media and promoting it so that it can be achieved by the wider community.Keywords: Improving the Tourism Attractiveness, Improving the Tourism Brand, Improving the Tourism Promotion, Tourism
Penyuluhan E-Commerce sebagai Peluang Ekonomi Karang Taruna Desa Sukmajaya Kabupaten Bogor Hesti Rosdiana; Shanti Darmastuti; Andi Kurniawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.268

Abstract

In today's economic development, knowledge and information are developing into one of the main production factors that require technological improvement and innovation to create sustainable economic development. One of its forms is the presence of e-commerce as a means that can help economic activities run more easily and quickly. The improvement of information and technology in supporting e-commerce activities is important to be followed by the community today. In this regard, community service is focused on educating the understanding of e-commerce to increase the economic opportunity of Karang Taruna Sukmajaya Village. This activity was carried out based on the results of discussions with the management of Karang Taruna Sukmajaya Village who wanted to find out more about the economic opportunities of e-commerce. want to find out more about the economic opportunities of e-commerce. In addition, some karang Taruna administrators also have businesses such as in the field of workshops and fisheries, it's just that the marketing method is not based on digital technology. Through this activity, it is hoped that digital literacy related to e-commerce can be a provision in taking advantage of existing economic opportunities. In this case, at least the businesses that have been carried out by the Karang Taruna management can use digital technology to promote their business more broadly. The method used in this service is by providing counseling to the Sukmajaya Village Cadet Reef. The result of this activity is the increasing knowledge and understanding of partners about e-commerce as one of the applications in building the economy of its citizens.
PELATIHAN PEMBUATAN JURNAL UNTUK LAPORAN KEUANGAN UMKM Wyati Saddewisasi; Djoko Santoso; Surjawati ,
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.292

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pelatihan agar para peserta pelatihan mampu memahami proses pembuatan jurnal sebagai langkah awal dalam penyusunan laporan keuangan dengan sistem akuntansi. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dilakukan dengan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Berdasarkan  hasil evaluasi, setelah peserta mengikuti pelatihan mereka mampu memahami pembuatan jurnal 95%. Dalam latihan yang di kerjakan secara langsung masih terdapat kesalahan membuat jurnal, hal ini disebabkan karena masih terdapat kekeliruan dalam membuat analisis transaksi. Akibat kesalahan membuat jurnal adalah kesalahan dalam posting ke buku besar. Kesalahan tersebut berakibat pembuatan laporan keuangan menjadi salah.
Pemberdayaan Komunitas Tukang Becak Bengawan Solo Kelurahan Bunulrejo Kota Malang Melalui Ekonomi Kreatif Amri Amri; Rasyik Adila
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.265

Abstract

This assistance aims to how the mentoring process carried out can achieve the target of the wishes of the rickshaw community by maximizing the Assets and Bases they have through the creative economy. The mentoring method used in the community empowerment process is to use the ABCD Method, which is a method that is carried out by maximizing the potentials of the community to be accompanied. The results of this assistance resulted in a positive impact, namely the First several Bengawan Solo Rickshaw Maker Communities in Malang City had dared to make additional work by making handicrafts. The second is that one of the rickshaw-making communities dares to open a small coffee shop to encourage the family's economy by increasing work activities through selling coffee and fried foods. The third goal of community empowerment in this case the becak community in Bunulrejo Village, Malang City is successful to do which is evidenced through the willingness of rickshaw drivers to increase family income through the creative economy can be done, not only as a rickshaw driver whose income is low
EFEKTIVITAS DISTRIBUSI PROGRAM BANSOS BERAS PERUM BULOG CABANG GORONTALO DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Distribusi Beras di Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo) Zainal Abidin; Ulfira Ashari; Supriadi S. Djafar
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.257

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui mekanisme Distribusi Program Bantuan Sosial Beras dan Efektivitas Distribusi Program Bantuan Sosial Beras Di Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini melalui pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dengan penyajian secara deskriptif melalui indikator empat tepat yaitu (tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat kualitas). Penentuan populasi dan teknik pengambilan sampel oleh 90 responden Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terbesar di Kota Gorontalo yaitu Kecamatan Kota Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme distribusi Program Bantuan Sosial Beras perum BULOG di masa Covid19 berlangsung sesuai pedoman dan telah berjalan dengan baik. Distribusi Bantuan Sosial Beras untuk indikator tepat waktu jumlah persentase 97.22 % sehingga dapat dikategorikan sangat efektif, indikator tepat sasaran dengan jumlah persentase 90.00% sudah dapat dikategorikan sangat efektif, indikator tepat jumlah dengan jumlah persentase 92.22 % telah dapat dikategorikan sangat efektif dan indikator tepat kualitas dengan jumlah persentase 93.70 % sehingga sudah dapat dikategorikan sangat efektif. Proses distribusi Program Bantuan Sosial Beras Perum BULOG cabang Gorontalo dimasa pandemi covid-19 dilihat dari keempat indikatornya sudah sesuai dengan tujuan Pemerintah, tapi tidak menutup kemungkinan adanya sedikit masalah pada sasaran, waktu, kuantitas dan kualitas.
PELATIHAN DAN PEMBEKALAN ENTREPRENEURIAL MARKETING BAGI UMKM PEMULA ANGGOTA KOPERASI BUNDA SEJAHTERA KOTA DEPOK Suharyati Suharyati; Tati Tati Handayani; Kery Utami
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 2, No 5 (2022): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v2i5.308

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi dalam pembangunan perekonomian nasional. Data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) menyebutkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar. Saat ini dimana dunia dilanda pandemi global covid disease, covid-19, pertumbuhan perekonomian dunia dan juga Indonesia mengalami penurunan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia, dari perkiraan 4 % turun menjadi hanya 2,97 persen. Namun dibalik semua itu dampak positif dari keberadaan pandemi Covid19 ini yaitu mendorong semua pelaku usaha untuk berjuang demi kelangsungan hidup perusahaannya. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta yang dilaksanakan di kota Depok, kecamatan Bojongsari, kelurahan Duren Mekar, bertema pelatihan dan pembekalan entrepreneurial marketing bagi UMKM pemula anggota Koperasi Bunda Sejahtera. Kegiatan ini dihadiri oleh 24 anggota Koperasi Bunda Sejahtera kota Depok. Bidang usaha peserta terdiri dari usaha sembako, kuliner, fashion, dan usaha kerajinan tangan. Selain memberikan edukasi Entrepreneurial marketing, dilakukan juga pembekalan dengan membuat produk kerajinan tangan bunga kristal dan lilin aromaterapi, sebagai upaya dalam penerapan Entrepreneurial Marketing dalam perencanaan usaha mereka. Setelah dilakukan pengabdian kepada masyarakat ini maka peserta perlatihan sangat memahami materi pelatihan yang diberikan dimana hasil pre-test sebesar 63,8% dan post-test sebesar 88,5%. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku usaha pemula ini dapat menerapkan Entrepreneurial Marketing, sebagai strategi pemasaran UMKM.

Page 1 of 2 | Total Record : 13