cover
Contact Name
Elan Jaelani
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Published by CV Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28083407     DOI : -
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan adalah jurnal dengan ISSN (2808-3407)Â yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumber daya manusia, kesehatan, Hukum, teknologi tepat guna, Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan dan UMKM.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan" : 11 Documents clear
STRATEGI PERKEMBANGAN USAHA DALAM MENGELOLA DAUR ULANG BOTOL PLASTIK MENJADI SOFA BOTIK YANG RAMAH LINGKUNGAN DI CEMPAKA BANJARBARU Riris Ambarwati; Nurul Hasanah; Syahrani Syahrani
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.450

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan kewirausahaan dan pendampingan kepada mitra usaha sofa botik, tentang manajemen mengelola dari perlengkapan alat dan bahan, proses pembuatan tahapan awal hingga selesai menjadi sofa botik yang siap dipasarkan, strategi pengembangan usaha, pemasaran produk, pencatatan rincian anggaran biaya. Tujuan utama pengabdian ini adalah untuk : 1. Memberi pelatihan kewirausahaan dan pendampingan kepada mitra untuk mengembangkan dan memajukan usaha sofa botik. 2. Mendampingi Mitra sofa botik untuk meningkatkan promosi produk usahanya melalui toko online dan toko offline. 3. Mendampingi dan memberikan pelatihan langsung praktek pada mitra menggunakan hp android cara membuat toko online dengan menggunakan aplikasi (Shopee, IG, Facebook Market Place), 4. Pendampingan kepada mitra sofa botik untuk pengembangan usahanya melalui pemasaran offline dengan menyediakan spanduk, brosur dan katalog. 5. Pendampingan dalam pembukuan pencatatan modal dan laba. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode-metode pendekatan ceramah, pendampingan teori dan praktek melalui pelatihan transfer ilmu dari bapak/ibu dosen kepada mitra atau peserta kegiatan.
PENDAMPINGAN APLIKASI SISTEM LAMIKRO (LAPORAN AKUNTANSI USAHA MIKRO) PADA UD. WAYAN SUARNINGSIH Ni Wayan Novi Budiasni; I Made Mai Noval; A.A. Ngurah Restu Gautama
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i3.510

Abstract

ABSTRAKPengabdian pendampingan aplikasi sistem Lamikro pada UD. Wayan Suarningsih merupakan salah satu bentuk program pengabdian kepada masyarakat melalui program PKL (Praktik Kerja Lapangan) yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma. Selain memperoleh pengalaman dunia kerja, mahasiswa juga diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap usaha tersebut. Tentunya didampingi oleh dosen yang berkompeten dibidangnya, sesuai dengan kendala yang dihadapi oleh mitra. Pendampingan secara intensif dilaksanakan sejak tanggal 11 Juli 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022. Kendala yang dihadapi ialah tidak adanya pencatatan arus kas meski hanya sederhana pada UD. Wayan Suarningsih. Berdasarkan kendala tersebut, tim pelaksana yang terdiri dari dosen dan mahasiswa berkolaborasi melakukan pendampingan aplikasi Lamikro. Aplikasi Lamikro mempermudah pencatatan arus kas, karena proses inputnya yang mudah hanya melalui smartphone.ABSTRACService for assisting the Lamicro system application at UD. Wayan Suarningsih is a form of community service program through the PKL (Field Work Practice) program implemented by the Satya Dharma College of Economics. In addition to gaining experience in the world of work, students are also expected to be able to contribute to the business. Of course accompanied by lecturers who are competent in their fields, in accordance with the constraints faced by partners. Intensive assistance was carried out from 11 July 2022 to 31 August 2022. The obstacle faced was that there was no record of cash flows, even though it was only simple at UD. Wayan Suarningsih. Based on these obstacles, the implementation team consisting of lecturers and students collaborated to assist the Lamikro application. The Lamikro application makes it easier to record cash flows, because the input process is easy only via a smartphone.
PELATIHAN BRANDING & SOCIAL MARKETING “BRANDING FOR A GOOD CAUSE” UNTUK UMKM EMPOWASTE DI PALEMBANG, SUMATERA SELATAN Latifa Ramonita; Elke Alexandrina; Alzan Kamila
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i3.508

Abstract

Masalah limbah dan pengelolaannya adalah masalah yang perlu mendapat perhatian yang makin serius. Bukan saja oleh pihak pemerintah, namun juga oleh masyarakat sendiri melalui lembaga swadaya masyarakat maupun UMKM yang bergerak di bidang sosial. Palembang adalah salah satu kota yang menghadapi permasalahan serius dalam hal pengelolaan limbah; di mana per harinya diperkirakan mencapai 1200 ton. Bila hal ini tidak ditangani secara serius, dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan gangguan kesehatan masyarakat. Empowaste adalah UMKM sosial yang berada di Palembang, Sumatera Selatan, yang tergerak untuk turut memberi solusi atas kondisi penumpukan sampah ini. Empowaste bergerak dalam bidang jasa pengelolaan limbah rumah tangga, baik sisa hasil industri dari kategori limbah tidak berbahaya seperti kertas, plastik, kaca, logam, maupun produk organik. Terintegrasi dengan program sosial pengembangan masyarakat di area Palembang, Empowaste bertujuan mengajak para pemangku kepentingan untuk sama-sama lebih bertanggung jawab dengan limbah yang mereka hasilkan. Sayangnya, terdapat kesulitan dalam melakukan branding pada merek untuk membentuk bisnis yang berkelanjutan, menciptakan engagement dengan publik, juga melakukan proses komunikasi melalui media sosial yang terprogram secara strategis. Program pengabdian ini materinya khusus dipersiapkan untuk mengembangkan ide dan konsep branding, membuat business canvas model, juga mengelola media sosial. Program ini diikuti oleh co-founders Empowaste melalui Zoom. Metode yang digunakan pada program pengabdian ini meliputi persiapan, analisis situasi dan permasalahan mitra, kemudian mempersiapkan solusi social marketing yang tepat. Hasil program pengabdian ini adalah diharapkan mitra dapat membuat program branding dan model bisnis yang lebih tepat sasaran, juga dapat melaksanakan proses komunikasi melalui media sosial secara lebih strategis dan periodik. 
PROGRAM REVITALISASI TEMPAT WUDHU DAN TOILET MASJID AR-RAUDHOH UNTUK MENUNJANG KEGIATAN PERIBADAHAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KAMPUNG TEGAL HEAS DESA CIHANJAWAR Teguh Pamuji; Usep Setiawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i3.473

Abstract

Masjid Ar-Raudhoh merupakan salah satu masjid umum yang berada di kampung Tegal Heas RT.03/RW.001 Desa Cihanjawar Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta yang digunakan untuk kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan lainnya. Kondisi masjid ini sangatlah memprihatinkan, dimana belum memiliki tempat toilet (wc) sebagai fasilitas pendukung, selain itu kondisi tempat wudhunya sangatlah tidak layak, terlihat kotor, berjamur, berbau, kumuh dan sering digunakan untuk membuang air kecil (kencing),. Maka terkait hal tersebut di atas, mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)  STAI DR. KH.EZ. Muttaqien Purwakarta berencana untuk membuat langkah dan tindakan nyata untuk mengatasi yang menjadi permasalahan tersebut dengan ikut serta berpartisipasi menfasilitasi renovasi tempat wudhu dan toilet masjid yang layak digunakan. Program revitalisasi tempat wudhu dan toilet masjid ini bertujuan untuk merenovasi atau membangun prasarana masjid yang menjadi kebutuhan penting jamaah, sehingga keberadaan tempat wudhu dan toilet layak digunakan dan akan tercipta lingkungan masjid yang bersih dan nyaman dalam menunjang kegiatan ibadah serta Pendidikan Agama Islam serta dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam peribadatan ibadah kepada Allah SWT. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi warga  masyarakat, maka langkah-langkah yang akan dilaksanakan sebagai berikut: (1) Berkoordinasi dengan Ketua RT.03/RW.001 dan warga; (2) Pertemuan setiap  pekan untuk mematangkan pelaksanaan kegiatan program utama serta program penunjang; (3) Bekerjasama dengan para donatur; (4) Bergotong royong dalam melaksanakan perbaikan tempat wudhu dan toilet masjid Ar-Raudhoh; (5) Pemanfaatan potensi sumber daya alam yang tersedia yakni batu kali dan bambu. Selain itu sumber daya manusia, yakni solidaritas warga dalam pengerjaan pembangunan dilakukan secara swadaya tanpa adanya upah kerja, sehingga membantu dalam efesiensi anggaran pada pembangunan atau perbaikan tempat wudhu dan toilet masjid[ (6) Evaluasi untuk mengetahui apakah program revitalisasi tempat wudhu dan toilet masjid Ar-Raudhoh yang diprakarsai oleh mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat dapat terealisasi dengan baik dan bermanfaat bagi warga masyarakat disekitarnya.
SOSIALISASI PEMAHAMAN MENGENAI SAKSI PERNIKAHAN SESUAI DENGAN KETENTUAN ISLAM DI KAMPUNG TEGAL HEAS Riyaduddin Riyaduddin; Usep Setiawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i3.474

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan Hukum yang berkenaan dengan perkawinan, dilihat dari aspek filosofinya, maka hukum agama menempati posisi sebagai salah satu sumbernya. Perkawinan/Pernikahan yang sah adalah pernikahan yang terpenuhinya rukun dan syaratnya. Dari sekian banyak rukun-rukun dan syarat-syarat salah satu syarat mutlak untuk sahnya pernikahan adalah kehadiran saksi, artinya saksi juga merupakan salah satu hal yang penting dan menentukan sebagaimana yang tertuang pada Pasal 24 Kompilasi Hukum Islam. Karena pernikahan merupakan ikatan yang suci dan akan menimbulkan banyak akibat hukum, seperti waris-mewaris, hak asuh anak dan lainnya. Oleh sebab itu, jika pernikahan dilangsungkan tanpa adanya saksi yang benar-benar mencukupi syarat sebagai seorang saksi pernikahan akan dikhawatirkan menimbulkan dampak yang buruk terhadap anak hasil pernikahan tersebut seperti tidak dapat pengakuan di mata hukum dan dapat menimbulkan hak warisnya hilang, maka akhirnya si anak tidak mendapatkan haknya sebagai ahli waris. Saksi merupakan salah satu bagian penting yang harus ada dan hadir dalam majelis  pernikahan. Penyuluhan hukum ini bermanfaat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Peranan Saksi Pernikahan sesuai dengan ketentuan islam. Oleh karena itu, penyuluhan ini dilaksanakan di Kampung Tegal Heas RT. 03 Desa Cihanjawar Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta, khususnya pada jamaah rotinan setai Minggu Malam, dengan metode diskusi dalam pemahaman pernikahan  khususnya peranan saksi.
PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI ILMU TAJWID PADA ANAK MADRASAH DINIYAH DI KAMPUNG TEGAL HEAS DESA CIHANJAWAR KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PURWAKARTA Pajar Sidik; Usep Setiawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i3.472

Abstract

Kuliah Pengabdian Masyarakat ini dilatar belakangi oleh pentingnya mempelajari ilmu tajwid. Dan juga karena dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami materi ilmu tajwid karena hukum membaca Al-Qur’an dengan tajwid adalah fardhu'ain, khususnya anak calon tahfidz masa depan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Tujuan pembelajaran ini guna untuk meningkatkan kemapuan anak dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Pengetahuan tentang pembelajatan Al-Qur’an berguna untuk meyakini dan mengamalkan ajaran agamanya agar anak menjadi seseorang yang berkepribadian muslim. Metode yang dipakai merupakan Penelitian Tindakan Partisipatif (PAR). PAR adalah pendekatan yang menggabungkan riset (research) dengan aksi (action) yang berkepanjangan serta dicoba dengan cara partisipatif bersama masyarakat dan anak-anak Kampung Tegalheas. Tujuan pembelajaran ilmu tajwid ini guna untuk meningkatkan kemapuan anak dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Pada tahapan yang pertama kami melakukan sosialisasi berupa perkenalan dengan para anak guna untuk mempermudah proses pembelajaran yang maksimal. Pada tahapan yang kedua kami memberikan materi berupa macam-macam ilmu tajwid, seperti Hukum nunsukun dan tanwin, yang terbagi menjadi lima, yaitu, idzhar khalki, idggom bigunnah, idgom bilagunnah, iklab, dan ikhfa’. Pada tahapan Ketiga kami memberikan praktek membaca Al-Qur’an. Pada tahapan yang terakhir merupakan tahap evaluasi, dimana evaluasi tersebut untuk mengukur nilai-nilai kesuksesan dan kemampuan semua para anak dalam mempelajarai atau memperdalam ilmu tajwid, dari aktifitas pembelajaran yang sudah dilakukan. Hasil dari kegiatan evaluasi ini adalah semua anak-anak di Kampung Tegalheas berhasil menerapkan hasil pembelajaran yang sudah di lakukan dengan penerapan mahrijul huruf serta hukum bacaan tajwid dengan baik yang di aplikasikan saat membaca Al-Qur’an. 
Peran Sosialisasi Ketaspenan Untuk Mengetahui Program Layanan dan Produk Pada PT. Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Jember Siti Masrohatin; Siti Mutmainah; Yeni Fatika Dewi; Laila Tul Mukaromah
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.529

Abstract

ABSTRAKSosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar mengenai norma-norma serta nilai-nilai sosial yang terjadi pembentukannya sesuai dengan persemaian atau tentang perilaku masyarakat. Sosialisasi ini dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui peran dan tujuan diadakannya sosialisasi ketaspenan, solusi dan cara meminimalisir terjadinya hambatan tersebut. Serta program layanan dan produk apa saja yang ada di kantor PT Mandiri Taspen Cabang Jember. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun Langkah-langkah yang dilakukan dalam pengabdian ini yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan Sosialissi.Topik-topik yang digunakan yaitu bagaimana peran, tujuan, hambatan dan solusi serta program layanan dan produk apa saja yang ada di Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Jember. Adapun hasil yang kami dapat dalam pengabdian ini yakni adanya sosialisasi ketaspenan sangat meningkatkan kualitas dan layanan Bank Mandiri Taspen. Sehingga sosialisasi ketaspenan ini dapat dilakukan setiap 2 kali dalam sebulan dengan jumlah 100 peserta setiap kali sosialisasi ini diadakan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pemahaman calon nasabah tentang program layanan dan produk yang ada di PT. Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Jember.Sehingga sosialisasi ketaspenan ini dapat dilakukan setiap 2 kali dalam sebulan dengan jumlah 100 peserta setiap kali sosialisasi ini diadakan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pemahaman calon nasabah tentang program layanan dan produk yang ada di PT. Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Jember. Sehingga sosialisasi ketaspenan ini dapat dilakukan setiap 2 kali dalam sebulan dengan jumlah 100 peserta setiap kali sosialisasi ini diadakan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pemahaman calon nasabah tentang program layanan dan produk yang ada di PT. Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Jember.
MENINGKATKAN PENGETAHUAN GENERASI MUDA DENGAN PENYULUHAN TENTANG DAMPAK BAHAYA NARKOBA Fatma Dewani Harahap
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i4.533

Abstract

Penyalahgunaan narkoba saat ini sangat meresahkan, karena hamper semua lapisan sudah banyak yang terjerat dalam tindakan pidana ini. Khusus dukalan pelajar penyalahgunaan narkoba tentu sangat memprihatinkan. Narkoba adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh dapat mengubah pikiran, dan perilaku seseorang. Survei BNN menyatakan bahwa prevalensi penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja Indonesia adalah sebesar 4,3% pernah memakai narkoba, 2,9% memakai dalam kurun waktu satu tahun, dan 2,5% memakai dalam satu bulan terakhir. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang jenis dan bahaya narkoba serta penanggulangannya. Pengabdian ini dilaksanakan pada hari Senin, 23 Desember 2019 di SMA  Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli serdang. Metode pelaksanaan dalam bentuk ceramah dan diskusi/tanya jawab. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa kelas X dan XI berjumlah 70 orang. Pelaksanaan kegiatan dibiayai sendiri oleh pelaksana. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik dan mendapatkan respon yang positif, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Sebesar 85% siswa menjadi tahu dan paham dengan materi sosialisasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai kuis online menggunakan Software Quizizz. Kedepannya kegiatan pengabdian ini dapat dilaksanakan secara kontinyu, baik di tempat yang sama maupun ditempat lainnya
PENINGKATAN KUALITAS SDM KAMPUNG WISATA MELALUI SOSIALISASI SADAR WISATA, SAPTA PESONA DAN PELAYANAN PRIMA Mira Maulani Utami
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i4.303

Abstract

Kurangnya sadar wisata masyarakat   dalam pengembangan kampung wisata ini dibuktikan dengan sedikitnya masyarakat yang terlibat aktif didalam pengembangan kampung wisata ini.         Pengabdian masyarakat di Kampung Wisata Pipitan  tahun 2022 ini bertujuan didalam  peningkatan kesadaran masyarakat  pada seluruh elemen masyarakat baik itu pengelola kampung wisata, pokdarwis, karang taruna, penggiat seni serta elemen masyarakat lainnya.  . Pogram   pengabdian   kepada   masyarakat   ini   dilaksanakan   di   Kampung Wisata Pipitan, Kecamatan . yang dihadiri oleh 25 peserta dari pengurus  desa  wisata,  Pokdarwis,  masyarakat  pemilik homestay,  penggiat seni dan  pemilik  usaha makanan dan minuman.Metode  pelaksanaan  kegiatan  ini  dilakukan  dengan  cara  pelatihan   melalui pendekatan  paparan  materi  dan  diskusi dalam hal sadar wisata, sapta pesona dan pelayanan prima. program  sosialisasi  Sadar  Wisata, Sapta  Pesona dan Pelayanan Prima  dapat  dipahami dengan   baik  oleh  peserta.  Hal  tersebut  sangat  penting  sebagai  dasar  pemahaman masyarakat tentang kepariwisataan  yang pada akhirnya dapat memotivasi  mereka untuk berpartisipasi positif dalam pengembangan desa wisata. Saran yang dapat diberikan untuk kegiatan setelah kampanye sadar wisata yaitu pelatihan pembuatan paket wisata yang berbasis edukasi dan budaya yang disinergikan dengan destinasi wisata di wilayah Kota Serang
PENCEGAHAN RESIKO STUNTING PADA ANAK DENGAN CARA MENGKONSUMSI MENU GIZI SEIMBANG DESA TURI REJO KABUPATEN DEMAK Nila Putri Purwandari; Sri Hartini; Devi Setya Putri; Gardha Rias Arsy; Emma Setiyo Wulan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 4 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i4.566

Abstract

ABSTRACTStunting is a condition where a child's height is shorter than other children of the same age. One of the causes of stunting is malnutrition since in the womb and in the early days of a child's birth. However, stunting only appears after the child is two years old. The first 8000 days of life program is one of the steps that can be taken to break the stunting cycle, which in this program starts from conception until individuals are 19 years old. One of the main causes of stunting is poor parenting practices due to lack of parental knowledge about health and nutrition before pregnancy and after birth, children aged 0-6 months do not get exclusive breastfeeding, and low quality complementary food for breastfeeding (MP-ASI). . Prevention of stunting by paying attention to providing balanced nutrition on the first 1000 Days of Birth (HPK) with the main target being pregnant women, children aged 0-6 months, children aged 7-23 months, children aged 2-5 years, children aged 5-9 years , and children aged 10-19 years. Balanced nutrition guidelines are the government's efforts to promote a healthy lifestyle through a healthy diet, physical activity and clean living.ABSTRAKStunting merupakan sebuah kondisi dimana tinggi badan anak ternyata lebih pendek disbanding tinggi badan anak lain dengan usia sebaya. Stunting salah satunya disebabkan karena kekurangan gizi sejak dalam kandungan dan pada masa awal anak lahir. Namun, kondisi stunting baru Nampak setelah anak berusia dua tahun. Program 8000 hari pertama kehidupan merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk memutus siklus stunting, dimana pada program ini dimulai sejak terjadinya konsepsi hingga individu berusia 19 tahun. Penyebab utama stunting yaitu salah satunya praktek pengasuhan yang tidak baik akibat kurangnya pengetahuan orang tua tentang Kesehatan dan gizi sebelum masa kehamilan dan setelah kelahiran, anak usia 0-6 bulan tidak mendapatkan ASI eksklusif, dan makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang kurang berkualitas. Pencegahan stunting dengan cara memperhatikan pemberian gizi seimbang pada 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) dengan sasaran utama pada Ibu hamil, anak usia 0-6 bulan, anak usia 7-23 bulan, anak usia 2-5 tahun, anak usia 5-9 tahun, dan anak usia 10-19 tahun. Pedoman gizi seimbang merupakan upaya pemerintah untuk mempromosikan gaya hidup sehat melalui pola makan yang sehat, aktivitas fisik, dan hidup bersih.

Page 1 of 2 | Total Record : 11