cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
CAMPUR KODE BAHASA SANGER DIALEK SIAU DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI DESA BUHIAS KECAMATAN SIAU TIMUR SELATAN Yulicia Tampilang; Theresye Wantania; Susan Monoarfa
KOMPETENSI Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan campur kode bahasa sanger dialek siau dalam penggunaan Bahasa Indonesia di Desa Buhias Kecamatan Siau Timur Selatan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah informan bahasa Sanger dialek Siau yang berdomisili di desa Buhias Kecamatan Siau Timur Selatan. Untuk mengumpulkan data, teknik yang digunakan adalah teknik rekam, teknik catat, teknik simak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Campur kode dalam bentuk kata bahasa Sanger dialek Siau dalam penggunaan bahasa Indonesia adalah 71,44% campur kode dalam bentuk frasa bahasa Sanger dialek Siau dalam penggunaan bahasa Indonesia adalah 28,55%. 2) Dari segi bentuk tuturan (1) aparat desa bercampur kode kata bahasa Sanger dialek Siau 33,33 % dan frasa 66,66 % dalam penggunaan bahasa Indonesia. Pada tuturan (2) ibu-ibu rumah tangga bercampur kode kata bahasa Sanger dialek Siau 73,33 % dan frasa 26,66 % dalam penggunaan bahasa Indonesia. Pada tuturan (3) aparat desa dan masyarakat bercampur kode kata bahasa Sanger dialek Siau 81,25 % dan frasa 18,75 % dalam penggunaan bahasa Indonesia. Pada tuturan (4) Ibu-ibu rumah tangga bercampur kode kata bahasa Sanger dialek Siau 81,81 % dan frasa 18,18 % dalam penggunaan bahasa Indonesia. (5) Remaja bercampur kode kata bahasa Sanger dialek Siau 87,5 % dan frasa 12,5 % dalam penggunaan bahasa Indonesia. 3) Dari segi makna tuturan memuat tindak tutur mengundang, memuat tindak tutur menyatakan, memuat ajakan, memuat tindak tutur bertanya.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOYOTOMI HIDEYOSHI DALAM NOVEL “TAIKO” Bryan Rawung; Jos Narande; Rianna Sumampouw
KOMPETENSI Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Novel merupakan salah satu karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang keduanya saling berhubungan karena berpengaruh dalam kehadiran sebuah karya sastra. Novel Taiko Eiji Yoshikawa karya Eiji Yoshikawa merupakan novel yang menceritakan tentang Toyotomi Hideyoshi, satu dari tiga tokoh pemersatu Jepang dan seorang daimyo terkuat di zaman Azuchi Momoyama. Dua lainnya adalah Oda Nobunaga dan Tokugawa Ieyasu. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana karakter tokoh utama pada novel Taiko karya Eiji Yoshikawa Pada novel Taiko, bagaiamanakah Nilai Pendidikan karakter tokoh Toyotomi Hideyoshi. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu novel “Taiko” karya Eiji Yoshikawa, alih bahasa Hendarto Setiadi dan diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, 2003. Hasil dari penelitian ini yaitu Toyotomi Hideyoshi merupakan pemimpin jepang di zaman Azuchi Momoyama (1573-1603) yang berhasil didirikan pemerintahan pusat setelah berhasil mempersatukan provinsi-provinsi di Jepang.Toyotomi Hideyoshi yang memiliki nama panggilan kanak-kanak yaitu Hiyoshi. Ia terkenal dengan panggilan Monyet. Nilai-nilai pendidikan karakter Toyotomi Hideyoshi Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, bertanggung jawab. Toyotomi memiliki karakter yang religius, kejujuran, toleransi, tidak pernah menyerah, bekeja keras, membahagiakan ibu dan kakak perempuannya, kreatif, rasa ingin tahunya besar, tidak lupa dengan orang-orang yang selalu baik dengannya, mudah bergaul, bersahabat dengan siapa saja, cinta damai.
KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASKAH SISWA KELAS IX SMP MA’ARIF SAINSTREN KOTAMOBAGU Nuraini Listiawati; Wimsje R. Palar; Ructh C. Paath
KOMPETENSI Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan “kemampuan berpidato dengan menggunakan metode naskah Siswa Kelas IX SMP Ma’arif Sainstren Kotamobagu”. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif analitik untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pidato siswa. Dalam penelitian ini, Sumber data adalah siswa-siswi kelas IX SMP Ma’arif Saintsren Kotamobagu yang berjumlah 16 siswa. Untuk pengumpulan data maka digunakan teknik observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpidato siswa kelas IX SMP Ma’arif dalam ini tergolong baik dengan rata-rata tingkat penguasaannya 80% berada pada rentangan 70-80%. Kemampuan berpidato siswa dikelompokkan dalam 4 kualifikasi, yaitu : (a) siswa yang tergolong baik berjumlah 11 orang (68,75%); (b) siswa yang tergolong lebih dari cukup 1 orang (6,25%); (c) siswa yang tergolong cukup 4 orang (25%); (d) siswa yang tergolong kurang 0 orang (0%). Akan tetapi masih harus diperhatikan lebih lagi agar kepercayaan diri siswa bisa lebih meningkat karena hasil penelitian menemukan bahwa ada beberapa siswa yang meresa percaya diri yang sehingga memiliki kesalahan dan agar kemampuan berbicara dapat lebih lancar dengan baik.
RELIGIUSITAS DALAM LIRIK LAGU “MEMBASUH” KARYA HINDIA FT. RARA SEKAR MENGGUNAKAN ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE Inggrid Manopo; Intama J. Polii; Oldie S. Meruntu
KOMPETENSI Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan makna religius dalam lagu “Membasuh” oleh Hindia Ft. Rara berdasarkan tripologi tanda Charles Sanders Peirce yaitu sign, intrepetan dan objek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif, teknik penelitian kajian pustaka dengan pendekatan analisis konten content Analisis. Sumber data penelitian ini ialah lagu “Membasuh” karya Hindia Ft. Rara Sekar. Hasil penelitian ini menunjukkan makna memberi tanpa pamrih dalam lirik lagu “Membasuh” karya Hindia Ft. Rara: Pertama tengah dunia yang semakin banyak dengan orang-orang yang lupa akan bersyukur dan hanya sibuk mengejar kesuksesan, lagu “Membasuh” mengingatkan kembali tentang cara kita memberi tanpa pamrih. Bagaimana kita harus memberi dengan tulus dan ikhlas dan bisa merasakan keindahan dunia dengan bersyukur dengan apa pun yang kita miliki. Kedua lagu “membasuh” mengingatkan kehidupan yang kita jalani hanya sementara, semua yang kita miliki hanya titipan dan bisa kapan pun diambil kembali oleh pencipta. Ketiga dalam kehidupan ada katanya hukum tabur tuai, Semua yang kita berikan pasti diperhitungkan oleh pencipta kita, semua yang telah kita lakukan akan kita tuai di waktu yang tepat menurut Tuhan. Bagi pembelajaran sastra penelitian diharapkan dapat membantu dalam pengajaran sastra disekolah dan lebih memahami teori semiotika. Teori semiotika ini mampu membantu peserta didik agar lebih peka dengan menafsirkan tanda-tanda.
ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “TRIO DETEKTIF MISTERI KURCACI GAIB” KARYA ROBERT ARTHUR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH Arly Giverson Soilo; Santje Iroth; Oldie S. Meruntu
KOMPETENSI Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan nilai pendidikan karakter dari novel Trio Detektif Misteri Kurcaci Gaib. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu data yang di sajikan berupa kutipan-kutipan di dalam novel. Untuk mengungkapkan isi dalam Novel Trio Detektif Misteri Kurcaci Gaib ,peneliti menganalisis halaman per halaman kemudian meringkas untuk mengumpulkan informasi atau data yang jelas dari novel.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi atau content analisis dan instrument penelitian adalah peneliti sendiri. Dari hasil penelitian ditemukan nilai pendidikan karakter tokoh dalam novel, yakni 5 nilai dari 18 Nilai Pendidikan Karakter menurut Diknas yaitu : 1) Nilai rasa ingin tahu, sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. 2) Nilai gemar membaca, kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. 3) Nilai mandiri, sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas tanpa mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan tugasnya. 4) Nilai peduli sosial, sikap dan tindakan yang selalu ingin member bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. 5) Nilai disiplin, tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh terhadap peraturan dan norma yang berlaku. 2. Implementasinya dapat dilihat karakter setiap tokoh, ditemukan wujud nilai nyata dalam kehidupan sehari-hari yang bisa di jadikan pembelajaran baik itu berupa negatif atau positif.
KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR ALAM SISWA KELAS VII SMP Nacinda Mamonto; Ruth C. Paath; Intama J. Polii
KOMPETENSI Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis unsur-unsur puisi melalui media gambar alam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Modayag Barat. Serta penelitian ini untuk dapat ikut mengembangkan ilmu pendidikan, yakni pendidikan bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Modayag Barat, khususnya sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran menulis puisi melalui media gambar alam pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode analitik deskriptif dimana metode ini ialah metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Sumber data dalam penelitian ini di peroleh melalui kemampuan menulis puisi melalui media gambar alam pada Siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Modayag Barat yang berjumlah 22 orang. Hasil analisis juga menunjukkan kemampuan siswa menulis puisi pada 4 indikator penilaian yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh juga hasil rata-rata kemampuan siswa pada empat indikator penilaian, yang meliputi: rima, diksi, imaji, dan gaya bahasa. Media gambar alam ternyata memiliki kelebihan dimana sangat berpengaruh pada kualitas proses spembelajaran dan hasil pembelajaran. Dari segi proses penggunaan media gambar alam membuat siswa begitu tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran dikarenakan daya tarik dan minat siswa pada media yang disajikan, Gambar/ foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibanding dengan media verbal semata. Namun media gambar juga memiliki kekurangan dalam proses pembelajaran ini dimana gambar atau foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran disamping itu juga lebih kepada konsep-konsep yang nantinya ditawarkan dari gurunya dimana semakin biasa saja gambar yang disajikan maka minat siswa akan semakin biasa saja.
KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR TEKS DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS FABEL MELALUI TEKNIK ACAK SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 TONDANO Yilianti Irene Mamato; Oldie S. Meruntu; Thomas Senduk
KOMPETENSI Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano dalam menelaah struktur teks dan aspek kebahasaan teks fabel dengan menggunakan teknik acak. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan teknik acak dalam pembelajaran memahami struktur teks dan aspek kebahasaan teks fabel pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano yang berjumlah 15 siswa. Untuk mengumpulkan data teknik yang digunalan ialah observasi, tes, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data, teknik yang digunakan ialah menarik persentase dari setiap aspek penilaian dan nilai-nilai rata-rata kelas (x). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano dapat dikategorikan mampu dalam menelaah struktur teks dan aspek kebahasaan teks fabel karena nilai rata-rata kelas (X) yang diperoleh adalah 81%. Dari kedua aspek yang dinilai kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano dalam menelaah struktur teks adalah 96 % yang dapat dikategorikan sangat mampu, sedangkan kemampuan aspek kebahasaan adalah 71 % yang dapat dikategorikan cukup mampu. 2) Penerapan teknik acak ini telah mampu memaksimalkan kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tondano dalam mengelaah struktur teks dan aspek kebahasaan teks fabel karena nilai rata-rata kelas (X) yang diperoleh adalah 81%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue