cover
Contact Name
Sularso Budilaksono
Contact Email
sularso2007@gmail.com
Phone
+6289608751887
Journal Mail Official
sularso2007@gmail.com
Editorial Address
Jln.Diponegoro No.74,Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO)
ISSN : 14113635     EISSN : 29625645     DOI : -
Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO) Fakultas Teknik - Universitas Persada Indonesia Y.A.I Volume 22, No. 2, Oktober 2021 P-ISSN: 1411-3635
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022" : 12 Documents clear
Prototype E-Marketing Berbasis Android Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus : Pemasaran Rumah Kos Pada Sewarumahserpong) Parno Parno; Affan Haidar Atstsabit; Dharmayanti Dharmayanti
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2589

Abstract

Prototipe E-Marketing Berbasis Android yang memanfaatkan Teknologi Augmented Reality ini merupakan suatumodel yang memiliki tujuan untuk memasarkan produk jasa berupa penyewaan rumah kos dengan menfaatkanteknologi Augmented Reality (AR) Kemajuan teknologi berdampak besar dalam dunia pemasaran. Salah satuteknologi yang berkembang saat ini adalah digital marketing dengan memanfaatkan teknologi augmented reality,augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi danmemproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Pada dunia pemasaran hal ini bisa berperan pentingcontohnya pemasaran sewa rumah kos. Model Prototype ini nantinya adalah sebagai media informasi untukmemudahkan calon penghuni dan pemilik dalam melakukan survey rumah dan kamar kos dengan cepat dengan hanyadengan melakukan scan Marker saja. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode SDLC (System Development LifeCycle) yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi dan uji coba aplikasi. Aplikasi ini dibuat menggunakanUnity 3D, Skethup, Visual Studio Code, Vuforia SDK, menggunakan bahasa pemrograman C# dan dapat berjalan dismartphone android dengan minimum versi android yaitu 6.0 (Marshmallow).
Penerapan Metode Prototype Dalam Membuat Alat Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Erick Orlando; Yudi Irawan Chandra
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2593

Abstract

Penyiraman tanaman merupakan kegiatan yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemeliharaan tanaman,dikarenakan tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang membutuhkan asupan air yang cukup untukperkembangan hidupnya. Tingkat kesuburan dapat dipengaruhi dengan intensitas air yang dikandungnya, karena airberpengaruh terhadap kelembapan pada tanah. Tanpa air yang cukup produktivitas suatu tanaman tidak akanmaksimal.Kelembapan tanah merupakan suatu parameter penting untuk proses biologi, hidrologi, dan biogeokimiapada suatu tanaman. Informasi kelembapan tanah diperlukan untuk prediksi cuaca, peringatan awal kekeringan,penjadwalan saat penyiraman. Maka perlu dirancang sebuah alat yang dapat memantau dari kadar air kelembapantanah. Dimana alat ini dapat memberitahu berapa persen kelembapan yang ada didalam suatu tanah sehingga kitadapat menentukan tanah mana yang baik untuk digunakan sebagai media menanam. Alat pengukur penyiraman inimembutuhkan Arduino Uno sebagai pemrosesnya dan menggunakan sensor soil moisture YL-69 untuk mendeteksikelembapan tanah berdasarkan kadar air yang terdapat didalam tanah tersebut Alat ini akan memberikan keluaranberupa informasi tentang kelembapan tanah yang diukur melalui papan LCD serta akan mengeluarkan suaraperingatan melalui buzzer dan Motor Servo untuk membuka atau menutup kutup air tersebut.
Rancang Bangun Sistem Perekomendasian Lokasi Usaha Menggunakan Metode Composite Performance Index Berbasis Laravel (Studi Kasus : Lokasi Usaha Di Jakarta) Dendi Pratama; Asril Basry
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2594

Abstract

Teknologi informasi merupakan salah satu implementasi untuk mengolah data, meliputi pengumpulan,pengolahan, penyusunan, penyimpanan, dan pengolahan data dari berbagai cara untuk menghasilkan informasiyang berkualitas. Kewirausahaan membutuhkan semangat, sifat, perilaku, serta kemampuan seseorang untukmengelola usaha yang mengarah pada upaya untuk menciptakan, dan mengimplementasikan cara-cara baruyang efektif dalam melakukan sesuatu. dan menghasilkan keuntungan yang besar.Memutuskan atau memilih ruko untuk membuka usaha merupakan salah satu hal penting yang harusdiperhatikan dalam mendirikan usaha baru, faktor penting yang dipertimbangkan untuk meminimalkan risikokerugian di kemudian hari, sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai secara maksimal. Terdapat hal yang perludipertimbangkan saat memilih lokasi yaitu visibilitas, lalu lintas, persaingan, traffic, parkir, biaya sewa, dankeamanan.Berdasarkan temuan di atas, untuk membantu mengidentifikasi lokasi yang memenuhi kriteria yangdiinginkan bagi mereka yang ingin berbisnis, diperlukan program aplikasi sistem perekomendasian berbasisweb untuk dapat membantu pengambilan keputusan yang tepat. Sistem rekomendasi dirancang untukmemecahkan masalah terstruktur. Metode Composite Performance Index (CPI) dipilih karena menggunakanpemecahan masalah sebagai beberapa kriteria keputusan sistem.Maka penulis ingin membuat sistem perekomendasian lokasi usaha dengan menggunakan algoritmaComposite Performance Index (CPI) berbasis Laravel (Studi Kasus : Lokasi Usaha di Jakarta).
Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Anggota FKDM Dengan Metode Wighted Product Berbasis Web Pada Walikota Jakarta Utara Dian Gustina; Ahmad Rosadi; Nuri Widia Atika
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2595

Abstract

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalamrangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. FKDM sendiri bertugas di daerah provinsi,kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan, berdasarkan dari peraturan menteri dalam negeri republik indonesianomor 46 tahun 2019. Namun dalam proses seleksi calon anggota masih menggunakan sistem kerja yangdilakukan secara manual seperti hasil penilaian tes dari setiap kriteria. Penelitian ini bertujuan untuk dapatmembantu proses dari penyeleksian dari calon anggota fkdm menjadi anggota fkdm secara efisiensi dan tepatdengan perhitungan menggunakan metode weighted product dan menghasilkan data berupa perangkingan
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Mobile Application Online Delivery Order Pizza Menggunakan Model Value-Based Adoption Model (VAM) Extended Sarip Hidayatuloh; Arif Budiman
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2596

Abstract

Domino’s Pizza Indonesia merupakan aplikasi mobile yang dikembangkan oleh PT.DOM Pizza Indonesiadengan layann untuk pelanggan melakukan pembelian dan pemesanan produk pizza. Pada kondisi di lapanganDomino’s Pizza Indonesia merupakan restoran pizza yang mengalami peningkatan sebagai top brand selama 2019 –2021, Akan tetapi ditemui beberapa keluhan pengguna terhadap aplikasi mobile Domino’s Pizza Indonesia sepertitidak dapat login ke dalam aplikasinya, tidak akuratnya fitur tracking alamat pada peta di dalam aplikasi, danterjadinya permasalahan pada sistem pembayaran dalam aplikasi dimana status pemesanan batal secara sepihak akantetapi proses pembayaran berhasil yang menyebabkan kerugian bagi pihak pelanggan, sehingga menyebabkanpengguna merasa kurang puas terhadap kualitas layanan dan enggan untuk melanjutkan penggunaannya terhadapsistem yang berjalan saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas layanan aplikasi mobile Domino’sPizza Indonesia yang dapat mempengaruhi kualitas dan loyalitas pengguna. Model yang digunakan dalam penelitianini adalah Value-Based Adoption Model (VAM) yang terdiri dari enam variabel yaitu: usefulness, enjoyment,perceived fee, technicality, perceived value, dan continuance intention to use dan kemudian dikembangkan denganpenambahan variabel Service Quality, Satisfaction, dan Loyalty. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dananalisis data dengan metode PLS-SEM menggunakan tools SmartPLS versi 3.3.2. Hasil dalam penelitian inimenunjukkan dari 12 hipotesis yang diusulkan, terdapat 2 hipotesis yang dinyatakan tidak signifikan dan ditolak.Sedangkan 10 hipotesis lainnya pada penelitian ini dinyatakan signifikan dan diterima. Hasil dari penelitian inidiharapkan pada aplikasi mobile untuk terus memperbaiki kualitas layanannya agar dapat meningkatkan kepuasan danloyalitas penggunanya.
Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Pemrograman Pada Anak Usia Dini Berbasis Game Agyztia Premana; Akhmad Pandhu Wijaya; Robert Rizki Yono; Stifada Nurul Hayati
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2597

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untukkeperluan pembelajaran, dan juga merupakan sarana fisik dan komunikasi untukmenyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran digunakan dengan tujuan untukdapat meningkatkan mutu pendidikan. Media pembelajaran merupakan media yangdigunakan dalam proses dan tujuan pembelajaran. Pada hakikatnya, proses pembelajaranjuga merupakan komunikasi, maka media pembelajaran bisa dipahami sebagai mediakomunikasi yang digunakan dalam proses komunikasi tersebut. Media pembelajaran memilikiperanan penting sebagai sarana untuk menyalurkan pesan pembelajaran. Dengan demikianpenggunaan media sebagai penghubung antara pendidik dan peserta didik disebut denganpembelajaran. Dengan kata lain, aktivitas belajar yang aktif memerlukan dukungan mediauntuk menghantarkan materi yang akan dipelajari. Makna dan fungsi media pembelajarandapat membantu memudahkan belajar bagi peserta didik dan pendidik, memberikan pengalamanlebih nyata (abstrak menjadi konkret), menarik perhatian dan minat belajar peserta didik, dan dapatmembangkitkan menyamakan antara teori dengan realitanya pada ank usia dini. Modelpengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE,Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation(Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Ukuran Baju Berdasarkan Ukuran Tubuh Menggunakan Metode K- Nearest Neighbor (K-NN) Berbasis Internet Of Things Rayhan Aqshal; Fahrul Nurzaman
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2598

Abstract

Pada saat ini semua orang berusaha untuk membuat pekerjaan serta kegiatan semakin mudah dengan menggunakanteknologi Internet Of Things untuk menyelesaikan pekerjaan serta kegiata sehari-hari. Internet Of Things banyakdigunakan disemua jenis bidang yang menggunakan teknologi, salah satunya ialah dibidang penjualan baju. Biasanyatoko baju hanya memajangkan 1 model dengan berbagai ukuran yang tersedia untuk dijadikan sample baju agarkonsumen dapat melihat model baju yang akan dibeli, dan biasanya konsumen akan melihat model, dan warnanyaterlebih dahulu sebelum menentukan ukuran baju yang cocok digunakan. Untuk menentukan ukuran yang cocokdigunakan konsumen harus mencobanya satu per satu ukuran yang tersedia. Disituasi pandemic covid-19 seperti ini,toko baju membatasi konsumen untuk tidak mencoba baju yang akan dibeli, guna mematuhi peraturan kesehatan covid-19 untuk mencegah penyebaran virus covid-19 serta memutus rantai penyebaran virus. Maka dari itu sistem apa yangdapat memudahkan konsumen dalam mengetahui ukuran baju yang cocok untuk digunakan tanpa mencobanya terlebihdahulu.Sistem yang saya buat dalam penelitian kali ini ialah Sistem Rekomendasi Ukuran Baju Berdasarkan UkuranTubuh Menggunakan Metode K – Nearest Neighbor (K-NN). Dimana sistem tersebut dilengkapi dengan sensorultrasonik, sensor tersebut berfungsi untuk membaca ukuran tinggi dan lebar tubuh konsumen. Dengan begitu sistemtersebut dapat memudahkan konsumen dalam mengetahui ukuran baju serta dapat menjaga protokolkesehatan.Berdasarkan hasil pengujian dengan Sistem Rekomendasi Ukuran Baju Berdasarkan Ukuran TubuhMenggunakan Metode K – Nearest Neighbor (K-NN) dengan pengujian 20 data secara sistem maupun manualmendapatkan tingkat akurasi dari pengujian tersebut 100% akurat, serta sistem kerja pada alat dalam pengujian 20 datadalam menentukan ukuran memperoleh rata-rata waktu ialah 2,1 m/s.
Rancang Bangun Dashboard Rekam Medis Pada Klinik Dr. H. Abdul Rapieq Berbasis Web Agus Wismo Widodo; Faza Candikya Dhanadi
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2599

Abstract

Rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen identitas pasien, pemeriksaan,pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien di fasilitaspelayanan kesehatan. Saat ini penginputan rekam medis di Klinik dr. H. Abdul Rapieq masihdilakukan secara manual berupa tulisan tangan. Dengan banyaknya orang yang berobat, sulitbagi klinik untuk mengumpulkan rekam medis, untuk menulis resep obat. Pasien harusmendaftar dan kemudian memilih dokter sesuai dengan penyakit yang dideritanya. Sisteminformasi ini bertujuan untuk mengelola data medis agar dapat berjalan dengan cepat dantepat. Dengan adanya permasalahan tersebut, diharapkan sistem dashboard dapatmempermudah dalam pencatatan data pasien atau data obat. Adanya dashboard ini diharapkanmampu menangani permasalahan yang dibutuhkan dan hasil perancangan sistem inidiharapkan dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang terjadi di klinik dr. H.Abdul Rapieq selama ini.
Rancang Bangun Sistem Informasi Dashboard Rekam Medis Rawat Jalan Berbasis Web Pada UPTD Puskesmas DTP Cidahu Kabupaten Kuningan Yunita Sari; Muhammad Wildan
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2601

Abstract

Salah satu puskesmas yang berada di Desa Cidahu Kabupaten Kuningan adalah Unit PelaksanaTingkat Daerah Puskesmas Dengan Tempat Penginapan (UPTD Puskesmas DTP) yang terletak25 kilometer sebelah timur dari pusat Kota Kuningan Jawa Barat. Dalam melakukan prosespelayanannya, UPTD Puskesmas DTP Cidahu Kabupaten Kuningan sudah menggunakankomputerisasi melalui website yang sudah disediakan dari Badan Penyelenggara Jaminan SosialKesehatan atau BPJS Kesehatan, tetapi website tersebut penggunaannya terbatas hanya bisamelayani pasien yang memiliki BPJS Kesehatan saja. Dalam proses pelayanan manual tersebuttentunya memakan waktu yang lama dari pertama pasien mendaftar, pengecekan pasien olehperawat, penentuan diagnosa pasien oleh dokter dan pengambilan obat pasien dari apoteker harusdilakukan pencatatan dibuku besar. Dikarenakan kekurangannya tersebut, staf puskesmaskesulitan untuk memantau jumlah pasien rawat jalan yang mendaftar ke UPTD Puskesmas DTPCidahu. Dari pemasalahan tersebut dibutuhkan sebuah sistem dashboard rekam medis rawat jalanyang diharapkan bisa membantu dalam pelayanan pasien rawat jalan yang terdaftar kedalamwebsite.
Rancang Bangun Aplikasi Informasi Puskemas Berbasis Web Mobile (Studi Kasus : Puskesmas Tanah Abang) Yudi Irawan Chandra; Melani Dewi Lusita; Munich Heindari Ekasari
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 23 No 2 (2022): TEKINFO, Vol. 23, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37817/tekinfo.v23i2.2602

Abstract

Pada era perkembangan komputerisasi sekarang ini, internet merupakan media penyampaian informasi yang efektif danefisien. Hal ini karena internet tidak terbatas pada ruang dan waktu, dengan jaringan internet pengguna dapat menjelajahkemana pun dan kapan pun. Internet bukanlah objek kasat mata yang dapat dipegang dan dirasakan. Perkembangan didunia internet sekarang ini sangat pesat dan telah menuntut banyak orang untuk memanfatkannya dalam setiapaktifitasnya di kehidupan sehari-hari termasuk mencari informasi. Dengan kata lain, internet sudah menjadi bagian darihidup banyak orang. Pusat Kesehatan Masyarakat atau yang biasa di sebut Puskesmas dewasa ini di tuntut untuksemakin maju termasuk dalam hal penyebaran dan keterbukaan informasi. Perancangan dan pembuatan websitePuskesmas Tanah Abang berbasis web mobile menggunakan Bootstrap telah membawa banyak peluang dan manfaatbaik dari Puskesmas itu sendiri maupun masyarakat luas umumnya dalam hal mempublikasikan keterbukaan informasimengenai Puskesmas Tanah Abang seperti visi dan misi, tujuan, alamat, dokter / suster, staff karyawan, foto dankegiatan, serta pendaftaran berobat online. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi web yangmenampilkan informasi berupa deskripsi, gambar-gambar dan formulir yang dapat mempermudah penyebaraninformasi secara efektif, efesien dan ramah pengguna

Page 1 of 2 | Total Record : 12