cover
Contact Name
Buhuts Al Athfal
Contact Email
ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com
Phone
+6285277363733
Journal Mail Official
ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com
Editorial Address
Jl. T Rizal Nurdin km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan 22733 Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, parenting, lembaga pengelola PAUD, asessmen perkembangan anak usia dini, psikologi perkembangan anak, pemberdayaan anak, strategi pembelajaran, bermain alat pendidikan, media pembelajaran, inovasi dalam pendidikan anak usia dini dan berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Buhuts Al Athfal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu Edisi 1 pada bulan juni, Edisi 2 pada bulan Desember, dan telah memiliki nomor registrasi p-ISSN: 2797-3107 dan e-ISSN: 2797-0205 diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
Buhuts Al Athfal
ISSN : 27973107     EISSN : 27970205     DOI : https://doai.org/10.24952/AlAthfal
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, parenting, lembaga pengelola PAUD, asessmen perkembangan anak usia dini, psikologi perkembangan anak, pemberdayaan anak, strategi pembelajaran, bermain alat pendidikan, media pembelajaran, inovasi dalam pendidikan anak usia dini dan berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Buhuts Al Athfal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu Edisi 1 pada bulan juni, Edisi 2 pada bulan Desember, dan telah memiliki nomor registrasi p-ISSN: 2797-3107 dan e-ISSN: 2797-0205 diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021)" : 10 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SIMBOLIK AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING Puji Lestari Kurniasih; Fitri Ramadhini
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.094 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak usia 4-5 Tahun. Penelitian dilaksanakan di PAUD Mawar, Pondok Kopi,Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di PAUD Mawar sebanyak 6 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data kuantitatif diperoleh persentase kenaikan kemampuan menulis simbolik awal anak 44% pada pra penelitian dan pada siklus I sebesar 66%. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan terjadi kenaikan dari pra penelitian ke siklus I melebihi 20% maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak usia 4-5 tahun di PAUD Mawar. Hasil analisis data kualitatif menemukan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak. Anak dapat membuat coretan menyerupai huruf, angka, bentuk dan gambar. Peningkatan tersebut dinyatakan signifikan. Kegiatan finger painting dapat membuat anak aktif dan memberikan pengalam langsung terhadap sensoris anak.
KONSEP PENGEMBANGAN KREATIVITAS AUD Elsa Mutiah; Sardiah Srikandi
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.058 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3464

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya memiliki tujuan yang hakiki yakni humanisasi. Pendidikan memiliki makna dasar, memanusiakan manusia. Membuat manusia kembali pada fitrahnya. Salah satunya adalah dengan mengembalikan manusia menjadi cerdas dan kreatif guna menjangkau perkembangan hidup yang penuh nilai-nilai kemanusiaan.  Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, bahkan dikatakan sebagai masa usia emas (golden age). Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Kreativitas pada anak usia dini merupakan hal penting dalam kehidupan khususnya pada anak usia dini karena dapat membuat manusia lebih produktif. Kemudian juga dapat  meningkatkan kualitas hidup serta dapat mempermudah mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan
POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA DINI (AUD) DI KARANGJATI SINDUADI RT 17 RW 41 KEC. MLATI KAB.SLEMAN Agung Kaisar Siregar
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.828 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3806

Abstract

This study aims to see how the communication patterns of parents to early childhood (AUD) in Karangjati Sinduadi RT 17 RW 41, Mlati District, Sleman Regency. This research is a qualitative research with a field study approach, a case study type. Sources of data obtained from this study are the words or actions of the interviewee and the observations related to this research.Based on the results of the study, it was found that initially the communication patterns of parents to early childhood were not good due to the different backgrounds of parents, and after the authors conducted research and observations and the authors provided a good and correct method of communication patterns to residents or parents, thank God the communication patterns Parents have started well, parents have implemented good communication patterns towards their families especially towards their children, namely: democratic or open communication patterns, then Laissez-Faire communication patterns.The next finding is that the character of early childhood has improved, children seem to have started to open up to their parents, after parents apply good and correct communication patterns to their children, then the children also look more familiar with their father and mother, and children have started telling stories often. to the father and mother about children's activities outside the home, either at school or playing with friends.
PERAN NILAI AGAMA, PANCASILA DAN BUDAYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI Silva Ardiyanti; Rina Nur Bashiroh; Fatah Saiful Anwar
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.116 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran nilai agama, Pancasila dan budaya dalam membentuk karakter anak usia dini. Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu sarana dalam membentuk karakter guna melahirkan para generasi muda penerus bangsa. Pendidikan tidak hanya lakukan secara formal namun juga non-formal, pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk karakter anak. Anak usia dini merupakan masa yang paling berarti dan tepat dalam mengukir, mengembangkan, membimbing dan menanamkan nilai serta moral dan keterampilan hidup anak. Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan anak berada ditahap tercepat melingkupi perkembangan berbagai aspek. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reseach) yaitu mengumpulkan dan menganalisis data dengan menggunakan buku-buku maupun literatur-literatur lainnya sebagi objek utama. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sedangkan Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya pendidikan karakter agama di bentuk melalui rohani yang matang agar membuat manusia semakin manusiawi, dan pendidikan karakter pancasila adalah merupakan sistem nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagai termasuk dalam pembukaan UUD 1945 dan pancasila sehingga pendidikan nasional Indonesia adalah pendidikan pancasila dan pendidikan budaya merupakan nilai-nilai luhur budaya telah menjadi sudah merupakan milik bangsa sebagai potensi yang tak ternilai harganya untuk pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia.
PENERAPAN PERMAINAN SENTRA PERSIAPAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK INKLUSI Fatma Wati
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.943 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3809

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyusunan metode pembelajaran pusat pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan sangat menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran centre games yang digunakan guru dalam menggugah tumbuh kembang anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian tentang penyusunan play center yang dilakukan oleh guru disesuaikan dengan tema dan sub tema, metode yang digunakan guru dalam penyusunan play center dapat mengembangkan pemahaman anak. Model pendidikan anak yang semacam ini merupakan suatu korelasi atas suatu dunia pendidikan dunia yang intergratif yang muncul sebelumnya. Dunia pendidikan segregatif yaitu suatu pendidikan yang memisahkan antara kaum difabel dengan non difabel seharusnya dalam dunia pendidikan tidak boleh memilih bulu tentang siapa anak itu dan bagaimana fisik si anak maupun dari mana berasal anak itu dalam suatu persekolahan tidak boleh melakukan suatu perpisahan antara anak normal dan anak norma karena semua anak memilik hak yang salam terhadap dunia pendidikan. Sebelumnya ada suatu anggapan bahwa pencampuran kelompok difabel dan anak  non-difabel akan terpengaruh dalam proses pembelajaran anak-anak non- difabel karena ada suatu alasan yang lain yaitu bahwasanya anak-anak difabel membutuhkan pendidikan yang khusus yang berbeda perlakuannya dengan anak- anak.
PENYELENGGARAAN PAUD FORMAL, NON FORMAL DAN INFORMAL DI KB TK IK KELUARGA CERIA Rizqiyyatunnisa Rizqiyyatunnisa; Nur Imam Mahdi
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.243 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3242

Abstract

Anak usia dini memiliki perkembangan yang cepat, oleh karena itu mereka membutuhkan stimulasi dan rangsangan dalam segala aspek. Dalam rangka memenuhi rangsangan dan stimulasi tersebut, perlu adanya penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang mampu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan pendidikan anak usia dini pada jalur formal, non-formal, dan informal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di KB TK Islam Kreatif Keluarga Ceria, Sleman, Yogyakarta. Wawancara secara mendalam yang disertai dengan observasi lapangan menjadi proses pengumpulan data. Data yang diperoleh diorganisasikan dan dianalisis dengan menekankan makna. Dari penelitian yang telah dilakukan di KB TK Islam Kreatif Keluarga Ceria bahwa PAUD yang diselenggarakan memiliki dua layanan pendidikan, yaitu PAUD Formal berupa Taman Kanak-kanak dan PAUD Non Formal berupa Kelompok bermain. Penyelenggaraan PAUD Formal dan Non-Formal tersebut memiliki beberapa perbedaan dan kesamaan dalam pelaksanaannya. Pendidikan formal terlihat lebih kompleks dan memiliki administrasi yang lebih banyak dibanding dengan pendidikan non-formal. Penyelenggaraan PAUD Informal juga tetap berjalan sebagaimana mestinya dalam lingkungan keluarga, ditambah semakin kompleks dengan adanya sistem Belajar Dari Rumah (BDR) karena adanya pandemi seperti sekarang ini. Sehingga tiga bentuk penyelenggaraan pendidikan tersebut berkolaborasi dengan sistematis dan terpadu dalam pelaksanaannya.
FILSAFAT PAUD: KAJIAN AKHLAK MENURUT IBNU MISKAWAIH Dina Khairiah; Ali Wardhana Manalu
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.805 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3863

Abstract

Abu Ali Al-Khozin Ahmad Ibnu bin Muhammad Bin Ya’qub lebih dikenal dengan nama Ibnu Masakawih. Beliau lahir di Ray pada tahun 320 Hijriah, menetap di Isfahan dan meninggal dunia di kota ini pada tahun 421 Hijriah bertepatan dengan tahun 1030 Masehi. Menekuni bidang kimia, fisafat dan logika untuk masa yang cukup lama. Kemudian menonjol dalam bidang satra, sejarah dan kepengarangan. Pengaruhnya sangat besar sekali di Ray, beliau dengan julukan Al- Khazin  (pustakawan), karena dipercaya untuk menangani buku Ibnu Al-Amid dan Adhua Al Daulah bin Suwaihi.Menurut Ahmad Amin semua karya Ibnu Miskawaih tersebut tidak luput dari kepentingan filsafat etika. Ajaran Pokok Etika Islam Ibnu Miskawaih yakni Teori Fadlail (Keutamaan), Teori Kamal (kesempurnaan), Teori Sa’adah (kebahagiaan), Teori khairat (Kebaikan), Teori Mahabbah. Menurut Ibnu Miskawaih tujuan pendidikan ialah terwujudnya sikap batin yang mendorong secara spontan untuk melahirkan semua perbuatan yang bernilai baik, sehingga mencapai kesempurnaan dan memperoleh kebahagiaan sejati dan sempurna Pendidik sejati yang dimaksudkan Ibnu Miskawaih adalah manusia ideal sepeti terdapat pada konsepsinya tentang manusia yang ideal. Hal demikian terlihat jelas, karena ia menjajarkan posisi mereka sama dengan posisi nabi, terutama dalam hal cinta kasih.
DATA PROCESSING PROCEDURES FOR ASSESSING CHILD DEVELOPMENT IN RA DWP SUNAN KALIJAGA STATE ISLAMIC UNIVERSITY YOGYAKARTA Jamuna Ulfah
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.487 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pemrosesan data tentang penilaian di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini diadakan di RA DWP UIN SUKA Yogyakarta dan dilaksanakan selama enam hari di tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif oleh Miles dan Huberman dan dengan mengumpulkan data melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penilaian yang dilakukan di lembaga-lembaga ini tetap sama seperti di Taman Kanak-kanak pada umumnya. Apakah menggunakan daftar cek, kinerja, pengamatan kerja, portofolio, tugas, catatan anekdot dan percakapan. Memasukkan hasil dari penilaian kepada orang tua juga hampir sama dengan institusi lainnya. Namun perbedaannya, RA DWP UIN SUKA Yogyakarta memiliki dua kartu laporan. Pada rapot pertama berfungsi untuk menampilkan penilaian anak-anak secara umum sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013 yang telah diberlakukan dan digunakan oleh seluruh institusi pendidikan di Indonesia. Dan rapot kedua adalah rapot untuk menampilkan hasil perkembangan agama anak-anak secara pribadi atau lebih dikenal dengan kecerdasan spiritual anak. Persiapan penilaian dilakukan berdasarkan kebutuhan dan juga sedikit modifikasi dari kurikulum 2013 yang berlaku. Generasi yang cerdas dan dibutuhkan oleh suatu bangsa adalah generasi yang dapat mengerti dan memahami bahwa hidup tidak hanya untuk satu hari dan mati, tapi hidup adalah seribu detik untuk suatu hari pembalasan nanti.
MENETAPKAN METODE PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN KEADAAN PESERTA DIDIK Darti Dayanti
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.559 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3864

Abstract

Guru adalah seorang yang bertanggung tawab dalam mencerdaskan kehidupan anak didik. Pribadi susila yang cakep adalah hal yang diharapkan ada pada diri seorang peserta didik. Tugas utama seorang guru adalah mendidik peserta didiknya bagaimana caranya untuk bisa merubah karakter siswa menjadi lebih baik, guna untuk ketercapainya tujuan Negara Indonesia yang yang mana yang terdapat dalam UUD 1945 alenia ke empat yaitu ”mencerdaskan kehidupan bangsa”. Oleh karena itu seorang guru dalam mendidik tentunya tidak lepas dari metode yang digunakan seorang guru, dimana metode yang baik akan membuat peserta didik dengan mudah memahami materi yang disampaikan sehingga proses pembelajaranpun dapat berlangsung dengan baik, dan sebaiknya metode yang tidak tepatkan membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, untuk itu sangat penting menetapkan metode yang baik sebelum melakukan pelajaran untuk tercapainya tujuan pembelajaran
PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF AUD Anisa Putri; Darul Arifin; Solat Riani
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.868 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3673

Abstract

Setiap individu memiliki ciri dan sifat atau karakteristik bawaan dan karakteristik yang diperoleh dan dipengaruhi lingkungan. Sebagian besar  masih mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran tertentu. Hal ini mungkin disebabkan oleh pendekatan, strategi, model, atau metode yang diterapkan oleh guru kurang sesuai, juga kemampuan guru serta sarana pembelajaran pendukung yang meliputi media, alat peraga dan buku pegangan anak yang terbatas atau sebab lain. Akan tetapi beberapa anak usia dini justru dapat memahami pelajaran dengan bantuan teman sebayanya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teman sebaya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung kemudian melakukan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 anak yang mana seluruh populasi dijadikan sampel. Penelitian dilakukan dengan mengamati langsung dan alat pengumpul data berupa tes pribadi untuk mengetahui kognitif anak dan menggunakan model pembelajaran kelompok dengan membagi anak menjadi beberapa kelompok agar dapat melihat dengan jelas perkembangan kognitif anak usia dini dan bagaimana pengaruh teman sebayanya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 10