cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM CERPEN “GURU” DAN “MAAF” KARYA PUTU WIJAYA SERTA IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH Fisye F Angginaloy; Wimsje R Palar; Nontje J Pangemanan
KOMPETENSI Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.99 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i12.3591

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam cerpen berjudul “Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya dan mendeskrispsiskan implikasi hasil penelitian nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam cerpen yang berjudul “Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya terhadap pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian adalah dua cerpen karya Putu Wijaya yakni “ Guru” dan “Maaf”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan. Analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam cerpen “Guru” adalah religius, persaudaraan/komunikatif, dan cinta kasih. Nilai didaktis yang terdapat dalam cerpen “Maaf” karya Putu Wijaya adalah: (1) memiliki pendirian yang kuat, (2) kejujuran, dan (3) mandiri. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pembelajaran sastra di sekolah. Nilainilai didaktis dalam cerpen Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya selaras dengan delapan belas nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kemendikbud dalam Kurikulum 2013.
KARAKTERISTIK AKSEN KANSAI-BEN OLEH TOKOH AIKOSENOU DALAM ANIME OJAMAJO-DOREMI (SUATU KAJIAN FONETIK) Gabriela M G Sumampow; Orestis Soidi; Fince Sambeka
KOMPETENSI Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1053.251 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i12.3592

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami karakteristik aksen Kansai-ben dalam anime ojamajo-doremi. Penelitian ini berfokus pada aksen Kansai-ben yang diucapkan oleh subjek penelitian yaitu Aiko-senou dalam Anime Ojamajo doremi. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana aksen Kansai-ben digunakan oleh Aiko Senou kemudian menentukan karakteristik berdasarkan hasil yang telah dianalisis melalui software speech analyzer. Temuan menunjukkan bahwa ada 4 karakteristik aksen (digunakan oleh Aiko-senou di Ojamajo-doremi).
KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TOMOHON DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE Gladys F Togas; Thomas M Senduk; Viktory N J Rotty
KOMPETENSI Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.749 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i12.3593

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis teks tanggapan kritis dengan model example non example pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tomohon dan (2) mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tomohon menulis teks tanggapan kritis dengan model example non example. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IXb SMP Negeri 1 Tomohon yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan anlisis data secara deskriptif untuk data pelaksanaan pembelajaran dan kuantitatif untuk data hasiltes kemampuan siswa menulis teks tanggapan kritis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil : 1) pembelajaran menulis teks tanggapan kritis dengan model example non example cocok digunakan dalam pembelajaan menulis teks tanggapan kritis pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tomohon. Pembelajaran model example non example yang menekankan penggunaan media gambar dapat membantu siswa menemukan ide dan mengembangkan idu tulisan menjadi teks yang utuh. Model example non example jugadapat menumbuhkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran menulis dan 2) Kemampuan siswa kelas Kelas IXb menulis teks tanggapan kritis dengan model example non example scara individual cukup tinggi. Secara klasikal nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 85,61 atau berada pada kategori mampu. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa ini memenuhi/melampaui ketuntasan minimal yakni 76.
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK MATERI TANGGA NADA DI SMP NEGERI 2 BITUNG Akxel Tiden Kalensang; Meyny Kaunang; Luccylle Takalumang
KOMPETENSI Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.029 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i12.3594

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pembelajaran seni musik dengan materi tangga nada mayor di SMP Negeri 2 Bitung. Alasan pemilihan judul penelitian ini adalah didasarkan pada pemahaman bahwa dalam kegiatan pembelajaran seni music dengan materi tangga nada mayor, guru berupaya menerapkan metode dan strategi tertentu untuk memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data, kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data,penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam memotivasi siswa pada pembelajaran seni musik materi tangga nada mayor, masih menggunakan strategi yang lazim digunakan yaitu dengan memadukan strategi penggunaan metode dan media dalam pembelajaran musik. Metode-metode tersebut yaitu metode ceramah dan tanya jawab, metode demonstrasi, metode latihan, dan metode tugas. Metode-metode tersebut masing-masing memiliki 2 tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan, Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, pelaksanaan pembelajaran telah berlangsung dengan baik, oleh karena penggunaan media dan strategi-strategi yang diterapkan guru sehingga memungkinkan siswa termotivasi untuk mempelajari materi dengan baik. Meskipun proses pembelajaran Tangga Nada belum menunjukkan hasil dan aktivitas belajar siswa yang benar-benar optimal, hal tersebut terjadi karena guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa cenderung bosan dan sulit untuk memahami materi yang disampaikan guru. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah guru menggunakan metode pembelajaran Langsung dan Kooperatif dengan bantuan alat musik Pianika sebagai pengganti metode ceramah yang selama ini telah dilaksanakan. Berdasarkan kesimpulan maka saran-saran peneliti adalah sebagai berikut: Siswa meningkatkan kreativitas bermain alat musik baik individual maupun kelompok, guru pengajar menggunakan metode yang tepat.
KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI PUISI RAKYAT JENIS GURINDAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS VII SMP ADVENT TONDANO Apsary Manoppo; Intama J Polii; Selvi Suroni Dorkas Torar
KOMPETENSI Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.503 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i12.3595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menyimpulkan isi puisi rakyat menggunakan model pembelajaran Pair Checks pada siswa Kelas VII SMP Advent Tondano dan mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi puisi rakyat jenis gurindam dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks pada siswa kelas VII SMP Advent Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif, dengan data berupa puisi gurindam. Penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan menyimpulkan isi puisi rakyat jenis gurindam dengan menggunakan metode Pair Checks pada siswa tergolong mampu karena rata-rata skor yakni sebesar 91,20% dari jumlah 10 siswa. 6 siswa masuk dalam kategori sangat mampu dengan ratarata nilai 90-99% dan 2 orang siswa masuk dalam kategori mampu dengan nilai rata-rata dari keseluruhan aspek sebesar 80-89% dan 2 siswa masuk dalam kategori cukup mampu dengan perolehan skor rata-rata yaitu 70-74%
PENGGUNAAN BAHAS A TOUTEMBOAN DI DES BERINGIN KECAMATAN RANOYAPO KABUPATEN MINAHASA SELATAN Samuel Randi Naa; Nicolas Pesik; Thomas Martin Senduk
KOMPETENSI Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.667 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i12.3596

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui situasi penggunaan bahasa daerah masyarakat desa Beringin Kecamatan Ranoyapo Minahasa Selatan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penfekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di desa Beringin Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan. Sumber data diambil dari dua belas orang yang terdiri dari pemuda dan orang dewasa yang tinggal di desa Beringin, dengan memenuhi syarat sebagai berikut: (1) berjenis kelamin pria atau wanita, (2) berusia dua puluh lima sampai enam puluh lima tahun (tidak pikun dan alat ucap masih lengkap), (3) lahir dan dibesarkan di desa serta jelas atau tidak pernah meninggalkan desa, (4) berpendidikan maksimal SD sampai SMA, (5) berstatus sosial menengah dengan harapan tidak tinggi mobilitasnya, (6) memiliki kebanggaan terhadap dialeknya, (7) dapat berbahasa Indonesia, dan (8) sehat jasmani dan rohani. Penelitian menggunakan tiga cara pengumpulan data yaitu obsevasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengamati penggunaan bahasa daerah di tengah masyarakat desa Beringin Kecamatan Ranoyapo Minahasa Selatan. Wawancara digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden dengan cara tanya jawab, sehingaa terkumpul data mengenai penggunaan bahasa daerah masyarakat desa Beringin. Proses analisis data dilakukan secara terus menerus dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan: Pemakaian bahasa Tontemboan di desa Beringin Kecamatan Ranoyapo sudah sangat rendah karena dari 12 informan tinggal 19% yang dapat menggunakan bahasa Tontemboan dalam berkomunikasi, 2) Masyarakat yang berkomunikasi dengan campuran BTswg berjumlah 8,3% dalam berkomunikasi. 3) Masyarakat yang berkomunikasi dengan BMM, berjumlah 74% dalam arti informan yang berjumlah 12 orang di dominasi oleh bahasa Melayu Manado.
TEKNIK PERMAINAN BASS BILLY SHEEHAN DALAM LAGU “DADDY, BROTHER, LOVER, LITTLE BOY” Otniel Runtulalo; R.A.Dinar Sri Hartati; Franklin Dumais
KOMPETENSI Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1204.983 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i12.3597

Abstract

Pemain bass memegang peranan penting dalam suatu kelompok grup band, meskipun dalam band aliran rock lebih di dominasi oleh pemain gitar maupun vokalis. Billy Sheehan adalah figure yang berbeda dalam hal Teknik, penyajian, serta aksplorasi progresif dalam permainan bassnya. Bersama grup Band Mr. Big, mereka Menyusun lagu drill yang berjudul Daddy, Brother, Lover, Little Boy yang memadukan Teknikteknik progresif dalam permainan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan gambaran keadaan objek penelitian yaitu Teknik permainan bass dalam lagu Daddy, Brother, Lover, Little Boy dan Billy Sheehansebagai sumber data utama yang dianalisa, selanjutnya hasil penelitian diuraikan secara deskriptif untuk menjawab permasalahan penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik 1) Observasi dan 2) Studi Dokumenter (Documentary Study). Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa, Billy Sheehan dalam lagu Daddy, Brother, Lover Little Boy menggunakan kombinasi plucking, tapping yang dipadukan dengan Teknik lead permainan gitar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue