cover
Contact Name
Suroto
Contact Email
suroto.1993@fkip.unila.ac.id
Phone
+6285268838299
Journal Mail Official
suroto.1993@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Building N FKIP University of Lampung Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung City 35141
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Journal of Social Science Education
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 28076419     DOI : https://doi.org/10.23960/JIPS
The Journal of Social Education Sciences provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be examined empirically. This journal discusses research in social education, including learning, teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, educational development from various types of research such as surveys, research & development, experimental research, classroom action research etc.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education" : 8 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring Terhadap Pembentukan Watak Kewarganegaraan Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Lampung Lailatul Alfi
Journal of Social Science Education Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.85 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh berbasis daring terhadap pembentukan watak kewarganegaraanmahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PPKn angkatan 2017, 2018, dan 2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh berbasis daring terhadapwatak kewarganegaraan mahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung besarnya presentase pengaruhnya yaitu 75,1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: desain pembelajaran, lingkungan belajar, dan layanan pendukung dan untuk variabel dependen (Y) yaitukemandirian, disiplin, dan tanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh berbasis daring sebesar 75,1% terhadap watak kewarganegaraan mahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung.Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring, Watak Kewarganegaraan, Mahasiswa
Pelaksanaan Asesmen HOTS Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas Di Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung yosi nadia
Journal of Social Science Education Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.441 KB)

Abstract

This study is based on the implementation of the 2013 Curriculum which requires the application of HOTS questions. Therefore, this study observed how the HOTS assessment was implemented in history learning at high school level in the Tanjung Senang district, Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the implementation of HOTS assessment in history learning at high school level. in the Tanjung Senang District of Bandar Lampung. The method used in this research was qualitative with descriptive data analysis. The informants in this study were history teachers at Tanjung Senang Senior High School, Bandar Lampung. The results showed that the history teachers had implemented HOTS questions, but still having problems, so that the implementation of HOTS questions by the history teachers in SMA Tanjung Senang Bandar Lampung was still categorized sufficient because the evaluation questions given in its implementation were adjusted to the students' abilities.
PERANAN NYAI DALAM TRANSFER BUDAYA DI DAERAH PERKEBUNAN DELI TAHUN 1870-1942 Diskalia Amandah; Henry Susanto; Yustina Sri Ekwandari
Journal of Social Science Education Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.756 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Nyai dalam transfer budaya di daerah perkebunan Deli tahun 1870-1942. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah (historis) yaitu prosedur pemecahan masalah dengan menggunakan data masa lalu atau peninggalan-peninggalan dengan langkah-langkah berupa heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa terjalinnya kehidupan bersama antara laki-laki Eropa dan perempuan pribumi dalam hubungan pernyaian menyebabkan saling terpengaruhnya kebiasaan di antara keduanya yang diperoleh dari adanya interaksi yang terus-menerus secara intensif. Hal ini tidak terlepas dengan adanya peranan dari kedua belah pihak antara nyai dan tuan Eropa-nya. Semua hal tersebut dapat dilihat dalam persoalan makan yang kontras antara nyai dan tuan-nya, busana yang saling mempengaruhi, adanya pembauran bahasa, dan gaya hidup yang berbeda antara orang Eropa dan pribumi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah transfer budaya tidak terlepas dari adanya peranan nyai dan Tuan Eropa-nya, transfer budaya yang terjadi meliputi persoalan dan kebiasaan makan yang akhirnya memunculkan suatu istilah yaitu rijsttafel. bahasa petjoek yang tercipta dari adanya pembauran Bahasa Belanda dan Bahasa Jawa, pakaian nyai yang disesuaikan dengan perubahan pada statusnya dan sang tuan yang juga diperkenalkan dengan pakaian pribumi oleh nyai, serta adanya gaya hidup yang saling mempengaruhi diantara nyai dan tuan-nya, dimana akhirnya mereka bisa saling belajar satu sama lain. Kata Kunci: Nyai, Transfer Budaya, Perkebunan Deli.
PERANAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI DESA SUKAMAJU KECAMATAN PUNDUH PIDADA KABUPATEN PESAWARAN Andreas Hermeling
Journal of Social Science Education Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Peranan Program Keluarga Harapan Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Desa Sukamaju Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi kepada narasumber dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih Kepala desa, Sekretaris desa, Pendamping Penerima Manfaat, dan tiga orang Keluarga Penerima Manfaat.Data penelitian ini berupa data kualitatif yang kemudian di analisis untuk memperoleh kesimpulan akhir. Kesimpulan dari penelitian ini adalah program keluarga harapan berperan dalam menanggulangi kemiskinan di Desa Sukamaju Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran.Kata kunci : PKH, kemiskinan, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan
PENGARUH INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HOTS (Higher Order Thinking Skill) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 PAGELARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Nina Karerina
Journal of Social Science Education Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.796 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pagelaran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara dan dokumentasi. Alat bantu untuk menganlisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2020/2021 dengan besar persentase pengaruhnya yaitu 63,1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, berbasis permasalahan kontekstual, dan tidak rutin dan mengusung kebaruan sedangkan untuk variabel dependen (Y) yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana, dan melakukan pengecekan terhadap semua langkah yang telah dilaksanakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS berpengaruh 63,1% terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2020/2021.Kata kunci: Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis HOTS, Keterampilan, Pemecahan Masalah
Pengaruh Bentuk Interaksi Sosial Terhadap Sikap Solidaritas Peserta Didik SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020 Sofa Mutiara Fitri
Journal of Social Science Education Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.84 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh bentuk interaksi sosial terhadap sikap solidaritas peserta didik SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 responden. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah Chi Kuadrat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bentuk interaksi sosial terhadap sikap solidaritas peserta didik SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Dalam bentuk interaksi sosial (X) dominan pada kategori cukup berpengaruh dengan persentase 75%. Dalam sikap solidaritas peserta didik (Y) dominan pada kategori cukup baik dengan persentase 68%, serta memiliki hasil uji keeratan pengaruh sebesar 0,80 yang menunjukkan keeratan pengaruh kategori sangat kuat antara pengaruh bentuk interaksi sosial terhadap sikap solidaritas peserta didik SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020.Kata Kunci: Interaksi Sosial, Sikap Solidaritas, Peserta Didik
PENANAMAN SIKAP NASIONALISME RELIGIUS MELALUI AKTIVITAS KEPANDUAN HIZBUL WATHAN TAHUN 1950-1961 Pranita Dewi Vanli; Syaiful M; Henry Susanto
Journal of Social Science Education Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.542 KB)

Abstract

Kiai Haji Ahmad Dahlan mendirikan kepanduan dengan nama Hizbul Wathan di Yogyakarta pada tahun 1918. Hizbul Wathan bertugas untuk mendidik para pemuda dan diharapkan bahwa nantinya mereka akan berguna bagi tanah air dan persyarikatan Muhammadiyah, dengan mendirikan kepanduan Hizbul Wathan bercita-cita agar pemuda-pemuda Muhammadiyah mencintai tanah air dan bangsanya dengan dasar tuntunan agama Islam. Prinsip kepanduan yang digelorakan didalam HW ialah, Agama Islam (pembinaan akhlak mulia menurut ajaran Islam), ilmu jiwa (yaitu dalam latihan, pelajaran, dan permaianan, segalanya disesuaikan dengan keadaan dan umur anggota), kemerdekaan dalam bekerja dan latihan (segala bentuk kegiatan HW bukan paksaan, melainkan kesadaran diri para anggota). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa sajakah bentuk-bentuk aktivitas kepanduan Hizbul Wathan dalam menanamkan sikap nasionalisme religius tahun 1950-1961?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk aktivitas Hizbul Wathan pada anggotanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian historis, serta teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis mengambil kesimpulan, bahwa bentuk- bentuk aktivitas Hizbul Wathan terbagi menjadi dua, yaitu aktivitas fisik dan aktivitas non-fisik dan sikap nasionalisme religius tampak pada kegiatan berkemah yang dilaksanakan, PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), baris-berbaris, tali-temali, permainan dan nyanyian, serta aktivitas rohani. Sikap nasionalisme religius yang tergambarkan melalui aktivitas Hizbul Wathan ialah sikap cinta tanah air, menjaga solidaritas saudara, berjihad, mematuhi kebenaran agama, menunjukkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits, dan menayangkan simbol-simbol agama.Kata Kunci: Nasionalisme Religius, Aktivitas, Hizbul Wathan.
Peran Tokoh Masyarakat dalam Penanaman Karakter Religius pada Remaja di Lingkungan Masyarakat Kelurahan Rajabasa, Kecamatan Rajabasa Kota Bandarlampung Ratri Hening Pahayu
Journal of Social Science Education Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.457 KB)

Abstract

Teenagers as the next generation of a nation are believed to be able to embody the idea of homeland by mastering the power religious spiritual, self control, smartness, noble attitude, along with skill which are necessary for themselves, community and nation. Multidimensional in term of moral decadency is now found among teenagers, the succesors of nation’s hope. Moral decadency of teenagers is marked by some indicators related to some phenomena such as, smoking, alcohol addicted and sex pre marriage which are now escalating and easily found in community environment. Religion is a solid shield to prevent moral decadency. Religion norm is imparative to guide and to lead teenagers behavior in accordance with moral standard applied in community is supposed to be done by those who own important influence such as local community public figures.The research was aimed to describe and analyze the role of local public figures in cultivating religious character to local teenagers. Research method applied was quantitative descriptive. Research subject were teenegers in community environment in Rajabasa Urban Village.. Sample of the research were 45 respondens. Data was analyzed by using product moment formula to calculate the correlation between the two variables, then followed by a regression analysis in order to determine its significance. The value  rxy= 0,78, which meant sufficient category. The result of regression analysis between variable X and variable Y obtained Fcount Ftable or 67,8 4,20. Ho was rejected and Ha was accepted. This justifies meaning that the increasing role of community leaders will increase the inculcation of religious character in teenegers, so that this becomes an impetus for local community public figures to increase their exemplary attitude, habituation, advice / attention and sanctions by providing good role models. Keywords: Public Figures, Religious Character, Teenagers

Page 1 of 1 | Total Record : 8