cover
Contact Name
Fahrul Basir
Contact Email
fahrulb@uncp.ac.id
Phone
+6285399753612
Journal Mail Official
pedagogy@uncp.ac.id
Editorial Address
Jalan Latammacelling No.9 Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25023802     EISSN : 25023799     DOI : https://doi.org/10.30605/pedagogy
Core Subject : Education,
Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran matematika.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika" : 15 Documents clear
IMPLEMENTASI WEB LIVE WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Fatimatul Khikmiyah
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.429 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengubah proses pembelajaran yang biasanya guru dan peserta didik bertemu langsung dalam kelas menjadi suatu pembelajaran dalam jaringan (online learning) tak terkecuali pembelajaran matematika. Karena tidak semua sekolah memiliki Learning Manajement System (LMS) dan kemampuan guru yang terbatas, maka pembelajaran banyak dilakukan melalui Whatsapp Grup dengan mengirim tugas dalam bentuk foto dan peserta didik juga mengirim jawabannya dengan cara yang sama. beban belajar peserta didik menjadi lebih berat karena mereka dituntut untuk mencermati dan mempelajari materi sendiri dengan cepat. Peserta didik menjadi kurang aktif dan cepat bosan pada pembelajaran. Meskipun guru memberikan ruang bertanya melalui chat namun hal ini dirasakan kurang efektif bagi peserta didik apalagi untuk materi yang bersifat abstrak seperti matematika.Salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pembelajaran daring yang disebut Web Live Worksheet. LKPD ini diimplementasikan pada peserta didik Kelas VII-G di SMP N 6 Gresik, yang terletak di Jl. Kanjeng Sepuh Desa Mriyunan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Web liveworksheet berbasis Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan aktifitas peserta didik pada pembelajaran matematika dalam jaringan dengan rata-rata keaktifan peserta didik sebesar 84 %. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sebagian besar (76,92 %) terletak pada kategori sangat baik.
PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPS SMA PERGURUAN ISLAM MAKASSAR DI MASA PENDEMI COVID-19 Nana Harlina Haruna; Muhammad Fajar
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.07 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1194

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar matematika siswa di masa pandemic covid-19. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 5 Makassar dengan sampel 80 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama pandemic covid-19 sehingga aktivitas pembelajaran dilakukan dengan sistem Daring menggunakan Google Classroom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 5 Makassar tahun pelajaran 2020/2021 termasuk dalam kategori Tinggi dengan skor rata-rata 16,8375 atau 38,75% dari skor ideal 20 yang mungkin dicapai. Manajemen waktu siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 5 Makassar berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 45,4831 atau 57,28% dari skor ideal 79,41 yang mungkin dicapai. Manajemen waktu mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SMA Negeri 2 Makassar tahun pelajaran 2020/2021.
ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL ANAK MAKASSAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA SD Titik Pitriani Muslimin; Abdul Rahim
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.319 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara matematika dan budaya dengan fokus penelitian mengeksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional anak suku Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument, di mana peneliti berhubungan langsung dengan penelitian dan berperan sebagai pengumpul data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan data penelitian diperoleh beberapa permainan tradisional anak Makassar yaitu dende’, asing, cangke’, dan gebok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional anak Makassar tersebut memuat konsep dasar geometri khususnya bangun datar dan bangun ruang. Arena dan alat pada permainan dende’, asing, dan gebok memuat konsep bangun datar mulai dari jenisnya, sifatnya dan kekongruenan bangun datar. Sedangkan alat permainan pada permainan cangke’ dan gebok memuat konsep bangun ruang. Permaina tradisional tersebut dapat dijadika media pembelajaran matematika di sekolah khususnya sekolah dasar agar pembeljaran lebih bermakna dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
PENALARAN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA YANG MEMILIKI GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS Tri Bondan Kriswinarso; Suaedi Suaedi; Ma’rufi Ma’rufi
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.048 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1196

Abstract

Problem penelitian ini adalah kemampuan penalaran Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill di materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran mahasiswa calon guru matematika yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak. Penelitian ini dilaksanakan di program studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan penalaran matematika subjek dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill cenderung memenuhi semua indikator kemampuan penalaran, Dalam mengajukan dugaan, subjek mampu menjelaskan banyak dugaan dalam menyelesaikan SPLTV baik menggunakan metode subtitusi, eliminasi, matriks ataupun grafik. Selain itu, subjek menjelaskan dugaan dalam membentuk persamaan pecahan dengan pendekatan perbandingan berbalik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MEANS ENDS ANALYSIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI LIMIT FUNGSI Ermi Ermi; Siti Khodijah; Wiwit Damayanti Lestari
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.623 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Means End Analysis dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi limit fungsi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di MA Negeri 1 Indramayu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 MIA yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi siswa yang bertujuan untuk mengukur keaktifan belajar dan tes formatif yang diberikan pada tiap siklus yang bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar materi limit fungsi. Hasil pengolahan data hasil belajar matematika siswa diperoreh bahwa terjadi peningkatan rata-rata tiap siklus. Hasil pengolahan data keaktifan diperoreh bahwa terjadi peningkatan rata-rata tiap siklus. Sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Means End Analysis efektif dan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi limit fungsi.
KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI (Contoh: Jumlah dan Selisih Dua Sudut) Sukmawati Sukmawati; Jumarniati Jumarniati
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1198

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNCP dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut. (2) kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNCP dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus trigonometri sudut ganda. (3) kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNCP dalam menyelesaikan soal trigonometri.. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP tahun akademik 2019/2020 sebanyak 60 orang mahasiswa yang tersebar dalam dua kelas paralel. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan trigonometri. Tes tersebut terdiri dari 15 nomor soal berbentuk uraian yaitu 5 nomor soal memahami rumus jumlah dan selisih sudut, 5 nomor soal kemampuan memahami rumus trigonometri sudut ganda dan 5 nomor soal kemampuan menyelesaikan soal trigonometri. Hasil yang diperoleh adalah (1) kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut dikategorikan sedang. (2) kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus trigonometri sudut ganda dikategorikan sedang. Dan (3) kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP dalam menyelesaikan soal trigonometri dikategorikan sedang.
PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI UPT SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SUKAMAJU Syafruddin Syafruddin
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.463 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1233

Abstract

Iklim sekolah merupakan faktor penting mempengaruhi kinerja guru dalam menjalankan tugasnya karena iklim sekolah yang kondusif berpengaruh positif terhadap guru dalam menjalankan tugas.. Iklim sekolah yang baik akan berdampak positif terhadap kinerja guru dalam pembelajaran matematika di UPT sekolah dasar negeri di kecamatan sukamajuPenelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi iklim sekolah di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju. (2) deskripsi kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju, (3) pengaruh iklim sekolah terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju pada tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di UPT Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan pertimbangan kondisi sekolah yang di masa pandemi Covid-19, sehingga guru tidak selalu hadir di sekolah bersamaan setiap hari. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner iklim sekolah, dan kuesioner kinerja guru dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menjukkan (1) deskripsi iklim sekolah di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju berada pada kategori sedang. (2) deskripsi kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju berada pada kategori sedang, (3) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap Kinerja guru dalam pembelajaran Matematika di UPT Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Sukamaju.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) Hariani Arief; Saman Saman
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.088 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1235

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika melalui penerapan CTL pada kelas IV SDN 20 Battang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan test. Subyek penelitian adalah siswa kela IV SDN 20 Battang. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, 1) meningkatnya hasil belajar matematika siswa sebelum dilakukan tindakan dikategorikan sangat rendah rendah dan setelah penerapan pendekatan CTL mencapai kategori sangat tinggi, 2) setelah pendekatan CTL diterapkan maka hasil belajar matematika siswa pada kelas IV SDN 20 Battang meningkat.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Uta Selwanti Ridwan
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.192 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kemandirian belajar dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Kalaena Kiri Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII sebanyak 83 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan nilai raport. Sedangkan metode analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII, dan 2) Pengaruh positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kalaena Kiri.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 48 SURABAYA Indri Darlin; Nur Fathonah
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.923 KB) | DOI: 10.30605/pedagogy.v6i1.1237

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kesukaran yang sering dihadapi peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar matematika yang memuaskan dikarenakan pembelajaran yang membosankan dan cenderung monoton, siswa malas berpikir dan tidak memperhatikan materi yang dijelaskan oleh pendidik sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat menjadi pandangan sebagai suatu kondisi yang memerlukan adanya inovasi baru dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaran . Model pembelajaran yang dapat melibatkan secara langsung siswa untuk lebih responsif, punya nalar tinggi, keuletan, perhatian dan motivasi. Supaya dapat memahami pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan maksud agar mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya. Dalam penelitian ini populasinya semua siswa kelas VIII SMPN 48 Surabaya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan rekomendasi guru pamong berdasarkan nilai rata-rata raport siswa. Ada dua kelas yang dipilih sebagai sampel yaitu kelas VIII-I sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode test yaitu lembar post-test dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat uji-t kesamaan dua rataan. Sesuaui hasil pengujian rata-rata post-test hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 90,74 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol adalah 86,16 , terlihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol. Sesuai dengan hipotesis nilai t untuk kedua kelas yaitu thitung = 2,75 dan ttabel = 1,992. Hasil ini berakibat, thitung > ttabel yaitu 2,75 > 1,992 , dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem posing lebih tinggi dari pada hasil nilai matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Page 1 of 2 | Total Record : 15