cover
Contact Name
Fahrul Basir
Contact Email
fahrulb@uncp.ac.id
Phone
+6285399753612
Journal Mail Official
pedagogy@uncp.ac.id
Editorial Address
Jalan Latammacelling No.9 Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25023802     EISSN : 25023799     DOI : https://doi.org/10.30605/pedagogy
Core Subject : Education,
Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran matematika.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika" : 7 Documents clear
ANALISIS ANALISIS PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI NUMERASI PADA TINGKATAN SEKOLAH BAWAH: RISET LITERATUR Aldora Pratama; Ali Fakhrudin; Arief Kuswidyanarko; Rury Rizhardi
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v8i2.2591

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi rendahnya keahlian siswa dalam menuntaskan soal literasi numerasi pada hasil uji INAP, PISA, serta TIMSS. Riset ini bertujuan buat mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi numerasi padatingkat sekolah bawah. Tata cara riset memakai literature review dengan sumber informasi sekunder yang berasal dari 32 harian dari tahun 2015- 2022. Metode analisis informasi terdiri dari mengumpulkan sumber, kritik sumber, interpretasi, serta dilanjutkan dengan historiografi. Bersumber pada hasil riset dari 32 kajian riset dapat disimpulkan kalau terdapat 28 harian yang melaporkan hasilnya sukses bertambah serta membaik, sebaliknya 3 harian melaporkan hasilnya masih kurang ataupun kesusahan. Dapat disimpulkan dari kajian riset kalau, keahlian literasi numerasi hasilnya banyak menampilkan sangat baik sehabis melakikan kajian riset dan nampak kalau literasi numerasi keahlian yang wajib dipunyai tiap siswa.
TIGA KARAKTERISTIK PENTING KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU Mohammad Zahri; Kurnia Noviartati
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v8i2.2798

Abstract

Setiap mahasiswa calon guru memiliki karakteristik yang khas dalam berkomunikasi. Karakteristik komunikasi matematis terdiri dari keterampilan komunikasi tertulis dan lisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara komprehensif karakteristik kemampuan komunikasi matematis calon guru, baik lisan maupun tulisan. Subyek penelitian ini adalah tiga orang mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Mereka diminta untuk menyelesaikan tugas menjelaskan topik matematika untuk sekolah menengah pertama. Selama pembelajaran dilakukan perekaman video untuk mendapatkan data yang menggambarkan kemampuan komunikasi matematis calon guru. Selain itu, keterampilan komunikasi matematis tertulis dikumpulkan dari persiapan mengajar calon guru termasuk slide power point dan catatan di papan tulis. Analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis lisan dicirikan oleh keakuratan, kelengkapan, kesistematisan, dan kelancaran. Selanjutnya, keterampilan komunikasi tertulis terdiri dari keakuratan, kelengkapan, dan bagaimana komunikasi dibangun secara sistematis. Keterampilan komunikasi matematis baik lisan maupun tulisan memiliki tiga karakteristik yang identik, yaitu: aspek keakuratan, kesistematisan, dan kelengkapan. Sedangkan ciri kelancaran hanya terjadi pada komunikasi lisan. Penelitian ini juga memberikan satu temuan bahwa kualitas karakteristik komunikasi matematis lisan maupun tulisan berbeda-beda untuk setiap calon guru.
PEMODELAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN PDRB DI KOTA PALOPO Anastasya Anastasya; Saridiva Saridiva; Denysia Denysia; Eunike Glaria Palute; A. Hajjad Iswar; Rahmat Hidayat
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v8i2.2884

Abstract

Parawisata adalah sektor usaha layanan jasa yang berpotensi dan memiliki nilai strategis dalam pengembangan ekonomi baik nasional maupun regional. Namun sayangnya pada tahun 2020 pandemi COVID-19 melanda Indonesia yang berakibat terhadap industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Penelitian ini dilakukan dengan data sekunder yang berasal dari Badan Pusat Statistik kota Palopo yang dilakukan dengan menggunakan metodologi kuantitatif. Model regresi terbaik yang dihasilkan untuk memodelkan laju pertumbuhan PDRB Provinsi Sulawesi Selatan yaitu menggunakan regresi Spline berganda dengan pemilihan 3 titik knot. Nilai GCV yang dihasilkan sebesar 4,948981 dan nilai yaitu 76,94%. Nilai sebesar 76,94% tersebut dapat menjelaskan pengaruh terhadap laju pertumbuhan PDRB. Model regresi menunjukkan bahwa variabel Jumlah akomodasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap laju pertumbuhan PDRB sedangkan variabel Tingkat Penghunin Kamar (TPK) dan TPAK memiliki pengaruh signifikan terhadap laju pertumbuhan PDRB.
MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN PERANGKAT LUNAK GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI SISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW Nurhuda Teapon; Muhammad Faisal; Marwa M. Sehe
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v8i2.2903

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kajian literatur mengenai media pembelajaran dengan bantuan software GeoGebra sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Metode yang digunakan untuk mendeskripsikan data-data dalam penelitian yaitu kajian literatur yang disebut Systematic Literature Review (SLR). Data dalam penelitian ini terdiri dari 25 studi yang yang berkontribusi pada lingkungan belajar dengan perangkat lunak GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan motivasi belajar. Selama pengumpulan data, semua studi mengenai media pembelajaran berbantuan perangkat lunak GeoGebra tersebut didokumentasikan Berdasarkan tahun akademik, tingkat pendidikan, ukuran sampel dan lokasi studi. Tahun 2020-2021 merupakan tahun dimana studi tentang penggunaan media pembelajaran berbantuan Software GeoGebra paling banyak dilakukan. Sebagian besar penelitian ini dilakukan di sekolah menengah Kelas VIII. Penelitian juga didominasi oleh penelitian dan pengembangan dan sebagian besar dilakukan di Pulau Jawa.
MISKONSEPSI YANG DOMINAN DIMILIKI SISWA KELAS VII PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR Maura Priskila Oktaria; Safrudiannur Safrudiannur; Rusdiana Rusdiana
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v8i2.2945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi tentang operasi aljabar yang dominan terjadi pada siswa dan proses pengerjaan operasi oleh siswa yang memiliki miskonsepsi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen tes dikotomi dan wawancara. Subjek penelitian 59 siswa kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukkan 4 miskonsepsi yang dominan terjadi pada siswa, yaitu (1) siswa tidak membedakan antara koefisien dan konstanta, dimana proses pengerjaan siswa yang memiliki miskonsepsi ini adalah mengubah semua bilangan dengan turus, atau menjumlahkan secara langsung bilangan koefisien dan konstanta, atau menganggap variabel x sebagai bilangan 1; (2) siswa tidak memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan koefisien berupa bilangan pecahan, dimana proses pengerjaan siswa yang memiliki miskonsepsi ini adalah mengubah semua bilangan dengan turus, atau menganggap variabel x sebagai bilangan 1, atau menjumlahkan dan mengurangkan pembilang dengan pembilang, kemudian menjumlahkan dan mengurangkan penyebut dengan penyebut, atau menjumlahkan x+x menjadi x2; (3) siswa tidak memahami konsep operasi pembagian bentuk aljabar, dimana proses pengerjaan siswa dengan miskonsepsi ini adalah mengubah semua bilangan dengan turus, atau salah dalam melakukan aturan pembagian, atau menganggap hasil operasi harus ada variabel x, atau mengganti penyebut ke bilangan yang dapat dibagi dengan pembilang, atau melakukan pengurangan ketika yang diminta adalah pembagian, (4) siswa tidak memahami konsep operasi perkalian bentuk aljabar, dimana proses pengerjaan siswa yang memiliki miskonsepsi ini adalah mengubah semua bilangan dengan turus, atau menganggap variabel x sebagai bilangan 1, atau tidak memahami sifat distributif perkalian.
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Implementasi Pembelajaran Berintegrasi STEM: A Systematic Literature Review Titik Pitriani Muslimin; Abdul Rahim
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v8i2.3042

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Systematic Literatur Review (SLR). Tujuannya untuk melakukan studi literatur terhadap hubungan kemampuan berpikir kreatis matematis dengan pembelajaran berintegrasi pendekatan STEM. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan mengumpulkan dan melakukan review pada artikel yang berkaitan dengan kata kunci penelitian. Sebanyak 80 Artikel yang dikumpulkan dari tahun 2018-2023 yang merupakan artikel dari jurnal nasional dan internasional dari data base online Google Scholar, Eric, dan Garuda. Selanjutnya artikel yang terkumpul diseleksi sesuai kriteria penelitian dan diperoleh sebanyak 18 artikel yang menjadi data sekunder. Selanjutnya artikel yang terpilih menjadi literatur yang akan dianalisis. Hasil temuan dari penelitian ini adalah 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik sangat penting untuk diasah dan dikembangkan sebagai persiapan menghadapi era global saat ini. 2) Pembelajaran berintegrasi STEM sangat meberi pengaruh positif pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. 3) Implementasi STEM dapat diintegrasikan dengan berbagai model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, selain itu STEM juga dapat diimplementasikan dengan media pembelajaran
MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA Nurul 'Ainaeni Lami'; Megita Dwi Pamungkas; Yesi Franita
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v8i2.3053

Abstract

Tindakan yang difokuskan untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui penguatan disiplin diri pada siswa disebut sebagai kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengevaluasi apakah siswa yang diajarkan dengan model flipped classroom berbasis moodle memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik daripada mereka yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group resume; (2) untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa dengan tingkat disposisi matematika yang berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah; serta (3) untuk menganalisis bagaimana interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental semu yang menggunakan konsep pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis pertama pada penelitian ini didapatkan , sehingga ditolak, hasil uji hipotesis kedua diperoleh , sehingga diterima, hasil uji hipotesis ketiga diperoleh , sehingga diterima. Karena terjadi penolakan pada uji hipotesis pertama, maka dilanjutkan uji scheffe yaitu dengan menghitung rerata marginal. Berdasarkan analisis hasil hipotesis, disimpulkan bahwa: (1) siswa yang mengikuti model pembelajaran flipped classroom berbasis moodle memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe group resume; (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara siswa dengan tingkat disposisi matematika tinggi, sedang, dan rendah; serta (3) tidak terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan disposisi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis.

Page 1 of 1 | Total Record : 7