cover
Contact Name
Rudi Kristanto
Contact Email
mr.inspirasi1@gmail.com
Phone
+6281282083001
Journal Mail Official
abiwarajournal@stiami.ac.id
Editorial Address
Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55, Cempaka Putih, Jakarta Pusat Indonesia, RT.5/RW.7, Galur, Johar Baru, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10530
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26861577     DOI : https://doi.org/10.31334/abiwara
Core Subject : Social,
Jurnal ABIWARA diterbitkan oleh Program Studi Administrasi Bisnis Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami Jakarta sebagai media untuk publikasi gagasan dan studi ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam administrasi bisnis dan Kewirausahaan. Publikasi ini memuat berbagai tulisan ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian teoretis dan konseptual, serta aplikasi praktis baik dari bidang akademik maupun bisnis. Tulisan yang diterbitkan telah melalui proses penyuntingan tanpa mengubah substansi aslinya. Penulisan konten adalah tanggung jawab penulis dan tidak mencerminkan pendapat penerbit.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2: Maret 2021" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT DI PULAU PARI KEPULAUAN SERIBU Sukarni Novita Sari; Mercy Devina de Fretes
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 2, No 2: Maret 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.992 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v1i2.1384

Abstract

Pariwisata memiliki peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat di daerah wisata dapat menciptakan lebih banyak sektor ekonomi lokal seperti penginapan berupa homestay, kuliner, transportasi, hiburan dan ritel, sehingga penyediaan layanan tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat lokal dan juga menurunkan tingkat pengangguran. Wilayah pesisir Indonesia menyediakan semua sumber daya alam yang memiliki potensi besar untuk berbagai pilihan pengembangan pariwisata. Salah satunya adalah Kepulauan Seribu. Sumber daya potensial wisata bahari Kepulauan Seribu memberikan peluang bagi industri pariwisata yang harus dikelola secara profesional, dan dimanfaatkan serta tujuan wisata kelas dunia. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia meyakini bahwa Kepulauan Seribu memiliki potensi untuk pengembangan sektor pariwisata Indonesia dan menetapkannya sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata teratas di Indonesia. Namun, masih ada beberapa masalah yang harus diperbaiki oleh pemerintah daerah untuk mendorong peningkatan pariwisata di Kepulauan Seribu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah dan tantangan terkait dengan strategi pengembangan pariwisata, dan untuk mengamati dampak signifikannya terhadap masyarakat lokal. Untuk mendapatkan sudut pandang yang jelas dari para peserta, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan kuesioner. Penelitian ini menemukan bahwa pemerintah daerah Kepulauan Seribu telah menerapkan tujuh strategi dalam mengembangkan industri pariwisata.
PENGARUH FLOW EXPERIENCE, PERCEIVED ENJOYMENT, PERFORMANCE EXPECTANCY, EFFORT EXPECTANCY, SOCIAL INFLUENCE, DAN FACILITATING CONDITIONS TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION PEMAIN MOBILE GAME KOTA KITA Reky Wiryanto Bongso; Citra Kusuma Dewi
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 2, No 2: Maret 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.904 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v2i2.772

Abstract

The study aims to construct findings of impact between the flow experience, perceived enjoyment, performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating conditions toward the behavioral intention of Kota Kita mobile game players. For this study we applies a quantitative research methodology with non-probability sampling techniques. Using number of samples as many as 100 people of Kota Kita mobile game players in Indonesia. This study also employs descriptive analysis techniques and multiple linear regression for analysis purpose.The partial hypothesis test results show there is no significant effect between flow experience, performance expectancy, and effort expectancy on behavioral intention. Meanwhile, there is a significant effect between perceived enjoyment, social influence, and facilitating conditions toward behavioral intention on Kota Kita players. Furthermore, based on the results of the f test show that simultaneously, there is an effect between flow experience, perceived enjoyment, performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating conditions toward behavioral intention on Kota Kita players.
EVALUASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN SEBAGAI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PT. XXX DI SIDOARJO Muhammad Ariful Ikhwan; Darno Darno; Adek Yoan Utama; Andre Brata Kuncara; Wahyu Putra Roviega
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 2, No 2: Maret 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.352 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v2i2.1403

Abstract

Peneltitian ini di lakukan di PT XXX yang berdomisili di Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi berdasarkan perusahaan Vs perhitungan harga pokok produksi berdasarkan pesanan.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan cara melakukan observasi di lapangan, wawancara dengan pihak terkait, selain itu penulis memberikan surat permohonan yang berisikan permintaan data variable dan data lain yang di butuhkan kepada pihak perusahaan.Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan harga pokok produksi berdasarkan perusahaan dengan metode harga pokok pesanan. Hasil perhitungan menurut perusahaan untuk harga pokok produksi untuk tipe FA1.6,sebesar Rp. 4.692, FA1.2 sebesar Rp. 3.756 , FAL1.6 sebesar Rp. 3974, FAL1.2 sebesar Rp 3.257, FK1.2 sebesar Rp. 3154, FK1.0 sebesar Rp. 3381. Kesimpulan rata-rata harga pokok produksi perusahaan adalah Rp. 3709. Sedang menurut metode harga pokok pesanan menghasilkan untuk tipe FA1.6,sebesar Rp. 4.043, FA1.2 sebesar Rp. 3.077 , FAL1.6 sebesar Rp. 3.264, FAL1.2 sebesar Rp 2577, FK1.2 sebesar Rp. 2.701, FK1.0 sebesar Rp. 2884. Sehingga rata-rata harga pokok produksinya adalah Rp. 3091, selisih rata-ratanya adalah Rp. 618. Hal itu di sebabkan karena perusahaan belum menghitung seluruh biaya variable bahan penolong serta biaya perawatan mesin. Penulis dapat menyimpulkan bahwa metode yang di gunakan perusahaan kurang tepat, penting bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi dalam menentukan harga pokok produksinya.
PENGARUH STRATEGI BERSAING TERHADAP TINGKAT VOLUME PENJUALAN SPAREPART PADA PT.MORITA TJOKRO GEARINDO DI JAKARTA Muhamad Akbar; Ahsanu Nadia
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 2, No 2: Maret 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/abiwara.v2i2.1380

Abstract

This study aims to see the effect of Competitive Strategy on the Sales Volume Level of Car Parts at PT. Morita Tjokro Gearindo in Jakarta. The population in this study were all consumers of PT. Morita Tjokro Gearindo with a total sample of 90 respondents, with the sampling technique using incidental sampling techniques. The respondent data technique used was a questionnaire (questionnaire) for each respondent who was given 18 statements. Then the data obtained were analyzed using the validity test, reliability test, linear regression analysis, t test, and analysis of the coefficient of determination (R2). Based on the research results of the coefficient of determination (r square) of 0.172, which means that the Competitive Strategy variable has a significant positive result on the Increase in Sales as evidenced by the t - test 3,868 > t - table 1,662, it means that H0 is rejected, and H1 is accepted. So it can be revealed that there is a significant and positive influence between competitive strategy on sales volume level.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Kampus Pusat Institut Stiami Jakarta Muhammad Sholeh
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 2, No 2: Maret 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.793 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v2i2.1390

Abstract

The purpose of this study was to determine the significance of the effect of service quality and customer relationship management on student loyalty STIAMI. This research is a quantitative study with a sampling technique in the form of simple random sampling totaling 97 students. The results showed that there was no significant influence given service quality to student loyalty, but customer relationship management had a significant effect on student loyalty. In addition, simultaneously service quality and customer relationship management have a significant influence on student loyalty by 44.1%
Peran Price Discount Dalam Memoderasi Pengaruh Social Media Marketing dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Produk Visval Bags
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 2, No 2: Maret 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/abiwara.v2i2.1407

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of social media marketing and product knowledge on the purchase intention of Visvalbags products with a price discount as a moderating variable. This study uses a quantitative approach using a sample of 152 respondents, namely the millennial generation who live in North Bekasi using accidental sampling technique. The data analysis technique used is the classic assumption test, multiple linear regression test, hypothesis testing, and determination coefficient test using the SPSS version 21 tool. The results show that social media marketing and product knowledge variables have a significant positive effect on purchase intention, but the variables Price discount cannot moderate the relationship between social media marketing and product knowledge on the purchase intention of Visval Bags products for the millennial generation in North Bekasi.
Pengaruh Persepsi Resiko dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Beli Konsumen Secara Online ( Studi Kasus Pembelian Barang Elektronik di Kaskus.com) Yoka Mai Patria
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 2, No 2: Maret 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/abiwara.v2i2.1664

Abstract

Belakangan ini banyak bermunculan berbagai situs online shop, diantaranya bukalapak, olx, tokopedia, elevenia, lazada, kaskus, zalora, dll. Berbeda dengan online shop seperti zalora, produk-produknya langsung ke pembeli. Meski produk orang lain yang di jual, tapi aktivitas upload produk dan hingga delivery dilakukan pemilik toko online. berbeda dengan kaskus, penjual adalah perorangan yang sesekali menjual dagangan atau barang pribadi ke pembeli via marketplace. Calon pembeli yang tertarik bisa kontak, melihat barang & transaksi langsung ke penjual. Tidak ada jaminan karena tidak memiliki toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi resiko terhadap niat beli konsumen online di kaskus, seberapa besar pengaruh persepsi manfaat terhadap niat beli konsumen online di kaskus, seberapa besar pengaruh persepsi resiko & persepsi manfaat terhadap niat beli konsumen online di kaskus. Dalam hal ini penulis, menggunakan data primer yang di dapat dengan penyebaran kuesioner kepada masyarakat Jakarta Pusat yang langsung menjadi responden yaitu sebanyak 165 responden. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi resiko memberikan pengaruh yang signifikan sebesar 15,5% terhadap niat beli konumen. Persepsi manfaat memberikan pengaruh yang signikan sebesar 11,2% terhadap niat beli konsumen. Adapun secara bersama-sama, persepsi resiko dan persepsi manfaat signifikan berpengaruh terhadap niat beli sebesar 21,7%
Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Property, Real Estate Dan Building Contructions Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2018 Rosi Esa Mardiyani; Heru Satria Rukmana
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 2, No 2: Maret 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.028 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v2i2.1408

Abstract

This study aims to determine the effect of investment decisions, dividend policy and debt policy on corporate value decisions in the property, real estate and building construction sectors for the period 2016-2018. This research uses quantitative analysis. The sample collection method used was purposive sampling, namely property, real estate and building construction sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in a row for the period 2016-2018. The data collection technique uses documentary data, namely in the form of previous research journals, literature and financial reports. The data analysis technique used correlation coefficient test, determination coefficient test, partial t statistical test, f statistical test and multiple linear regression analysis. The coefficient of determination test results where the adjusted rsquare value of the Investment Decision variable (X1), the Dividend Policy variable (X2) and the Debt Policy variable (X3) is 90.5%, which means that the deterimination coefficient value of the Investment Decision variable (X1), the Dividend Policy variable (X2) ) and the debt policy variable (X3) has a dominant factor affecting the firm value variable (Y). Performing the classical assumption test shows that the data in this study show positive results for conducting multiple regression tests. Based on the results of multiple linear regression, the equation Ŷ = -1.972 + 0.071 + 0.018 + 0.602 is obtained. From the results of hypothesis testing, it states that there is an influence of the Investment Decision (X1), Dividend Policy (X2) and Debt Policy (X3) on Firm Value (Y). The results of the partial t test where the significant value of the Investment Decision variable (X1) is 0.000 <0.05, the significant value of the Dividend Policy variable (X2) is 0.000 <0.05 and the significant value of the Debt Policy variable (X3) is 0.022 <0.05.
Pengaruh kualitas pelayanan dan kompetensi karyawan terhadap kepuasan nasabah pada Bank XY Syari’ah cabang Jakarta Pusat rousdy safari tamba
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 2, No 2: Maret 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.221 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v2i2.1378

Abstract

There are three objectives of this research, namely first, to determine the magnitude of the influence of service quality on customer satisfaction at Bank XY Syari'ah, Central Jakarta Branch. Second, to determine the influence of employee competence on customer satisfaction at Bank XY Syari'ah, Central Jakarta Branch. Third, to determine the magnitude of the influence of service quality and employee competence together on customer satisfaction at Bank XY Syari'ah, Central Jakarta Branch. This is based on the problem of whether customer satisfaction at Bank XY Syari'ah, Central Jakarta Branch is related to service quality and employee competence at the Bank. The conclusion of this research is that service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, employee competence has a positive and significant effect on customer satisfaction, and service quality and employee competence together have a positive and significant effect on customer satisfaction.

Page 1 of 1 | Total Record : 9