cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
PEMBELAJARAN MUSIK KOLINTANG DI SMP NEGERI 1 RATAHAN Krismar A. Sumangando; Meyny Kaunang; R. A. D. Sri Hartati
KOMPETENSI Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan pembelajaran musik kolintang di SMP Negeri 1 Ratahan. Penelitian ini juga memberikan gambaran tentang permainan kelompok musik kolintang di SMP Negeri 1 Ratahan. Penelitian ini disusun dengan metode penelitian deskriptif dalam kerangka pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ratahan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman (1994) dengan teknik pengujian keabsahan data yang dikemukakan oleh Lincoln dan Guba (1985). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Negeri 1 Ratahan, strategi pembelajaran yang digunakan dalam mengajarkan musik kolintang adalah strategi pembelajaran terbuka. Dalam hal ini, Pelatih membuat strategi dan materi selama pembelajaran berlangsung. Dalam pembelajaran musik kolintang untuk pemula, ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi ketersediaan alat kolintang, tempat untuk menyimpan alat, pelatih atau pengajar, minat peserta, pemilihan strategi dan materi, dan promosi. Sementara faktor penghambat meliputi peserta yang belum memiliki rasa musikal yang baik, anggota yang tidak tetap, dan konflik internal antara peserta.
KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TONDANO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW Tiurlan Rumapea; Susan Monoarfa; Oldie Stevie Meruntu
KOMPETENSI Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran memahami kalimat efektif pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Tondano. Selain itu penelitian ini juga ditujukan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano dalam memahami kalimat efektif dengan model pembelajaran Jigsaw. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano yang berjumlah 30 siswa namun yang mengikuti tes yaitu 21 siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik Observasi, Wawancara dan Tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan mendeskripsikan data yang diolah melalui formula persentase.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano dalam memahami kalimat efektif pada teks prosedur sudah tergolong mampu dengan nilai rata-rata secara klasikal yaitu 86,09 %. Rinciannya adalah sebagai berikut, 11 siswa berada pada kategori sangat mampu pada rentang nilai 90%-100%, 4 siswa berada pada kategori mampu pada rentang nilai 80%-89%, 5 siswa berada pada kategori cukup mampu pada rentang nilai 70%-79%, dan 1 siswa berada pada kategori tidak mampu pada rentang nilai 0%-69%. Jika dihubungkan dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 76, maka nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa melampaui ketuntasan minimal.
PENGGUNAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA NOVEL SELAMAT TINGGAL KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA Jequaline Pangemanan; Uus M. Kamajaya Al Katuuk; Donal Matheos Ratu
KOMPETENSI Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan diksi dan gaya bahasa yang digunakan dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra. Secara khusus diksi yang didiskusikan dalam tulisan ini adalah diksi denotasi dan konotasi; dan gaya bahasa yang dibahas dalam penelitian ini adalah gaya bahasa perbandingan. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan desrkiptif kualitatif. Novel Selamat Tinggal karya Tere Liye adalah sumber data utama dalam penelitian ini, sehingga penelitian ini merupakan sebuah penelitian pustaka (library research). Data dikumpulkan melalui teknik menyimak dan mencatat (note taking). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye terdapat 8 diksi konotasi dan 5 diksi denotasi. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa terdapat 6 jenis majas perbadingan yang terdiri atas 12 majas perumpamaan, 5 majas metafora, 3 majas personifikasi, 1 matas antithesis, 1 majas alegori dan 1 majas koreksio. Novel ini juga dapat memberikan implikasi dalam pembelajaran Sastra di tingkat SMA, khususnya kelas 12, sesuai dengan kompetensi dasar dan materi pembelajaran unsur kebahasaan novel. Pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk menemukan tema utama novel dengan lebih mudah, mengembangkan pemikiran kritis, dan memperkaya kosa kata. Adanya penggunaan diksi dan gaya bahasa pada novel Selamat Tinggal dapat dijadikan sebagai referensi tambahan dalam pembelajaran sastra.
IMPROVISASI BERBAGAI STYLE DALAM PERMAINAN GITAR BASS OLEH RICHARD JUTTA RINUGA Jestrindah Resanly Rembet; Perry Rumengan
KOMPETENSI Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berbagai jenis dan teknik improvisasi yang dalam permainan gitar bass oleh Richard Jutta Rinuga. Penelitian ini juga menedeskripsikan implikasi dari improvasi permainan bass tersebut dalam beberapa style musik sehingga dapat menghasilkan permainan musik variatif. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif di mana data-datanya dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kepada narasumber serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa improvisasi berbagai style dalam permainan gitar bass dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai pinsip dan teknik variatif dengan mengikuti ketukan drum. Penerapan beberapa prinsip dan teknik tersebut dapat dilakukakan dengan memperbanyak waktu dalam latihan dan mencari referensi yang relevan pada para pemain profesional. Dalam melakukan improvisasi, pemain gitar bass harus bisa menguasai beberapa teknik penunjang seperti ghostnotes dan kecepatan jari. Ada banyak bagian yang mengharuskan pemain gitar bass untuk bisa mengikuti ketukan kick drum dan snare drum yang harus dilakukan secara bersamaan.
MUSIK BATONG PADA LANGKA LIPU DI DESA POSOSLALONGO, KECAMATAN BANGGAI TENGAH, KABUPATEN BANGGAI LAUT Aloysius Totuuk; Perry Rumengan; Franklin E. Dumais; R. A. Dinar Sri Hartati
KOMPETENSI Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan struktur, penggunaan instrumen dan peranan musik Batong sebagai iringan Langka Lipu di desa Pososlalongo, Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana data dalam penelitian berasal dari studi pustaka, observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi (pencatatan, pengambilan foto, perekaman audio dan video). Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan musikologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik Batong, sebagai genre dalam bentuk ansambel musik tradisional suku Banggai, terdiri dari Gong Besar, Gong Sedang, Tutuung, dan Bobolon yang berfungsi untuk mengiring Langka Lipu yang menggunakan ritme Kanjar dengan tempo yang cepat. Musik Batong sebagai musik iringan pada Langka Lipu merupakan salah satu alat musik tradisional suku Banggai yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat khususnya masyarakat yang ada di desa Pososlalongo. Musik Batong memiliki peran yang sangat penting pada Langka Lipu, karena musik Batong dapat menamba energi kepada setiap pesilat Langka Lipu. Bukan hanya sebagai penamba energi, tetapi musik Batong juga berperan sebagai sarana informasi bagi masyarakat agar mengetahuai bahwa sedang dilaksanakan pertunjukan Langka Lipu.
ANALISIS PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA ALBUM HEART STATION Liza Sas Mita; Amelia G. Y. Sompotan; Susanti Ch. Aror
KOMPETENSI Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Campur kode dan Alih kode adalah sebuah fenomena bahasa yang terjadi seseorang atau sekelompok orang menggunakan satu atau lebih bahasa dalam komunikasi sehari-hari, baik lisan maupun tulisan. Fenomena tersebut dapat terlihat dalam berbagai konteks, termasuk dalam lagu-lagu populer yang berasal dari Jepang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis alih kode dan campur kode, bentuk-bentuk campur kode yang terjadi, dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode dan campur kode dalam lagu-lagu di Album Heart Station karya Utada Hikaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan lagu-lagu dari Album Heart Station karya Utada Hikaru sebagai objek penelitian. Data diperoleh melalui tahap orientasi, seleksi, indetifikasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan 4 tahapan analisis: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan serta verfikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya satu jenis alih kode dan satu jenis campur kode yang ditemukan, yaitu alih kode eksternal atau alih kode ke luar sebanyak 48 data, yang menggambarkan penggunaan bahasa asli dengan bahasa asing. Dalam penelitian ini, terdapat 25 data campur kode atau Outer code mixing. Bentuk campur kode yang paling banyak digunakan dalam lagu tersebut adalah frasa dan kata. Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya peristiwa alih kode dan campur kode dalam Album Heart Station termasuk faktor penutur, penggunaan untuk menekankan suatu hal, penggunaan sebagai pengisi atau penghubung kalimat, pengulangan untuk memperjelas informasi, penggunaan untuk memperhalus atau memperkuat permintaan, serta penggunaan istilah yang lebih populer.
ANALISIS PERKEMBANGAN KARAKTER YAGAMI LIGHT DALAM SERIAL ANIMASI DEATH NOTE KARYA TSUGUMI OHBA Julio Kalangie; Helena M. L. Pandi; Sandra Rakian
KOMPETENSI Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan karakter Yagami Light dalam anime Death Note karya Tsugumi Ohba. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam melaksanakan penelitian ini. Anime Death Note karya Tsugumi Ohba adalah sumber data utama dalam penelitian ini dan data dikumpulkan dengan menggunakan teknik simak catat. Pendekatan Semiotik dan Pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud digunakan oleh peneliti untuk menganalisis data-data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yagami Light memiliki kepribadian yang mengindikasikan keegoisan, ambisi, optimisme, kepercayaan diri, manipulatif, dan suka berbohong. Kepribadian-kepribadian tersebut tercermin dalam kutipan-kutipan percakapan dan pemikiran Yagami Light. Interaksi antara id, ego, dan superego juga mempengaruhi perkembangan karakter Yagami Light. Konflik Internal Dan Eksternal yang sangat mempengaruhi perubahan kepribadian Yagami Light, baik konflik dengan batinnya sendiri maupun konflik dengan lingkungan serta teman-temannya. Dia menggunakan mekanisme pertahanan diri untuk menghilangkan rasa cemas dan takut terhadap konsekuensi dari perbuatannya, namun gagal mengendalikan dirinya sehingga mengubah Yagami Light menjadi sosok yang menakutkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue