cover
Contact Name
Aceng Ulumudin
Contact Email
aceng.ulumudin@uniga.ac.id
Phone
+6281220991876
Journal Mail Official
journal.jkp@pasca.uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang, Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Khazanah Akademia
Published by Universitas Garut
Core Subject : Religion, Education,
Khazanah Akademia merupakan media publikasi hasil penelitian, telaahan kajian pustaka, dan/ atau gagasan dari berbagai kalangan peneliti pada bidang multi disiplin, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi perkembangan teori maupun implementasinya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 01 (2021): Khazanah Akademia" : 5 Documents clear
Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum 2013 Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa Ijudin Ijudin; Muhammad Ali Ramdhani; Yeni Nuraeni
Khazanah Akademia Vol. 5 No. 01 (2021): Khazanah Akademia
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.076 KB) | DOI: 10.52434/jurnalkhazanahakademia.v5i01.78

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengkaji pengaruh pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 terhadap kinerja guru untuk mewujudkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di SMP dan SMA Islam Terpadu Baitul Hikmah Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut, dengan jumlah responden 44 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru untuk mewujudkan prestasi belajar siswa. Adapun hasil pengujian sub-sub hipotesis menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Pengaruh pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Capaian Hasil Belajar ( Penelitian di Mts Negeri 1 Garut ) Yulia Yulia; Ummu Salamah; Nahdi Hadiyanto
Khazanah Akademia Vol. 5 No. 01 (2021): Khazanah Akademia
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.308 KB) | DOI: 10.52434/jurnalkhazanahakademia.v5i01.79

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengkaji pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru untuk mewujudkan capaian hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di MTs. Negeri 1 Garut, dengan jumlah responden 94 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dapat disimpulkan bahwa Kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru untuk mewujudkan capaian belajar siswa. Adapun hasil pengujian sub-sub hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap capaian hasil belajar siswa.Pengaruh kompetensi profesional guru tidak signifikan terhadap capaian hasil belajar siswa.
Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran (Penelitian Di SD IT Persis Tarogong Garut) Endang Soetari; Gugun Geusan Akbar; Irma Ismawati
Khazanah Akademia Vol. 5 No. 01 (2021): Khazanah Akademia
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.237 KB) | DOI: 10.52434/jurnalkhazanahakademia.v5i01.80

Abstract

Hasil deskripsi penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru berada pada kriteria Baik, motivasi kerja guru menunjukkan kriteria Cukup Baik, sementara efektivitas pembelajaran berada pada kriteria Baik. Hasil uji hipotesis utama menunjukkan bahwa variabel Profesionalisme Guru berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru Untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran sebesar 10,51%, sedangkan sisanya sebesar 89,49% dipengaruhi oleh variabel lain. Sementara dari hasil pengujian sub hipotesis, variabel Profesionalisme guru berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru. Adapun Motivasi Kerja Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Efektivitas pembelajaran. Sedangkan variabel profesionalisme guru tidak berpengaruh terhadap variabel Efektivitas pembelajaran.
Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa (Penelitian di MTs. Persis Tarogong Kecamatan Tarogong Kidul - Garut) Deni Gani M. Noor; Ummu Salamah; Hanny Latifah
Khazanah Akademia Vol. 5 No. 01 (2021): Khazanah Akademia
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.943 KB) | DOI: 10.52434/jurnalkhazanahakademia.v5i01.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap kinerja guru untuk mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian di MTs. Persis Tarogong dengan jumlah responden sebanyak 67 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru dalam mewujudkan capaian hasil belajar siswa di MTs. Negeri 1 Garut. Artikel ini berkesimpulan bahwa Capaian Hasil Belajar Siswa dapat terwujud dengan optimalnya motivasi kerja guru dan kinerja guru yang optimal.
Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Terhadap Minat Orang Tua Menyekolahkan Anak Dalam Mewujudkan Perilaku Belajar Siswa (Penelitian di MI Al-Jamila Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut) Nizar Alam Hamdani; Jusman Iskandar; Asep Haris Japari
Khazanah Akademia Vol. 5 No. 01 (2021): Khazanah Akademia
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.526 KB) | DOI: 10.52434/jurnalkhazanahakademia.v5i01.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi guru dengan orang tua terhadap minat orang tua menyekolahkan anak dalam mewujudkan perilaku belajar siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian di MI Al-Jamila Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut dengan jumlah responden sebanyak 98 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru dengan orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat orang tua menyekolahkan anak dalam mewujudkan perilaku belajar siswa. Artikel ini berkesimpulan bahwa Perilaku Belajar Siswa dapat terwujud dengan komunikasi guru dengan orang tua dan minat orang tua menyekolahkan anak yang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5