cover
Contact Name
Ismail
Contact Email
lppm@unipol.ac.id
Phone
+6285343666997
Journal Mail Official
lppm@unipol.ac.id
Editorial Address
Jl. Kesatria No. 60 Watansoppeng, Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan-Indonesia
Location
Kab. soppeng,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi)
ISSN : 26214547     EISSN : 27237478     DOI : https://doi.org/10.57093/metansi
Core Subject : Economy,
Lembaga Jurnal Ilmiah METANSI Universitas Lamappapoleonro adalah Lembaga Penerbitan Penelitian Ilmiah yang disiplin Ilmu Ekonomi. Lembaga METANSI juga merupakan Wadah yang dapat mempermudah dosen untuk mempublikasikan Penelitiannya. METANSI Menerbitkan artikel setiap bulan april dan oktober
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”" : 10 Documents clear
Pengaruh Persepsi Tentang Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Aneka Soppeng Andi Rahma Nur Alam
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.431 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.79

Abstract

Dalam upaya memberikan kepuasan konsumen, serta untuk menghasilkan tanggapan yang efektif dan sesuai dengan keinginan konsumen, maka perusahaan perlu menentukan suatu strategi kebijakan yang tepat dan terpadu. Oleh karena itu, marketer perlu mempelajari dan menentukan prespektif pemecahan masalah dari semua jenis kebutuhan, pada umumnya proses pembelian konsumen di pasar swalayan didahului oleh kebijakan periklanan yang menarik konsumen, tersedia parkir yang memadai, tersedianya aneka ragam kebutuhan, harga relatif bersaing. Toko Aneka merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang penjualan kebutuhan akan barang-barang konsumsi sehari-hari. Untuk meraih minat keputusan beli konsumen promosi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan, dengan alasan jika konsumen merasa puas dengan promosi yang dilakukan perusahaan, tidak menutup kemungkinan perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang lebih dari apa yang telah ditargetkan sebelumnya
Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Setia Kawan Motor Di Kabupaten Soppeng Surianti
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.62 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.80

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Toko Setia Kawan Motor di Kabupaten Soppeng. Melalui penerapan kebijakan diferensiasi produk maka perusahaan dapat membedakan produk mereka dengan produk pesaing, sehingga akan membuka suatu peluang terciptanya permintaan baru; Oleh sebab itu perusahaan harus mampu bersaing dalam menawarkan produknya menjadi yang terbaik dan berbeda dari produk pesaing. keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produknya ditentukan melalui proses riset pasar yang relevan yang mampu mengidentifikasi peluang untuk memudahkan dalam menentukan strategi pemasaran. Diferensiasi produk dilakukan agar perusahaan menawarkan produk yang memiliki keunggulan kompetitif (memiliki sesuatu yang lebih baik), unik untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing
Analisis kinerja keuangan pada pt. Hero supermarket tbk cabang mall ratu indah makassar Masyadi
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.58 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.81

Abstract

Laporan keuangan yang terdiri dari neraca, perhitungan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan serta laporan lainnya, belum cukup memberikan informasi secara rinci mengenai kinerja dan situasi keuangan perusahaan. Laporan tersebut masih perlu diuraikan, masih perlu diinterprestasikan lebih lanjut dengan mengaitkan atau menghubungkan unsure yang satu dengan lainnya. Karena itu perlu dilakukan suatu analisis laporan keuangan tersebut sehingga bisa dihasilkan berbagai informasi mengenai keadaan perusahaan kepada berbagai pihak yang berkepentingan. Permasalahan cuurentratio pada PT.Hero Supermarket Tbk selama periode 2009 sampai dengan tahun 2013 kurang baik karena trennya dari tahun ke tahun peningkatannya belum signifikan atau masih dibawah standar rasio lancer. Pada penelitian ini menggunakan metode Analisis dan interprestasi untuk melihat kinerja keuangan PT Hero Supermarket. Analisis dan interprestasi bukan merupakan tujuan tetapi analisis dan interpresatsi hanya merupakan suatu alat untuk membuat atau mengambil keputusan untuk mencapai tujuan tersebut. Bila ditinjau dari sudut rasio likuiditas, diukur dengan menggunakan current ratio, quick ratio dan cash rasio maka keadaan pada PT Hero Supermarket Tbk Cabang Mall Ratu Indah Makassar menunjukkan bahwa perusahaan tidak likuid karena perusahaan tidak mampu untuk menutupi kewajiban lancar yang dimiliki oleh perusahaan
Prospek Pemasaran Pisang Di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Puji Rahmah
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.745 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.82

Abstract

pemasaran pisang di Kecamatan Lilirilau menemukan berbagi kendala, seperti tidak adanya jaringan yang betul-betul dapat memasarkan produksi pisang dengan harga yang memadai yang tidak merugikan pihak petani pisang. tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana prospek pemasaran pisang di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng ke depan. Dalam merumuskan program-program pengembangan komoditas pisang untuk mengembangkan pemasarannya diperlukan informasi-informasi pokok yang menyangkut prospek produksi dan pemasaran hasil perlu mendapat perhatian proses pemasaran dari hasil-hasil sumber daya alam kita, supaya dengan pengelolaan pasar yang baik maka akan meningkatkan nilai jualnya.
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Resmi Yamaha Watansoppeng Asnia Minarti
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.754 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.83

Abstract

Salah satu bisnis atau usaha yang juga merasakan ketatnya persaingan saat ini adalah bisnis bengkel reparasi mobil. Persaingan yang semakin ketat tersebut ditandai dengan makin banyaknya bengkel-bengkel bermunculan di kota Soppeng. Pelayanan dan harga yang ditawarkan pun beraneka macam, dengan begitu akan menjadi ciri dan keunggulan tersendiri bagi setiap bengkel. Kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan merupakan bagian dari pengalaman pelanggan terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Berdasarkan pengalaman yang diperolehnya, pelanggan memiliki kecenderungan untuk membangun nilai-nilai tertentu. Demikian juga halnya di Bengkel Resmi Yamaha Watansoppeng, dimana sebagai salah satu bengkel yang ada di kota Watansoppeng, juga memiliki strategi dan keunggulan yang berbeda dibanding pesaing yang ada. Dengan semakin meningkatnya persaingan yang ada, perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya agar dapat melakukan perbaikan dan inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan setelah melakukan transaksi di Bengkel Resmi Yamaha Watansoppeng
Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Mandiri Unit Mikro Kcp Makassar Soppeng Mutmainna Andi Sudirman
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.79 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.84

Abstract

Bank perlu melakukan riset konsumen dengan mengevaluasi kualitas layanan untuk menghindari agar tidak terjadi perbedaan persepsi tentang apa yang diberikan perusahaan dengan apa yang dibutuhkan konsumen itu sendiri, pihak manajemen perlu mengidentifikasi apa yang dibutuhkan konsumen secara tepat. Kualitas pelayanan memberikan dorongan kepada nasabah untuk menjalin hubungan yang erat dengan bank sehingga memungkinkan bank untuk memahami harapan dan kebutuhan, yang pada akhirnya kepuasan nasabah akan menciptakan kesetiaan (loyalty) pada bank tersebut. Tujuan penelitian ini Untuk menget­ahui dan mengukur apakah variabel kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Unit Mikro KCP Makassar Soppeng. Metode pengukuran yang digunakan analisis statistik regresi linear berganda. Dari hasil analisis pengujian diketahui bahwa variabel yang berpengaruh relatif dominan secara signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Unit Mikro KCP Makassar Soppeng adalah variabel assurance (X4) dimana koefisien regresi variabel assurance sebesar 50,2% dan nilai Sig t sebesar 0.000 < α = 0.05, merupakan nilai tertinggi dari keempat variabel lainnya
Analisis Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Pengendalian Internal, Dan Kualitas Laporan Keuangan (Studi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng) Andi M. Nurul Afdhal
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.053 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.85

Abstract

Laporan keuangan adalah salah satu elemen terpenting dan tidak terpisahkan dari suatu entitas. Penyusunan laporan keuangan pemerintah merupakan manifestasi dari transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, pengendalian internal, dan kualitas laporan keuangan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbeng. Sumber data dalam penelitian ini dikumpulkan dari data primer. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data yang terkait dengan implementasi SAP, pengendalian internal, dan kualitas laporan keuangan. Data-data ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang akan didistribusikan kepada setiap responden. Responden dalam penelitian ini adalah kepala SKPD, kepala keuangan, dan staf keuangan. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa penerapan standar akuntansi dan kontrol internal pemerintah dapat dinyatakan telah diterapkan dengan benar sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Kualitas laporan keuangan pada Pemerintah Daerah Soppeng juga memiliki kualitas yang baik, dapat diidentifikasi berdasarkan pendapat yang diberikan oleh BPKPenerapan Standar Akuntansi
Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Dosen Dpk Kopertis Wil.Ix Sulawesi Di Sulawesi Selatan Asmini
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.258 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsungkepribadiandan kompetensiterhadap karir protean,kepuasan kerja dan kinerja dosen Dpk, untuk menganalisis pengaruh tidak langsungkepribadian dan kompetensi terhadap Kinerja dosen Dpk, untuk menganalisis pengaruh langsung karir protean terhadap kepuasan kerja dosen, untuk menganalisis pengaruh tidak langsung karir protean ke kinerja melaluikepuasan kerja dosen, untuk menganalisis pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja dosenDpk Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel atau yang disebut penelitian eksplanatori (explanatory research). Penelitian ini dilaksanakan pada perguruan tinggi swasta di Sulawesi Selatan.Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen DPK Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Sulawesi Selatan yang berjumlah 759 orang, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 238 orang. Teknik yang akan digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu kuesioner yang disusun dalam bentuk pertanyaan pertanyaan tertulis yang diberikan kepada responden, serta berbagai dokumen tertulis maupun tidak tertulis yang menunjukkan atau menggambarkan data dan informasi penting yang berhubungan dengan penelitian.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model persamaan struktural atau Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengetahui hubungan kausal antar variabel laten yang terdapat dalam persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis statistik deskriptif penelitian menunjukkan bahwa kepribadian tipe B pada variabel kepribadian dan kegiatan penunjang pada variabel kinerja dosen dinilai masih kurang dalam penerapannya. Variabel kepribadian tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, sedangkan hubungan variabel eksogen terhadap endogen lainnya berpengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsungKepribadian
Analisis tingkat resiko kredit pada pt. Bank rakyat indonesia (persero) tbk cabang soppeng Sukma Aini
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.057 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.87

Abstract

Analisis kredit atau penilaian kredit adalah suatu proses yang dimaksud untuk menganalisis atau menilai suatu permohonan kredit yang diajukan oleh calon debitur, sehingga dapat memberikan keyakinan kepada pihak bank bahwa proyek yang akan dibiayai dengan kredit bank cukup layak. Dengan adanya analisis kredit ini dapat mencegah kemungkinan terjadinya default oleh calon debitur . Default dalam hal ini merupakan kegagalan nasabah dalam memenuhi kewajibannya untuk melunasi kredit yang diterimanya (angsuran pokok) beserta bunga yang telah disepakati bersama. Kredit bermasalah akan berakibat pada kerugian bank atas hilangnya kesempatan mendapatkan bunga kredit atau penurunan pendapatan karena pokok kredit yang juga tidak dapat tertagih. Penyaluran kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Soppeng dapat menimbulkan terjadinya kredit bermasalah. Kredit bermasalah merupakan kredit yang telah disalurkan oleh bank, namun nasabah tidak dapat melakukan pembayaran atau melakukan angsuran sesuai dengan perjanjian yang telah ditandatangani oleh bank dan nasabah. tingkat risiko kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Soppeng ditinjau dari Non Perfoming Loan (NPL) adalah tergolong rendah karena berada dibawah 2% dari ketetapan Bank Indonesia
Analisis pengaruh kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (persero) Kabupaten sidrap provinsi sulawesi selatan Jumiati Nurdin
Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi”
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.717 KB) | DOI: 10.57093/metansi.v2i2.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (Persero) Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah diduga bahwa kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (Persero) Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan melalui tahapan-tahapan berikut (1) analisis regresi linear berganda, (2) pengujian hipotesis baik Uji pasial (Uji t) maupun Uji parsial (uji t) digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel maupun Uji simultan (Uji F) digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel terikatnya. (3) Analisis koefisien determinasi (R2). Hasil Penelitian yang telah dilaksanakan maka dari ketiga variabel penelitian yaitu kepemimpinan, motivasi kerja, dan lingkungan kerja yang memiliki pengaruh lebih dominan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (Persero) Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan adalah lingkungan kerja. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung lingkungan kerja 3,578 Iebih besar dari nilai t hitung motivasi kerja 3,483 dan nilai t hitung kepemimpinan sebesar 2,256. Secara simultan variabel kepemimpinan, motivasi kerja, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (Persero) Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan. Hal ini dikarenakan oleh taraf signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh variabel kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (Persero) Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan adalah 0,809 atau sebesar 80,90%. Sedangkan sisanya sebesar 19,10% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka penulis menyimpulkan Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (Persero) Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan, karena nilai koefisien regresi kepemimpinan adalah 0,244 mempunyai arti positif dan signifikan dikarenakan nilai signifikansinya sebesar 0,028 lebih kecil dari 0,05. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (Persero) Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan, karena nilai koefisien regresi motivasi kerja adalah 0,364 memiiliki arti positif dan signifikan dikarenakan nilai signifikansinya sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (Persero) Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan, karena nilai koefisien regresi lingkungan kerja adalah 0,367 mempunyai arti positif dan signifikan dikarenakan nilai signifikansinya sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh variabel kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertani (Persero) Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan adalah 0,809 atau sebesar 80,90%

Page 1 of 1 | Total Record : 10