cover
Contact Name
Rudi Kristanto
Contact Email
mr.inspirasi1@gmail.com
Phone
+6281282083001
Journal Mail Official
abiwarajournal@stiami.ac.id
Editorial Address
Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55, Cempaka Putih, Jakarta Pusat Indonesia, RT.5/RW.7, Galur, Johar Baru, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10530
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26861577     DOI : https://doi.org/10.31334/abiwara
Core Subject : Social,
Jurnal ABIWARA diterbitkan oleh Program Studi Administrasi Bisnis Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami Jakarta sebagai media untuk publikasi gagasan dan studi ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam administrasi bisnis dan Kewirausahaan. Publikasi ini memuat berbagai tulisan ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian teoretis dan konseptual, serta aplikasi praktis baik dari bidang akademik maupun bisnis. Tulisan yang diterbitkan telah melalui proses penyuntingan tanpa mengubah substansi aslinya. Penulisan konten adalah tanggung jawab penulis dan tidak mencerminkan pendapat penerbit.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1: September 2021" : 9 Documents clear
Pengaruh Revitalisasi dan Penggunaan System Tapping Gate Terhadap Perawatan Toilet Umum Berbayar di Pasar Induk Kramat Jati Ai Netty Sumidartini
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 3, No 1: September 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1124.526 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v3i1.1845

Abstract

Perumda Pasar Jaya kembali menggelar lelang Revitalisasi perawatan dan pengelolaan Toilet pasar induk kramat jati,  yang ada di Jakarta, dan saat ini yang memenangkan Lelang dari Revitalisasi Perawatan dan pengelolaan adalah PT. Answara Sukses Perdana Indonesia, karena dalam Hal ini dalam rangka untuk menciptakan toilet pasar yang bersih dan nyaman. Sehingga pengunjung pasar lebih betah untuk masuk ke dalam pasar tradisional. Pengelolaan dan perawatan toilet yang berada di pasar saat ini memang terus mengalami perbaikan setiap tahunnya. Hal ini sesuai dengan slogan Pasar Jaya yang ingin menjadikan ruang lingkup pasar yang bersih dan sehat. Manajemen pasar ingin kebersihan toilet menjadi salah satu tolak ukur dalam melihat kelayakan pasar. “Karena walau pasar tradisional tapi kebersihannya tidak boleh dinomerduakan, kita ingin kesan toilet pasar yang jorok dan kotor dulunya bisa berganti di masyarakat mengingat kita kejar terus perbaikan dan perawatannya toilet agar menjadi lebih baik,”.Karena itulah pihaknya mengajak agar seluruh pihak yang mau membantu pembenahan toilet pasar untuk ikut dalam kegiatan tersebut. Diharapkan kedepannya di sejumlah pasar yang dimaksud toiletnya bisa menjadi lebih baik lagi. Sebelumnya salah satu program revitalisasi dan perawatan toilet yang berstandar dengan menggunakan System Tapping gate bisa dilihat di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur yang pembenahannya untuk para pemakai jasa Toilet umum tersebut.  Pembenahan yang paling menonjol yang dilakukan manajemen adalah Revitalisasi dan perawatan dan diterapkannya System tapping gate di toilet pasar yang standarnya setara dengan toilet yang ada di hotel berbintang. Karena dijadikan salah satu standar kedepannya setiap pasar milik PD Pasar Jaya yang direvitalisasi model dan bentuknya serta harus menggunakan system Tapping Gate dan harus mengacu kepada toilet yang ada dipasar tersebut.  Karena dibangun berstandar maka perawatannya juga tidak sama dengan yang lainnya/pasar yang belum di revitalisasi dan belum menggunakan system Tapping gate. Pengelolaanya diharapkan juga bisa menjadi acuan kepada pasar lainnya ,Pengelolaan dan Perawatan toilet pasar ini  terutama dari sisi kebersihannya, fasilitas penunjangnya dan luasnya. Karena itulah perlu kehati-hatian dalam mengerjakannya. Sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada pedagang dan masyarakat yang datang berbelanja ke pasar tradisional.
Pengaruh Sistem Informasi Manajemen dan Kompetensi Terhadap Efektifitas Kerja di PT Citra Solusi Informatika Muhammad Sholeh; Dian Wahyudin
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 3, No 1: September 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.026 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v3i1.1841

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh sistem informasi manajemen dan kompetensi terhadap efektivitas kerja Di PT. Citra SolusiInformatika. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk variabel sistem informasi manajemen mengacu pada pendapat Arif Wibowo variabel kompetensi mengacu pada teori Wibowo dan variabel efektivitas kerja mengacu pada teori Denison yang diterjemahkan oleh Khairul Saleh. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner kepada sejumlah responden, dengan jumlah populasi sebanyak 30 responden dan sampelnya sebanyak 30 responden dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampel jenuh. Instrument diuji dengan reliabilitas dan validitas. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier parsial dan berganda dengan bantuan SPSS versi 24 for windows menunjukan bahwa hasil uji t secara parsial (regresi sederhana) menunjukan bahwa sistem informasi manajemen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja sebesar 0,743 atau 74,3 % karena t hitung lebih besar dari pada t tabel sedangkan 25,7 % dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial kedua hasil uji t (regresi sederhana) menunjukan bahwa kompetensi mempunyai pengaruh positif terhadap efektivitas kerja sebesar 0,579 atau 57,9 % karena t hitung lebih besar daripada t tabel dan 42,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti oleh peneliti. Variabel bebas sistem informasi manajemen dan kompetensi secara simultan atau bersama-sama diuji F mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadapefektivitas kerja dan besar pengaruhnya dari nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,866 atau 86,6 % dan sisanya 13,4% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Implementation of CSR Activities from Stakeholder Theory Perspective in Wika Mengajar Ratna Ningrum Wulandani Zain; Chandra Hendriyani; Danang Nugroho; Budiana Ruslan
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 3, No 1: September 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.619 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v3i1.1846

Abstract

The purpose of this research is to explore Corporate Social Responsibility (CSR) activities in the stakeholder theory point of view in the WIKA Mengajar program. The needs of stakeholders both internally and externally in relation to social and environmental responsibility through the triple bottom line model is one way to explore CSR activities. This research was conducted using phenomenological methods with a qualitative approach at PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA). Interviews are conducted with the General Manager of Corporate Relations, collecting evidence in the form of documentation and articles of activities that are then simplified to produce relevant information. The results of the study showed the benefits of CSR through the point of view of internal stakeholder theory of the company always maintaining commitment and meeting the needs of stakeholders both internally and externally, in this case WIKA shows social and environmental responsibility that includes economic, social, and environmental aspects (triple bottom line) through CSR activities. 
Analysis of the Effect of Principal Leadership and Job Satisfaction on Teacher Performance (Case Study of SMK Bina Nasional Informatika Bekasi Regency) Robby Irvawan; Ade Sutarya
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 3, No 1: September 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.839 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v3i1.1842

Abstract

The purpose of this study was to analyze and evaluate the magnitude of the influence of Principal Leadership and Job Satisfaction on Teacher Performance.The research method used is a quantitative method through the distribution of questionnaires using a Likert scale as a data collection method. The population is 34 teachers and the method used in sampling is non-probability sampling. The data analysis technique used is descriptive analysis technique with simultaneous multiple regression test with regression equations to produce regression constants and coefficients for each independent variable.Based on the results of data analysis using simple and multiple linear regression analysis with the help of SPSS Version 19 for Windows, it shows that partially using the t test shows that the Principal's Leadership has a positive and significant effect of 66.6% on Teacher Performance. Partially, the results show that job satisfaction has a positive and significant effect on teacher performance by 62.5%. The variables of Principal Leadership and Job Satisfaction are jointly tested with the F test proving to have a positive and significant effect on teacher performance and the magnitude of the effect is seen of the coefficient of determination (R2) is 71.8%, while the remaining 28.2% is influenced by other variables that are not included in this research model. Thus, teacher performance will increase if the principal's leadership and teacher job satisfaction are met properly.
Analisis Pengelolaan Pendidikan Tinggi Swasta Di Indonesia Sebagai Entitas Corporat Non Profit Dan Upayanya Dalam Mempertahankan Eksistensi Ana Chaerunisyah
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 3, No 1: September 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.02 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v3i1.1848

Abstract

Sebagaimana telah ditetapkan dalam undang-undang yayasan bahwasanya Perguruan Tinggi Swasta didirikan oleh sebuah yayasan yang berorientasi pada pengembangan pendidikan tanpa orientasi provit dalam aktivitas dilapangan. Namun demikian untuk mempertahankan keberlangsungannya pihak yayasan harus mampu membiayai segala kebutuhan pendidikan tersebut melalui beberapa sumber dana yang dimungkinkan seperti SPP Mahasiswa, dana hibah, dan berbagai bentuk kerjasama dengan pihak tertentu dalam kegiatan penelitian, pengabdian pada masyarakat dan beberapa kegiatan lainnya. Perguruan tinggi tidak hanya perlu dilihat sebagai pusat ilmu pengetahuan, pusat penelitian, dan pusat pengabdian kepada masyarakat, tetapi juga suatu entitas korporat ‘’penghasil ilmu pengetahuan’’ yang perlu ‘’bersaing’’ untuk menjamin kelangsungan hidup. Persaingan, sebagaimana dialami oleh perusahaan profit, meliputi persaingan di bidang mutu, harga, dan layanan. Perguruan tinggi sebagai suatu entitas non-profit, menghadapi hal yang sama pula. Pengelolaan semuanya memerlukan pengetahuan dan keterampilan manajemen, yaitu manajemen pendidikan tinggi.
Pengaruh Cash Coversion Cycle, Networking Capital Terhadap Cash Holding (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019) Juardi Juardi; Sari Mujiani; Nita Silfianah; Sukarni Novita Sari
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 3, No 1: September 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.753 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v3i1.1843

Abstract

This study aims to determine the effect of cash conversion cycle, net working capital  on cash holding on manufacturing companies in the consumer goods industry sector listed on Indonesia Stock Exchange (IDX). The sampel used in this study is a company listed on the Indonesia. The research period was the period of 2015-2019. The sampel of this study was obtained used a purposive-sampling method where 35 companies met the criteria. This research used secondary data and was analyzed using SPSS 26. The data analysis method used in this research was multiple linear regression analysis. The result showed that cash conversion cycle have a negative and significant on cash holding and net working capital have a positive and significant on cash holding. The ability of independent variables to explain the dependent variable is 40,5% and 59,5% was explained by other variables outside of this study
Kebijakan Ekonomi: Perspektif Ekonomi Politik Dalam Pembangunan di Indonesia Ayu Pratiwi
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 3, No 1: September 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.639 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v3i1.1847

Abstract

Kebijakan ekonomi nasional lebih banyak dibimbing oleh paham-paham neoliberalisme. Dimana, kepentingan kesejahteraan masyarakat lebih berada dibelakang kepentingan elit-elit ekonomi nasional maupun para pemodal asing. Neoliberalisme tidak lain adalah kapitalisme dengan spirit yang lebih progresif. Kajian analisis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana kebijakan ekonomi sebagai suatu entitas yang sangat menentukan pada system perpolitikan yang ada dan pembangunan nasional sebagai entitas lainnya memiliki keterkaitan yang sangat kuat. Masuknya neoliberalisme dengan orientasi kapitalis untuk mampu menguasai berbagai aspek ekonomi dan politik. Perpindahan rezim dari Orde Baru yang berwatak diktator ke rezim-rezim reformasi tidak punya arti apa-apa dilihat dari sisi hubungan antara negara dan modal. Fungsi kedua rezim sebagai pengurus kepentingan kaum borjuis tetap saja berlangsung, dengan melakukan apapun agar pengerukan kekayaan dapat terus bekerja
Pengaruh E-ticket dan Promosi pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Airasia (Studi Kasus pada Rute Penerbangan Jakarta-Denpasar) Suparman Suparman; Della Utami Putri Ramadany
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 3, No 1: September 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.123 KB) | DOI: 10.31334/abiwara.v3i1.1844

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-ticket dan promosi pada media sosial intagram terhadap keputusan pembelian tiket AirAsia. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data dan informasi yang dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada penumpang yang pernah pergi ke Bali menggunakan penerbangan AirAsia Indonesia dengan sampel 65 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, Setiap responden menjawab pertanyaan sebanyak 25 pertanyaan dengan menggunakan skala likert. Metode penelitan yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dimana dalam penelitian ini terdapat 3 variabel yang diwakilkan variabel bebas yaitu e-ticket (X1), promosi media social instagram (X2) dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian menunjukan e- ticket berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara motivasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. E-ticket dan promosi media social instagram secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 52.3% dan sisanya sebesar 47.7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Pengaruh Kompetensi Instruktur, Motivasi, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Studio Yoga di Jakarta) Sudarwanto Sudarwanto; Yoanna Rahman
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis Vol 3, No 1: September 2021
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/abiwara.v3i1.1840

Abstract

To maintain body fitness and appearance, everyone must always maintain a healthy body. Many efforts are made by humans in maintaining their body health, naniely, by doing sports at fitness center. So many yoga studios have emerged in Jakarta and its sunoundings. The purpose of the study is to analyze the effect of instructor competence, motivation and location on yoga studio customer satisfaedon and loyalty. Independent variables used are instnictor competence, motivation and location. While independent variables are satisfaction and loyalty. The research method is causality descriptive which is designed with hypothesis testing. Data is obtained by distributng questiomaires to customer (member). The sample was 74 respondents, sampling technique was accidental sampling. Data analysis method with Structural Eqiration Model (SEM) using SmartpLS version 3.2 software for student. The results showed that the instnictor's compctence had an effect on customer satisfaction. Motivation has an effect on customer satisfaction, Location has no effect on customer satisfachon. Simultaneously, Competence, Motivation and Location affect customer satisfachon

Page 1 of 1 | Total Record : 9