cover
Contact Name
Elan Jaelani
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Published by CV Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28083407     DOI : -
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan adalah jurnal dengan ISSN (2808-3407)Â yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumber daya manusia, kesehatan, Hukum, teknologi tepat guna, Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan dan UMKM.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan" : 14 Documents clear
EDUKASI PENANGANAN PERTAMA SYNCOPE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Noor Fitriyani
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.410

Abstract

Syncope merupakan kondisi kehilangan kesadaran dan kekuatan postural tubuh secara mendadak akibat aliran darah ke otak berkurang, terjadi pemulihan secara spontan. Ketidaktepatan penanganan pertama syncope berdampak cedera akibat kurangnya pengetahuan dan kesiapan penanganan. Upaya terhadap dampak ketidaktepatan penanganan syncope dapat dilakukan salah satunya melalui edukasi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMP Negeri 3 Grogol pada penanganan pertma syncope. Luaran kegiatan yang diinginkan dari kegiatan pengabdian masyarakat  adalah peningkatan kesiapan siswa dalam penanganan syncope. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat ini terdapat peningkatan kesiapan syncope pada siswa SMP Negeri 3 Grogol dilihat dari hasil pre test sebesar 38 % menjadi 100 % saat post test. Kesimpulan yang didapat dari kegiatan pengabdian masyarakat, bahwa edukasi penanganan pertama syncope di lingkungan sekolah,  sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam  upaya ketepatan penanganan syncope.
Pelatihan “Pepak Jatra” Pengemasan, Branding, dan Sistem Pembukuan Sederhana pada Jamu Tradisional Desa Trasan Kabupaten Magelang Diah Agustina Prihastiwi; Erni Puji Astutik; Retnosari Retnosari
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.343

Abstract

PEPAK JATRA merupakan pelatihan bagi pelaku industri rumahan jamu tradisional yang terdapat di Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Desa Trasan sendiri memiliki dua pengusaha yang bergerak dalam bidang jamu tradisional. Kendala terbesar dalam bisnis ini adalah pemilik belum bisa melakukan pengemasan, pemasaran produk jamu yang masih sebatas desa Trasan saja serta belum ada proses pencatatan transaksi. Pengabdian ditujukan untuk membantu inovasi pengemasan, intensifikasi pemasaran melalui penguatan brand, dan penyusunan laporan keuangan  yang tepat melalui sistem pembukuan sederhana. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada mitra mengenai inovasi pengemasan yang baik dan kekinian yang dapat menarik pembeli, penguatan identitas produk dengan branding, serta proses laporan keuangan untuk mengetahui kinerja keuangan yang telah diperoleh dari usaha jamu tradisional. Hasil yang diperoleh yaitu konsumen menjadi semakin puas dan tertarik untuk membeli produk jamu karena lebih terjamin kehigienisannya, lebih praktis dalam mengkonsumsi, serta produk lebih awet dan aman. Pengusaha jamu mendapatkan manfaat peningkatan penjualan serta dapat menelusuri dan membandingkan kinerja operasional usahanya.
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (MAMPU BERPIKIR SIMBOLIK) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU CITRA BAKTI Konstantinus Dua Dhiu; Elisabeth Tantiana Ngura
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menjelaskan rancangan atau desain media Alat Permainan Congklak (2)Untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media Alat Permainan Congklak dalam Meningkatkan Perkembangan kognitif (berpikir simbolik) pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Terpadu Citra Bakti. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu Citra Bakti, Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur. Media permainan congklak berwarna ini dikembangkan dengan model ADDIE. Model ini terdiri atas lima bagian yaitu:(1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Hasil penelitian pengembangan media permainan congklak berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak usia dini sebagai pengguna produk adalah sebagai beri kut: (1) uji coba ahli media ada pada ketegori sangat valid, dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 87,5% (2) uji coba ahli materi ada pada kategori sangat valid, dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 96,6% (3) uji coba ahli desain ada pada kategori valid, dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 82,6%(4) uji coba kelompok kecil berada pada kategori sangat valid, dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 100% (5) uji coba perorangan berada pada kategori sangat vali, dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 100%. Dengan demikian, berdasarkan hasil uji coba media permainan congklak untuk AUD oleh ahli dan anak usia dini sebagai pengguna produk dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran media permainan congklak yang di kembangkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak layak dgunakan dalam proses pembelajaran di PAUD Terpadu Citra Bakti.
PENGARUH KARAKTERISTIK MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA Dini Haryati; Nurhikmah Nurhikmah
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.423

Abstract

Kepuasan nasabah adalah konsep pemasaran yang penting. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa akibat membandingkan kinerja suatu produk dengan harapan yang diinginkan. Jika kinerja suatu produk gagal memenuhi ekspektasi pelanggan akan kecewa, jika kinerja produk melebihi ekspektasi maka akan timbul kepuasan. Kepuasaan nasabah adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dibandingkan dengan harapanya. Adapun bentuk perumusan permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Apakah terdapat pengaruh antara Teitis (Rabbaniyyah) terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian? 2) Apakah terdapat pengaruh antara Etis (Akhlaqiyyah) terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian? 3) Apakah terdapat pengaruh Realistis (Al-Waqiyyah) terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian? 4) Apakah terdapat pengaruh antara Humanistis (Insaniyyah) terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian? 5) Apakah karakteristik teitis, etis, realistis, dan humanistis berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah KCP Muara Bulian?. Hasil penelitan ini diharapkan dapat dijadikan acuan oleh peneliti lain yang berminat menekuni bidang yang sama sehingga dapat melengkapi penelitian ini. Beradasarkan hasil pengolahan, analisis data dan perhitungan statistik sebagaimana yang diuraikan pada bab sebelumnya, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Karakteristik teitis berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan nasabah. Semakin baik karakteristik teitis yang dimiliki oleh marketing, maka akan semakin baik pula kepuasan nasabah saat bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian. 2) Karakteristik etis berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan, dapat diterima. 3) Karakteristik realistis berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan nasabah, dapat diterima.4) Karakteristik humanistis berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini karena mampu menangani setiap keluhan nasabah tanpa membeda-bedakan status sosial, suku, dan agama. 5) Karakteristik teitis, etis, realistis, dan humanistis berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini disebabkan karena   marketing Bank Syariah Indonesia mampu memiliki sikap, etika, dan moral yang baik dan membuat para nasabah merasa puas dengan pelayan pada Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian.
MEMASARKAN PRODUK KULINER SECARA ONLINE BAGI UMKM Pusporini Pusporini
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.398

Abstract

Mitra abdimas kali ini  adalah griya UKM kecamatan Cinere yang merupakan kumpulan pelaku UKM yang beranggotakan 156  UKM.  Kecamatan Cinere terdiri dari 4 kalurahan yaitu kelurahan Gandul. Cinere, Pangkalan Jati dan Pangkalan Jati Baru yang memiliki usaha di bidang Kuliner , Handy Craft, Fasion dan Jasa. Saat pandemic covid 19 ini UKM mengalami permasalahan antara lain  penurunan penjualan  yang berakibat pada penurunan profit.  Pengabdi menawarkan memasarkan secara online untuk mengatasi penurunan penjualan tersebut terutama UKM kuliner. Untuk itu diperlukan pelatihan dan pendampingan dalam memasarkan online lewat media social.. Tujuan dilaksanakannya pengabdian di griya UKM Cinere adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UKM Cinere untuk memasarkan produk secara online lewat media social, sehingga dapat meningkatkan penjualannya kembali serta menambahkeuntungan.
Sosialisasi Technopreneurship dan Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah Terhadap Siswa – siswi SMP Roudlotul Ulum Bangil, Pasuruan Rosada Yulianti Naulina; Lintang Alivia Anggerta; Aulia Firda Alfiana; Ninik Nigusti Ayu Sunardi; Handik Hendratama; Daning Kinanti Sutama; Diana Novita Sari; Listiyana Candra Dewi
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.413

Abstract

Minyak goreng adalah minyak nabati yang dimana memiliki masa penggunaan yang terbatas dalam pemakaiannya.Oleh karena itu, minyak goreng yang melewati masa pengunaannya harus digantikan dengan minyak goreng yang baru. Minyak goreng yang tidak bisa dipakai inilah yang biasa disebut dengan minyak jelantah. Salah satu bentuk pemanfaatan minyak jelantah dengan cara mengolahnya kembali untuk pembuatan sabun padat. Sabun padat dihasilkan dari proses saponifikasi, yaitu hidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mengembangkan pengetahuan siswa siswi SMP Roudlotul Ulum Bangil, Pasuruan mengenai Technopreneurship. Technopreneurship itu sendiri yaitu penggabunga teknolgi dalam pembentukan sebuah usaha atau kewirausahaan. Salah satunya yaitu dengan mengolah limbah yang menjadi bahan yang terbuang yang banyak orang tidak mengetahui bahwa bila ddiproses dengan baik akan menghasilkan produk dengan nilai ekonomi yang tinggi. Metode yang kami gunakan yaitu pengumpulan minyak jelantah, pembutan sabun dari minyak jelantah,tahap analisa dan tahap pengenalan produk. Didapatkan produk sabun dari minyak jelantah dengan branding ‘Sabun MJ’ dengan kelayakan analisa usaha dari BEP dalam banyaknya produk terjual sebesar 42 pcs dan BEP dalam rupiah sebesar Rp.112.200. Kegiatan menyelaraskan teknologi dan enterpreneurship dalam pelatihan pemberdayaan masyarakat terutama dikalangan siswa – siswi SMP Roudlotul Ulum Bangil memberikan hasil yang baik. Dimana segala sumber dalam membangun kewirausahaan dengan teknologi tepat guna telah dilakukan. Dari proses pembuatan sabun dari minyak jelantah, analisa SWOT, analisa keuangan hingga analisa marketing telah di rancang dan dilakukan dengan baik.
Pembelajaran MARKETING dan perancangan Visual Identity GUNA MENINGKATKAN BRAND TRUST UMKM DAPUR VANAYA BANDUNG Farah Oktafani; trisha gilang saraswati
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.287

Abstract

Sociopreneur atau sociopreneurship merupakan gabungan dari dua kata, yaitu social dan entrepreneurship. Sama seperti namanya, sociopreneur ini menggabungkan konsep bisnis dengan isu sosial yang ada di masyarakat (www.accurate.id). Dapur VANAYA merupakan salah satu UMKM di Kota Bandung yang memiliki konsep sociopreneurship dimana produk makanan berupa nasi kotak yang diproduksinya disalurakankepada masyarakat yang membutuhkan. Model bisnis seperti ini cukup atraktif dengan membawa isu kemanusiaan, selain konsumen bisa membantu pemilik usaha untuk tetap produktif, mereka juga bisa membantu masyarakat lebih luas karena produk yang dibelinya akan disalurkan secara langsung kepada pihak yang membutuhkan.Bisnis ini sangat tergantung pada kepercayaan pasar terhadap UMKM, kepercayan bahwa UMKM akan benar-benar mendistribusikan produknya sesuai dengan jumlah yang dipesan oleh konsumen. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan membuat visual brand identity untuk membuktikan kepada pasar bahwa produk ini memang benar-benar ada dan dikelola secara lebih profesional dan sejatinya brand merupakan jatidiri yang harus dimiliki dan dikelola dengan baik. Selain itu dengan memberikan pembelajaran dasar-dasar pemasaran diharapkan UMKM Dapur Vanaya bisa mengelola bisnisnya dengan lebih optimal dan berkelanjutan. 
OPTIMIZATION OF PREVENTION OF BULLYING IN MOTHERS IN PREVENTING PHYSICAL VIOLENCE IN ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN THROUGH EDUCATION Siti Mardiyah
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.444

Abstract

Bullying is aggressive behavior that is continually or repeatedly used to cause bodily or mental harm to another person or group of people. It can be committed by either individuals or organizations. Mothers' understanding of bullying prevention education can increase so they are more equipped to teach their children how to prevent bullying. The toddler's Posyandu is where the community service will be performed. The activity's results can help mothers understand how crucial it is to stop bullying in kids. On February 15, 2022, the implementation took place, and on March 15, 2022, the monitoring. The teaching techniques included lectures, dialogues, and questions and answers. Informational materials about preventing bullying are utilized as media, and tools. The result of community service activities is that there is an increase in knowledge about bullying from 63.3% to 99,3%.
KEWASPADAAN DINI PADA LANSIA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KOMPLIKASI PENYAKIT KRONIS DI POSYANDU SENJA BAHAGIA PAJANG LAWEYAN SURAKARTA Martini Listrikawati
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.442

Abstract

Peningkatan usia harapan hidup ini dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan jumlah kesakitan akibat gangguan degeneratif. Indonesia saat ini menghadapi triple burden disease yang menambah  permasalahan di masyarakat. Masalah yang timbul bukan hanya seputar  mewabahnya penyakit menular baru, menjangkitnya penyakit menular lama dan meningkatnya penyakit tidak menular dari waktu ke waktu, tapi juga masalah  yang timbul akibat interaksi di antara ketiganya. Tujuannya adalah dapat mengidentifikasi secara dini komplikasi penyakit pada lansia. Metode: melakukan screening dini Gula Darah, Asam Urat dan Kolesterol; Hasil screning dari 54 lansia GDS dalam batas normal sebanyak 62,96% Kolesterol dalam batas normal sebanyak 53,70% dan asam urat dalam batas normal sebanyak 88,88%. Kesimpulan kegiatan pengabdian masyarakat ini bahwa lansia di posyandu senja bahagia beresiko tinggi terjadi komplikasi penyakit kronis terutama diabetes mellitus dan kolesterol.
PENCEGAHAN RESIKO PENULARAN PENYAKIT ISPA DENGAN CARA MENCUCI TANGAN DAN MEMAKAI MASKER DI PABRIK GULA DESA SAMIREJO KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS Nila Putri Purwandari
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 1 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i1.422

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan kerja merupakan upaya untuk memelihara dan juga meningkatkan Kesehatan fisik tubuh agar Kesehatan mental para pekerja juga meningkat, serta meningkatkan pula kesehatan sosial setiap pekerja. Peningkatan Kesehatan kerja dapat dilakukan usaha seperti preventif dan kuratif pada penyakit atau gangguan Kesehatan yang didapatkan dari factor pekerjaan dan lingkungan kerja, dan juga pada penyakit umum lainnya. Penyakit umum yang kerap ditemukan pada pekerja di Pabrik yaitu Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). ISPA juga kerap ditemukan pada pekerja di Pabrik Gula karena adanya asap akibat dari proses produksi gula. Beberarapa faktor yang mempengaruhi ISPA meliputi kepadatan hunian, ventilasi, suhu dan kelembapan. Faktor perilaku yang tidak baik seperti asap rokok, asap dari dapur karena memasak gula menjadi faktor penyebab terjadinya ISPA. Perilaku hidup bersih dan sehat penduduk merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya ISPA, memperhatikan lingkungan yang sehat, memberikan pengetahuan tentang penyakit ISPA, membagikan  masker dan mencuci tangan. Untuk mencegah resiko terkena ISPA pada pekerja pabrik gula dibutuhkan pengetahuan pada pekerja tentang penyakit ISPA. Penerapan penggunaan masker dan cuci tangan dengan sabun penting dilakukan sebagai tanggung jawab pengelola usaha untuk memberikan perlindungan pada tenaga kerja dari bahaya asap untuk keselamatan kerja dan kesehatan.

Page 1 of 2 | Total Record : 14