cover
Contact Name
Jakiatin Nisa
Contact Email
sosiodidaktika.fitk@uinjkt.ac.id
Phone
+6221-7401925
Journal Mail Official
sosiodidaktika.fitk@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Ir. H. Juanda, No. 95, Ciputat, Tangerang 15412 http://jounal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK Email: sosiodidaktika.fitk@uinjkt.ac.id
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal
ISSN : 23561386     EISSN : 24429430     DOI : 10.15408
Sosio Didaktika: Social Science Education Journal publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, master students’ theses research, and doctoral students’ dissertations research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on integrated social sciences, history, economics, sociology, geography, and other relevant social sciences.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021)" : 9 Documents clear
COGNITIVE APPRENTICESHIP BERBANTUAN VIDEO PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN ADAPTIF MAHASISWA Rina Oktaviyanthi; Usep Sholahudin
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.923 KB) | DOI: 10.15408/sd.v8i1.21040

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran adaptif antara mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan cognitive apprenticeship baik yang berbantuan video maupun tidak dan pembelajaran konvensional. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan the static-group pretest-posttest design. Populasi penelitian yaitu mahasiswa semester empat di Universitas Serang Raya yang mengambil mata kuliah Matematika Ekonomi. Tiga kelas penelitian digunakan sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Ketiga kelas tersebut yakni kelas eksperimen 1 yang mengimplementasikan pendekatan pembelajaran cognitive apprenticeship berbantuan video, kelas eksperimen 2 yang menerapkan pendekatan pembelajaran cognitive apprenticeship dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan terjadinya penolakan H0 yang mengindikasikan adanya perbedaan rata-rata capaian dan perbedaan N-Gain kemampuan penalaran adaptif di ketiga kelas. Perbedaan tersebut mengartikan bahwa kemampuan penalaran adaptif di kelas eksperimen cenderung meningkat.
PENGETAHUAN MAHASISWA TERHADAP PROGRAM GREEN CAMPUS DAN KORELASI TERHADAP PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN (GREEN KNOWLEDGE AND GREEN ATTITUDE) STUDI PERBANDINGAN MAHASISWA FST DENGAN FITK UIN WALISONGO SEMARANG Winda Alfiyyana; Ashnaf Ulit Taqiyah; Ahmad Fauzan Hidayatullah; Nisa Rasyida; Bunga Ihda Norra; Listiyono Listiyono
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.903 KB) | DOI: 10.15408/sd.v8i1.20542

Abstract

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang merupakan kampus yang menerapkan konsep green campus. Tujuan green campus tidak hanya pembejaran yang lebih baik dan maju namun ikut berpartisipasi serta bertanggung jawab dalam menciptakan kampus yang berkelanjutan dalam rangka mencipakan kampus peduli lingkungan. Menyadari pentingnya perencanaan kampus berkelanjutan Universitas Islam Negeri Walisongo, mencanangkan program green campus sehingga dapat menjadikan lingkungan kampus menjadi bersih, sehat, asri dan ramah lingkungan serta bebas polusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengetahuan mahasiswa terkait lingkungan khususnya green campus berbanding lurus dengan perilaku ramah lingkungan di dalam dan diluar kampus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan instrument pengumpulan data berupa kuesioner. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dari 35 sampel yang diperoleh terdiri dari 24 mahasiswa FST dan 11 mahasiswa FITK dapat disimpulkan bahwa pengetahuan lingkungan khususnya green campus berbanding lurus dengan perilaku ramah lingkungan di dalam dan diluar kampus. Hal tersebut dibuktikan dengan pengetahuan mahasiswa tentang program green campus, langkah untuk mensukseskan program green campus, dan sikap peduli lingkungan baik di dalam kampus maupun luar kampus.                                                                                                                                  Kata kunci: kesadaran; sikap terhadap lingkungan; pengetahuan lingkungan; kampus hijau; ramah lingkungan
INCREASING LEARNING OUTCOMES OF SOCIAL STUDIES GRADE 8TH OF PURWOKERTO 8TH STATE JUNIOR HIGH SCHOOL WITH CONTEXTUAL LEARNING IN THE ERA OF NEW ADAPTATION Rudhi Julianto
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.129 KB) | DOI: 10.15408/sd.v8i1.20698

Abstract

AbstractThis study aims to determine whether contextual learning can improve learning independence, students 'short essay writing skills, and students' formative test scores. During the Covid-19 pandemic contextual learning provided meaningful activities for students with independent learning. The elements of contextual approach learning applied in distance learning are self-study note-making, independent learning, and authentic assessment in the form of essay writing skills. Students' understanding of the subject matter with independent study notes can help students write short essays about the material that has been studied. Self-study notes and short essays are authentic assessments. The research method used is action research carried out in 2 research cycles. Based on the data from the first cycle, it was obtained 80% learning participation, 58% independent learning note assignment collection, and 60% essay writing. The value of independent study notes is 79, essay score is 77, and formative test is 80. Based on cycle II data, it is found that learning participation is 88%, collection of independent study notes assignments is 78%, and essay writing is 80%. The value of independent study notes is 86, essay score is 84, and formative test is 88. The discussion of this research can be seen in the differences in data in cycle I and cycle II which have increased even though there is a decrease in learning participation between pre-cycle and cycle 1. Based on the data and analysis carried out, it can be concluded that contextual learning can improve student learning achievement indicated by an increase in the value of independent study notes, essay writing skills and students' formative tests.Keywords: contextual learning, independent learning, writing skills
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS BLOG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA Yuliana Fh; Ikbal Barlian; Siti Fatimah
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.862 KB) | DOI: 10.15408/sd.v8i1.20727

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan bahan ajar digital interaktif berbasis blog dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya pada mata kuliah Teori Ekonomi Mikro. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya tahun 2020 kelas Indralaya yang mengambil mata kuliah Teori Ekonomi Mikro. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni test dan observasi untuk mengamati aktivitas pembelajaran daring yang dilaksanakan mahasiswa selama menggunakan bahan ajar digital interaktif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh data bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar 22,16, dan hasil pengujian paired sample t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang dignifikan antara hasil belajar mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar digital interaktif pada mata kuliah Teori Ekonomi Mikro. Pada uji efektivitas penggunaan bahan ajar digital diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,54 termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar digital interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teori Ekonomi Mikro.Kata kunci:  Bahan ajar digital, blog, hasil belajar
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR HISTORIS Ofianto Ofianto; Tri Zahra Ningsih
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.186 KB) | DOI: 10.15408/sd.v8i1.20662

Abstract

AbstractThis study aims to describe the effect of using the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' historical thinking skills. The research method used was a quasi-experimental design with a one-group pretest-posttest design. The research subjects were class X students with a total population of 407 students, while the sample was class X IPA 2, totaling 40 students for the control class and X IPA 7, totaling 39 students for the experimental class. The sampling technique in this study was using the proportionate stratified random sampling technique. The data analysis technique used the t-test independent sample t-test to see the effect of the model. The results showed that there was a significant effect of the use of the PBL model on the historical thinking skills of students of SMA Negeri 1 Sungai Penuh which was confirmed with a significance value (Sig.) Less than 0.05. The average score of historical thinking skills in the experimental class is higher than the control class. So it can be concluded that the Problem Based Learning (PBL) learning model has a significant influence on the improvement of historical thinking skills of students of SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Keywords: Problem Based Learning (PBL), Historical Learning, Historical Thinking SkillsAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir historis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek Penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah populasi yang berjumlah 407 orang siswa sedangkan sampel adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 40 siswa untuk kelas control dan X IPA 7 yang berjumlah 39 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t t-test independent sample untuk melihat pengaruh model. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL terhadap keterampilan berpikir historis siswa SMA Negeri 1 Sungai Penuh yang dikonfirmasi dengan nilai signifikansi (Sig.) lebih kecil dari 0,05. Nilai rata-rata keterampilan berpikir historis kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir historis siswa SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran Sejarah, Keterampilan Berpikir Historis
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID- 19 DI STKIP PESISIR SELATAN Muhammad Arif; Dina Syaflita
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.33 KB) | DOI: 10.15408/sd.v8i1.22056

Abstract

The purpose of this study was to determine student perceptions regarding the process of implementing online lectures during the pandemic at STKIP Pesisir Selatan as a material for consideration in the implementation of subsequent online lectures. This research is a qualitative descriptive research. The research instruments used were interview sheets to lecturers and questionnaires filled out by students. The data analysis technique used is descriptive analysis technique. The results of this study indicate that most of the lectures at STKIP Pesisir Selatan are conducted synchronously via googlemeets and zoom. The use of whatsapp and email is more intended in providing lecture explanations and sending assignments. In general, adjustments to teaching materials have been made but it is necessary to evaluate and improve the function of lecturers who have changed due to this change in learning modes. Problems with the quality of the internet network and the availability of quotas are the main constraining factors for the implementation of online lectures at STKIP Pesisir Selatan in particular. This affects the effectiveness of learning as a result students find it difficult to understand the material in this online learning. In terms of sustainability in the next semester, most students do not agree with the implementation of online learning to be continued in the next semester.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE CANVA MATERI MANUSIA PENDUKUNG GUA PUTRI DAN GUA HARIMAU Adinda Putri Wiryani
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.163 KB) | DOI: 10.15408/sd.v8i1.21383

Abstract

Media pembelajaran berguna untuk menunjang aktivitas belajar. Pada pembelajaran sejarah pemanfaatan media membantu menghadirkan hal-hal yang sukar dideskripsikan melalui kata. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan efektif. Penelitian ini menggunakan software website Canva dengan materi pembelajaran Manusia Pendukung Gua Putri & Gua Harimau, yang akan diterapkan pada peserta didik kelas X IPS 1 di SMAN 14 Palembang sebagai subjek penelitian. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Allesi & Trollip. Hasil analisa data dari Uji Alpha diperoleh rata-rata nilai keseluruhan sebesar 4,25 dengan kategori sangat valid. Penilaian tersebut diuraikan berikut, penilaian validator materi sebesar 3,88 kategori valid, penilaian validator media 4,25 kategori sangat valid, validator bahasa 4,54 kategori sangat valid, penilaian validator desain instruksional sebesar 4,35 kategori sangat valid. Pada beta test yang dilakukan untuk menilai kemudahan penggunaan media sebesar 4,5 kategori sangat baik. Pada hasil belajar peserta didik untuk mengukur tingkat keefektifan media pembelajaran dihasilkan peningkatan hasil belajar sebessar 45% dengan nilai Ngain sebesar 0,72 kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan media pembelajaran berbasis website Canva materi Manusia Gua Putri & Gua Harimau ini memiliki valid dan efektivitas.
REVIEW OF IMPACT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION ON THE PERFORMANCE OF SMALL, MEDIUM AND MICRO ENTERPRISES (SMMES) IN RURAL SOUTH AFRICA Chinaza Uleanya; Ademola Olumuyiwa Omotosho; Bongani Thulani Gamede
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.505 KB) | DOI: 10.15408/sd.v8i1.19686

Abstract

The future of the economies of various nations across the globe lies in the entrepreneurial trends and activities. Entrepreneurship in this regard is viewed from the activities of Small, Medium and Micro Enterprises (SMMEs). Entrepreneurial activities are also viewed as development driving tool for rural societies. However, necessary skills are needed for such desired goal to be achieved and the education provided by institutions of learning is one by which entrepreneurial expertise can be attained. Conversely, entrepreneurship education is not considered as a major subject receiving due attention in South African institutions of learning. Hence, this study explores the impact of entrepreneurship education on the performance of Small, Medium and Micro Enterprises (SMMEs). Review method was adopted for this study. Thus, relevant literatures were reviewed. The findings of the study amongst others show that relevant skills are needed for entrepreneurial activities to thrive in rural societies and aid the needed development. Also, entrepreneurship education tends to impact entrepreneurial activities. The study therefore recommends amongst others that entrepreneurship education should be promoted in rural based institutions of learning in South Africa taking into cognizance the needs and demands of the communities and its surroundings where the institutions are situated.
PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMAN YOGYAKARTA Dwi Oktaviani Ogara
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (773.17 KB) | DOI: 10.15408/sd.v8i1.20863

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh penggunaan internet, motivasi berprestasi dan teman sebaya secara secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, (2) perbedaan penggunaan internet, motivasi berprestasi, teman sebaya dan hasil belajar ekonomi siswa berdasarakan pendidikan orangtua dan jenis kelamin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini terdiri atas hasil belajar, penggunaan internet, motivasi berprestasi, dan teman sebaya siswa SMAN kota Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, regresi ganda dan ANOVA. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh penggunaan internet, motivasi berprestasi dan teman sebaya secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar ekonomi siswa. (2) a.) tidak terdapat perbedaan penggunaan internet, motivasi berprestasi, teman sebaya dan hasil belajar berdasarkan pendidikan orangtua siswa dan, b.) terdapat perbedaan penggunaan internet, motivasi berprestasi, teman sebaya dan hasil belajar berdasarkan jenis kelamin siswa. 

Page 1 of 1 | Total Record : 9