cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
KEMAMPUAN SISWA SMP NEGERI 4 BITUNG MENGUASAI STRUKTUR TEKS FABEL “BURUNG KEKEKOW DAN GADIS MISKIN” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Arianti Indah Ode Buang; Kamajaya Al Katuuk; Santje I. Iroth
KOMPETENSI Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menguasai struktur teks fabel cerita “Burung Kekekow dan Gadis Miskin” pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bitung dan kemampuan siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bitung dalam menguasai karakter tokoh dalam teks fabel “Burung Kekekow Dan Gadis Miskin”. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menguasai struktur teks fabel dan menguasai karakter tokoh dalam teks nilai rata-rata siswa yaitu 68,24%. masuk dalam ketegori baik/mampu.
IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SD GMIM RINONDOR, KAKAS Audiano Hizkia Mamoto; Meyny S. C. Kaunang; Sri Sunarmi
KOMPETENSI Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Mengajar dalam Pembelajaran Seni Musik di SD GMIM Rinondor Kecamatan Kakas. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, untuk mengetahui peran dan manfaat Pembelajaran Seni Musik di SD GMIM Rinondor. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, data dianalisis dengan teknik analisis data dengan model interaktif. Keabsahan data diperoleh melalui uji kredibilitas dan kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peran serta manfaat Merdeka Belajar Kampus Mengajar dalam Pembelajaran Seni Musik di SD GMIM Rinondor, dimana terbantunya SDM di Sekolah, bahkan bertambahnya pengetahuan tentang Seni Musik bagi siswa, tapi juga wawasan baru bagi para guru, serta dalam pembelajaran mahasiswa Kampus Mengajar susasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan menumbuhkan semangat baru bagi siswa khusunya pada pelajaran Seni Musik.
MUSIK DALAM SENI TARI JAJAR (SARANA PEWARTAAN KABAR BAIK ALLAH DALAM LINGKUP GEREJA KATOLIK DI KEUSKUPAN MANADO) Valentino Ruku Wodong; Perry Rumengan
KOMPETENSI Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur musik dalam tari Jajar serta peran tari Jajar dalam proses penyebaran kabar baik kepada Gereja Katolik di Keuskupan Manado sehingga kabar baik Tuhan menjadi lebih banyak. dan lebih diterima, dihayati, ditanamkan, dan dipraktikkan dalam kehidupan gereja dan masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, sehingga data-data penyajian dalam karya tulis ini berasal dari naskah, wawancara, catatan lapangan, foto, videotape, dokumen pribadi, pengalaman pribadi, catatan atau memo, jurnal, artikel, buku dan dokumen resmi lainnya. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, perekaman serta studi pustaka. Adapun batasan teori dalam penelitian ini terdiri dari landasan teologis, landasan liturgis, landasan antropologis kultural, landasan historis dan landasan psikologis.Tari Jajar menjadi salah satu sarana Gereja untuk mewartakan Kerajaan Allah di tengah kehidupan masyarakat setempat. Hal ini dikarenakan beberapa lirik dan syair dalam lagu Tari Jajar diambil dari ayat Kitab Suci dan juga sebagai ungkapan iman untuk mempersatukan, memperkokoh dan menumbuhkan kebersamaan Orang Muda Katolik dalam Kasih Kristus. Inilah yang dinamakan proses Inkulturasi-kontekstual, yakni proses masuknya, penanaman, pemahaman, peresapan, penghayatan Injil atau sabda Allah, atau kabar baik Allah melalui konteks budaya setempat. Dari hasil penelitian ini, penulis menemukan bahwa seni Tari Jajar benar-benar sudah menjadi milik dan mendarah daging dalam diri Gereja secara khusus orang muda Katolik. Oleh sebab itu, seni Tari Jajar sangat relevan dan kuat untuk dijadikan sebagai sarana pewartaan serta memperkuat kepercayaan dan iman Katolik serta pilar penting di dalam Gereja. Selain itu juga, seni Tari Jajar menjadi pilar penopang yang kokoh bagi lestarinya iman dalam Gereja Katolik sekaligus dalam budaya Minahasa berserta nilai yang dikandungnya.
FUNGSI MUSIK DALAM PERIBADATAN DI GPdI BETHESDA KAKAS SULAWESI UTARA MENURUT PERSPEKTIF PIMPINAN JEMAAT Yosua Mitchel Lakoy; R. A Dinar Sri Hartati; Meyny S. C. Kaunang
KOMPETENSI Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana Fungsi Musik dalam Peribadatan di GPdI Bethesda Kakas Sulawesi Utara Menurut Perspektif dari Pimpinan Jemaat yang ada di gereja tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi perekaman. Selanjutnya disusun menjadi uraian (deskripsi) untuk dikaji lebih lanjut atau untuk dianalisis data. Penelitian ini diangkat dari sejarah GPdI Bethesda Kakas, yang dulunya tidak memiliki alat musik dalam kegiatan peribadatan mereka. Akan tetapi, setelah jemaat tersebut memiliki alat musik yang dapat digunakan untuk kepentingan ibadah, pimpinan jemaat mereka malah menambah alat musik dalam peribadatan mereka sehingga semakin lama alat musik yang ada di tempat itu semakin bertambah.
Tindak Tutur Tokoh Utama Dalam Anime Oregairu Season 1 Karya Wataru Watari Jhoris Stenly Burakiti; Helena Pandi; Justien Wuisang
KOMPETENSI Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada tindak tutur ekspresif dalam anime Oregairu season 1 karya Wataru Wtari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan makna tindak tutur ekspresif dan bentuk tindak tutur ekspresif dalam anime Oregairu. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik simak catat dan dianalisis dengan metode padan pragmatis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) makna tidak tutur ekspresif yang terdapat dalam anime Oregairu season 1 karya Wataru Watari terdiri dari 5 bagian yaitu: memuji (4 data tuturan), mengkritik (6 data tuturan), mengeluh (4 data tuturan), menyalahkan (1 data tuturan) dan meminta maaf (4 data tuturan). 2) bentuk tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam anime Oregairu season 1 Karya Wataru Watari terbagi menjadi 2 yaitu: tindak tutur ekspresif bentuk langsung (11 data tuturan) dan tindak tutur ekspresif bentuk tidak langsung (8 data tuturan). Berdasarkan data yang ditemukan, diketahui tindak tutur ekspresif yang paling banyak digunakan adalah tindak tutur ekspresif dengan makna mengeluh dan bentuk tindak tutur ekspresif yang paling banyak digunakan adalah tindak tutur bentuk langsung.
KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUALSISWA KELAS VIII SMP SATAP NEGERI 1 NANUSA Susan Binambuni; Thelma I. M. Wengkang; Theresye Wantania
KOMPETENSI Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan. Tujuan studi tindakan kelas ini adalah untuk mengatasi masalah keterampilan mendengarkan. Karena masih banyak guru yang takut menggunakan media tersebut, maka situasi sebenarnya yang ada di kalangan siswa kelas VIII di SMP Satap Negeri 1 Nanusa masih kurang. Media audio visual serta taktik kerja kelompok digunakan. Penelitian ini diawali dengan hasil fundamental dan dua siklus. Efektivitas setiap siklus diukur dengan mengamati dan mengukur aktivitas dengan dua cara: evaluasi produk dan evaluasi proses. Sedangkan data hasil kapasitas mendengarkan metode kerja kelompok melalui media audio visual dianalisis dengan mendeskripsikan nilai rata-rata siklus untuk mencapai taraster pembelajaran sebesar 75%. Pada pengamatan pertama, rata-rata hasil kelas sebesar 69,44 persen, dan rata-rata kemampuan menyimak pada siklus I sebesar 75,125 persen, namun sebesar 87,50 persen pada siklus II. Berdasarkan hasil 1 dan 2, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Kemampuan mendengarkan menggunakan proses kerja kelompok media audio visual di kelas VIII SMP Satap Negeri 1 Nanusa cukup baik; dan (2) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kapasitas mendengarkan sangat berhasil.
PERBANDINGAN PRONOMINA PERSONA BAHASA DAERAH MONGONDOW DENGAN PRONOMINA BAHASA INDONESIA DAN SUMBANGANNYA DALAM PENGAJARAN BAHASA DAERAH Donal Matheos Ratu
KOMPETENSI Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini disusun untuk membuat komparasi pronomina persona dalam bahasa daerah Mongondow dengan pronomina persona bahasa Indonesia dilihat dari segi bentuk, fungsi dan maknanya. Penelitian ini juga mendeskripsikan sumbangan pronomina persona bahasa daerah Mongondow terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan objek analisisnya adalah pronomina persona bahasa daerah Mongondow. Metode komparatif digunakan karena tujuan penelitiannya adalah membandingkan dua bahasa. Data penelitian diperolah lewat sumber data yang ada di wilayah Kecamatan Dumoga, Bolaang Mongondow, secara khusus desa Pusian Bersatu. Untuk memastikan keakuratan data, peneliti juga mengambil data di desa Torwakat dan Siniyung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pronomina persona bahasa daerah Mongondow berbentuk: Persona pertama tunggal dan jamak, persona kedua tunggal dan jamak, dan persona ketiga tunggal dan jamak. Fungsi pronomina persona tersebut adalah menyatakan subjek, objek dan kepemilikan. Dari Segi makna, terdapat makna persona tunggal, jamak, laki-laki dan perempuan. Temuan penelitian menujukkan persamaan antara pronomina persona bahasa daerah Mongondow dan pronomina persona bahasa Indonesia baik dari segi bentuk, fungsi, dan makna, Hal yang membedakan adalah pada pronomina persona bahasa daerah Mongondow terdapat fungsi "milik". Dengan adanya persamaan anatara pronomina persona bahasa daerah Mongondow dan pronomina persona bahasa Indonesia dapat direkomendasikan pelestarian bahasa daerah Mongondow dalam pengajaran bahasa Indonesia di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue