cover
Contact Name
Rista Dwi Permata
Contact Email
rista.permata.rp@gmail.com
Phone
+6282141311172
Journal Mail Official
gcejournal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61 (62391) Tuban-Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
GCEJ (Golden Childhood Education Journal)
ISSN : -     EISSN : 27750221     DOI : https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1
Core Subject : Education,
Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Anak Usia Dini Parenting untuk Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Anak Permasalahan Anak Usia Dini Lembaga Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi Perkembangan Anak Pemberdayaan Anak Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Alat Permainan Anak Usia Dini Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Inovasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini, dan Berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020)" : 6 Documents clear
PENERAPAN KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KEOMPOK B RA ISLAMIYAH Roh mas yitoh; Dwi Imam Efendi
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.236 KB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan, diperoleh bahwa keterampilan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan media bahan alam pada anak kelompok B RA Islamiyah dinyatakan kurang. Sesuai dengan data yang terlihat dari 29 siswa dalam satu rombel di RA Islamiyah baru 7-8 anak yang kemampuan motorik halusnya sudah baik. Sebagian besar dari mereka masih belum mampu terampil menggerakkan jari tangannya pada saat di ajak kegiatan menggunting pola gambar. Penelitan ini mengambil fokus masalah tentang kurangnya keterampilan Motorik Halus pada anak-anak kelompok B RA Islamiyah Gaji. Berlandaskan pada latar belakang masalah tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian untuk mencari solusi atas permasalahan ini. Metode yang di gunakan berdasarkan referensi-referensi penelitian terdahulu
IMPLEMENTASI MEDIA DADU GEOMETRI DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI jumi liya watik; Mardi Widodo
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.908 KB)

Abstract

Media dadu geometri merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada peserta didik di POS PAUD. Dasar dari penelitian ini adalah obserrvasi yang telah dilakukan oleh peneliti yang menghasilkan bahwa anak POS PAUD belum memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan sebanyak 2. Penelitian ini menggunakan partisipan sebanyak 12 peserta didik yang berasal dari Pos PAUD Melati II. Data terkumpul menggunakan teknik pengamatan, dokumentasi dan hasil karya. Yang dianalisis menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif.
PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI DENGAN BERBAGAI KARAKTER fika yatul Mukarromah; Kho lifah
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.635 KB)

Abstract

Media Boneka jari dengan berbagai karakter dikemabagnkan dengan menggunakan model Borg and Gall. Media ini diperuntukkan untuk kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan data maka digunakan wawancara, angket dan uji validasi media sebanyak 3 orang validator. Sedangkan data yang didapat akan dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan 80,7% dengan kriteria “layak”
MEDIA BONEKA TANGAN: SEBUAH MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTUTUR ANAK indah wahyuni
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.902 KB)

Abstract

Ketrampilan bertutur anak usia 5-6 tahun di TK Wildani dapat dikatakan kurang setlah dilakukan observasi dan wawancara pada anak. Dapat dibuktikan dari 13 anak dalam satu rombel di TK Wildani Desa Kenanti Kec. Tambakboyo Tuban, baru 4 anak yang keterampilan berbicaranya sudah baik. Sebagian besar dari mereka masih malu saat diajak berkomunikasi atau mengeluarkan ide, gagasannya. Proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dan sering menggunakan LKA. Penelitian Tindakan kelas dari Model Kemmis dan Mc Taggart digunakan sebagai metode penelitian. Hasil observasi menunjukkan bahwa media boneka tangan mempunyai pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak. Pada pelaksanaan siklus I sebesar 61% dan meningkat pada siklus II mencapai 83%.
MENGGUNTING: STIMULUS PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DI SENTRA SENI Mutiara Sari Dewi; Diah Khikmatul Indayani; Lailatul Mukarromah; Baiti Firdausah
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.993 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun. Peneliti memfokuskan penelitian ini pada perkembangan motorik halus dalam kegiatan menggunting pada sentra seni.Jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui prosentase profil perkembangan motorik halus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rubrik penilaian pencapaian perkembangan motorik halus. Subjek penelitian terdiri dari anak kelompok B (usia 5 – 6 tahun) di RA Al-Jihad Malang. Hasil penelitian menunjukkan 6,1% anak masih dalam kategori belum berkembang, 12,1% anak dalam kategori mulai berkembang, 15,1% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan, serta 66,7% anak pada kategori berkembang sangat bagus. Setiap kategori memiliki kriteria penilaian. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik halus anak, diantaranya: dukungan lingkungan sekitar, kesiapan fisik dan mental anak, serta inovasi pembelajaran atau kegiatan main untuk menstimulus perkembangan motorik halus anak.
IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGENAL MACAM-MACAM TANAMAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN MELALUI KEGIATAN OUTBOND sri indah rinawati
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.918 KB)

Abstract

Dalam penelitian bermaksud untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses pembelajaran sains ketika mengenal macam-macam tanaman. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dalam 2 siklus dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak di TK Muslimat NU 08 Cumpleng Brondong Lamongan. Dengan jumlah siswa 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus data ketuntasan kelas yaitu sebesar 43%. Pada siklus I data keberhasilan mencapai 62% sedangkan pada siklus II mencapai 91%. Berdasarkan pengamatan siklus I ke siklus II mengalami perubahan yang signifikan. Maka dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media outbond dapat meningkatkan keterampilan proses sains mengenal macam-macam tanaman

Page 1 of 1 | Total Record : 6