cover
Contact Name
GENESIS SEMBIRING DEPARI
Contact Email
genesissembiring@gmail.com
Phone
+6285359562521
Journal Mail Official
admin@formosapublisher.org
Editorial Address
Jl. Ir Juanda No 56b, Medan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Indonesian Journal of Business Analytics (IJBA)
ISSN : -     EISSN : 28080718     DOI : https://doi.org/10.55927/ijba.v2i1
Core Subject : Economy, Science,
Indonesian Journal of Business Analytics (IJBA) is a peer-reviewed journal providing a space for both practitioners and academics for disseminating research results that work in Business Analytics and related fields. IJBA provides an outlet for the increasing flow of interdisciplinary research cutting across business, business data mining, predictive analytics, descriptive analytics, prescriptive analytics, Quantitative business method, management, finance, information system, accounting, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management, Learning Organization and economics disciplines. It is an essential reading for academics, graduate students, policy makers and business practitioners. IJBA publishes articles twice in a year on April and October.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021" : 14 Documents clear
Exploring The Factors Influencing The Intentions to Become A Rural Bank Customer in Jakarta Central Market Andi Muhammad Sadat; Sholikhah; Basrah Saidani
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.739 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.18

Abstract

Retaining existing customers and obtaining potential new customers are the critical success factors for an enterprise. Therefore, choosing the target market and allocating organizational resources to support them are essential. As a bank with unique customer characteristics, the rural banks (Bank Perkreditan Rakyat/BPR) should pay attention to external and internal factors. This study intends to explore what factors influence the Intention to become BPR’s customers. First, this research took 200 respondents who worked in seven central markets in Jakarta with a quota sampling approach to complete the questionnaire whose indicators were obtained from FGD (focus group discussion) and prior research. Data were analyzed by applying factor analysis techniques and linear regression by SPSS 24. The results show that factors, namely Attitude and Control over behavior, proved to have a positive correlation toward Intention, while Subjective norm affects negatively. Conclusion and suggestions for future study are provided.
Analisis Peningkatan Angka Pengangguran akibat Dampak Pandemi Covid 19 di Indonesia Yudistia Teguh Ali Fikri; Ida Abdul Gopar
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.607 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.19

Abstract

Artikel ini membahas terjadinya peningkatan angka pengangguran akibat dampak pandemi covid 19. Pertumbuhan kasus covid 19 mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional bahkan Indonesia masuk kedalam resesi. Dalam artikel ini kita bisa mengetahui seberapa besar pengangguran yang disebabkan dengan adanya pandemi covid 19 dan bagaimana pertumbuhan kasus covid 19 yang terjadi di Indonesia. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian kepustakaan. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa dampak pandemi covid 19 sudah jelas sangat memperngaruhi pertumbuhan ekonomi indonesia. Peningkatan pengangguran merupakan imbas dari pemberlakuan PSBB atau lockdown sebagai bentuk antisipasi pemerintah agar tidak terjadi penularan yang semakin meluas namun pada kenyataannya justru berimbas pada pertumbuhan ekonomi nasional salah satunya peningkatan angka pengangguran.
Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Alokasi Belanja Daerah Pada Kab/Kota Sumatera Utara (2018-2019) Fitri Dewi Sartika Ritonga; Ratna Sari Dewi
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.543 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus terhadap Alokasi Belanja Daerah baik secara simultan maupun parsial pada pemerintahan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan penelitian Kuantitatif, dengan jumlah sampel 33 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan untuk periode 2018-2019. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data diperoleh melalui situs internet (www.bps.go.id) dan situs Badan Pusat Statistik Sumatera Utara. Data yang dianalisis dalam penelitian ini diolah dari Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Alokasi Belanja Daerah. Secara parsial Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Alokasi Belanja Daerah
Pengaruh Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Pada Tabungan Mudhrabah Bank Syariah Indonesia Cabang Veteran Makassar Rachmat Sugeng; Nur Fadillah
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.681 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem bagi hasil terhadap minat nasabah pada tabungan mudrabah pada bank syariah Indonesia cabang Makassar dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga sampel yang diambil sebanyak 99 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online. Pengukuran data menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 6 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Sistem Bagi Hasil (X) dan Minat Pelanggan (Y) berpengaruh positif dan signifikan.
The Influence of Consumer-Based Brands Equity on Brand Loyalty Through Customer Satisfaction Sudjudi Widia Kurnianingsih; Sri Vandayuli Riorini
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.266 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.22

Abstract

The purpose of this study is to analyze the effect of Consumer-based brand equity on Brand loyalty through Customer satisfaction. This study used purposive sampling data collection techniques. This study was analyzed using the Structural Equation Model (SEM) analysis method. The results of this study indicate (1) The Influence Dimensions of Consumer-Based Brand Equity on Customer Satisfaction, where (1a) Perceived quality has no positive effect on Customer satisfaction; (1b) the Perceived value of cost has a positive effect on Customer satisfaction; (1c) Brand identification has no positive effect on Customer satisfaction; (1d) Trust has a positive effect on Customer satisfaction; (1e) Lifestyle congruence has a positive effect on Customer satisfaction. (2) Customer satisfaction has a positive effect on Brand loyalty. (3) The Influence Dimensions of Consumer-Based Brand Equity on Brand loyalty through Customer Satisfaction, where (3a) Customer satisfaction mediates the influence of Perceived quality on Brand loyalty in full; (3b) Customer satisfaction mediates the influence of Perceived value of cost on Brand loyalty in partial; (3c) Customer satisfaction mediates the influence of Brand identification on Brand loyalty in partial; (3d) Customer satisfaction mediates the influence of Trust on Brand loyalty in full; (3e) Customer satisfaction mediates the influence of Perceived quality on Brand loyalty in partial. The advice for further researchers can conduct research on various types of other food and beverage businesses, such as restaurant, bakeries, and cafes.
A Review of Customer Loyalty: An emperical study at CV Bintang Jaya Abadi Nora Sari Liandy
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.654 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.23

Abstract

The number of different types of businesses that are starting to emerge in Indonesia shows that business development is now accelerating. As a result of the recent increase in the number of enterprises, a lot of businesses will confront strong rivalry in every aspect of their operations in today's market. As a result, every company must be adept and compete fiercely when dealing with competition. However, the predominant problem that could effects the company sustain is through there product quality, customer perception of price as well as customer satisfaction which could effect the customer loyalty. In aim to learn more about this issue, this research is intended to investigate the effects of product quality, perception of price and customer satisfaction on customer loyalty at CV Bintang Jaya Abadi, Medan. By using a quantitative approach, the sampling method is done by using the Lemeshow formula. Thus, the samples that were taken are 96.04 = 100 respondents. In analyzing all the data, SPSS 25.0 was being conducted in this research and the data was collected by distributing online questionnaires, the data measurement used the 5-point Likert scale to measure all (19) indicators. Besides that, multiple linear regression analysis was utilized in this reseacrh. Based on the results of this research, it shows that the Product quality (X1) and Customer Loyalty (Y) variables have negative and no significant effect. However, Perception of Price (X2), Customer Satisfaction (X3) and Customer Loyalty (Y) variables have positive and significant effect.
Pengaruh Kompetensi Aparat Desa Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang Putri Indah Pratiwi; Ratna Sari Dewi
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.409 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.24

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh kompetensi aparat desa dan Partisipasi Masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh desa yang berada di Kecamatan Namorambe dengan responden yang terdiri atas Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan kuisoner dengan cara disampaikan langsung kepada responden. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan menggunakan Regresi Linier Berganda. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi aparat desa dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.
Faktor-Faktor Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kab. Deli Serdang Wina Sasmita Harahap; Alistraja Dison Silalahi
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.756 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.25

Abstract

Kepatuhan wajib pajak adalah salah satu keadaan dimana wajib pajak memenuhi semua kewajiban perpajakan dan melaksanakan hak perpajakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh SPPT, pengetahuan wajib pajak, sikap wajib pajak, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dibatasi hanya pada empat kecamatan mewakili delapan kecamatan di Kabupaten Deli Serdang. Kecamatan yang menjadi sampel penelitian adalah Tanjung Morawa, Lubuk Pakam, Batang Kuis dan Kecamatan Patumbak. Sampel sebanyak 100 wajib pajak yang diperoleh dengan menggunakan cluster proportional random sampling. Analisis regresi berganda, uji parsial, uji simultan dan uji determinasi digunakan dalam menganalisis data. Hasil penelitian terbukti secara parsial sikap wajib pajak, sanksi pajak dan kesadaran pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan SPPT dan pengetahuan wajib pajak tidak berpengaruh. Secara simultan SPPT, pengetahuan wajib pajak, sikap wajib pajak, sanksi pajak dan kesadaran pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,714 yang berarti besarnya kemampuan variabel SPPT, pengetahuan wajib pajak, sikap wajib pajak, sanksi pajak dan kesadaran pajak menjelaskan variabel kepatuhan wajib pajak sebesar 0,714 atau 71,4%, sisanya sebesar 28,6% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas pelayanan fiskus, penyuluhan wajib pajak, sosialisasi pajak dan lain-lain.
Sistem Bagi Hasil Akad Muzara’ah pada Masyarakat Petani Penggarap dan Pemilik Lahan di Kel. Batupapan, Kec. Makale, Kab. Tana Toraja Rachmat Sugeng; Dede Rohmana; Nurviyanti Andang
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.208 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.26

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem bagi hasil akad muzara’ah pada masyarakat petani penggarap dan pemilik lahan di Kel. Batupapan Kec. Makale Kab. Tana Toraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dimana tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem bagi hasil akad muzara’ah yang dilakukan masyarakat petani penggarap dan pemilik lahan di Kel. Batupapan Kec. Makale Kab. Tana Toraja adalah sebagai berikut : Penerapan akad muzara’ah di Kelurahan Batupapan sudah sesuai dengan sistem yang disyariatkan agama islam khususnya dalam bidang pertanian yaitu bentuk kerja sama dengan sistem bagi hasil muzara’ah. Sistem bagi hasil yang terjadi adalah berdasarkan kesepakatan antara kedua bela pihak. Perjanjian yang dilakukan adalah dengan lisan, dimana antara kedua bela pihak saling mempercayai antar sesama. Bentuk kerja sama dengan sistem bagi hasil dilakukan di Kelurahan Batupapan, karena adanya pemilik lahan yang memiliki lahan pertanian tapi tidak memiliki keahlian untuk bertani, disisi lain ada petani penggarap yang memiliki keahlian untuk bertani tetapi tidak memiliki lahan dan modal. Pembagian hasil yang dilakukan, yakni dengan mengeluarkan terlebih dahulu biaya-biaya operasional. Jika sudah dikeluarkan maka sisa dari hasil persawahan tersebut akan dibagi dua, dengan imbangan 1/2.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Netty Herawaty; Debbi Chyntia Ovami
Indonesian Journal of Business Analytics Vol. 1 No. 2 (2021): October 2021
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.903 KB) | DOI: 10.55927/ijba.v1i2.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor switching Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 54 perusahaan. Sampel penelitian ini sebanyak 30 perusahaan dikali 3 tahun sehingga sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 90 data perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah Financial Distress, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pergantian Manajemen, berpengaruh terhadap auditor switching. Sedangan Opini Audit, dan Pertumbuhan Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Auditor Swtiching.

Page 1 of 2 | Total Record : 14