cover
Contact Name
Muhammad Malthuf
Contact Email
m_malthuf@uinmataram.ac.id
Phone
+6281805771373
Journal Mail Official
jurnalsociety@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Islam Negeri Mataram, Jl. Gajah Mada no. 100 Mataram, Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
ISSN : 20870493     EISSN : 27155994     DOI : https://doi.org/10.20414/society.v12i2
Core Subject : Social,
Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram menjadi UIN Mataram berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 34 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri Mataram (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 67). Jurnal Society menjadi salah satu jurnal alternatif untuk mempublikasikan artikel ilmiah hasil kajian, hasil laporan penelitian, seminar dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi dan sosial.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2015): Desember 2015" : 6 Documents clear
PENDIDIKAN DAN PENANAMAN BUDI PEKERTI Nur Latifah
SOCIETY Vol. 6 No. 2 (2015): Desember 2015
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.81 KB) | DOI: 10.20414/society.v6i2.1469

Abstract

Orientasi pendidikan nasional yang cenderung melupakanpengembangan dimensi nilai dan moral telah merugikan peserta didiksecara individual maupun kolektif. Tendensi yang muncul adalah,peserta didik akan mengetahui banyak tentang sesuatu, namun iamenjadi kurang memiliki sistem nilai, sikap, minat maupun apresiasisecara positif terhadap apa yang diketahui. Anak akan mengalamiperkembangan intelektual tidak seimbang dengan kematangankepribadian sehingga melahirkan sosok spesialis yang kurang pedulidengan lingkungan sekitar (split personality) dan rentan mengalamidistorsi nilai.
BOARDING SCHOOL: MODEL PENDIDIKAN TRANSFORMATIF Kaimuddin Kaimuddin
SOCIETY Vol. 6 No. 2 (2015): Desember 2015
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.074 KB) | DOI: 10.20414/society.v6i2.1470

Abstract

Seiring dengan semakin besarnya perhatian serta ikhtiar pemerintahuntuk menggenjot peningkatan kualitas (mutu) pendidikanberbasis karakter, muncul fenomena penyelenggaraan pendidikanberpola boarding school. Jika ditelisik sejarah pendidikan Indonesia,dalam kaitannya dengan fenomena tumbuh kembangnya polapenyelenggaraan pendidikan boarding school, ditemukan bahwa secarasubstantif pola boarding school bukan merupakan pola pendidikan baruyang tidak memiliki riwayat pola pendidikan ke-Indonesiaan. Polapendidikan boarding school memiliki kemiripan dengan pola pendidikanpesantren. Selain itu, jika ditelusuri pemikiran-pemikiran tokohpendidikan seperti Ki Hajar Dewantara yang mendirikan PendidikanTaman Siswa (1922), Muhammad Syafe’i yang mendirikan RuangPendidikan Indonesische Nederlandsche School (RP INS) kayutanam(1925), dan K.H. Ahmad Dahlan yang mendirikan Madrasah IbtidaiyahDiniyah Islamiyah (1911), didapati setidaknya tiga tokoh ini secarakontekstual telah meletakkan ide-ide dasar bahkan menginspirasitumbuh kembangnya pola pendidikan boarding school di tanah air.Dari gagasan beberapa tokoh tersebut, boarding school disimpulkansebagai pendidikan transformatif dengan beberapa alasan; (1) boardingschool memprioritaskan proses integrasi capaian pembelajaran antarakongnitif, afektif, dan psikomotorik; (2) boarding school mengupayakanpenyatuan lingkungan pendidikan, yaitu; lingkungan pendidikanformal, norformal, dan informal; (3) boarding school memadukan poladan muatan kurikulum, antara sekolah dan pondok pesantren.
EVALUASI PROGRAM PENYELENGGARAAN MTsN KEDIRI MODEL CIPP Ibnu Hizam
SOCIETY Vol. 6 No. 2 (2015): Desember 2015
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.298 KB) | DOI: 10.20414/society.v6i2.1471

Abstract

Madrasah merupakan salah satu bentuk lembaga pendidikan islamyang memiliki peran sangat penting dalam membentuk karaktersumber daya manusia. Mengelola suatu lembaga pendidikan islam(madrasah) bukanlah hal yang mudah. Apalagi yang dimaksudmengelola tidak sekedar dalam pengertian mempertahankan yangsudah ada, tetapi melakukan pengembangan secara sistematik dansistemik, yang meliputi aspek ideologis (visi dan misi), kelembagaandan langkah operasionalnya serta mencerminkan pertumbuhan(growth), perubahan (change) dan pembaharuan (reform). Namundemikian lembaga pendidikan madrasah Tsanawiyah tida terlepas darisejumlah problem. Menurut data Direktorat Pendidikan Madrasahtahun 2007, terdapat 34,4% dari total 222.890 ruang kelas madrasahdi Indonesia dikategorikan rusak. Selain sarana dan prasarana, masihbanyak guru madrasah tsanawiyah yang belum memenuhi kualifikasiakedemik. Data Kementerian Agama disebutkan dari total jumlahpendidik (guru) untuk jenjang madrasah tsanawiyah sebanyak 112.793orang dengan 19,0% berstatus PNS, sisanya 81,0% berstatus nonPNS. Adapun yang berkualifikasi pendidikan pendidik minimal stratasatu (S1) yakni sebanyak 83.411 orang atau 74,0%, sisanya 26% nonS1, kondisi ini menunjukkan bahwa jumlah tersebut masih jauh dariharapan. Kondisi tersebut menuntut perbaikan yang dilandasi olehhasil evaluasi yang valid jika akan melakukan perbaikan yang tepat dilapangan agar dapat dilakukan perbaikan yang akurat.
KOMPARASI KEMANDIRIAN SISWA YANG BERLANDASKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 MATARAM Saiful Bahri
SOCIETY Vol. 6 No. 2 (2015): Desember 2015
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.356 KB) | DOI: 10.20414/society.v6i2.1473

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemandirian siswayang berlandaskan jiwa entrepreneurship berdasarkan kategori gender,jenis pekerjaan orang tua, jumlah penghasilan dan program keahliankelas XII diSMK Negeri 2 Mataram.Desain penelitian ini adalahexpost facto dengan jenis penelitian komparatif. Data yang diperolehdianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan uji beda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kemandirian siswa yang berlandaskan jiwaentrepreneurshipkategori: (1)gender tergolong rendah (laki-laki 67,94,perempuan 74,86); (2) jenis pekerjaan orang tua tergolong rendah(wiraswasta 71,45, bukan wiraswasta 71,12);(3) jumlah penghasilanorang tua tergolong rendah (0-2 juta 71,37, 2-3 juta 70,75, >3 juta72,04); (4) program keahlian akuntansi (71,48), pemasaran (68,94),rekayasa perangkat lunak (69,50), usaha perjalanan wisata (69,50)tergolong rendah dan administrasi perkantoran (76,34) masuk kategoritinggi.Hasil uji beda kemandirian siswa yang berlandaskan jiwaentrepreneurship menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan antarasiswa laki-laki dan perempuan (P.Sig(2-tailed)=0,000 <?=0,05); (2) tidakterdapat perbedaan antara jenis pekerjaan orang tua siswa wiraswastadan bukan wiraswasta (P.Sig(2-tailed)=0,759 >?=0,05); (3) tidak terdapatperbedaan antara jumlah penghasilan orang tua siswa 0-2 juta, 2-3 juta,dan >3juta (P.Sig(2-tailed)=0,798 >?=0,05); (4) terdapat perbedaan antaraprogram keahlian siswa (P.Sig(2-tailed)=0,000>?=0,05).
PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF ANTARAGURU DENGAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MA NURUL IMAN DASAN MAKAM LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2011-2012 Ahmad Sehabuddin
SOCIETY Vol. 6 No. 2 (2015): Desember 2015
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.324 KB) | DOI: 10.20414/society.v6i2.1474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksiedukatif antara guru dengan siswaterhadap prestasi belajar siswapada mata pelajaran ekonomi kelas XMA Nurul Iman Dasan MakamLombok Timur tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear sederhanadan pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif korelasionalsebab akibat.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas X MA Nurul Iman Dasan Makam tahun pelajaran 2011-2012.Metode pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu: 1)metode angket, 2) metode observasi, 3) metode dokumentasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh interaksi edukatif antaraguru dengan siswaterhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaranekonomi kelas X MA Nurul Iman Dasan Makam Lombok Timur tahunajaran 2011-2012.Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan r hitunglebih besar dari r tabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% (0,696>0,413 > 0,320).Persamaan regresi yang dapat disusun dari variabelindependen (interaksi edukatif antara guru dengan siswa) dan variabeldependen prestasi belajar siswa yaitu ? = 43,680 + 0,584X.
KEPUASAN KERJA KARYAWAN
SOCIETY Vol. 6 No. 2 (2015): Desember 2015
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.944 KB) | DOI: 10.20414/society.v6i2.1475

Abstract

Kepuasan kerja karyawan adalah keadaan emosional karyawan yangmenyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap pekerjaannya.Karyawan dengan tingkat kepuasan kerja tinggi menunjukkan sikapyang positif terhadap pekerjaannya. Sebaliknya, karyawan yang takpuas dengan pekerjaannya menunjukkan sikap yang negatif terhadappekerjaannya itu. Teori tentang kepuasan kerja terdiri dari teoriketidaksesuaian, teori keadilan, dan teori dua faktor Herzberg. Faktorfaktoryang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan diklasifikasikanmenjadi 3 variabel yaitu karakteristik individu, variabel situasional,dan karakteristik pekerjaan. Terdapat beberapa cara pengukurankepuasan kerja baik dari segi analisa statistik maupun dari segipengumpulan datanya. Informasi yang didapat dari kepuasan kerjaini biasanya melalui tanya jawab secara perorangan, dengan angketmaupun dengan pertemuan kelompok kerja. Dalam semua kasus,kepuasan kerja diukur dengan kuesioner laporan diri yang diisi olehkaryawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6