cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
KAJIAN SIKAP PEMERAN UTAMA DALAM FILM “MATILDA 1996” KARYA DANNY DEVITO DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH Nindi Puspadita Pratiwi Dumat; Santje Iroth; Viktory N.J Rotty
KOMPETENSI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i05.4804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan sikap pemeran utama dalam film ”Matilda 1996” karya Denny Devito (2) Menjelaskan implikasi sikap pemeran utama dalam film ”Matilda 1996” karya Denny Devinto dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu untuk menggambarakn sikap pemeran utama dalam film ”Matilda 1996” karya Denny Devinto dan implikasinya dalampembelajaran sastra di sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menonton(mengamati), menandai adegan dan tuturan, menganalisis tuturan, menafsirkan sikap pemeran utama. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sikap yang ditunjukkan oleh pemeran utama dalam film ”Matilda 1996” adalah senang membaca buku karena dalam pandangannya melalui baca buku, seseorang dapat mengembangkan keingintahuannya dan pemikiran para penulis buku terkenal. Sikap tidak senang dengan perilaku buruk keluarganya yakni tidak jujur. Sikap tidak senang dengan hoby orang tuanya yakni menonton tv, dan sikap tidak senang terhadap hukuman karena kepintaran seseorang. Dalam pandangan matilda, dihukum karena pintar merupakan alasan yang tidak rasional.
KONFLIK SOSIAL DRAMA KOREA START-UP KARYA OH CHOONG HWAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER Karina Wulandari Mokoginta; Intama Jemmy Polii; Oldie Stevie Meruntu
KOMPETENSI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i05.4805

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk konflik sosial, danapa pesan di balik konflik sosial tersebut dan merumuskan implikasi konflik sosial dalam film “Start-Up” Karya Oh Choong-Hwan dalam pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan teori konflik social oleh Soekanto.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis bentuk-betuk konflik sosial yang terdapat dalam film Star Up dengan memperhatikan ungkapan-ungkapan atau dialog yang terdapat dalam film. Hasil penelitian menunjukan adanya tiga konflik sosial yang terdapat dalam film yakni :Konflik antar institute perusahaan, konflik antar individu dan konflik ekonimi. Adapun implikasinya terhadap pendidikan karakter, dilihat dari bentuk konflik sosial yang diteliti, peneliti mendapatkan bahwa film adalah sarana yang efektif dalam membangun karakter siswa dan menjadi media pembelajaran baik bagi sisawa maupun sebagai film motivasi bagi setiap orang yang menntonnya.
PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTAMOBAGU Marcellina B. Mutia; Intama J. Polii; Oldie S. Meruntu
KOMPETENSI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i05.4807

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotamobagu dan 2) Mendiskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotamobagu dalam menulis puisi melalui strategi mind mapping. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xb SMA Negeri 3 Kotamobagu yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan penggunaan strategi mind mapping berdampak langsung pada kualitas proses pembelajaran. Penggunaan strategi mind mapping membuat siswa begitu tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Pemetaan pikiran dalam bentuk gambar menarik bagi siswa, sehingga membantu siswa mengeluarkan ide/gagasan dalam bentuk kata/frase kunci yang akan dikembangkan ke dalam baris dan bait puisi. Penggunaan strategi mind mapping ternyata berdampak langsung pada kemampuan siswa menulis puisi. Kemampuan siswa menulis puisi pada 4 indikator penilaian yang digunakan, yakni penggunaan rima, yakni 80,61, diksi 80,12, imaji 78,20, sedangkan yang paling rendah adalah gaya bahasa, yakni 77,04. Nilai rata-rata Siswa Kelas Xb SMA Negeri 3 Kotamobagu secara klasikal adalah 80,26%. Rata-rata kemampuan siswa berada pada rentang 80 – 89%, yakni berada pada ketegori mampu.
KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA MELALUI MEDIA LAGU “KUTSU” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG Tribuana Tunggal Dewi Pongilatan; Fince L. Sambeka; Sharly F. Lensun
KOMPETENSI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i05.4808

Abstract

Kemampuan Menguasai Kosakata Melalui Media Lagu Kutsu Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tondano. Media merupakan salah satu alternative sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam mempelajari kosakata terutama kosakata Bahasa jepang. Lagu dapat dijadikan sebagai salah satu media yang cukup efektif untuk menngkatkan hasil belajar mengajar selain mudah di ingat lagu juga bsa di putar di segala situasi dan kondisi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa jepang, dengan adanya pengajaran menggunakan media lagu diharapkan siswa dapat menguasai kosakata Bahasa jepang dengan baik. Metode yang digunakan dalam peeneliatian ini adalah metode eksperimen, serta teknik penelitiannya adalah pengolahan data berdasarkan uji T. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh nilai hasil belajar siswa dengan ratarata nilai pada keas eksperimen adalah 45,961 sedangkan pada kelas control adalah 40,846 dan dari hasil hipotesis pengujian dengn menggunakan statistic uji T diperoleh hasil dimana Thitung = 1,7 > Ttabel =1,6 yang berarti hasil nilai belaja siswa menggunakan media lagu lebih tinggi daripada sswa yang tidak menggunakan media lagu. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan ternyata pembelajaran menggunakan media lagu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
MANAJEMEN PELATIHAN SENI DI SANGGAR CHRYSANT KAKASKASEN Indriani Florensia Kadis; Sri Sunarmi; Franklin E. Dumais
KOMPETENSI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i05.4809

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pelatihan Seni di Sanggar Chrysant Kakaskasen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian difokuskan pada kajian pemaparan manajemen dan teknik pelatihan sanggar. Data diperoleh dengan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi melalui tahapan sumber, yaitu mengecek data dari berbagai sumber. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut; (1) Sanggar Chrysant Kakaskasen menggunakan bentuk organisasi kekeluargaan dan keterbukaan, (2) manajemen yang diterapkan di sanggar menggunakan manajemen tradisional, (3) fungsi manajemen di Sanggar Chrysant Kakaskasen ada pada perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),pengawasan (controlling), evaluasi (evaluating). Teknis pelaksanaan kegiatan pelatihan seni tari dan musik dilakukan melalui model pelatihan dan pembimbingan secara langsung. Dengan menggunakan metode (1) ceramah, (2) demonstrasi, dan (3) drill
DEIKSIS PRONOMINA PERSONA BAHASA LOLODA DI KABUPATEN HALMAHERA UTARA Priskila Sakalati
KOMPETENSI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i05.4810

Abstract

Tujuan penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana bentuk deiksis pronomina persona Bahasa Loloda yang terdapat di Desa Kedi Kabupaten Halmahera Barat. 2) Bagaimana makna deiksis pronomina persona Bahasa Loloda yang terdapat di Desa Kedi Kabupaten. Halmahera Barat. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik penelitian yaitu Teknik simak lipat cakap, dokumentasi dan rekam. Sumber Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data utama yang diambil dari informan asli bahasa loloda sebanyak 4 orang.Berdasarkan data yang diperoleh, data tersebut kemudian dianalisis sehinggga secara garis besar hasil penelitian ini menunjukan terdapat satuan satuan yang berperan deiksis pronomina persona bahasa loloda seperti deiksis persona pertama tunggal, ngoji‘saya’ deiksis persona pertama jamak ngomi‘kita’ deiksis persona kedua tunggal, ngona‘engkau’ deiksis persona kedua jamak ‘ngohi‘kami’ deiksis persona ketiga tunggal, muna dan una kalian ‘ia dan dia‘ dan deiksis persona ketiga jamak ‘ona’ mereka.
NILAI BUDAYA DAN GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU BAHASA KEI KECIL NING NUHU TANAT SUSBEB DAN DUAD NBATANG IMRU Rosalinda Fofid; Intama J. Polii; Oldie S. Meruntu
KOMPETENSI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i05.4811

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai budaya dan gaya bahasa dalam lirik lagu bahasa Kei Kecil Ning Nuhu Tanat Susbeb dan Duad Nbatang Imru. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitataif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lirik lagu bahasa Kei yakni lagu Ning Nuhu Tanat Susbeb dan Duad Nbatang Imru.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik cakap semuka, teknik catat, dan teknik rekam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalinan atau mengalir yang meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan nilai budaya dalam lagu dalam lirik lagu Ning Nuhu Tanat Susbeb, yakni tidak melupakan kampung halaman dan mencintai orang tua . Lirik lagu Duad Nbatang Imru terapat nilai religius dan mencintai orang tua. Gaya bahasa yang terdapat dalam lirik lagu, yakni gaya bahasa perbandingan, gaya Bahasa pertautan, gaya bahasa perulangan. Pada gaya Bahasa perbandingan yaitu personifikasi, pada gaya Bahasa pertautan yaitu metonimia, sinakdoke serta gaya Bahasa perulangan yaitu aliterasi. Gaya Bahasa dalam lirik lagu Duad Nbatang Imru adalah gaya bahasa pertautan, gaya bahasa perulangan. Pada gaya bahasa pertautan yaitu metonimia serta gaya bahasa perulangan yaitu aliterasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue