cover
Contact Name
Yulingga Nanda Hanief
Contact Email
yulingganandahanief@gmail.com
Phone
+6285784192666
Journal Mail Official
jopi@kemenpora.go.id
Editorial Address
Street of Gerbang Pemuda No. 3 Senayan, Gelora, Tanah Abang District, Central Jakarta, 10270
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
ISSN : 2808070X     EISSN : 28079981     DOI : https://doi.org/10.54284/jopi
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) particularly focuses on the main problems in the development of the sport education areas as follows: 1. Physical education learning and educational technology 2. Adaptive physical education 3. Physical Activities 4. Comparison of physical education and sports 5. Kinanthropometry 6. Motion learning 7. Sport for all 8. Sports Pedagogy
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)" : 7 Documents clear
Gambaran pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) selama pandemi covid-19 di sekolah dasar Ahmad Farid Mustafa
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
Publisher : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.084 KB) | DOI: 10.54284/jopi.v1i2.25

Abstract

Pembelajaran PJOK selama pandemi Covid-19 tidak dapat dilakukan di semua area karena harus mengikuti anjuran pemerintah menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Oleh karena itu pasti dalam penerapan dilapangan akan mendapatkan berbagai macam persoalan saat proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penyelesaian studi yakni literatur review dengan menggunakan database Google Scholar, Science Direct, dan Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI). Dengan kata kunci “physical education” “pendidikan jasmani” “PJOK” “pandemi covid-19” “sekolah dasar”, yang dipublikasikan rentang tahun 2020 sampai dengan tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) selama pandemi covid-19 di sekolah dasar yaitu  pembelajaran melalui TVRI (Televisi Republik Indonesia), Pendidikan Jarak Jauh dengan Multimedia, yaitu video based learning, penggunaan Google Classroom, Aplikasi pengiriman pesan (WhatsApp dan WeChat) serta pelaksanaan pembelajaran hibrid (hybrid learning) atau blended learning. Sedangkan, kendala pembelajaran PJOK pada kondisi Covid-19 di sekolah dasar yakni penyusunan sumber belajar yang tepat, efisien, dan efektif. Meskipun telah menggunakan video tutorial, namun kurangnya hubungan interaktif antara guru dan siswa dalam pelajaran PJOK, membuat pembelajaran kurang optimal, gangguan suara dari aktivitas orang-orang di sekitar rumah, serta ketidaksiapan orang tua murid dalam membantu anak belajar secara daring.
Pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar Tri Junianto
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
Publisher : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.794 KB) | DOI: 10.54284/jopi.v1i2.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran mata pelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa SD Negeri Rejomulyo Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang instrumennya menggunakan kuisoner. Subjek yang terlibat adalah siswa SD Negeri Rejomulyo Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan sejumlah 53 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran mata pelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 pada siswa SDN Rejomulyo Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan 100% dilaksanakan dengan beberapa metode. 81% menggunakan metode pembelajaran daring, 62% perangkat digital handphone yang digunakan dalam pembelajaran milik orangtua/ saudara, 55% akses jaringan internet yang di gunakan dengan cara menumpang, 53% pengoprasian perangkat digital handphone dilakukan sendiri, 42% tanggapan peserta didik biasa-biasa saja mengenai kegiatan pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19.
Peran sekolah dalam meningkatkan kesadaran tentang sport for all Agung Wahyudi
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
Publisher : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.735 KB) | DOI: 10.54284/jopi.v1i2.36

Abstract

Sport for all (SFA) merupakan salah satu topik yang kurang populer di Indonesia. Istilah ini merujuk pada aktivitas fisik atau olahraga yang bersifat inklusif dan rekreasional; siapa pun bisa berolahraga di mana pun dan kapan pun, tidak peduli latar belakang sosial, ekonomi, dan pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi pustaka dan berjenis kualitatif. Studi ini bertujuan untuk merumuskan peran sekolah dalam meningkatkan kesadaran tentang SFA. Dalam studi ini, peneliti mengambil sumber berupa artikel ilmiah, buku, situs daring, dan media massa untuk memperoleh data dan merumuskan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SFA memiliki manfaat besar apabila bisa dilakukan secara konsisten dan dilembagakan, setidaknya mulai ditanamkan di sekolah. Sekolah memiliki peran penting dalam menyosialisasikannya. Ada tiga langkah yang harus dilakukan, yakni 1)  sekolah harus bisa mengakomodasi SFA dalam kurikulum atau rancangan ajar, 2) guru harus suportif, dan 3) sekolah harus menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid.
Pengembangan sistem penjurian berbasis virtual pada senam artistik putra Agus Darmawan; Tommy Soenyoto; Dwi Tia Putri; Wahyu Sholeh Kurniawan
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
Publisher : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.704 KB) | DOI: 10.54284/jopi.v1i2.94

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah sistem kejuaraan berbasis virtual yang efektif dan efisien digunakan dalam cabang olahraga senam di masa pandemi covid-19. Metode penelitian menerapkan penelitian reseach and development. Subjek yang digunakan adalah sebanyak 29 Pengkab/Pengkot se-Jawa Tengah. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menghasilkan sistem kompetisi senam artistik berbasis online. Berdasarkan hasil uji ahli, uji skala kecil dan uji skala besar menunjukkan sistem kompetisi yang dikembangkan dapat diterima dan digunakan untuk kejuaraan. Simpulan bahwa sistem kompetisi yang dikembangkan dapat efektif dan efisien digunakan dalam mengatasi minimnya kejuaraan dimasa pandemi.
Pengaruh model teaching personal and social responsibility (TPSR) berbasis hybrid dan online learning serta tanggung jawab terhadap aktivitas fisik Adi Ardiansyah; Yusmawati; Aan Wasan
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
Publisher : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.629 KB) | DOI: 10.54284/jopi.v1i2.96

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TPSR berbasis hybrid dan online learning dalam pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen faktorial dengan desain penelitian treatment by level 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V di Kota Administrasi Jakarta Pusat dengan jumlah partisipan sebanyak 156 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan Physical Activity Questionnaire For Older Children (PAQ-C). Hasil analisis data menggunakan Uji Anava Dua Jalur menunjukkan nilai P-value sebesar 0,04<0,05, artinya terdapat perbedaan aktivitas fisik antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model TPSR berbasis hybrid learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model TPSR berbasis online learning. Hasil analisis data menggunakan uji Tukey menunjukkan nilai P-value sebesar 0,00<0,05, artinya terdapat perbedaan nilai aktivitas fisik yang signifikan pada perlakuan model TPSR berbasis hybrid learning terhadap siswa dengan tanggung jawab tinggi dengan perbedaan rata rata sebesar 0,84. Pada perlakuan model TPSR berbasis hybrid learning terhadap siswa dengan tanggung jawab rendah dengan perbedaan rata rata sebesar 0,43 dengan nilai P-value sebesar 0,01<0,05.
Pengaruh permainan outdoor education dengan tingkat motivasi terhadap kebugaran jasmani siswa Ally Selamet Murdiono; Yudha Munajat Saputra; Indra Safari
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
Publisher : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.169 KB) | DOI: 10.54284/jopi.v1i2.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan outdoor education berpengaruh terhadap peningkatan kebugaran siswa dengan tingkat motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan factorial 2x2, penelitian ini dilakukan di SDN 2 Jatimunggul Kecamatam Terisi Kabupaten Indramayu dengan sampel berjumlah 32 yang merupakan siswa kelas V dan VI SDN 2 Jatimunggul. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji two way anova dan uji tukey dengan bantuan aplikasi spss. Hasil temuan penelitian ini adalah permainan outdoor education berpengaruh terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa, terdapat interaksi antara permainan outdoor education dan tingkat  motivasi terhadap kebugaran jasmani siswa, permainan outdoor education bebentengan lebih baik digunakan dari pada permainan pindah bom terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa pada kelompok motivasi tinggi, sedangkan pada kelompok motivasi rendah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua permainan outdoor education terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa.
Indeks massa tubuh, pola makan, dan aktivitas fisik: apakah saling berhubungan? Novi Puji Tri Astuti; Wahyu Indra Bayu; Destriana Destriana
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
Publisher : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.198 KB) | DOI: 10.54284/jopi.v1i2.99

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk  mengetahui gambaran  Indeks Massa Tubuh, Pola Makan dan Aktivitas Fisik. Serta korelasi antara Indeks Massa Tubuh dan Pola makan dengan aktiviatis fisik peserta didik SMAN 1 Indralaya Selatan. Jenis penelitian ini adlah Deskripsi Kuantitatif dengan menggunakan metode survei menggunakan perhitunagan IMT, Internasional physical activity quetionnaire (IPAQ), dan Food Frequency. Populasi  pada penelitian ini yaitu peserta didik SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Sampel yang dipakai yaitu  siapa saja yang ditemui oleh peneliti bisa dijadikan sebagai sampel  berdasarkan subjek penelitian (Accidental Sampling). Data yang dianalisis menggunakan  korelasi dan uji Chi-Square. Untuk hasil Indeks Massa Tubuh (IMT)  menunjukan  bahwa 53 (48%) orang peserta didik dengan ketegori underweight. Untuk hasil pola makan menunjukan bahwa 53(48%) orang peserta didik dengan kategori kurang. Sedangkan untuk hasil aktivitas fisik 57(52%) orang peserta didik dalam kategori sedang. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara indeks masa tubuh terhadap aktivitas fisik dengan nilai P valui 0,311>0,05. Tidak ada hubungan antara pola makan terhadap aktivitas fisik dengan nilai p valui 0,569>0,05. Dan tidak adanya korelasi antara indeks massa tubuh dan pola makan terhadap aktivitas fisik peserta didik SMA Negeri 1 Indralaya Selatan  dengan nilai sig. f change 0,702> 0,05 dan nila rhitung sebesar 0,081 termasuk dalam korelasi rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7